IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA MauSehat.Com http://www.mausehat.com Wed, 24 Apr 2019 11:00:26 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.17 Banyak konsumsi gula saat hamil, anak mudah alergi http://www.mausehat.com/banyak-konsumsi-gula-saat-hamil-anak-mudah-alergi/ http://www.mausehat.com/banyak-konsumsi-gula-saat-hamil-anak-mudah-alergi/#respond Wed, 24 Apr 2019 11:00:26 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11834 asmaIbu hamil yang ketagihan makan manis, gula dan olahannya, sebaiknya berhati-hati. Karena terlalu banyak konsumsi makanan/minuman yang mengandung gula menyebabkan anak berisiko tinggi terhadap alergi/astma (riset dari European Respiratory Journal) Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dimakan ibu (pola diet) akan berpengaruh pada kualitas kehidupan anak di masa mendatang.

Studi baru ini menganalisis data dari hampir 9.000 wanita yang hamil pada awal 1990an. Anak-anak yang lahir dari ibu yang di analisa dilakukan tes astma dan alergi umum (seperti tungau debu, kucing dan rumput) pada usia 7 tahun. Saat hamil, para wanita diminta mengonsumsi (mingguan) makanan yang mengandung gula termasuk kopi dan teh; tanggapan mereka digunakan untuk menghitung asupan tambahan gula, tidak termasuk gula alami dalam buah, sayuran atau produk susu.

Meski sempat diragukan dan tidak mempunyai bukti kuat, namun ketika dilihat secara spesifik dari anak-anak penderita astma dengan penegakan diagnosis serta tes kulit positif untuk allergen terlihat hubungan yang kuat antara konsumsi makanan/minuman tinggi gula dengan ibu hamil.

Anak-anak dari ibu dengan diet tinggi gula juga 38% lebih mungkin positif memiliki alergen dan 73% lebih mungkin dua kali atau lebih mengalami alergi lain daripada ibu yang tidak banyak konsumsi gula dan olahannya. Para peneliti mempertimbangkan juga beberapa aspek misalnya aspek sosial dan makanan.

Tidak semua kondisi alergi dikaitkan dengan konsumsi gula pada ibu. Tidak ada hubungan  ditemukan untuk eksim atau demam. Dan bertentangan dengan penelitian sebelumnya, tidak ada hubungan yang ditemukan antara asupan gula anak-anak sendiri (pada usia 4 tahun) dan hasil kesehatan mereka pada usia 7 tahun.

Para peneliti masih menduga bahwa asupan tinggi gula selama kehamilan dapat meningkatkan peradangan di paru-paru, membuat anak-anak cenderung mengembangkan alergi.Hal ini menandakan bahwa diet pada ibu hamil adalah penting. Ada teori lain mengatakan bahwa konsumsi sirup jagung terlalu tinggi dapat bertanggung jawab atas peradangan. Angka konsumsinya di Amerika meningkat dari tahun 1970 sampai 2000 dari 0% ke 30%. Epidemi astma dan alergi astma dalam 50 tahun terakhir ini meningkat dan diduga salah satu penyebabnya karena perubahan pola makan. Mengingat jumlah gula yang banyak dikonsumsi secara teratur di negara-negara Barat, penulis penelitian mengatakan bahwa kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut sangat mendesak.

Sumber : time.com

(ast/bt)

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/banyak-konsumsi-gula-saat-hamil-anak-mudah-alergi/feed/ 0
Tanda Tubuh Tidak Cukup Protein http://www.mausehat.com/tanda-tubuh-tidak-cukup-protein/ http://www.mausehat.com/tanda-tubuh-tidak-cukup-protein/#respond Tue, 23 Apr 2019 09:16:31 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12757 sumber proteinTubuh menggunakan protein untuk perkembangan sel. Setidaknya minimal kecukupannya adalah 0.36 gram/kg berat badan. Namun jika terlalu rendah juga bisa berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa tanda yang mengarah pada kekurangan protein dan sebaiknya kita ketahui.

  1. Bengkak.

Disebut dengan edema. Terjadi pada kaki, perut, tangan, telapak kaki. Protein, khususnya albumin, mencegah terjadinya penumpukan cairan di jaringan tubuh.

  1. Mood gampang berubah-ubah

Neurotransmitter terbangun dari asam amino yang asalnya dari protein. Jadi, kekurangan asupan protein akan menurunkan kinerja neurotransmitter yang dapat mempengaruhi cara kerja otak. Misal, dengan kondisi domapin dan serotonin yang rendah, seseorang jadi agresif atau depresif.

  1. Masalah kulit, kuku dan rambut.

Tiga bagian tubuh ini dibangun dari protein: kolagen, keratin, elastin. Jika tubuh tidak cukup membuat ketiga itu, maka rambut terlihat kusam dan tipis, kulit kering dan pecah-pecah, kuku bergurat atau patah.

  1. Lemah dan lesu

Sebuah riset mengemukakan, jika seseorang kurang protein terlebih berusia diatas 55 tahun, maka akan mempengaruhi kondisi otot dan postur tubuh serta pergerakan. Kurang protein dapat menyebabkan kehilangan massa otot dan memperlambat proses metabolisme. Juga dapat menyebabkan anemia sehingga lelah dan lesu.

  1. Kelaparan

Riset membuktikan jika banyak makan protein dapat menunda lapar.

  1. Masa penyembuhan lama

Orang kekurangna protein ketika luka, lama sembuh. Ketika terkilir, kolagen lama terbentuk dan jaringan ikat juga lama terbentuk. Begitu juga jika luka, pembeku darah lama terbentuk.

  1. Gampang sakit

Asam amino dalam darah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi atau penyakit dan mengaktifkan sel darah putih.

  1. Stunting (tubuh pendek)

Kekurangan protein bisa menyebabkan tubuh pendek. Tahap parah menjadi kwarshiorkor.

Bagi orang dengan kebutuhan protein tinggi, misalnya atlit, asupan tinggi protein minimal 1 gram/kg berat badan/hari. Kebutuhan protein sebaiknya tidak berlebihan, sehingga juga tidak mendapatkan efek samping. Jadi, konsumsi dalam jumlah tepat sesuai kebutuhan.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-tubuh-tidak-cukup-protein/feed/ 0
Lansia Sehat, Konsumsilah Protein Lebih Banyak dari Karbo http://www.mausehat.com/lansia-sehat-konsumsilah-protein-lebih-banyak-dari-karbo/ http://www.mausehat.com/lansia-sehat-konsumsilah-protein-lebih-banyak-dari-karbo/#respond Thu, 18 Apr 2019 08:41:05 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12753 lansiaSalah satu masalah bagi lansia adalah kenaikan berat badan. Semakin bertambah umur, semakin sulit menurunkan berat badan. Ditambah lagi massa dan kekuatan otot semakin berkurang. Secara biologi, massa tulang dan otot mencapai puncaknya sampai usia 40 tahun, sedangkan massa lemak terus terjadi tanpa memandang umur.

Kristen M Beavers dari Wake Forest University mengadakan riset kepada 100 orang lansia 65 tahun dibagi dalam dua grup. Grup pertama konsumsi rendah karbo dan 1 gram protein/Kg berat badan/hari, diimbangi dengan kalsium dan Vitamin D selama 6 bulan. Grup kedua (kontrol) konsumsi 8 gram protein/Kg berat badan sesuai yang direkomendasikan Institute of Medicine of The National Academies. Dalam riset ini olahraga tidak dimasukkan sebagai penilaian.

Hasil riset menunjukkan grup pertama turun berat badan sekitar 18 pon (8 kg lebih), dari 87% yang gemuk, selain juga massa otot terjaga. Grup kedua turun sekitar ½ pon (2 kg lebih). Terjadi peningkatan skor turun berat badan, mempertahankan massa tulang, mencegah patah tulang sebesar 0.75. Kedua grup juga menurun massa lemak di perut, pinggul, paha dan bokong, yang dapat membantu mencegah sindrom metabolik.

Riset ini juga dapat membantu institusi yang merawat lansia dengan menyediakan makanan tinggi protein dan bermutu gizi tinggi untuk mengantisipasi kenaikan berat badan ketika lansia sakit dan kekuatan fungsi tubuh.

Pola diet/makan terencana dengan meningkatkan kebutuhan protein harian yang tinggi (minimal 15 gram/sajian)  disertai rendah kalori dari karbohidrat, membatasi terutama karbo olahan; mengganti dengan protein lemak jenuh rendah misalnya ikan, telur, ayam tanpa kulit, daging sapi rendah lemak, yogurt, kacang, polong, dapat menyediakan asam amino untuk mensintesis protein dan mempertahankan kondisi otot tubuh. Jika kurang, kebutuhan protein dapat ditambahkan dari suplementasi protein dengan bantuan ahli kesehatan.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/lansia-sehat-konsumsilah-protein-lebih-banyak-dari-karbo/feed/ 0
Tidur Tidak Teratur Membahayakan Jantung http://www.mausehat.com/tidur-tidak-teratur-membahayakan-jantung/ http://www.mausehat.com/tidur-tidak-teratur-membahayakan-jantung/#respond Mon, 15 Apr 2019 09:58:23 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12749 tidurTidur sangat berpengaruh pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tidak hanya bagi orang yang kurang jumlah tidurnya saja, tetapi juga bagi mereka yang jam tidurnya tidak teratur.

Sebuah studi yang melibatkan sekitar 2000 orang tanpa keluhan atau riwayat penyakit kardiovaskular pada awal penelitian. Peserta mengenakan perangkat pergelangan tangan untuk memantau tidur selama tujuh hari dari tahun 2010 hingga 2013. Selama rentang waktu itu, 95 orang mengalami atau bahkan meninggal karena stroke, gagal jantung atau masalah jantung lainnya.

Setelah disesuaikan dengan berbagai faktor, para peneliti menemukan orang yang selama 7 hari tidurnya tidak teratur lebih dari dua jam dari hari ke hari, beresiko 2,2 kali lebih besar mengalami gangguan kardiovaskular daripada orang yang tidurnya bahkan sehari 1 jam. Waktu mereka tertidur setiap malam memiliki dampak yang sama. Dibandingkan dengan orang yang tidurnya bangun 30 menit setiap malamnya, tidur yang hanya 90 menit pun hanya beresiko 2 kali lipat kejadian masalah kardiovaskular.

Kebiasaan yang menjadi pola ketergantungan pada gadget menjadi masalah yang harus diperhatikan. Banyak menghabiskan waktu surfing, sangat mengacaukan kondisi waktu tidur. OtBatasi penggunaan gadget pada jam istirahat di malam hari, demikian juga televisi, agar kardiometabolik berjalan lancar.

Seseorang yang tidurnya tidak teratur sebenarnya merasakan gejala seperti sering menguap. Tapi belum banyak disadari bahwa efeknya sama dengan tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Tidur yang teratur bahkan bisa disamakan dengan olahraga yang juga penting bagi kesehatan kardiovaskular. Riset ini masih perlu menambahkan beberapa faktor misalnya waktu yang lebih lama, umur peserta dan gender. Tapi riset ini pertama kali dilakukan dan dianggap cukup menjadi perhatian bagi kesehatan kardiovaskular.

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tidur-tidak-teratur-membahayakan-jantung/feed/ 0
Kebiasaan Baik Yang Mencegah Risiko Kanker Payudara http://www.mausehat.com/kebiasaan-baik-yang-mencegah-risiko-kanker-payudara/ http://www.mausehat.com/kebiasaan-baik-yang-mencegah-risiko-kanker-payudara/#respond Fri, 12 Apr 2019 10:19:01 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12743 kanker payudara2Kanker sebenarnya bisa terjadi salah satunya karena kebiasaan hidup (life style) yang buruk sehingga risiko kanker semakin meningkat. Apa saja kebiasaan itu yang bisa dijalankan para wanita?

  1. Pola diet seimbang

Konsumsi lebih banyak buah, sayur, kacang-kacangan, bijian utuh, masuk dalam 2/3 piring. 1/3 nya diisi dengan daging rendah lemak seperti ikan atau unggas tanpa kulit. Pilih satu hari sekitar 5 cangkir makanan berbasis tumbuhan.

  1. Batasi alkohol

Wanita yang minum anggur 2 atau 3 gelas cenderung berisiko kanker 20% dibandingkan yang tidak minum sama sekali. Jika memang sama sekali tidak bisa berhenti minum, batasi 1 gelas/hari.

  1. Tidak merokok.

Merokok dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita yang belum menopause. Semua efek kesehatan itu akan berlanjut hingga lanjut usia.

  1. Mengetahui kondisi tubuh sendiri

Setiap orang mempunyai bentuk dan kondisi tubuh yang berbeda, termasuk payudara. Jika jaringan payudara terlalu tebal dan padat,maka penapisan kanker payudara untuk mengetahui adanya sel abnormal agak sedikit sulit. Jika memang kondisi bentuk payudara tebal dan padat, lakukan screening/penapisan setidaknya 1x/tahun.

  1. Rajin berolahraga

Riset menyatakan, olahraga ringan sekitar 150 menit dan olahraga berat 75 menit per minggu akan mencegah kanker payudara.

  1. Kontrol berat badan

Olahraga yang dikombinasikan dengan pola makan sehat akan sangat membantu mencegah perkambangan kanker payudara. Namun, seiring bertambah usia, risiko juga akan meningkat jika bersamaan dengan kenaikan berat badan yang terus bertambah.

  1. Memilih alat KB

Kontrasepsi yang melibatkan hormon, seperti pil KB, dapat dijadikan sebagai salah satu faktor risiko kanker payudara meski ringan, walau juga dapat melindungi dari kanker tertentu. Bicarakan dengan ahli kesehatan jika memang ada keluarga dengan riwayat kanker, untuk menjalani KB.

  1. Mempertimbangkan Terapi Hormon

Banyak wanita melakukan terapi pengganti hormon. Namun ternyata risiko kanker payudara akan meningkat jika melakukan tipe kombinasi (estrogen dan progesteron) atau jika hanya melakukan tipe estrogen selama beberapa tahun. Jika memang efek menopause sangat parah, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter untuk minum obat apa saja yang bisa menurunkan efek.

  1. Banyak makan serat

Konsumsi tinggi serat yang terdapat dalam bijian utuh, buah, sayuran dan kacang. Beberapa riset menyebutkan, wanita yang kebutuhan seratnya cukup dapat mencegah perkembangan kanker payudara. Serat juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

  1. Tidur dalam gelap

Riset membuktikan wanita yang tidur dalam ruangan gelap mempunyai risiko rendah terhadap kanker payudara karena pengaruh melantonin dapat dikontrol.

  1. Cukup Vitamin D

Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari, tapi bisa juga dari makanan seperti ikan salmon, kerang, sarden atau jus fortifikasi. Menurut riset, jika kurang vitamin D maka akan lebih berisiko mengembangkan kanker payudara.

  1. Menggunakan kosmetik yang aman

Banyak produk kosmetik mengandung paraben yang dapat menyerupai estrogen lemah dalam tubuh. Beberapa peneliti menyatakan zat kimia ini dapat memicu kankr payudara, walau riset ini masih perlu banyak ujicoba kembali.

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/kebiasaan-baik-yang-mencegah-risiko-kanker-payudara/feed/ 0
Manfaat Makan Makanan Pedas http://www.mausehat.com/manfaat-makan-makanan-pedas/ http://www.mausehat.com/manfaat-makan-makanan-pedas/#respond Thu, 11 Apr 2019 08:12:01 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12739 kepedasanBanyak orang tahan dengan makanan pedas, ada juga yang tidak. Tahukah kita, kalau makan makanan pedas ternyata banyak manfaatnya? Bonnie Taub-Dix seorang ahli diet dan pengarang buku read It Before You Eat It menerangkan.

  1. Meningkatkan metabolisme.

Capsaicin pada cabai membantu meningkatkan metabolisme yang menjadi bagian pola makan sehat. Termasuk dalam golongan rempah, namun tidak untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengekang ketagihan gula/manis

Setiap orang mungkin saja pernah ketagihan gula/makanan manis walau tidak ingin makan. Makan makanan pedas ternyata dapat mengurangi keinginan selalu makan manis.

  1. Mengurangi peradangan

Peradangan yang parah dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit. Pengurangan peradangan pada cabai dan sejenisnya dapat memerangi kemungkinan bahaya kanker dan gangguan jantung.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan pedas banyak mengandung antioksidan dan anti mikrobial yang dapat membantu melawan infeksi.

  1. Meningkatkan libido

Konsumsi makanan pedas dapat meningkatkan testosteron yang dapat meningkakan libido.  the journal Physiology and Behavior menemukan orang yang suka makan pedas mempunyai kadar testosteron tinggi.

  1. Membantu mengurangi sembelit

Makanan pedas biasanya membutuhkan minum air setelahnya karena mengimbangi rasa yang ditimbulkan. Jika minum banyak air maka sembelit terhindar.

  1. Mengurangi gejala depresi.

Makanan pedas dapat melepaskan neurotransmitter serotonin di otak, membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi. Walau tidak menjadi andalan utama sebagai obat depresi.

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/manfaat-makan-makanan-pedas/feed/ 0
Beragam Trend Pola Makan Saat Ini http://www.mausehat.com/beragam-trend-pola-makan-saat-ini/ http://www.mausehat.com/beragam-trend-pola-makan-saat-ini/#respond Wed, 10 Apr 2019 08:13:02 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12735 pola dietTREND umumnya dekat dengan fashion, dunia hiburan, film, makanan dll. Ternyata pola diet/pola makan juga mengikuti TREND. Terlebih jika pola diet/makan tersebut dilakukan oleh public figure seperti ahli gizi maupun artis, sudah tentu akan banyak pengikutnya.

Berikut ini adalah beberapa pola diet/makan yang dilakuan oleh public figure dan diikuti oleh banyak orang :

  1. Diet 30 hari

Tidak konsumsi gula/gula tambahan, polong-polongan, beras, susu, kedelai dan makanan olahan selama 30 hari. Mereka hanya konsumsi sayuran, telur, makanan laut, daging, biji-bijian dan kacang. Tujuannya pola diet/makan ini adalah untuk memangkas makanan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Setelah 30 hari sudah boleh kembali normal dan makan seperti biasa. Meski begitu, umumnya masih terbiasa dan tetap menjalankan pola diet 30 hari.

  1. Mediteranian

Mirip dengan pola makan orang Yunani dan Itali. Makan buah, bijian utuh, minyak zaitun, bumbu dan bumbu herbal, kacangan dan polongan. Protein utama di dapat dari ikan dan golongan unggas. Daging merah, anggur dan susu dalam jumlah sedang. Riset menunjukkan diet ini mencegah masalah jantung dan Al zheimer.

  1. Zone

Terdiri 3x makan besar dan 2x cemilan. Setiap kali makan dibagi dalam: 1/3 protein rendah lemak jenuh (ikan dan unggas); 2/3 nya buah, sayur atau polongan, menghindari makanan bertepung dan bergula seperti kentang. Tambahannya lemak sehat seperti alpukat, zaitun, kacang almond. Komposisi: 40% Karbo, 30% protein, 30% lemak sehat.

  1. Keto

Semua karbo dipangkas, membakar lemak yang disebut ketosis. Kompoisis: 70-80% lemak, 10-20% protein, 5-10% karbo. Banyak bukti yang dapat menurunkan berat badan, tapi efek sampingnya konstipasi dan kelelahan. Jika terus dalam kondisi jangka panjang, rawan terkena osteoporosis, batu ginjal dan masalah jantung.

  1. DASH

Singkatan dari: Dietary Approach to Stop Hypertension (Pola Makan untuk Memberhentikan Hipertensi). Pola makan ini baik juga buat non penderita hipertensi. Pola makan tinggi sayur dan buah, rendah susu lemak jenuh, bijian utuh dan protein rendah lemak jenuh. Menghindari makanan yang mengandung gula, lemak jenuh, garam. Riset menunjukkan diet DASH membantu menurunkan kolesterol, hipertensi dan mencegah diabetes.

  1. Paleo

Menghindari makan makanan olahan, beras/gandum, kentang, gula, polongan dan susu. Yang dimakan adalah daging pemakan rumput alami, makanan laut dan telur yang memenuhi 30% kebutuhan kalori. Buah dan sayur segar menyumbang sekitar 30% dan sisanya kacang, bijian dan lemak sehat. Riset menunjukkan pola ini baik untuk menurunkan berat badan.

  1. South beach

Pola diet ini terdiri dalam 3 tahap. Pertama dalam 2 minggu memangkas semua karbo, termasuk gandum dan buah, hanya makan sayuran, susu rendah lemak, protein rendah lemak dan lemak sehat. Kemudian tambahkan buah, bijian utuh dan sayuran bertepung. Jika tujuan diet sudah tercapai, boleh makan apapun dalam jumlah sedang (sampai sekitar 28% kebutuhan kalori). Efek samping: kemungkinan lelah dan sering sakit kepala.

  1. MIND

Tujuannya meningkatkan efektifitas dan kesehatan otak. Gabungan antara pola diet DASH dan mediteranian. Konsumsi sayuran hijau pekat, bijian utuh, kacang, polongan, minyak zaitun, buah golongan berry, ikan berlemak/ ikan laut dalam dan unggas. Bisa juga minum 1 gelas anggur merah. Riset menunjukkan diet ini mengurangi Alzheimer 53%.

  1. Atkins

Dibagi dalam 2 tahap: pertama selama 2 minggu konsumsi protein, keju dan sayuran hijau. Hanya 10% kalori dari karbo. Lalu, tambahkan kacang, berries dan bijian utuh. Ketika tujuan diet hampir tercapai, tambahkan sayuran bertepung, buah dan bijian.

  1. Alkaline.

Tujuannya menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme kesehatan tubuh. Pola makan dengan menghindari daging merah, ikan, telur, keju, bijian olahan dan makanan olahan. Lebih ke arah sayur, buah, bijian utuh dan kedelai. Pola ini bagus untuk menurunkan berat badan, namun sebenarnya tidak berpengaruh banyak dengan kondisi pH tubuh.

Sumber : webmd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/beragam-trend-pola-makan-saat-ini/feed/ 0
Kenapa Gusi Bisa Berdarah? http://www.mausehat.com/kenapa-gusi-bisa-berdarah/ http://www.mausehat.com/kenapa-gusi-bisa-berdarah/#respond Tue, 09 Apr 2019 08:19:05 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12731 gusi berdarahKejadian gusi berdarah mungkin sedikit kita abaikan, mungkin saja hanya terpikir karena kita kekurangan vitamin C. Namun, sebenarnya juga dapat menjadi tanda beberapa penyakit. Dr Uchenna Okoye, seorang dokter gigi dari London Smiling dan British Dental Association dapat menjelaskan tentang masalah ini.

Gusi berdarah  pada dasarnya luka kecil yang normal. Namun ternyata bisa menjadi tanda penyakit berbahaya selain defisiensi Vitamin C. Bakteri dari plak melepaskan racun yang merusak jaringan gusi kemudian membuat radang dan akhirnya berdarah. Awal tahapan penyakit ini disebut Gingitivis masih mudah diobati. Perawatan lebih intens jika sudah menjadi periodontitis. Tulang gigi akan rusak, gigi akan tanggal dan sangat sakit.

Perempuan lebih rawan kena masalah gusi dibandingkan pria karena hormon. Selama masa pubertas, akan terjadi peningkatan aliran darah ke gusi, yang kalau tidak memperhatikan kesehatan, akan menyebabkan pembentukan plak lebih cepat. Begitu juga saat kehamilan dan menopause.

Orang yang punya masalah dengan gangguan mulut kering juga mudah mengalami gusi berdarah, karena air liur membantu membersihkan gusi. Beberapa obat juga bisa membuat mulut kering, atau sisa makanan menumpuk pada gigi juga membuat gusi bermasalah.

Masalah gusi juga berkaitan penyakit seperti jantung, kanker, diabetes tipe 2, kelahiran prematur dan disfungsi ereksi. Punya masalah gusi berarti memiliki peradangan pada mulut dan telapak tangan. Banyak orang tidak menyadari bahwa bakteri yang berhubungan dengan radang gusi dapat menyebabkan arteriosklerosis dan bakteri tersebut banyak ditemukan di jaringan jantung pada orang yang bermasalah dengan jantungnya. Banyak orang juga yang bermasalah dengan gusi memiliki kadar gula darah yang buruk dan dan juga akhirnya memiliki diabetes tipe 2.

Inti masalah ada di kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi menyumbangkan sekitar 40% kebersihan. Jangan lupa gunakan obat kumur dan gel antibakteri pada daerah gusi bermasalah. Jika menderita mulut kering, minumlah obat resep dokter dan kunyahlah permen yang memancing air ludah terproduksi dan membersihkan mulut. Makanan yang dapat membantu mengurangi masalah gusi berdarah adalah yang mengandung Vitamin C. Jangan lupa periksa gigi setidaknya sekitar 3 atau6 bulan sekali.

Sumber : patient.info

(ast)

]]>
http://www.mausehat.com/kenapa-gusi-bisa-berdarah/feed/ 0
Kebanyakan Nonton TV Bikin Otak Lemot?? http://www.mausehat.com/kebanyakan-nonton-tv-bikin-otak-lemot/ http://www.mausehat.com/kebanyakan-nonton-tv-bikin-otak-lemot/#respond Mon, 08 Apr 2019 09:54:24 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12727 Nonton TVBanyak nonton sinetron favorit atau drama kesayangan hingga berjam-jam ternyata berdampak negatif bagi otak. Penelitian baru dari Inggris yang diterbitkan pada the journal Scientific Reports, menunjukkan jika menonton TV lebih dari tiga jam/hari terus menerus dapat menyebabkan penurunan kognitif di bidang bahasa dan memori/berpikir.

Para peneliti memeriksa data dari English Longitudinal Study of Aging dari 3.662 orang berusia 50 tahun atau lebih. Peserta merekam seberapa ketagihan menonton TV setiap hari, sekaligus diukur juga kemampuan penalaran dan berpikir. Para peneliti memantau jumlah angka menonton TV dari tahun 2008 dan 2009, kemudian mengukur kognisi memori dan bahasa pada 2014 dan 2015 (6 tahun).

Mereka menemukan bahwa selama periode enam tahun, orang yang menonton TV 3,5 jam setiap hari mengalami penurunan  memori verbal sekitar 8-10%, terlepas dari faktor-faktor lain (status sosial ekonomi, kesehatan fisik secara keseluruhan, depresi). Pada orang yang menonton TV kurang dari 3,5 jam/hari, penurunan memori verbal sekitar 4-5% selama 6 tahun.

Daisy Fancourt, PhD, seorang peneliti senior di University College London mengatakan ada hubungannya antara perubahan gambar, suara, tindakan yang diproses otak saat secara pasif menerima informasi dengan cepat. Hal ini berbeda ketika seseorang bermain video game/online yang mengaktifkan interaksi dua arah. Menonton TV yang dilakukan di studio laboratorium membuat orang jadi susah fokus, dapat membuat stress yang berhubungan dengan penurunan kognisi.

Sedangkan Tina Hoang, MPH, peneliti dari University of California, San Francisco, mengatakan bahwa banyak yang masih tidak diketahui soal efek jangka panjang ketagihan menonton TV pada otak dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan mekanisme yang menurunkan tingkat kognitif. Boleh jadi, bukan hanya sekedar pasif tapi duduk berlama-lama juga menjadi tidak aktif secara fisik.

Perubahan hidup masyarakat yang dari aktif secara fisik menjadi pasif (lebih banyak dilayar) memerlukan studi tambahan yang berhubungan dengan kemampuan kognitif. Aktivitas fisik atau mengasah otak misalnya bermain teka teki silang (TTS), sudoku dll nya masih dipandang lebih membuat otak dan fisik aktif dibanding hanya menonton TV.

Sumber : healtline.com

 

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/kebanyakan-nonton-tv-bikin-otak-lemot/feed/ 0
Apapun Bentuknya Janganlah Berlebihan Agar Terhindar Dari Bahaya Ketagihan http://www.mausehat.com/apapun-bentuknya-janganlah-berlebihan-agar-terhindar-dari-bahaya-ketagihan/ http://www.mausehat.com/apapun-bentuknya-janganlah-berlebihan-agar-terhindar-dari-bahaya-ketagihan/#respond Fri, 05 Apr 2019 09:40:08 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12723 kecanduanSuatu kebiasaan yang dilakukan secara berulang, umumnya akan menimbulkan ketergantungan. Entah karena factor kebiasaan atau karena zat kimia tertentu sehingga menyebabkan ketagihan. Ada beberapa bentuk ketagihan yang salah satunya bisa saja kita alami. Apa saja bentuknya?

  1. Ketagihan gadget

Hampir setiap menit memeriksa Hp, makan satu meja tidak perduli dengan orang sekeliling tapi sibuk memeriksa Hp, sibuk akhir pekan tidak di dunia nyata tapi di dunia maya. Sebaiknya segera berkonsultasi ke psikolog, karena sudah masuk ke dalam ketagihan gawai/gadget.

  1. Kafein

Selalu membutuhkan minum kopi setiap pagi dan terasa pusing ketika lepas dari kopi, itu tanda ketagihan. Muncul rasa sakit kepala ketika tidak minum, dan ini disebut penarikan.

  1. Coklat dan cemilan manis

Makanan tinggi karbo, lemak dan gula dapat menyebabkan ketagihan seperti psikotropika. Sesekali menyantap hidangan manis tidak masalah, tetapi sebaiknya memperhatikan kesehatan gigi dan kesehatan lainnya.

  1. Belanja

Banyak orang sebenarnya membeli barang yang tidak dibutuhkan. Hal ini bisa terjadi karena peran dopamin, masalah kontrol impuls syaraf dan gangguan kecemasan. Efek sampingnya adalah masalah keuangan, sosial dan hukum.

  1. Judi

Judi dalam bentuk apapun: online atau 1 lawan 1, mesin atau yang biasa, semua meningkatkan dopamin dan menimbulkan kesenangan. Masalah sudah pasti di keuangan, keluarga dan pekerjaan.

  1. Operasi plastik

Banyak orang tidak puas dengan kondisi tubuhnya, menderita Body Dismorphic Disorder (BDD) atau terobsesi dengan apa yang dia lihat. Hal ini terjadi karena gangguan kimia otak sehingga menyebabkan ketagihan.

  1. Mencoklatkan kulit.

Spektrum sinar UV melepaskan bahan kimia pada tubuh yang disebut endorfin. Tanning/mencoklatkan kulit indoor maupun outdoor mempunyai risiko yang sama dengan efek pada kulit terbakar paparan sinar, kanker. Orang tipe ini bisa menderita BDD atau obsesif kompulsif.

  1. Olahraga

Olahraga sebenarnya membantu mengatasi kecanduan, tapi tidak pula olahraga yang berlebihan, karena dapat menyebabkan kecanduan olahraga. Jadi, jika kondisi tubuh sedang sakit, jangan menuruti endorphin untuk tetap terus berolahraga.

  1. Medsos

Banyak menghabiskan waktu misalnya di FB atau Twit?? tandanya ada masalah dalam kehidupan kita. Sebuah riset menunjukkan, 10% dari populasi banyak yang candu medsos. Posting terlalu banyak ternyata membuat otak kita seperti dicekok kokain. Terlalu banyak cerita di medsos tentang diri sendiri juga ternyata membuat orang lain tidak menaruh hal positif tentang diri kita.

  1. Seks

Suka sekali dan tidak bisa hidup tanpa menonton film biru atau melalukan hal diluar batas soal seks?? tandanya masuk dalam tahap ketagihan yang disebut dengan kelainan hiperseks. Hal ini mirip dengan ketagihan judi atau obat-obatan.

Sebenarnya, apapun yang merubah suasana hati dapat menjadi candu. Cobalah mencari pertolongan jika sudah dianggap tidak beres dan menggangu kehidupan keseharian, karena sebenarnya, setiap ketagihan memiliki tahapan yang berbeda.

Sumber : webmd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/apapun-bentuknya-janganlah-berlebihan-agar-terhindar-dari-bahaya-ketagihan/feed/ 0