IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Puasa Ramadhan Saatnya Detoksifikasi dan Membantu Penyembuhan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Puasa Ramadhan Saatnya Detoksifikasi dan Membantu Penyembuhan

Puasa Ramadhan Saatnya Detoksifikasi dan Membantu Penyembuhan

detoxDetoksifikasi adalah kemampuan tubuh untuk menetralisasi dan/atau mengeliminasi membuang zat-zat racun dalam tubuh. Proses detoksifikasi tersebut terjadi pada usus besar, hati, ginjal, paru, kelenjar getah bening, serta kulit.


Ketika kita berpuasa di bulan Ramadhan, maka terjadi kesenjangan/ kekurangan/ menurunnya asupan makanan/energi sehingga tubuh mengerahkan cadangan energi yang ada untuk menggantikan kekurangan asupan energi tersebut. Terjadi suatu proses yang disebut sebagai otolisis, yaitu tubuh mengurai cadangan lemaknya untuk dirubah menjadi energi. Semakin kurang asupan energi, maka semakin meningkat perombakan cadangan lemak tubuh ini.

Penimbunan lemak terjadi jika kelebihan asupan energi pada seseorang yang tidak digunakan untuk aktivitas, pertumbuhan, atau tidak dibuang oleh tubuh.Ketika berpuasa di bulan Ramadhan maka cadangan lemak yang tertimbun akan dirubah/digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi harian kita, dimana bersamaan dalam proses ini sekaligus terjadi pelepasan bahan-bahan kimia yang terikat dalam lemak-lemak tersebut untuk kemudian akan dibuang/dienyahkan oleh organ-organ yang bertugas untuk melakukan detoksifikasi. Bahan-bahan kimia tersebut misalnya insektisid DDT yang terikat dalam timbunan lemak akan dilepaskan saat berpuasa kemudian dibuang melalui ginjal/urine, tinja dan keringat. Hal ini terbukti misalnya dengan ditemukannya peningkatan ekskresi bahan-bahan kimia beracun tersebut dalam keringat.

Hal berikutnya mengenai manfaat puasa Ramadhan adalah terjadinya peningkatkan proses penyembuhan yang terjadi saat berpuasa.

Saat berpuasa, energi yang sebelumnya digunakan/diperlukan untuk melakukan proses pencernaan, dialihkan dari sistem pencernaan untuk digunakan dalam proses metabolisme dan sistem kekebalan.

Pertumbuhan sel-sel abnormal di tubuh misalnya tumor dan yang sejenisnya kurang mendapat dukungan dari suplai (didapatkannya) energi dari cadangan tubuh dalam proses otolisis seperti yang dijelaskan di atas, sehingga kehidupannya rentan saat seseorang melakukan puasa selama bulan Ramadhan.

Lebih jauh lagi, produksi/sintesis protein untuk mengganti sel-sel yang rusak terjadi lebih efisien oleh karena terjadinya peningkatan kontrol genetik DNA/RNA yang mengatur proses ini menjadi lebih baik dan sempurna. Peningkatan efisiensi sintesis protein ini menyebabkan sel-sel, jaringan-jaringan, dan organ-organ tubuh menjadi lebih sehat.

shutterstock_188932868-846x475Inilah sebabnya mengapa binatang-binatang berhenti makan saat mereka terluka, dan mengapa kita kehilangan nafsu makan saat sakit flu, oleh karena ketika seseorang berpuasa maka akan terjadi pengalihan energi dari sistem pencernaan ke sistem kekebalan. Saat berpuasa terjadi penurunan pada temperatur tubuh. Hal ini merupakan akibat langsung dari penurunan tingkat metabolisme dan fungsi-fungsi tubuh secara menyeluruh. Akibat lanjut dari penurunan kadar gula darah dan digunakannya cadangan glukosa yang terdapat dalam glikogen yang ada di hati, maka tingkat metabolic basal (BMR) menjadi berkurang agar dapat terbentuk energi yang cukup banyak. Hormon-hormon pertumbuhan juga dilepaskan saat berpuasa, oleh karena terjadi peningkatan efisiensi pada produksi hormone.

Manfaat puasa yang sangat terbukti secara ilmiah adalah peremajaan tubuh dan memanjangnya umur harapan hidup. Fenomena ini sebagian merupakan akibat dari sejumlah manfaat-manfaat yang diterangkan tersebut di atas. Terjadinya perlambatan laju metabolisme, lebih efisiennya produksi protein, dan perbaikan system kekebalan, dan peningkatan produksi hormone-hormon, berperan pada manfaat jangka-panjang dari puasa ini.

Hormone pertumbuhan yang dilepaskan lebih sering di saat berpuasa, suatu hormon anti-penuaan juga diproduksi lebih efisien. Jadi, suatu cara untuk memperpanjang usia adalah dengan pengurangan nutrisi tanpa terjadi malnutrisi.

Sumber : info-kes

(rsh/bt)

Baca juga :

HG064_man-back-treating-melanoma_FS

Sebaiknya Yang Kita Tahu Tentang Melanoma

ins050100

Meningkatkan Kosakata Si Kecil Dengan Membacakan Cerita

surge-in-narcotic-prescriptions-for-pregnant-women

Makanan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Kulit Anda Selama Berpuasa

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top