You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Manfaat Olahraga Saat Berpuasa

Manfaat Olahraga Saat Berpuasa

fasting2Puasa seringkali dijadikan alasan untuk tidak berolahraga, beberapa orang yang rajin berolahraga sekalipun dapat meninggalkan rutinitas mereka karena takut semakin kelelahan, padahal Anda tetap bisa berolahraga walaupun sedang berpuasa dengan memperhatikan porsi dan jenis olahraga yang akan Anda lakukan. Hal ini justru akan membawa manfaat yang sangat baik terhadap kebugaran tubuh selama Anda menjalani puasa ramadhan. Berikut manfaat berolahraga saat berpuasa bagi kesehatan :

  1. Membantu penggantian sel darah yang telah tua dan membantu memperlancar peredaran darah. Orang yang jarang olahraga otomatis pergantian sel darah tua menjadi tidak lancar, lama-lama akan menimbun lemak dan menimbulkan berbagai penyakit. Maka wajar saja ada omongan orang yang jarang olahraga akan mudah sakit.

  2. Mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa yang akan mengusir rasa lesu, malas, dan mengantuk.

  3. Menjaga tubuh tetap bugar, walaupun metabolisme menurun karena terbatasnya asupan energi dan nutrisi dari makanan selama berpuasa.

  4. Selama berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa senang dan bersemangat.

  5. swiss-basketplayer-SURAMencegah naiknya berat badan dan penumpukkan lemak berlebih dalam tubuh.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu yang harus membatasi puasa, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu dengan ahli medis untuk memastikan apakah Anda sebaiknya berolahraga atau tidak saat puasa, sebab berolahraga ketika puasa tidak selalu bisa dilakukan semua orang.

Walaupun demikian, berolahraga ketika puasa tidak akan menganggu aktivitas berpuasa selama Anda menjalankannya sesuai dengan aturan dan tidak berlebihan.

Source : dari berbagai sumber

(ang)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Comments (2)

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top