IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA MauSehat.Com http://www.mausehat.com Tue, 19 Feb 2019 09:45:33 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.16 Seberapa banyak kebutuhan serat harian kita? http://www.mausehat.com/seberapa-banyak-kebutuhan-serat-harian-kita/ http://www.mausehat.com/seberapa-banyak-kebutuhan-serat-harian-kita/#respond Tue, 19 Feb 2019 09:45:32 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12622 sumber seratSerat, merupakan bagian penting dalam makanan harian. WHO mengulas lebih dari 250 studi tentang serat serta uji klinis selama kurang lebih 40 tahun, setidaknya, kita membutuhkan sekitar 25 sampai 29 gram serat/hari. Tercukupinya kebutuhan serat harian mampu menurunkan risiko kematian sekitar 15 hingga 30% akibat gangguan kardiovaskular dibanding yang kurang konsumsi serat.

Tinggi konsumsi serat juga mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, stroke, jantung koroner, kanker payudara, kanker usus besar, dsbnya. Selain itu juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik/HDL dan membantu mengendalikan berat badan karena serat mampu bertahan lama di dalam pencernaan tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sumber serat yang baik berasal dari  gandum dan bijian utuh, sayur, buah, kacang, beras merah. Jika kelebihan serat atau memiliki gangguan pencernaan, maka akan muncul banyak gas di pencernaan. Orang yang kadar zat besinya rendah juga sebaiknya memperhatikan ketika ingin konsumsi serat. Zat yang disebut fitat yang kebanyakan terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan, dapat menganggu penyerapan zat besi. Konsultasikan dengan ahli gizi/kesehatan.

Contoh kebutuhan serat harian dalam menu, misalnya:

Pagi: Oatmeal ½ cangkir dengan campuran buah raspberry/strawberry ¼ cangkir dan 1/8 cangkir kacang almond.

Snack: 1 cangkir baby wortel rebus plus hummus

Siang: Salad sayur (kol, brokoli, tomat, buncis, alpukat)

Snack sore: apel dengan yogurt yunani (plain)

Malam: 1 cangkir nasi merah, ayam panggang, kacang merah/hitam

Sumber : health.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/seberapa-banyak-kebutuhan-serat-harian-kita/feed/ 0
Tanda Lebih Dari Nyeri Biasa http://www.mausehat.com/tanda-lebih-dari-nyeri-biasa/ http://www.mausehat.com/tanda-lebih-dari-nyeri-biasa/#respond Mon, 18 Feb 2019 10:19:02 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12618 nyeri ototMungkin anda pernah mengalami nyeri “salah bantal?”. Sebenarnya nyeri otot terjadi karena tubuh memproduksi asam laktat sehingga menyebabkan rasa sakit. Jika nyeri hanya terjadi hari itu saja, masih bisa dikatakan normal saja. Namun jika sudah berhari-hari dan bahkan sampai berminggu, sebaiknya ketahui tandanya sampai sejauh mana.

  1. Bisa jadi pertanda fibromyalgia. Menurut the American College of Rheumatology (ACR) fibromyalgia merupakan kondisi neurologis dengan rasa sakit dan nyeri seluruh tubuh. Polanya sangat spesifik, hingga ke bawah pinggang.
  2. Tanda artritis. Tidak hanya berhubungan dengan sendi, tapi juga otot. Ketika misalnya artritis pada bahu, otot juga akan tertarik dan sakit.
  3. Kemungkinan terkena infeksi. Jika area yang sakit berwarna merah dan meradang, serta demam, tandanya sedang mengalami infeksi.
  4. Terkena lyme disease. Gigitan parasit kutu yang membawa infeksi bakteri Borrelia burgdorferi dapat menyebabkan kulit ruam, nyeri otot, demam, kaku leher.
  5. Olahraga yang ekstrim/terlalu berlebihan menyebabkan jaringan otot rusak, lalu melepaskan protein mioglobin ke dalam darah, menyebabkan gangguan ginjal, sehingga urin berwarna gelap. Segera hubungi dokter jika terjadi.
  6. Polymyalgia rheumatica. Kondisi yang bisa dialami orang diatas usia 65 tahun. Nyeri, sakit, kaku pada lengan atas, leher, punggung bawah dan paha. Penyebabnya belum diketahui dan hanya dikurangi nyerinya dengan kortikosteroid.
  7. Nyeri otot terjadi karena sitokin memecah protein otot.
  8. Nyeri otot terjadi pada 2/3 penderita lupus. Umumnya terdiagnosa sebagai nyeri rematik, lyme disease atau bahkan nyeri otot karena diabetes. Lupus biasanya menyebabkan rasa sakit antara siku dan leher serta lutut dan pinggul. Wanita berusia 15 hingga 44 tahun kemungkinan besar mengalami nyeri ini.
  9. Efek samping obat. Obat kolesterol dapat menyebabkan nyeri otot.

Sumber : www.rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-lebih-dari-nyeri-biasa/feed/ 0
Fakta Gangguan Makan pada Pria http://www.mausehat.com/fakta-gangguan-makan-pada-pria/ http://www.mausehat.com/fakta-gangguan-makan-pada-pria/#respond Fri, 15 Feb 2019 09:57:27 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12611 gangguan makan pada priaMasalah gangguan makan tidak hanya dialami kebanyakan oleh para wanita, pria juga bisa. Salah satu contohnya adalah seorang publik figur Zayn Malik, mantan personil One Direction. Siapa saja bisa berpotensi, kenali fakta nya, supaya tidak sampai diderita salah satu pria di lingkungan kita.

  1. Lebih cepat terjadi pada pria daripada wanita. Meski terlihat gangguan makan lebih sering terjadi pada wanita, tapi faktanya, dua kali lebih cepat mempengaruhi hidup pria. Namun riset antara 1998 dan 2008 menunjukkan gangguan makan diet ekstrim lebih cepat pada pria dibanding wanita.
  2. Menurut the National Eating Disorder Association (NEDA), pada pria yang mempunyai gangguan makan juga terkait dengan penggunaan obat/narkotika, depresi, olahraga berlebihan dan kecemasan.
  3. Umumnya pria usia diatas 20 tahun mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan makan dibanding usia remaja. Studi yang diikuti lebih dari 13.000 lelaki muda umur 14 hingga 20 tahun, para peneliti menemukan bahwa prevalensi gangguan makan pada peserta studi pria meningkat dari 1,2% pada usia 14 tahun hingga 2,9% pada usia 20 tahun.
  4. Ciri gangguan makan pada pria sama dengan wanita. Ketika terjadi gangguan makan, akan terjadi malnutrisi yang menurunkan konsentrasi sehingga sering terjadi kecelakaan karenanya. Selain itu juga menjadi kurang fokus, mudah tersinggung, mudah sakit dan terkena infeksi.
  5. Pria yang mengalami gangguan makan, umumnya akan makan berlebihan, namun juga ke gym secara berlebihan untuk mengurangi kecemasan.

JIka menemukan salah satu atau beberapa cirri diatas, sebaiknya segera konsultasikan ke ahli kesehatan jiwa. Tidak ada yang salah untuk meminta bantuan sejak dini untuk menghindari gangguan jangka panjang.

Sumber : health.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/fakta-gangguan-makan-pada-pria/feed/ 0
Sarapan Buah-buahan? Kenapa Tidak http://www.mausehat.com/sarapan-buah-buahan-kenapa-tidak/ http://www.mausehat.com/sarapan-buah-buahan-kenapa-tidak/#respond Thu, 14 Feb 2019 07:08:52 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12607 buah-buahanBuah sangat banyak manfaat kesehatannya. Konsumsi buah dipagi hari ternyata juga dapat membuat hidup sehat sepanjang hari karena kaya fitonutrisi dan antioksidan. Nah, campuran buah berikut ini sangat dianjurkan untuk sarapan.

  1. Anti radang: Cherry, Nanas dan Blueberry.

Nanas kaya dengan vitamin C dan juga bromelain yang dapat mengurangi radang pencernaan (usus), meningkatkan fungsi imun dan menstimulasi penyerapan protein. Blueberry kaya dengan vitamin A,C dan E. Keluarga cherry kaya dengan antosianin, antioksidan berwarna biru dan merah. Memilih menyantap kue dengan topping buah merupakan pilihat yang sehat karena buah kaya antioksidan.

  1. Meningkatkan imun: grapefruit, kiwi, strawberry.

Kiwi kaya vitamin C, meningkatkan sistem imun, menurunkan radikal bebas (merusak tubuh dan meningkatkan peradangan). Grapefruit (keluarga jeruk) dan strawberrry juga kaya vitamin C (lebih tinggi dari jeruk biasa), melawan infeksi dan meningkatkan imun. Biji strawberry mengandung Vitamin A dan C yang juga meningkatkan imun tubuh.

  1. Sumber antioksidan: Buah Ara, anggur merah, delima.

Ketiga buah ini kaya antioksidan yang membuat kulit bersinar. Resveratrol pada anggur merah merupakan  antioksidan yang mencegah penuaan dini. Anggur juga kaya lutein dan zeaxanthin yang mencegah mata dari penyakit karena bahaya radiasi sinar matrahari. Buah Ara selain lezat juga mengandung kalium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, Vitamin A, E dan K.

  1. Sumber detoks: Goji berry, semangka, lemon.

Prinsip detoks adalah mengeluarkan racun. Sekitar 92% buah yang mengandung air terdapat antioksidan yang berfungsi sebagai detoks bernama Glutation. Selain itu juga didukung oleh Vitamin A dan C. Lemon buah super alkali yang juga kaya dengan anti bakteri dan anti virus. Goji selain kaya antioksidan, juga tinggi Vitamin A,B, C, E, kolin dan besi yang berperan membantu proses detoks.

  1. Biar tetap cantik: pepaya, Blackberry, blewah.

Meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit terhindar dari keriput, penuaan dini dan tetap cantik. Blackberry kaya vitamin A dan C. Blewah mengandung beta karoten yang dapat diubah jadi Vitamin A, membuat kulit berkilau, kinclong, segar dan sehat.

  1. Hari berenergi: pisang, alpukat, apel.

Pisang memberikan energi penuh supaya sarapan tetap bergizi. Sementara alpukat melepaskan energi lebih lambat dan teratur, sehingga tidak mudah lemas. Apel kaya serat.

Semuanya akan lebih baik jika dikombinasikan dan diganti setiap harinya. Selamat mencoba sarapan sehat.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/sarapan-buah-buahan-kenapa-tidak/feed/ 0
Apa Yang Dilakukan Sebelum Kena Flu http://www.mausehat.com/apa-yang-dilakukan-sebelum-kena-flu/ http://www.mausehat.com/apa-yang-dilakukan-sebelum-kena-flu/#respond Wed, 13 Feb 2019 09:34:48 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12602 Doctor holding a card with Flu, medical conceptMusim hujan identik dengan penyakit flu. Dan umumnya, sebelum flu menyerang, tubuh mempunyai tanda seperti bersin misalnya. Namun, tidak semua orang bisa sadar kalau flu sedang mengincarnya. Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Beberapa hal berikut ini efektif dalam mencegah flu menyerang :

  1. Cuci tangan. Sebuah studi dipublikasikan dalam Tropical Medicine & International Health menemukan cuci tangan dapat mengurangi sekitar 16% kejadian penularan penyakit pernafasan.
  2. Banyak istirahat. Kalau gejala flu sudah mulai nampak, sebaiknya jangan memaksa diri terlalu bekerja keras, yang justru malah bisa menambah gejala flu makin buruk. Butuh waktu sekitar 3 minggu supaya flu tidak terlalu parah.
  3. Jangan buru-buru minum antibiotik. Antibiotik bukan untuk membunuh virus flu. Jika flu tambah parah, dokter bisa memberi anti virus bernama Tamiflu.
  4. Gunakan obat pengurang nyeri. Gejala flu bisa dikurangi dengan ibuprofen atau acetaminofen, terutama jika ada demam dan nyeri.
  5. Tidur, tidur dan tidur. Sebuah studi dipublikasikan dalam Brain, Behavior, and Immunity menjelaskan sebuah protein selama tidur mampu meredakan flu.
  6. Boleh minum vitamin. Boleh minum Vitamin C sebagai pengurang flu, tapi jangan sampai kelebihan dosis yang bisa membuat diare.
  7. Makan yang banyak. Makan dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi peradangan, melegakan pernafasan. Makan banyak buah dan sayur.
  8. Banyak minum. Minum air putih sangat membantu menghidrasi dan mengurangi lelah.
  9. Tidak minum kafein. Minuman berkafein misalnya kopi dan teh membuat tubuh jadi dehidrasi, apalagi alkohol. Singkirkan semuanya dahulu kalau sudah mulai terasa gejala flu.
  10. Tidak ngumpul dulu dengan teman. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan tidak berinteraksi dengan banyak orang sekitar 1 hari setelah demam, karena sebenarnya, virus masih ada di dalam tubuh dan mulai bekerja.
  11. Bawa pembersih tangan. Tangan yang bersih dengan hand sanitizer mampu mencegah penularan flu dari dan ke orang lain.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/apa-yang-dilakukan-sebelum-kena-flu/feed/ 0
15 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Imun http://www.mausehat.com/15-makanan-yang-membantu-meningkatkan-imun/ http://www.mausehat.com/15-makanan-yang-membantu-meningkatkan-imun/#respond Tue, 12 Feb 2019 07:56:14 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12597 makanan daya tahan tubuhMusim penghujan, jika tidak menjaga kesehatan, akan cepat sakit. Daya tahan tubuh sebaiknya ditingkatkan tidak hanya melalui obat, setidaknya makan makanan yang meningkatkan sistem imun. 15 makanan berikut ini membantu menjaga kesehatan kita dimusim penghujan ini.

  1. Golongan jeruk. Kaya akan vitamin C, meningkatkan sel darah putih dalam melawan infeksi sehingga dapat meredakan flu. Golongan buah ini termasuk grapefruit (sejenis jeruk), lemon, jeruk nipis dan jeruk peras.
  2. Paprika merah. Paprika kaya dengan beta karoten, dan kadar Vitamin C nya lebih tinggi dibandingkan buah golongan jeruk. Beta karoten juga membuat mata dan kulit lebih sehat.
  3. Kaya dengan Vitamin A, C, E, antioksidan dan serat.
  4. Bawang putih. Menurut The National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih selain menurunkan tekanan darah juga dikenal sebagai pelawan infeksi, karena mengandung sulfur yang disebut Allicin.
  5. Meredakan inflamasi pada tenggorokan dan mengurangi mual. Mengandung Gingerol, satu keluarga dengan Capcaisin yang menurunkan nyeri kronis. Riset terakhir pada hewan percobaan berhasil membantu menurunkan kolesterol.
  6. Kandungan antioksidan betakaroten membantu meningkatkan sistem imun. Sangat dianjurkan untuk memasak tidak terlalu matang sehingga vitamin A dan zat gizi lainnya dapat dimanfaatkan oleh tubuh.
  7. Kaya akan Vitamin D yang mengatur daya tahan tubuh secara alami untuk meningkatkan sistem imun.
  8. Kacang almond. Kaya akan Vitamin E sebagai antioksidan yang larut dalam lemak.
  9. Anti peradangan terutama pada nyeri karena osteoartritis dan rematik artritis. Juga membantu menurunkan nyeri otot.
  10. Teh hijau. Mengandung EGCG (epigallocatechin gallate), antioksidan yang meningkatkan fungsi imun. Selain itu mengandung L-Theanin yang mengaktifkan T sel.
  11. Tinggi akan Vitamin C, kalium, B kompleks, folat, sebagai anti inflamasi.
  12. Kaya Vitamin C, kalium, folat, vitamin K.
  13. Daging ayam. Sajian sup hangat dari daging ayam ini kaya akan vitamin B6, penting dalam pembentukan energi, pembentukan sel darah merah yang sehat, gelatin, kondroitin, untuk kesehatan dan imunitas usus/pencernaan.
  14. Biji bunga matahari. Kaya Vitamin B6, magnesium, fosfor dan Vitamin E.
  15. Mengandung Zink yang meningkatkan imunitas. Diantaranya kerang, udang, kepiting dan ikan.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/15-makanan-yang-membantu-meningkatkan-imun/feed/ 0
15 Cara Menurunkan Berat Badan Yang Konsisten http://www.mausehat.com/15-cara-menurunkan-berat-badan-yang-konsisten/ http://www.mausehat.com/15-cara-menurunkan-berat-badan-yang-konsisten/#respond Mon, 11 Feb 2019 08:27:29 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12593 diet-gagalSudah berbulan-bulan kamu menjalankan program diet (plus berolahraga) ternyata berat badan stuck, diam ditempat, tidak juga turun. Kondisi ini disebut plateu. Kondisi ini sebenarnya hampir terjadi pada setiap orang yang sedang menjalankan program diet/penurunan berat badan, juga jadi tanda kalau kita sebaiknya mengubah lagi pola makan dan aktivitas fisik. Josh Cox seorang ahli fitness dari Anytime Fitness di Santa Rosa, California memberikan 15 tips supaya kita tidak terjebak di kondisi ini.

  1. Penetapan tujuan. Tetapkan tujuan dengan realistis, terukur, dapat dicapai, terikat waktu dan relevan. Misalnya: turun berat badan 5 kg dalam waktu 6 bulan.
  2. Kontrol porsi makan. Makan berlebihan menjadi gejala plateu. Meski konsumsi makanan lemak sehat seperti kacang, tetapi jika tidak perhatikan porsinya juga akan berpotensi menambah berat badan atau stuck.
  3. Jangan terlalu menghitung kalori. Makan normal di pagi hari dan hindari makan siang terlalu sedikit. Sarapan dengan lemak sehat dan protein rendah lemak di pagi hari akan membuat kenyang lebih lama.
  4. Makan cemilan sehat. Salah satu kesalahan umum pelaku diet adalah melewatkan cemilan dengan maksud memangkas kalori, ternyata justru malah menambah kalori. Jika ingin nyemil, pastikan tinggi protein, lemak sehat dan karbo sehat sehingga kenyang lebih lama. Misalnya plain yogurt yang diberi buah asli.
  5. Buat jurnal makanan. Mencatat apa saja yang dimakan berguna untuk mengingat jika terjadi salah menu sehingga tidak mengulang makanan yang sama. Catatan ini juga dapat membantu membandingkan kalori makanan.
  6. Minum air putih sebelum makan. Journal Obesity mengemukakan: minum air putih sebelum makan dapat menurunkan jumlah kalori yang dimakan. Relawan yang minum air putih sekitar 2 cangkir sebelum makan dapat turun 2kg lebih dalam waktu 12 minggu dibanding yang tidak minum.
  7. Buat imajinasi makanan. Bikin piring seperti diagram. Setengah piring sayuran non tepung, ¼ protein rendah lemak, ¼ karbo kompleks sehat.
  8. Berpikir tentang gizi. Daripada sibuk membatasi makan ini tidak boleh, itu tidak boleh, sebaiknya berpikir makan sehat yang sudah dimiliki di rumah.
  9. Tidak curang diakhir pekan. Banyak yang bilang, makan apa saja bebas kalau akhir pekan. Tapi sebenarnya malah membuat program diet gagal. Tetap konsisten dengan pola makan harian yang sudah biasa.
  10. Makan sedikit karbo. Walau karbo kompleks seperti nasi merah, kentang, oatmeal dsbnya, namun jika jumlahnya berlebihan tetap berpotensi meningkatkan berat badan. Sebaiknya tetap konsisten ½ cangkir.
  11. Konsumsi sayuran. Masukkan sayuran non tepung pada makanan seperti wortel, kembang kol, asparagus dan jamur. Konsumsi buah utuh dibanding jus sebanyak dua potong dan 4 mangkuk sayur.
  12. Cari komunitas. Kadang motivasi menurunkan berat badan suka turun naik. Supaya stabil, cari teman atau komunitas yang bisa saling dukung kegiatan.
  13. Imbalan bukan makanan. Jika sebuah tujuan menurunkan berat badan sudah tercapai, jangan memberi hadiah diri sendiri dengan makanan, tetapi siapkan dalam bentuk barang (alat olahraga, buku dsbnya).
  14. Hindari diet eliminasi. Studi di Universitas Standford menemukan bahwa orang cenderung kehilangan jumlah berat yang sama pada diet yang dibatasi karbohidrat dan pengurangan lemak. Pilihlah makanan berkualitas daripada hanya menghitung kalori terus.
  15. Buat semua dalam satu waktu. Kesadaran diri dan disiplin menjadi penting dalam menjalankan program diet. Makan lebih teratur dan berolahraga dalam satu kegiatan akan mendapatkan hasil. Yang konsisten, akan mencapai hasil yang nyata.

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/15-cara-menurunkan-berat-badan-yang-konsisten/feed/ 0
12 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ketika Flu Berat http://www.mausehat.com/12-makanan-bantu-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-ketika-flu-berat/ http://www.mausehat.com/12-makanan-bantu-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-ketika-flu-berat/#respond Fri, 08 Feb 2019 08:28:31 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12589 fluSedang menderita flu berat? pastinya tersiksa sekali. Flu bisa diperingan dengan makan makanan yang meningkatkan sistem imun tubuh. 15 Makanan ini dapat membantu mengusir flu dan patut dikonsumsi.

  1. Sup ayam.

Tidak hanya menyediakan cairan yang cukup dan padat gizi, ternyata sup ayam mampu menurunkan peradangan dan membantu mengusir virus flu.

  1. Berbagai jenis jeruk

Vitamin C banyak terdapat pada buah golongan jeruk, yang kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi gejala flu. Selain itu juga terdapat pada brokoli, kecambah brazil, pepaya, ubi jalar dan tomat.

  1. Bawang putih, bawang merah, daun bawang.

Membantu untuk mencegah perkembangan mikroorganisme jahat, yang dapat mengurangi flu. Ketiganya dipercaya dapat meningkatkan kerja Natural Killer (NK) sebagai penyerbu.

Mengandung zat kimia alami bernama Sesquiterpen, yang khusus menyerang rhinovirus, virus yang umum pada flu, serta menekan batuk. Gingerol juga bisa menekan infeksi. Tambahkan beberapa sendok jahe ke dalam teh.

Madu memiliki bahan antiseptik alami seperti hidrogen peroksida yang dapat melapisi tenggorokan dari flu berat, sifat antioksidan dan mikroba membantu melawan infeksi virus, bakteri dan jamur.

  1. Kefir

Kaya dengan probiotik yang menguatkan sistem imun. Proteinnya lebih banyak dari susu dan yogurt, mengatur pencernaan, menambah nutrisi tubuh. Makanan fermentasi lain juga mendukung bakteri baik sehingga berpotensi mengurangi serangan flu.

  1. Makanan kaya selenium.

Contoh: Kacang brazil kaya dengan selenium yang meningkatkan produksi sitokin untuk melawan flu.

  1. Anggur merah.

Resveratrol dan polifenol mempunyai manfaat yang sama yaitu meningkatkan aktivitas bakteri baik. Keduanya mencegah virus flu masuk dan berkembang dalam tubuh.

  1. Jamur

Mengandung anti virus, kaya Vitamin D. Meningkatkan kerja sitokin tubuh untuk melawan virus flu. Polisakarida juga meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Karbohidrat

Karbo yang cukup melawan disfungsi imun dan respon peradangan imun, karena pelepasan hormon stres. Karbo menunjang tubuh lebih kuat.

  1. Ikan berlemak

Vitamin D dapat meningkatkan tubuh untuk mencegah kanker.

  1. Makanan kaya Zink/seng.

Sebuah riset menyatakan, makanan yang kaya zink akan mempercepat penyembuhan flu. Sumber zink adalah kacang-kacangan dan biji labu.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/12-makanan-bantu-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-ketika-flu-berat/feed/ 0
10 Jus Wajib Minum Saat Lagi Sakit http://www.mausehat.com/10-jus-wajib-minum-saat-lagi-sakit/ http://www.mausehat.com/10-jus-wajib-minum-saat-lagi-sakit/#respond Thu, 07 Feb 2019 09:29:03 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12585 jusSaat sakit, kita tetap memerlukan gizi dalam bentuk vitamin, mineral dan energi. Sepuluh jus berikut ini cukup ampuh untuk mengurangi flu dan pilek.

  1. Apel, Jeruk dan Wortel. Sangat ampuh untuk melawan infeksi. Kaya akan Vitamin A, B6 dan C, kalium dan asam folat.
  2. Jeruk dan grapefruit. Vitamin C melindungi sel dari kerusakan ketika sedang flu berat. Kurang Vitamin C memperlambat proses penyembuhan, tidak ada perlawanan terhadap infeksi dan buruknya respon imun. Jus ini kaya akan Vitamin A,C, B6, asam folat dan zink.
  3. Jus tomat alami. Tomat kaya akan folat, vitamin A dan C, zat besi, yang semuanya membantu menurunkan infeksi.
  4. Kale, tomat dan seledri. Mengandung zat yang menurunkan peradangan/inflamasi, yaitu Vitamin A dan C, magnesium, kalium, besi dan asam lemak.
  5. Bit, wortel, kunyit, jahe. Meningkatkan sistem imun dan membantu menurunkan gejala flu misalnya batuk, hidung berair, nyeri tubuh. Jus ini juga sangat bermanfaat bagi orang yang menderita rematik. Kaya akan Vitamin A, C, E, besi dan kalsium.
  6. Strawberry mangga. Vitamin E pada mangga sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun terutama pada lansia.
  7. Kaya dengan Vitamin A,C, magnesium dan zink. Selain membantu meningkatkan sistem imun, juga meredakan nyeri otot karena gejala flu terutama pada lansia. Resep india kuno mencampurkan jus semangka dengan mint, apel atau jeruk.
  8. Strawberry kiwi mint. Kaya dengan Vitamin A, B6, C, magnesium, folat, zink. Akan lebih enak jika dicampur dengan yogurt sehingga seperti smoothies.
  9. Biji labu. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, juga menyehatkan tulang, menunda gejala menopause, kesehatan kulit dan kuku, kesehatan kantung kemih, gangguan prostat dan kesehatan mental.
  10. Bayam, selada dan kale. Kaya dengan Vitamin A, C, B6, besi dan kalsium.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/10-jus-wajib-minum-saat-lagi-sakit/feed/ 0
Nyeri Sendi Pertanda Sebuah Penyakit http://www.mausehat.com/nyeri-sendi-pertanda-sebuah-penyakit/ http://www.mausehat.com/nyeri-sendi-pertanda-sebuah-penyakit/#respond Wed, 06 Feb 2019 11:00:32 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11502 sakit-pinggang-baruMungkin saja setiap orang pernah mengalami nyeri sendi seperti punggung karena terlalu banyak duduk atau mengangkat barang-barang berat. Tapi tahukah kita kalau nyeri pinggang bukan cuma sekedar itu?? Ternyata ada beberapa sebab yang menjadi pertanda penyakit, dimulai dari nyeri pinggang.

  1. Pneumonia. Seseorang yang sering mengeluhkan nyeri punggung yang disertai dengan batuk, demam, sesak nafas, kemungkinan adalah gejala pneumonia. Umumnya nyeri karena pneumonia dirasakan pada bagian belakang punggung atas dan tingkat nyerinya bervariasi dari orang ke orang. Tak jarang rasa nyeri berlanjut ke dada. Dr. Stamatos, MD dari Syosset Hospital, New York mengatakan sakit punggung terjadi karena batuk menekan bagian terluar dari kanal tulang belakang. Tubuh akan membuat pirogen yang dapat membantu melawan infeksi, namun juga membuat tubuh pegal. Segera berobat ke dokter agar diberikan anti virus atau antibiotik.
  2. Refluks asam. Jika sering mengeluh mengalami sensasi dada terbakar atau sesak dari dada atau punggung atas, terutama setelah makan makanan berlemak atau minum berkafein, hal ini dapat menjadi pertanda seseorang menderita refluks asam. Merck Manual menjelaskan bahwa gastroesophageal reflux disease (GERD) disebabkan karena asam lambung naik kembali melalui kerongkongan. Menimbulkan sensasi terbakar di sekitar dada depan dan belakang menyerupai nyeri serangan jantung. Jika ada nyeri dada tapi tidak memiliki GERD kemungkinan mengalami gangguan esofagus atau jantung. Ubahlah pola hidup dengan tidak merokok, tidak/mengurangi minuman beralkohol, mengurangi makanan asam, pedas, goreng atau asam.
  3. Batu ginjal. Batu ginjal termasuk dalam kategori penyakit gangguan ginjal dan kemih. Batu ini akan mengendap di ginjal atau terbawa keluar melalui saluran kemih. Nyeri punggung tergantung dari berat tidaknya penyakit ginjal. Nyerinya mulai dari ringan hingga sangat nyeri di punggung dan bisa terjadi dalam beberapa hari sampai minggu.
  4. Osteoarthritis. Hubungan antara usia paruh baya dan nyeri punggung bisa disebabkan oleh osteoarthritis. Begitu pula jika nyeri punggung disertai dengan kekakuan leher. Spine Health menjelaskan penyakit ini merupkan penyakit degeneratif dimana tulang rawan sendi kehilangan cairan yang umumnya terjadi pada usia diatas 50 tahun. Tapi bukan berarti tidak mengintai usia muda. Pada mereka yang mengalami cidera sendi pada usia muda, mempunyai risiko mengembangkan penyakit ini. Begitu juga dengan mereka yang terlalu keras berolahraga seperti banyak melompat, memantul atau atau atlet yang olahraganya keras. Pemeriksaan OA bisa melalui tes darah, CT scan atau X Ray bagian yang sakit.
  5. Kanker pankreas. The American Cancer Society mengatakan kanker pankreas bisa sangat menyakitkan di daerah punggung jika sudah  menyebar ke saraf di sekitar pankreas. Biasanya, rasa sakit muncul pada bagian perut, kemudian menjalar ke punggung saat kanker berlangsung. Gejala lain dari kanker pankreas termasuk penyakit kuning, urin berwarna gelap, gatal pada kulit, mual dan penurunan berat badan. Jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut dan juga memiliki riwayat keluarga dengan kanker pankreas, maka sebaiknya kunjungi dokter.

 

Sumber : cheatsheet.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/nyeri-sendi-pertanda-sebuah-penyakit/feed/ 0