IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND 11 Manfaat Makan Ikan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 11 Manfaat Makan Ikan

11 Manfaat Makan Ikan

ikanSudah banyak diketahui, bahwa konsumsi ikan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setidaknya ada  11 manfaat yang sudah terbukti secara riset kesehatan yang dapat disimpulkan berikut ini.

  1. Tinggi nutrisi penting.

Ikan mengandung protein, yodium, mineral dan vitamin yang tinggi dan mengandung lemak sehat, omega-3. Ikan kembung, salmon, sarden dan tuna termasuk ikan berbasis lemak sehat. Ikan juga mengandung vitamin D tinggi yang baik untuk tulang.

  1. Menurunkan resiko serangan jantung dan stroke

Banyak riset yang menyebutkan, dengan konsumsi ikan dalam jangka panjang (riset pada 40.000 orang amerika) menurunkan resiko penyakit jantung 15%. Begitu juga dengan penyakit stroke dan serangan jantung mendadak. Semua karena kandungan asam lemak omega-3 pada ikan.

  1. Mengandung banyak gizi penting bagi pertumbuhan

Asam lemak omega-3 sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan. DHA (Docosahexanoic acid) sangat penting bagi otak dan kesehatan mata. Itu sebabnya ibu hamil dan menyusui sangat direkomendasikan tercukupi omega-3 dalam kesehariannya. Hindari ikan yang dimasak ½ matang atau mentah, atau ikan yang diduga kandungan merkurinya tinggi. Konsumsi ikan setidaknya 350 gram/minggu.

  1. Meningkatkan kesehatan otak.

Fungsi otak semakin menurun seiring waktu. Penurunan mental/pola pikir ringan masih termasuk normal, tapi berbeda dengan Alzheimer atau parkinson. Studi observasional menjelaskan pemakan ikan mengalami penurunan mental yang sangat lambat prosesnya. Pemakan ikan juga memiliki wilayah abu-abu (grey matter, jaringan otak utama pengatur memori/pikiran dan keseimbangan emosi) yang lebih luas.

  1. Membantu mencegah dan menurunkan depresi.

Studi menemukan, orang yang rajin konsumsi ikan mengalami sedikit resiko terkena depresi. Studi kontrol menyebutkan, asam lemak omega-3 membantu melawan depresi, juga membantu masalah mental misalnya gangguan bipolar.

  1. Sumber Vitamin D yang sangat baik.

Vitamin D seperti steroid dalam tubuh yang bermanfaat mengatur hormon. Minyak ikan dan ikan mengandung Vitamin D diatas 200% kebutuhan harian dalam ekstrak 15ml.

  1. Mengurangi resiko penyakit autoimun.

Beberapa studi menyebutkan, konsumsi ikan mampu mengurangi kejadian diabetes tipe 1 pada anak-anak, dan diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan pada rematik artritis.

  1. Mencegah asthma.

Anak kecil yang rajin konsumsi ikan menurunkan 24% resiko terserang asthma.

  1. Melindungi kesehatan mata saat tua.

AMD (degenerasi makular) dapat terjadi saat tua yang dapat menyebabkan kebutaan. Asam lemak omega-3 pada ikan dapat meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan resiko AMD sekitar 42% pada wanita usia lanjut.

  1. Meningkatkan kualitas tidur.

Vitamin D pada ikan yang berfungsi mengatur hormon, termasuk mengatur tidur. Studi selama 6 bulan pada 95 orang pria dewasa tua, dengan makan ikan salmon 3x/minggu membantu peningkatan kualitas tidur.

  1. Mudah diolah.

Ada beberapa ikan yang dasarnya tidak ribet masaknya. Misalnya cukup hanya dipanggang dengan sedikit bumbu, digoreng atau dipindang. Pilih ikan dari laut (alami) dibanding ikan budidaya.

 

Sumber : healthline

 

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top