MauSehat.Com http://www.mausehat.com Mon, 13 Aug 2018 10:08:10 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.15 Mual Setelah Makan Bisa Jadi Ini Penyebabnya… http://www.mausehat.com/mual-setelah-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya/ http://www.mausehat.com/mual-setelah-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya/#respond Mon, 13 Aug 2018 05:30:58 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10834 10-shutterstock-96431810Mual sering kali dikaitkan dengan banyak penyebab, seperti faktor stress atau gangguan kesehatan, namun jika mual datang setelah makan mungkin harus segera melakukan pemeriksaan karena bisa jadi anda mengalami masalah sebagai berikut :

  1. Masalah Kandung Empedu

    Mual setelah makan bisa saja terkait dengan kolesistitis kronis, atau penyakit radang kandung empedu kronis, selain mual gejalanya yang mungkin muncul adalah ketidaknyamanan pada lambung, gas, dan diare. Jika tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi fungsi kandung empedu.

  2. GERD

    GERD atau Gastroesophageal Reflux adalah suatu kondisi dimana makanan yang dikonsumsi atau cairan di lambung bergerak kembali ke kerongkongan, bisa disebabkan karena asam lambung yang tinggi. Selain mual, gejala lain seperti sakit maag, sakit tenggorokan dan batuk. Selain itu, dapat menyebabkan rasa asam di mulut. Berbaring setelah makan dapat memperburuk refluks.

  3. Keracunan Makanan

    Mual setelah makan bisa menjadi tanda bahwa makanan yang kita makan sudah tidak layak dikonsumsi lagi. Selain mual tanda anda keracunan makanan adalah diare, demam, muntah, dll. Efek ini mungkin akan terasa setelah 30 menit sampai beberapa hari setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Mengatur pola makan adalah salah satu cara mencegah berbagai masalah pencernaan, makan tepat waktu, bergizi seimbang, dan perhatikan porsi makanan. Hindari makanan yang terlalu merangsang pencernaan seperti terlalu pedas atau asam, dan yang lebih penting lagi perhatikan kebersihan makanan dan perhatikan tanggal kadaluarsa makanan.

Sumber : Livestrong

(erl/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/mual-setelah-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya/feed/ 0
Lexapro dan Peningkatan Berat Badan Pada Penderita Depresi dan Kecemasan http://www.mausehat.com/lexapro-dan-peningkatan-berat-badan-pada-penderita-depresi-dan-kecemasan/ http://www.mausehat.com/lexapro-dan-peningkatan-berat-badan-pada-penderita-depresi-dan-kecemasan/#respond Mon, 13 Aug 2018 05:13:50 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12210 depresiLexapro merupakan nama obat dari nama lain escitalopram, dalam bentuk tablet maupun syrup. Lexapro diberikan kepada mereka yang menderita depresi dan kecemasan. Lexapro merupakan golongan obat selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) yang bekerja dengan meningkatkan serotonin di otak sehingga suasana hati/mood seseorang stabil. Biasanya hanya minum 10mg/hari dalam 1 atau 2 kali pemberian. Rata-rata obat ini diminum sekitar 4 sampai 6 minggu, namun ada juga juga yang membutuhkan waktu lebih lama hingga berbulan bahkan tahun. Karena mood yang stabil akan meningkatkan nafsu makan, maka efek dari lexapro dapat meningkatkan berat badan meskipun beberapa kasus juga menurunkan berat badan. Studi ini dilakukan oleh  The United States National Library of Medicine.

Depresi dan kecemasan dapat mempengaruhi kebiasaan makan seseorang. Akibatnya dapat menyebabkan kurang nafsu makan, tidak menikmati makanan dan merasa cemas tentang makan. Namun, ketika penderita menjalani terapi pengobatan, gejala akan berangsur membaik, sehingga nafsu makan akan kembali meningkat. Sebuah studi 2014 di New England melihat adanya penambahan berat badan selama periode 12 bulan pada orang yang minum berbagai antidepresan, termasuk Lexapro. Para peneliti menggunakan citalopram untuk perbandingan. Semua obat SRRIs meningkatkan nafsu makan. Hanya fluoxetine satu-satunya obat SSRI yang menyebabkan penurunan berat badan di awal sebelum akhirnya meningkat. Rata-rata kenaikan berat badan untuk Lexapro kurang dari 0,5 persen. Kenaikan berat badan yang paling signifikan terjadi pada pria muda dan mereka yang memiliki indeks massa tubuh rendah (IMT) sebelum memulai pengobatan.

Penelitian pada tahun 2017 mempelajari peran SSRI dalam menaikkan berat badan. Mereka yang jarang/kurang beraktivitas, merokok, lebih sering konsumsi daging olahan, susu dan karbohidrat olahan merupakan fakto risiko yang menyebabkan peningkatan berat badan. Studi tahun 2011 Sebuah studi 2011 langsung membandingkan Lexapro dengan nortriptyline, yang merupakan antidepresan trisiklik. Para peneliti menemukan bahwa Lexapro memiliki kemungkinan yang lebih kecil dalam menaikkan berat badan. Penelitian lain masih diperlukan lebih lanjut, faktor yang jelas dari lexapro penyebab kenaikan berat badan.

Sumber : medicalnewstoday

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/lexapro-dan-peningkatan-berat-badan-pada-penderita-depresi-dan-kecemasan/feed/ 0
Fungsi Vitamin B12 dan Perlunya Tes Kadar Vitamin B12 http://www.mausehat.com/fungsi-vitamin-b12-dan-perlunya-tes-kadar-vitamin-b12/ http://www.mausehat.com/fungsi-vitamin-b12-dan-perlunya-tes-kadar-vitamin-b12/#respond Fri, 10 Aug 2018 08:23:30 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12206 Vitamin-B12_155851100Vitamin B12 penting bagi pengaturan tubuh, pengaturan syaraf, produksi DNA dan sel darah merah. Orang yang defisiensi berat vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan neurologis, kelelahan, sembelit, penurunan berat badan. Namun sebaliknya, jika kadar vitamin B12 terlalu tinggi dalam darah juga dapat menyebabkan gangguan liver dan diabetes.

Jika begini, mengetahui kadar vitamin B12 dalam tubuh perlu dilakukan untuk melihat ada tau tidaknya gejala abnormal tubuh.

  1. Defisiensi vitamin B12. Seorang wanita bisa mengalami depresi katatonik. Gejalanya meliputi kebingungan, demensia, depresi, gangguan keseimbangan, detak jantung cepat, mati rasa atau kesemutan kaki tangan, gangguan memori atau sakit pada lidah dan mulut. Bayi yang mengalami defisiensi ini juga bisa menyebabkan terganggunya tumbuh kembang (development delayed).
  2. Anemia pernisiosa. Terjadi karena vitamin B12 tidak dapat diserap sempurna dalam tubuh. Hal ini sering terjadi pada lansia seiring pertambahan usia karena kurangnya faktor intrinsik (yang mengikat vitamin) dalam tubuh. Gejalanya meliputi sembelit, lelah, hilang nafsu makan, pucat, lemah dan berat badan turun.
  3. Tingkat serum folat tinggi. Tingginya kadar serum asam folat dalam darah dapat menutupi defisiensi vitamin B12 dan memperparah gejala neurologis. Defisiensi berat vitamin B12 juga dapat menyebabkan anemia.
  4. Gambaran lain. Kadar vitamin B12 yang abnormal (terlalu tinggi) juga menjadi pertanda gangguan liver, diabetes atau leukemia.

Anak-anak dan lansia rentan terhadap defisiensi vitamin B12, juga pada mereka yang mengalami gangguan pencernaan. Lambung melalui asam lambung akan memisahkan vitamin B 12 dari makanan lainnya supaya lebih efisien diserap. Kelompok yang juga rentan adalah vegan dan vegetarian, penderita diabetes, penderita Chron disease celiac, operasi bypass lambung, ibu menyusui, atau yang mengkonsumsi obat seperti kloramfenicol, proton pump inhibitors atau H2 inhibitor. Dokter biasa menggunakan test vitamin B12 untuk mengukur kadar lain dalam serum darah. Selain itu, serum vitamin ini juga mempengaruhi hasil interaksi dengan zat lain.

Sumber : medicalnewstoday

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/fungsi-vitamin-b12-dan-perlunya-tes-kadar-vitamin-b12/feed/ 0
Vitamin D, Banyak Manfaat http://www.mausehat.com/vitamin-d-banyak-manfaat/ http://www.mausehat.com/vitamin-d-banyak-manfaat/#respond Thu, 09 Aug 2018 05:08:16 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12202 vitamin DVitamin D menjadi bahasan yang menarik akhir-akhir ini, sejak manfaat vitamin D bermunculan. Vitamin D diperoleh dari sinar matahari dengan cara berjemur. Selain itu juga bisa didapatkan dari sumber makanan seperti minyak ikan, susu fortifikasi, hati sapi, kuning telur, jamur, sereal fortifikasi. Vitamin D sangat dibutuhkan untuk mengatur kadar kalsium, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Akhir-akhir ini peneliti juga mengungkapkan manfaat lain vitamin D yaitu melindungi dari gagal jantung, diabetes, kanker, infeksi saluran pernafasan, penyakit autoimun dan bahkan kerontokan rambut.

Sebuah riset di AS memperkirakan sekitar 40% orang mempunyai asupan harian vitamin D yang rendah. Akibatnya akan mengalami nyeri sendi atau otot, kelelahan, masalah pernafasan, gangguan suasana hati/mood dan seasonal affective disorder (SAD). Ada beberapa riset yang menjelaskan hubungan penyakit dengan vitamin D.

  1. Vitamin D dapat menurunkan resiko gagal jantung. Di studi pada tikus, vit D 1,25-dihydroxyvitamin D3, mempengaruhi sel-sel jantung. Secara khusus, para peneliti melihat sel-sel unit fibroblas pembentuk koloni jantung (cCFU-Fs) yang bertanggung jawab untuk mengembangkan jaringan parut setelah serangan jantung. Studi menemukan bahwa vitamin D menghambat aksi cCFU-Fs, yang mencegah jaringan parut terbentuk di sekitar jantung tikus, berpotensi mencegah penyumbatan dalam sistem kardiovaskular.
  2. Vitamin D dan kanker. Riset menemukan, wanita yang asupan vitamin D tinggi berisiko rendah terhadap kanker payudara. Sedangkan pada mereka yang asupan vitamin D rendah dibawah yang dianjurkan, 31% cenderung mempunyai risiko tinggi terhadap kanker kolorektal/usus, sedang yang kebutuhan Vitamin D nya tercukupi, hanya 22% beresiko.
  3. Vitamin D dan kegemukan. Orang yang kadar vitamin D nya rendah cenderung menyimpan lemak perut lebih banyak.
  4. Vitamin D dan Alzheimer. Para peneliti di Australia menganalisa sekitar 70 riset yang berhubungan antara vitamin D dengan alzheimer. Para penulis menyimpulkan belum ada hubungan yang nyata antara vitamin D dan alzheimer, namun dengan multiple sklerosis dan parkinson.
  5. Vitamin D dan nyeri kronis. Sebuah tinjauan riset tahun 2015 menyebutkan bahwa vitamin D memungkinkan berperan dalam menurunkan nyeri kronis, walau penelitian lain sebaiknya masih terus dilakukan.

Sumber : medicalnewstoday

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/vitamin-d-banyak-manfaat/feed/ 0
Tanda Ini Jadi Bendera Merah Buat Usus http://www.mausehat.com/tanda-ini-jadi-bendera-merah-buat-usus/ http://www.mausehat.com/tanda-ini-jadi-bendera-merah-buat-usus/#respond Wed, 08 Aug 2018 08:06:04 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12197 ususKanker kolon (usus besar) bukan hal yang baru dan kanker ini mematikan. Banyak wanita tidak menyadari hadirnya kanker ini, namun pada dasarnya, kita dapat memperhatikan ciri dan tanda dari kotoran di keseharian.

  1. Darah merah segar yang terserap pada tisue toilet, bisa jadi disebabkan karena robekan kecil atau karena wasir. Kondisi ini masih bisa dikatakan baik-baik saja. Namun, jika darah berwarna gelap (merah tua bahkan hitam) menandakan adanya pendarahan yang terjadi didalam usus.
  2. Sembelit selama seminggu mungkin saja masih wajar, itu karena kurang serat dan dehidrasi. Namun yang perlu diwaspadai jika konstipasi berlangsung selama lebih dari sebulan dengan bentuk kotoran yang tipis dan panjang. Ini menandakan adanya perubahan sel pada usus.
  3. Keram atau kembung bisa jadi karena pakaian yang sempit. Jika nyeri makin jadi dan membuat tidak dapat beraktivitas harian, maka perlu segera periksa ke dokter

Sumber : womenshealth

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-ini-jadi-bendera-merah-buat-usus/feed/ 0
Do’s and Don’ts Diet DASH http://www.mausehat.com/dos-and-donts-diet-dash/ http://www.mausehat.com/dos-and-donts-diet-dash/#respond Tue, 07 Aug 2018 07:30:39 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12192 the-dash-diet-1-638Diet/pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) ini sangat direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. DASH terbukti efektif untuk meningkatkan kesehatan penderita hipertensi sehingga menurunkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah.

Ada beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan (do’s and dont’s) dalam menjalankan pola diet ini yang sebaiknya kita tahu.

  1. Do: Sajikan daging unggas dan daging merah rendah lemak jenuh. Rendah lemak jenuh dapat menyehatkan jantung
  1. Dont: taburi garam. Diet DASH membatasi garam dan mengkayakan rempah serta kulit lemon.
  1. Do: Makan sayur dan buah. Perkaya diet dengan sayur dan buah yang kaya serat, kalium, kalsium, protein, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi
  1. Do: puaskan rasa manis dengan buah. Lewatkan makanan mengandung banyak gula dan lemak. Ganti dengan buah
  1. Dont: konsumsi daging merah secara berlebihan yang tinggi lemak jenuh. Gantilah dengan daging ayam atau ikan
  2. Dont: minum alkohol. Alkohol meningkatkan tekanan darah, merusak liver, jantung dan otak. Batasi minuman alcohol, satu gelas sloki untuk wanita dan dua sloki untuk pria

Diet DASH juga ternyata efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi ingat, tetap harus konsisten menjalankan diet ini.

Sumber : health.usenews

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/dos-and-donts-diet-dash/feed/ 0
Masalah Pada Mata Yang Tidak Bisa Dianggap Sepele http://www.mausehat.com/masalah-pada-mata-yang-tidak-bisa-dianggap-sepele/ http://www.mausehat.com/masalah-pada-mata-yang-tidak-bisa-dianggap-sepele/#respond Mon, 06 Aug 2018 07:00:31 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12188 kesehatan mataBanyak orang bicara tentang kesehatan umum, namun lupa menerapkannya pada organ penting tubuh lainnya. Mata adalah salah satu organ penting yang juga harus dijaga kesehatannya. Meski penurunan fungsi mata akan terjadi seiring penambahan usia, namun tidak ada salahnya jika dijaga sejak dini untuk menurunkan risiko.

JIka Anda merasa ada yang aneh pada penghilatan seperti ada titik hitam atau seperti ada yang mengambang segeralah periksa ke dokter. Berikut adalah gangguan sekitar mata yang biasa terjadi  yaitu dan harus di waspadai :

  1. Seperti melihat jaring laba-laba yang melayang dab bercahaya. Hal ini disebabkan karena vitreous body yang bentuknya seperti putih telur di belakang mata berubah menjadi seperti jelly yang disebut floaters seiring bertambahnya usia. Umumnya tidak berbahaya, tapi jika sudah menutupi penglihatan, maka harus pergi ke dokter mata, bisa jadi pembuluh mata atau retina robek. Dokter akan melakukan operasi atau pembekuan, laser, menyuntik gelembung gas ke mata sehingga posisi retina kembali normal.
  2. Mata terasa panas terbakar. Peradangan, gatal, terbakar, disebut dengan blepharitis. Penyebabnya adalah bakteri yang tinggal kelopak mata. Untuk meringankan gejala, usap mata menggunakan shampoo bayi dan air hangat. Kompres mata untuk mengurangi kantung peradangan. Pada kasus timbulnya jerawat di kelopak mata, operasi bisa dibutuhkan. Sensasi terbakar pada mata disebut fotokeratitis dan paparan sinar UV seperti berkabut disebut dengan kebutaan salju. Kondisi ini dapat menghilang, namun jika ada resiko infeksi, dokter akan memberikan obat.
  3. Mata sangat merah dan kering. Pembuluh darah mata melebar maka mata menjadi merah. Hal ini dapat terjadi karena paparan zat kimia, bawang, serbuk sari, debu, bulu hewan dsbnya. Sedang mata kering adalah mata yang kurang air dipermukaan untuk melumasi. Hal ini juga bisa terjadi salah satunya karena gangguan autoimun.
  4. Ada benjolan atau tahi lalat baru di mata. Bintik dimata kadang bisa terjadi sebenarnya sampai belakang mata, dapat berpotensi ganas (melanoma). Jika semakin membesar dan pandangan kabur, segeralah pergi ke dokter.
  5. Penglihatan ganda. Artinya otot mata tidak saling selaras. Bisa jadi juga karena masalah neurulogis, bahkan tumor otak atau stroke. Jika pandangan ganda hanya satu mata, kemungkinan karena katarak atau masalah pada retina. Jika masalah otot, maka hanya membutuhkan kacamata. Jika karena masalah neurologis, biasanya membutuhkan CT scan atau MRI.

Sumber : womenshealth

(Ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/masalah-pada-mata-yang-tidak-bisa-dianggap-sepele/feed/ 0
5 Ciri Menstruasi Bermasalah http://www.mausehat.com/5-ciri-menstruasi-bermasalah/ http://www.mausehat.com/5-ciri-menstruasi-bermasalah/#respond Fri, 03 Aug 2018 08:05:00 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12183 menstruasi bermasalahMenstruasi merupakan siklus hidup normal bagi wanita yang sudah mengalami masa puber. Saking biasanya, terkadang para wanita tidak perhatian dengan hal yang dapat menganggu menstruasi. Mengenali ciri-ciri menstruasi yang tidak sehat, perlu, supaya tidak ada masalah kesehatan ke depannya.

  1. Terlalu banyak gumpalan darah saat mens. Keluar gumpalan besar kala mens sebenarnya wajar, tapi kalau selalu terjadi setiap waktu datang dan bentuknya sangat besar (bisa sampai seukuran bola golf) menjadi tanda fibroid rahim (pertumbuhan non kanker pada rahim).
  2. Darah menstruasi keluar banyak. Menstruasi yang sangat banyak, hingga menyebabkan setiap jam mengganti pembalut menjadi tanda seorang wanita memiliki polip atau fibroid pada rahim. Jika sudah sampai pada pendarahan berat, pusing, sesak nafas, kemungkinan mengalami anemia dan ketidakseimbangan hormon yang harus segera periksa ke dokter.
  3. Waktu menstruasi lama. Biasanya wanita menstruasi sekitar 7 hari. Lamanya bisa dipengaruhi karena stress, atau memang setiap bulannya ada wanita yang waktu menstruasi nya agak lama. Namun jika tidak biasanya, ini menjadi penanda gejala sindrom polikistik ovarium (PCOS) dan polip uterus. Yang lebih parah, jika diabaikan, dapat menjadi gejala kanker rahim.
  4. Siklus menstruasi kurang dari 20 hari. Siklus seorang wanita pada dasarnya berbeda. Hanya jika mendadak pendek, kurang dari 20 hari, bisa menjadi tanda disfungsi ovulasi atau gangguan tiroid. Selain itu juga dapat menjadi ciri PCOS dan polip uterus.
  5. Tidak menstruasi tapi juga tidak sedang hamil dan menyusui. Jika seorang wanita stress dan banyak aktivitas tinggi, bisa jadi dia menstruasi nya tidak teratur. Bisa juga disebabkan oleh gangguan pada tiroid, selain karena ketidakseimbangan hormon.

Sumber : womenshealth

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/5-ciri-menstruasi-bermasalah/feed/ 0
Bagaimana Cara Lepas dari Kebiasaan Buruk Ini? http://www.mausehat.com/bagaimana-cara-lepas-dari-kebiasaan-buruk-ini/ http://www.mausehat.com/bagaimana-cara-lepas-dari-kebiasaan-buruk-ini/#respond Wed, 01 Aug 2018 03:58:05 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12178 kunyah es batuMungkin diantara kita ada yang biasa melakukan kebiasaan kecil namun buruk, misalnya gigit kuku, ketuk meja sampai berisik dsbnya. Kebiasaan itu dapat membuat diri dan orang lain kurang nyaman. Ada beberapa cara yang dapat dipraktekkan supaya kebiasaan itu berkurang. Gigit kuku, ketuk jari, kunyah es. Kebiasaan ini banyak terjadi karena stress atau kurang zat gizi. Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Kunyah es. Sering mengunyah es merupakan salah satu ciri gangguan pica. Menurut National Health Institute, pica merupakan gangguan pola makan yang aneh. Penderita pica umumnya mengkonsumsi makanan yang tidakmasuk akal seperti tanah, pasir, daun, batu, bahkan kotoran binatang, dll. Beberapa peneliti menyebut bahwa kekurangan zat besi (anemia) menjadi pemicu gangguan ini. Pica juga bisa menjadi pertanda stress atau gangguan emosi obsesif kompulsif (OCD). Kriuk nya es batu juga mengganggu pendengaran orang lain. Bagaimana cara menghentikannya? Pergi kedokter, periksa apakah kurang zat besi. Jika berhubungan dengan gangguan emosi, dapat melakukan terapi perilaku kognitif.
  2. Berdiri, duduk, membungkuk akan merusak posisi tulang dan otot yang akan membuat punggung nyeri, pegal, lelah dan sakit kepala. Cara menghentikannya: perbaiki postur. Jika berdiri, bahu santai. Jika duduk, buat kedua kaki menginjak lantai. Duduk atau berdiri tegak pada awalnya mungkin agak kaku, tetapi lama kelamaan akan membuat nyaman.
  3. Gigit kuku. Menurut National Institutes of Health, kebiasaan menggigit kuku merupakan ekspresi stress, atau cemas. Cara menghentikannya, coba ketahui penyebab kebiasaan ini. Jika karena factor kecemasan, lebih baik berobat ke psikiater. Bisa juga mengunyah permen karet bebas gula.
  4. Pakai lensa kontak saat tidur. Dapat meningkatkan infeksi mata dan juga mata kekurangan oksigen, merusak pembuluh darah kecil dan bahkan mata bisa rusak permanen. Cara hentikan: cobalah untuk berganti antara kacamata dengan lensa kontak. Usahakan tidak menggunakan lensa kontak setiap hari. Tanya dokter mata apakah ada lensa kontak yang aman saat lupa dilepas saat
  5. Pletekin jari-jari. Banyak mitos tentang pletekkan jari hingga berbunyi memicu rematik, ternyata tidak Mempletekkan jari akan membuat orang lain merasa linu dan tidak nyaman. Cara hentikan: cobalah membuat catatan, berapa kali sehari mempletekkan jari dan belajarlah untuk mengurangi dengan bertanggungjawab.
  6. Ngemil malam hari. Ngemil diatas jam 10 malam hanya akan menumpukkan lemak, bukan membakar lemak. Ngemil malam hari dapat menyebabkan heartburn (asam lambung naik) yang mengganggu pola tidur. Cara hentikan: konsumsilah makanan yang cukup saat pagi dan siang hari sehingga saat malam tidak lapar.
  7. Tidur dengan alarm. Umumnya justru berakhir dengan ketidak nyamanan tidur, tidur kurang nyenyak. Cara hentikan: tidur sebaiknya sekitar 7 sampai 8 jam/hari. Jika ingin menggunakan alarm, hitung mundur sekitar 8 jam

Sumber : helath.usnews.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/bagaimana-cara-lepas-dari-kebiasaan-buruk-ini/feed/ 0
Gangguan Makan Pada Orang Dewasa http://www.mausehat.com/gangguan-makan-pada-orang-dewasa/ http://www.mausehat.com/gangguan-makan-pada-orang-dewasa/#respond Fri, 27 Jul 2018 04:38:13 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12174 gangguan makan dewasaBulimia, aneroksia adalah dua istilah yang tak asing lagi karena sering disebut sebagai gangguan/kelainan makan (eating disorder). Didalam dunia medis, ternyata ada istilah lain untuk gangguan makan ini.

American Psychiatri Association memperkenalkan istilah EDNOS (Eating Disorder Not Otherwise Specified) atau gangguan makan diluar spesifikasi yang ada. Gangguan ini banyak dialami oleh orang dewasa. Dan beberapa gangguan makan tersebut adalah :

  1. Terobsesi pola makan sehat. Menyingkirkan semua makanan yang dianggap tidak organic atau tidak berkualitas. Hal ini justru cenderung menciptakan kecemasan atas apa yang dimakan. Akibatnya bisa menyebabkan kekurangan gizi.
  2. Diet ekstrim yang dilakukan pada ibu hamil, menghindari kenaikan berat badan ekstrim antara 11 sampai 15 kg (kenaikan yang biasa direkomendasikan dokter). Akibatnya bumil menjadi depresi, anemia, hipertensi bahkan kekurangan gizi pada bayi. Keguguran, cacat lahir atau lahir prematur bisa saja terjadi. Pada kelahiran premature, bayi yang dilahirkan rentan terhadap diabetes, obesitas dan masalah jantung kelak ketika mereka dewasa.
  3. Binge eating. Makan terlalu kompulsif, berlebihan karena efek dari stress dan depresi. Orang dengan kondisi seperti ini bisa saja makan sangat banyak walau kadang sembunyi-sembunyi. Banyak yang tidak bisa kontrol nafsu makan sehingga tidak bisa berhenti makan. Untungnya mereka tidak seperti orang dengan bulimia yang akan dengan segera memuntahkan makanan yang sudah dimakannya. Akibatnya akan terjadi obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.
  4. Anorexia Athletica. Kecanduan berolahraga. Olahraga melebihi batas yang diajurkan dan memuntahkan makanan. Penderita ini mengalami kecemasan tinggi, lalu bermasalah dengan jantung dan depresi.
  5. Membatasi asupan makanan dengan alkohol dan kecanduan minuman keras. Pada wanita bisa menyebabkan keracunan alkohol, perilaku sek bebas, gangguan liver dan jantung.

Sumber : womenshealth

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/gangguan-makan-pada-orang-dewasa/feed/ 0