IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND MauSehat.Com http://www.mausehat.com Tue, 01 Oct 2019 02:48:19 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.19 11 Manfaat Makan Ikan http://www.mausehat.com/11-manfaat-makan-ikan/ http://www.mausehat.com/11-manfaat-makan-ikan/#respond Sun, 04 Aug 2019 16:19:18 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12863 ikanSudah banyak diketahui, bahwa konsumsi ikan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setidaknya ada  11 manfaat yang sudah terbukti secara riset kesehatan yang dapat disimpulkan berikut ini.

  1. Tinggi nutrisi penting.

Ikan mengandung protein, yodium, mineral dan vitamin yang tinggi dan mengandung lemak sehat, omega-3. Ikan kembung, salmon, sarden dan tuna termasuk ikan berbasis lemak sehat. Ikan juga mengandung vitamin D tinggi yang baik untuk tulang.

  1. Menurunkan resiko serangan jantung dan stroke

Banyak riset yang menyebutkan, dengan konsumsi ikan dalam jangka panjang (riset pada 40.000 orang amerika) menurunkan resiko penyakit jantung 15%. Begitu juga dengan penyakit stroke dan serangan jantung mendadak. Semua karena kandungan asam lemak omega-3 pada ikan.

  1. Mengandung banyak gizi penting bagi pertumbuhan

Asam lemak omega-3 sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan. DHA (Docosahexanoic acid) sangat penting bagi otak dan kesehatan mata. Itu sebabnya ibu hamil dan menyusui sangat direkomendasikan tercukupi omega-3 dalam kesehariannya. Hindari ikan yang dimasak ½ matang atau mentah, atau ikan yang diduga kandungan merkurinya tinggi. Konsumsi ikan setidaknya 350 gram/minggu.

  1. Meningkatkan kesehatan otak.

Fungsi otak semakin menurun seiring waktu. Penurunan mental/pola pikir ringan masih termasuk normal, tapi berbeda dengan Alzheimer atau parkinson. Studi observasional menjelaskan pemakan ikan mengalami penurunan mental yang sangat lambat prosesnya. Pemakan ikan juga memiliki wilayah abu-abu (grey matter, jaringan otak utama pengatur memori/pikiran dan keseimbangan emosi) yang lebih luas.

  1. Membantu mencegah dan menurunkan depresi.

Studi menemukan, orang yang rajin konsumsi ikan mengalami sedikit resiko terkena depresi. Studi kontrol menyebutkan, asam lemak omega-3 membantu melawan depresi, juga membantu masalah mental misalnya gangguan bipolar.

  1. Sumber Vitamin D yang sangat baik.

Vitamin D seperti steroid dalam tubuh yang bermanfaat mengatur hormon. Minyak ikan dan ikan mengandung Vitamin D diatas 200% kebutuhan harian dalam ekstrak 15ml.

  1. Mengurangi resiko penyakit autoimun.

Beberapa studi menyebutkan, konsumsi ikan mampu mengurangi kejadian diabetes tipe 1 pada anak-anak, dan diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan pada rematik artritis.

  1. Mencegah asthma.

Anak kecil yang rajin konsumsi ikan menurunkan 24% resiko terserang asthma.

  1. Melindungi kesehatan mata saat tua.

AMD (degenerasi makular) dapat terjadi saat tua yang dapat menyebabkan kebutaan. Asam lemak omega-3 pada ikan dapat meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan resiko AMD sekitar 42% pada wanita usia lanjut.

  1. Meningkatkan kualitas tidur.

Vitamin D pada ikan yang berfungsi mengatur hormon, termasuk mengatur tidur. Studi selama 6 bulan pada 95 orang pria dewasa tua, dengan makan ikan salmon 3x/minggu membantu peningkatan kualitas tidur.

  1. Mudah diolah.

Ada beberapa ikan yang dasarnya tidak ribet masaknya. Misalnya cukup hanya dipanggang dengan sedikit bumbu, digoreng atau dipindang. Pilih ikan dari laut (alami) dibanding ikan budidaya.

 

Sumber : healthline

 

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/11-manfaat-makan-ikan/feed/ 0
Tanda Gizi Tidak Seimbang Pada Lansia http://www.mausehat.com/tanda-gizi-tidak-seimbang-pada-lansia/ http://www.mausehat.com/tanda-gizi-tidak-seimbang-pada-lansia/#respond Mon, 08 Jul 2019 09:33:27 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12858 lansia dan giziSeiring bertambahnya usia, kebutuhan akan tercukupinya gizi seimbang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan, mendukung aktivitas sehingga meningkatkan usia harapan hidup. Kebutuhan akan kalori, vitamin dan mineral sangat penting diperhatikan supaya seimbang. Kebanyakan lansia kurang mendapat cukup gizi dan tidak menyadari tanda yang terjadi. Beberapa tanda ini sebaiknya diketahui.

  1. Sering lelah berkepanjangan

Kelelahan berkepanjangan tanda kurang beberapa zat gizi, seperti zat besi yang dapat menyebabkan anemia sehingga sel darah merah tidak cukup mampu memompa oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh. Kelelahan/fatigue juga menjadi gejala kondisi kesehatan lainnya seperti gangguan liver atau masalah tiroid.

  1. Rambut kering dan mudah rontok

Zat besi, asam folat dan vitamin C baik bagi kesehatan rambut. Selain rambut, jika kurang zat gizi tersebut juga menyebabkan kulit terkesan tipis dan pucat. Jangan lupa juga cek kesehatan tiroid yang bisa menjadi gejala rambut dan kulit tidak sehat.

  1. Kuku mudah rapuh dan cekung

Selain rambut, kuku yang tipis, mudah rapuh menjadi tanda kurang gizi. Telunjuk yang kuku nya mudah melengkung ke dalam dan rapuh tanda kekurangan zat besi. Selain itu, kuku mudah copot jadi tanda kurang kalsium, protein, Vitamin A, B6, C dan D.

  1. Masalah rongga mulut

Kekurangan Vitamin C menyebabkan gigi dan gusi berdarah (gingivitis) sehingga bisa menjadi penyebab gigi copot. Jika sudah begitu, akan susah makan dan menyebabkan kurangnya asupan gizi. Atasi kesehatan gigi dan mulut dengan nutrisi yang cukup.

  1. Perubahan buang air

Masalah konstipasi/sembelit cukup sering terjadi pada lansia. Atur kebutuhan akan serat dengan mengkonsumsi sayuran, buah, bijian utuh.

  1. Perubahan mental dan suasana hati/mood

Pola makan yang tidak sehat dapat mengarah pada depresi. Juga dapat menjadi masalah perbedaan perilaku mental atau bahkan bisa menghilangkan kesenangan pada hobi. Bahkan bisa mengalami disorientasi atau kehilangan kemampuan mengingat.

 

  1. Mudah luka dan lama sembuh

Misalnya mudah biru/merah pada kulit tanpa sebab atau hanya karena sedikit terbentur. Hal ini bisa dipengaruhi dari pola makan. Jika kekurangan protein, Vitamin C, Vitamin K yang berhubungan dengan percepatan penyembuhan. Vitamin C mempercepat pemulihan jaringan dan Vitamin K mempercepat pembekuan darah.

  1. Respon Imun melambat

Kurang gizi menyebabkan respon daya tahan tubuh melambat dalam melawan penyakit. Yang diperlukan dalam meningkatkan respon dan imun tubuh adalah protein, zink/seng, Vitamin A, C dan E.

Untuk itu, pola makan harian lebih baik diperbanyak konsumsi buah, sayur, bijian utuh, protein rendah lemak jenuh, susu rendah lemak dan lemak sehat. Batasi konsumsi lemak jenuh dan trans. Jika memang memerlukan dokter/ahli gizi, lebih baik lagi.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-gizi-tidak-seimbang-pada-lansia/feed/ 0
Penyebab Gigi Sensitif http://www.mausehat.com/penyebab-gigi-sensitif/ http://www.mausehat.com/penyebab-gigi-sensitif/#respond Tue, 02 Jul 2019 09:19:30 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12854 gigi sensitifKetika makan atau minum mendadak gigi jadi ngilu dan nyeri. Mungkin kebanyakan orang berpikir gigi sensitif hanya karena makanan terlalu panas atau dingin. Namun, tahukah kamu.. bukan cuma masalah makanan yang bikin gigi ngilu. Ada sembilan penyebab mengapa gigi kita menjadi sensitif.

  1. Kebanyakan penyegar mulut.

Kenapa begitu? Karena di beberapa produk penyegar terdapat kandungan asam yang membuat gigi sensitif, menjadi semakin sensitif. Kumur dengan penyegar paling banyak 2x/hari dan konsultasikan dengan dokter gigi. Gunakan penyegar yang berfluouride netral.

  1. Banyak makan makanan asam

Banyak makan yang mengandung asam tinggi misalnya tomat, jeruk, jus buah, dan lainnya yang bersifat asam akan membuat lapisan gigi (enamel) menipis dan membuka lapisan dentin, sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif. Konsumsi susu atau keju untuk mengurangi kadar asam setelah konsumsi makanan/minuman asam.

  1. Pemutih gigi dan beberapa pasta gigi.

Alih-alih ingin gigi putih dan bersih, tetapi sayangnya pasta gigi dan pemutih justru membuat gigi makin sensitif. Rasa sensitif akan berkurang bahkan hilang saat tidak lagi gunakan produk yang sama.

  1. Masalah gusi.

Banyak terdapat syaraf di akar gigi yang membawa rasa (panas, dingin, asam dsbnya) ke pusat syaraf (pulpa). Akar gigi ditutupi oleh jaringan gusi. Jika seseorang punya penyakit periodontal, maka gusi akan tertarik/menyusut sehingga gigi makin sensitif.

  1. Terlalu keras menyikat gigi

Kalau menggosok gigi terlalu keras dengan bulu sikat yang tidak lembut, akan mengurangi enamel dan membuat dentin terbuka (gigi lebih kuning dan lebih sensitif). Dentin bisa berlubang sehingga ketika makan panas atau dingin akan menjadi sensitif.

  1. Terlalu banyak membersihkan gigi

Merawat gigi memang penting, tetapi jika terlalu sering memutihkan gigi, penggantian mahkota gigi, restorasi gigi dan penanaman akar gigi semuanya bisa menyebabkan gigi sensitif dalam jangka pendek.

  1. Gigi retak.

Beberapa kebiasaan misalnya mengunyah es, makan makanan yang keras dapat menyebabkan gigi retak sehingga pulpa menjadi iritasi saat mengunyah makanan. Keretakan ini juga bisa dipenuhi bakteri yang menyebabkan infeksi dan sensitif.

  1. Menggemeretuk gigi

Enamel gigi bisa jadi tipis ketika terlalu sering menggemeretukkan (mengadu) gigi, sehingga lama kelamaan gigi akan menjadi sensitif.

  1. Gigi busuk

Kebiasaan hidup buruk dapat menyebabkan gigi rusak membusuk, keropos gigi. Jaga pola makan dan periksa gigi rutin per 6 bulan sehingga gigi tidak iritasi dan sensitif.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/penyebab-gigi-sensitif/feed/ 0
13 Kebiasaan Baik Meningkatkan Panjang Umur http://www.mausehat.com/13-kebiasaan-baik-meningkatkan-panjang-umur/ http://www.mausehat.com/13-kebiasaan-baik-meningkatkan-panjang-umur/#respond Mon, 01 Jul 2019 08:54:43 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12850 panjang umurSetiap orang pasti menginginkan umur panjang. Banyak orang yang beranggapan bahwa umur panjang tergantung pada keturunan, padahal belum tentu demikian. Para ahli kesehatan mengumpulkan 13 kebiasaan yang bikin panjang umur.

  1. Hindari kebanyakan makan

Riset pada hewan ditemukan pengurangan 10-15% asupan kalori normal meningkatkan panjang umur. Studi pada populasi manusia menemukan, asupan rendah kalori mengurangi kelebihan lemak dan berat badan, yang sangat berhubungan dengan kemungkinan penyakit dan umur. Namun, asupan juga tidak dapat terlalu rendah karena akan menurunkan suhu tubuh, tingkat seks rendah dan kelaparan berat.

  1. Makan kacang

Kacang tinggi akan protein, serat, antioksidan, vitamin dan mineral (tembaga, magnesium, kalium, folat, niasin, dan vitamin B6 dan E ), fitokimia. Kacang punya manfaat positif bagi penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, sindrom metabolik, kadar lemak perut dan beberapa kanker. Studi pada 350.000 orang ditemukan mereka yang rajin makan 1 porsi kacang menurunkan resiko kematian dini 4-27%.

  1. Minum jamu kunyit

Kunyit dikenal sebagai makanan anti radang yang disebut curcumin yang membantu menjaga fungsi otak, jantung, paru, melindungi dari kanker dan penyakit karena usia. Walau pada manusia belum ada risetnya, namun di beberapa negara, manfaat kunyit sudah dikenal ribuan tahun.

  1. Banyak makan berbasis tumbuhan

Banyak riset menyebutkan, makan basis nabati/tumbuhan akan menurunkan resiko kematian dini dan pengurangan penyakit seperti kanker, sindrom metabolik, gangguan jantung, depresi dan masalah otak. Hal ini karena basis nabati tinggi antioksidan misalnya polifenol, karotenoid, folat, dan vitamin C. Riset menyebutkan, pola diet vegan dan vegetarian menurunkan angka kematian dini 12-15% dan 29-52% menurunkan resiko kematian karena sakit jantung, ginjal atau karena gangguan hormon.

  1. Aktif secara fisik

Menurut riset, olahraga setiap hari selama 15 menit meningkatkan waktu hidup 3 tahun, jika ditambah 15 menit lagi dapat mengurangi resiko kematian dini sekitar 4%. Berolahraga sekitar 150 menit/minggu mengurangi kematian dini sekitar 28%.

  1. Tidak merokok

Perokok mengurangi hidupnya sekitar 10 tahun dan 3 kali lebih meningkatkan risiko kematian dibandingkan bukan perokok. Perokok yang berhenti dibawah umur 35 tahun dapat memperpanjang hidupnya sekitar 8.5 tahun. Berhenti di usia 60 tahun meningkatkan 3.7 tahun hidup dan berhenti usia 80 tahun masih berdampak positif.

  1. Minum alkohol dalam jumlah sedang

Peminum berat akan bermasalah dengan kesehatan jantung, liver, pankreas. Namun minum anggur dalam jumlah sedang dapat menurunkan resiko kematian dini 17-18%. Wanita dapat minum antara 1-2 gelas/hari dan maksimal 7 gelas/minggu. Sedangkan pria minum kurang dari 3 gelas atau sekitar 14 gelas/minggu.

  1. Bahagia itu penting

Sebuah studi dalam 5 tahun menyebutkan, orang bahagia mengurangi 3.7% resiko kematian dini. Seorang berusia di usia 22 tahun yang bahagia memiliki 2.5 kali umur lebih panjang di usia 60 tahun ke atas dibanding yang tidak bahagia. Tinjauan lebih dari 35 studi menyebutkan kebahagiaan meningkatkan 18% harapan hidup.

  1. Mengurangi stress dan cemas kronis.

Wanita yang mengalami stress dan cemas dilaporkan 2x lebih cepat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke atau kanker paru. Lelaki yang mudah stres dan cemas meningkatkan resiko kematian dini 3x lebih. Orang pesimis menurunkan hidupnya 42% dibanding yang optimis.

  1. Buat lingkaran sosial

Baik secara sosial dan memiliki pertemanan mengurangi resiko kematian dini sebesar 50%. Hubungan sosial yang sehat dapat meningkatkan kesehatan jantung, otak, hormon, fungsi imun dan mencegah penyakit kronis. Studi menyebutkan, memberi jauh lebih bermanfaat dibanding menerima.

  1. Punya tujuan hidup.

Dalam hal ini berhubungan dengan disiplin diri, pengorganisiran diri sendiri, efisien dan orientasi tujuan. Riset yang diikuti oleh 1500 anak lelaki dan perempuan sampai usia lanjut, anak yang gigih, terorganisir, disiplin, hidup 11% lebih lama dari teman-temannya yang kurang disiplin. Orang yang kesadarannya tinggi juga memiliki tekanan darah lebih rendah, terhindar dari masalah kejiwaan, sakit jantung, diabetes dan masalah sendi.

  1. Minum kopi atau teh

Teh hijau kaya dengan polifenol dan katekin yang bermanfaat menurunkan resiko kanker, diabetes dan masalah jantung. Orang yang minum teh atau kopi menurunkan 20-30% kematian dini dibandingkan yang tidak minum. Batas kopi sekitar 400 mg kafein atau 4 cangkir/hari.

  1. Tidur nyenyak.

Tidur tidak nyenyak dan tidak teratur sekitar 5-7 jam/hari meningkatkan 12% kematian dini. Sedang yang tidur antara 8 sampai 9 jam/hari saat malam menurunkan daya hidup 38%. Kurang tidur meningkatkan peradangan dan resiko penyakit berbahaya. Kelebihan tidur menjadi tanda depresi, aktivitas fisik rendah, kondisi kesehatan tidak teatur.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/13-kebiasaan-baik-meningkatkan-panjang-umur/feed/ 0
Manfaat Hebat Strawberry http://www.mausehat.com/manfaat-hebat-strawberry/ http://www.mausehat.com/manfaat-hebat-strawberry/#respond Fri, 21 Jun 2019 09:39:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12845 strawberryStrawberry (Fragaria ananassa), buah yang dianggap simbol cinta, awalnya dikembangkan di Eropa pada abad ke 18 dan menyebar ke seluruh dunia. Strawberry tidak cuma manis, namun juga kaya vitamin, antioksidan, mineral dan zat gizi dan non gizi lainnya. Buah ini per 100 gram mengandung 91% air, 7.7% karbo, lemak 0.3%, serat 2 gram dan protein 0.7%.

Karbo dalam strawberry berbentuk glukosa, fruktosa, sukrosa dan juga serat. Karbo yang dapat diolah sekitar 6 gram dengan indeks glikemik sekitar 40 sehingga strawberry termasuk aman untuk diabetesi. Serat di strawberry memenuhi sekitar 26% total karbo atau sekitar 2 gram/100 gram serat larut dan tidak larut. Vitamin yang umum ada pada strawberry yaitu Vitamin C (untuk imunitas dan kesehatan kulit), Mangan (metabolisme tubuh), folat (pertumbuhan sel dan jaringan), kalium (mengatur tekanan darah), besi, tembaga, magnersium, fosfor, Vit B6, K dan E.

Selain itu, antioksidan yang ada pada strawberry:

  1. Lebih dari 25 jenis antosianin pada strawberry. Pelargonidin yang paling melimpah. Antosianin membuat warna pada stawrberry dan banyak dihubungkan dengan kesehatan jantung.
  2. Ellagitanin dan asam elagic. Bagian dari asam fenolik yang membantu meningkatkan kesehatan, membantu melawan bakteri dan mengurangi resiko kanker. Ellagintanin utama di strawberry adalah Sanguiin H-6.

Manfaat kesehatan strwaberry.

  1. Kesehatan jantung. Antosianidin membantu membuat jantung lebih sehat. Riset membuktikan orang yang sering makan strawberry menurunkan risiko kematian mendadak akibat gangguan jantung. Selain itu juga, manfaat lain yaitu mengatur antioksidan dalam darah, menurunkan stress oksidatif, mengurangi peradangan, memperbaiki profil lemak darah, menurunkan koelsterol jahat (LDL). Sebuah riset menyebutkan, seseorang yang konsumsi strawberry selama 4 sampai 12 minggu menurunkan LDL secara nyata, penanda peradangan dan partikel oksidasi LDL.
  2. Pengaturan gula. Ketidakseimbangan pengaturan gula darah akan menyebabkan diabetes tipe 2 dan gangguan jantung. Strawberry memperlambat lonjakan gula darah, jadi membantu mencegah terjadinya sindrom metabolik.
  3. Mencegah kanker. Kanker dihubungkan dengan inflamasi kronis dan stres oksidatif. Riset pada tikus diterangkan bahwa strawberry menghambat kanker liver dan mulut. Hal ini karena kerja asam ellagic dan ellagictanin.

Yang jadi perhatian ketika konsumsi strawberry adalah alergi, yang bisa terjadi pada anak-anak dan kasusnya jarang sekali. Alergi biasanya terjadi gatal di mulut, bengkak pada bibir, wajah, pipi, lidah. Alergi pada strawberry bisa dihubungan dengan alergi serbuk sari.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/manfaat-hebat-strawberry/feed/ 0
Interaksi Makanan Seiring Umur http://www.mausehat.com/interaksi-makanan-seiring-umur/ http://www.mausehat.com/interaksi-makanan-seiring-umur/#respond Thu, 20 Jun 2019 08:18:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12839 lansia dan makananKetika sedang menjalani pengobatan, terutama di usia senja, ada beberapa obat dan makanan yang interaksinya saling tidak menguntungkan. Ada baiknya kita jadi tahu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi terpisah dengan obat.

  1. Jenis grapefruit (sejenis jeruk). Sebaiknya buah jenis ini tidak dikonsumsi secara bersamaan, karena akan berpengaruh pada obat golongan anti cemas seperti hipertensi dan insomnia, Begitu juga dengan vitamin C dan kalium. Jika membeli minuman jus ekstrak, cek juga label dan rasa.
  2. Sayur mentah. Jika lansia punya masalah dengan gigi ompong, sensitif, sebaiknya menghindari sayuran mentah. Namun, masih bisa mendapatkan serat, vitamin dan mineral dari sayur matang. Bisa juga dengan sayuran kaleng, hanya pastikan tidak mengandung tinggi garam.
  3. Kacang-kacangan. Bukan berarti tidak boleh makan, hanya jumlahnya dibatasi, karena kacang mengandung serat, zat besi, protein dan rendah lemak. Trik tetap menikmati kacang adalah dengan makan tidak sekaligus banyak, hanya beberapa kali perminggu, menghindari perut kembung.
  4. Minum dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan resiko masalah kesehatan jantung. Jika sudah ketagihan dan minum banyak, maka alkohol akan merusak pola tidur dan meningkatkan tekanan darah. Alkohol juga bisa menyebabkan hipolglikemi (turun gula darah) pada penderita diabetes dan berpengaruh pada obat.
  5. Susu dan produk susu. Ada beberapa lansia memang tidak tahan dengan susu dan produk susu, namun makanan tersebut tinggi kalsium dan protein. Cobalah makan dan minum susu dan produknya dalam jumlah yang masih bisa ditoleransi (rendah laktosa).
  6. Efek kelebihan kafein bisa membuat tubuh gemetar, cemas, gangguan tidur. Jika memang ingin mengurangi kafein, lakukan bertahap. Penarikan dari kafein dapat menyebabkan sakit kepala, mual atau muntah. Ganti dengan minuman lain misalnya air putih, kopi rendah kafein atau teh herbal.
  7. Daging merah. Sulit untuk dicerna. Daging merah rendah lemak hanya mengandung sekitar 10% lemak. Untuk tetap memenuhi gizi, cobalah ikan.
  8. Makanan tinggi garam. Seseorang yang sudah berada diatas 51 tahun hanya boleh konsumsi garam/natrium maksimal 2300 mg/hari. Dan jika beresiko tinggi hipertensi, konsumsi garam tidak lebih dari 1500mg.
  9. Sayuran ber-gas. Sayuran ber gas misalnya brokoli, kol, kembang kol, sawi, kale walau banyak mengandung antioksidan, vitamin C, kalium, kalsium serat, zat besi dan folat, namun pada sebagian lansia bisa membuat perut kembung dan ber gas. Meski sayuran dapat mencegah kanker, tapi tidak dianjurkan konsumsi dalam jumlah banyak dalam sekali makan, sebaiknya dikonsumsi dalam porsi kecil/
  10. Buah-buahan. Banyak mengandung vitamin, mineral, antioksidan. Jika kondisi gigi tidak memungkinkan, buatlah jus tanpa gula tambahan atau makan buah lembut misalnya pisang, melon, strawberry.
  11. Kecambah mentah. Kecambah dari kedelai, tauge, kecambah brazil kaya gizi terutama vitamin B kompleks. Tapi jika tidak diolah dengan baik dapat menjadi sarang bakteri. Jadi, cuci dengan bersih.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/interaksi-makanan-seiring-umur/feed/ 0
Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Statin http://www.mausehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tanpa-statin/ http://www.mausehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tanpa-statin/#respond Fri, 14 Jun 2019 09:28:14 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12833 kolesterol dan statinKita tahu bahwa kolesterol tinggi akan mendatangkan penyakit degeneratif berbahaya seperti hipertensi dan gangguan jantung. Biasanya, dokter memberikan obat bergolongan statin untuk menurunkan kolesterol. Begitu juga misalnya jika seseorang sudah terlanjur terkena serangan jantung, stroke atau diabetes tipe 2, sangat membutuhkan statin.

Bukan tanpa sebab kenaikan kolesterol berisiko terhadap kematian. Sebuah riset menyebutkan pengurangan 1 mmol / L  kolesterol LDL mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sebesar 19%, risiko serangan jantung atau kematian akibat serangan jantung sebesar 23%, risiko stroke sebesar 17% dan risiko meninggal sebesar 12%. Dalam sebuah penelitian terhadap hampir 3.000 orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak mengalami serangan jantung, minum obat golongan statin tiap hari dapat membantu mengurangi risiko kejadian kardiovaskular sebesar 37%.

Namun pada dasarnya, minum obat statin bukan tanpa efek samping. Itu sebabnya, ada cukup banyak ahli kesehatan mencoba menggabungkan pola diet, pola hidup dengan sedikit demi sedikit menurunkan penggunaan statin dengan Pedoman Diet Menurunkan Kolesterol. Pedoman tersebut:

  1. Diet rendah lemak jenuh ≤7% total kalori harian
  2. Lima sampai sepuluh porsi buah dan sayur/hari
  3. Diet vegetarian tanpa daging, kuning telur atau produk susu.
  4. Konsumsi 20 gram serat larut
  5. Konsumsi protein kedelai 45 gram/hari
  6. Sterol basis tumbuhan 2 gram/hari
  7. Konsumsi kacang almond 45 gram/hari

Ada beberapa tambahan makanan berserat yang bisa dikonsumsi yaitu oatmeal, strawberry, gandum, barley, kacang, polongan, okra, brokoli, wortel, sayuran hijau. Sumber kedelai bisa didapat dari susu kedelai, yogurt kedelai, tahu, soya snack bar. Jika metode diet ini dijalankan dengan benar, maka kolesterol LDL seseorang bisa turun sekitar 29% dalam satu bulan. Dari sebuah riset, dalam satu tahun sekitar 1 dari 6 orang tidak lagi melakukan diet ini, 1/3 nya turun 20% kolesterol dalam 1 tahun dan rata-rata LDL turun 12,7%. Setiap makanan dapat berkerja sendiri untuk menurunkan kolesterol, misalnya 15 gram kedelai menurunkan 6% kolesterol jahat/hari. Semua makanan tersebut pilihan kita sendiri yang menentukan. Variasi makanan tinggi serat, merubah pola hidup jadi sehat, membuat kita terhindar dari kolesterol tinggi dan gangguan kardiovaskular atau bahkan diabetes.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tanpa-statin/feed/ 0
Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) dan Risiko Diabetes http://www.mausehat.com/polycystic-ovary-syndrome-pcos-dan-risiko-diabetes/ http://www.mausehat.com/polycystic-ovary-syndrome-pcos-dan-risiko-diabetes/#respond Wed, 29 May 2019 07:35:56 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12828 PCOSPolycystic ovary syndrome (PCOS) atau sindrom polikista terjadi karena kondisi hormon endokrin yang tidak seimbang. PCOS biasanya didasarkan gejala fisik misalnya pertumbuhan rambut berlebih pada tempat tidak umum yaitu dagu (janggut) dan kumis, jerawat berlebihan, berat badan naik terus, menstruasi tidak teratur dan penurunan kesuburan. Resiko kesehatan jangka panjang juga dapat terjadi pada wanita penderita PCOS secara tidak langsung, yaitu sekitar 40% menderita diabetes tipe 2  dan penyakit kardiovaskular.

Lalu.. apa sih hubungan antara PCOS dengan diabetes tipe 2?

Menurut Libby Downling dari Diabetes UK, 10-20% wanita dengan PCOS akan mengalami resistensi insulin yang akhirnya mengarah pada diabetes tipe 2. Menurut Stephen Franks dari Endoktrinologi Reproduksi di  Imperial College, penderita PCOS mudah mengalami kenaikan berat badan dan lebih sensitif terhadap resistensi insulin dibanding wanita obes tapi tanpa PCOS.

Resiko menderita diabetes tipe 2 pada wanita PCOS yang obesitas resiko 3-4 kali lebih tinggi dibandingkan yang kurus terkena PCOS. Tapi, rata-rata wanita PCOS berpotensi mengembangkan 40% diabetes tipe 2, bahkan wanita asia resikonya meningkat menjadi 50%.

Untuk mencegah wanita PCOS menderita diabetes tipe 2, perlu juga dilihat riwayat penyakit dalam anggota keluarga. Jika ada anggota keluarga yang kena diabetes, sudah pasti resikonya akan lebih tinggi lagi. Jadi, ketika wanita PCOS kelebihan berat badan, sebuah keharusan baginya menurunkan/menstabilkan berat badan.

Untuk wanita PCOS dengan diabetes tipe 2, perawatannya sama dengan tanpa PCOS. Hanya ditambahkan perubahan pola makan dan obat untuk memperbaiki kadar gula darah. Tidak lupa juga, aktif secara fisik.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/polycystic-ovary-syndrome-pcos-dan-risiko-diabetes/feed/ 0
4 Suplemen Penambah Berat Badan http://www.mausehat.com/4-suplemen-penambah-berat-badan-2/ http://www.mausehat.com/4-suplemen-penambah-berat-badan-2/#respond Tue, 28 May 2019 07:37:19 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12824 massa ototMempunyai bentuk dan berat tubuh ideal memang dambaan setiap orang. Maka tak heran jika untuk mencapai ini, orang rela melakukan diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun menaikkan berat badan.

Ada juga orang yang ingin membentuk badannya menjadi sedikit berotot, kuat dan sehat.Untuk mencapai ini, makanan dan olahraga harus diperhatikan untuk menunjang program diet menaikkan berat badan. Meski ada banyak suplemen yang ditawarkan, itu bukan satu-satunya solusi, karena suplemen hanya membantu menyediakan protein dan kalori jika berolahraga keras. Ada 4 suplemen yang dapat meningkatkan berat badan.

Protein adalah komponen penting otot. Riset membuktikan orang dewasa yang ingin menaikkan otot dan berolahraga mengkonsumsi suplemen protein sebagai bagian dari makanan mereka. Institute of Medicine menyarankan bahwa 10–35% dari kalori harian mesti berasal dari protein. Banyak periset menyarankan kebutuhan harian protein untuk meningkatkan massa otot sekitar 1,4-2,0 gram per kg berat badan. Konsumsinya bisa berupa serbuk atau bar. Hanya, pastikan jika konsumsi suplemen protein, tetaplah berolahraga.

  1. Kreatin

Kreatin sudah ada di dalam tubuh dan jika ditambahkan dari suplemen, kreatin dalam otot akan meningkat dengan cepat. Riset banyak menunjukkan, suplemen kreatin meningkatkan kinerja olahraga dan penambahan otot dari waktu ke waktu. Konsumsi kreatin pertama kali selama 5 sampai 7 hari biasanya dengan dosis 20 gram dibagi dalam beberapa kali/hari. Kemudian dosis selanjutnya sekitar 3 sampai 5 gram/hari tanpa batas waktu. Kreatin monohidrat banyak digunakan dalam suplemen.

  1. Penambah berat badan

Suplemen digunakan pada orang yang susah sekali naik berat badan dan membutuhkan jumlah kalori tinggi. Kelebihan produk ini adalah mudah dibawa saat bepergian. Dalam satu kali sajian bisa megandung 1250 Kalori, 252 gram karbo, 50 gram protein.

  1. Suplemen olahraga

Harus dikonsumsi berbarengan dengan olahraga.

  1. Suplemen lainnya. Ada beberapa suplemen yang dapat membakar lemak dan meningkatkan masa otot dari waktu ke waktu, yaitu:
  2. Kafein. Mampu meningkatkan kinerja olahraga yang seiring waktu akan meningkatkan kerja otot. Namun perlu ditambahkan dengan asupan kalori dan protein yang tinggi.
  3. Citrulline. Asam amino yang diproduksi tubuh dan bisa ditemukan dalam makanan. Fungsinya untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Riset membuktikan, olahraga yang diimbangi dengan konsumsi rutin suplemen ini mampu meningkatkan massa dan kekuatan otot.
  4. Beta Alanin. Asam amino yang diproduksi alami oleh tubuh, membantu otot melawan kelelahan selama berolahraga. Riset menunjukkan Beta Alanin membantu meningkatkan kerja olahraga secara intensif dan menguatkan otot.
  5. Beta-hydroxy beta-methylbutyrate (HMB). Merupakan molekul yang diproduksi ketika leusin asam amino dipecah dalam tubuh. Selain itu, MHB dapat membantu mengurangi pemecahan protein otot dan meningkatkan penambahan otot.

Namun ada juga suplemen yang tidak efektif walau diklaim dapat meningkatkan massa otot. Diantaranya:

  1. Branched-chain amino acids (BCAA) hampir ditemukan dalam semua makanan sumber protein. Jadi tidak perlu lagi konsumsi suplemennya.
  2. Penguat testosteron. Termasuk di dalamnya tribulus terrestris, fenugreek, asam D-aspartat, ashwagandha dan DHEA. Menurut riset, penguat testosteron sama sekali tidak efektif meningkatkan massa otot.
  3. Conjugated linoleic acid (CLA) mengacu pada kelompok asam lemak tertentu dengan kemungkinan manfaat kesehatan. Hanya dapat membantu menurunkan berat badan, tapi tidak untuk meningkatkan massa otot.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/4-suplemen-penambah-berat-badan-2/feed/ 0
Jantung Butuh Tidur Cukup http://www.mausehat.com/jantung-butuh-tidur-cukup/ http://www.mausehat.com/jantung-butuh-tidur-cukup/#respond Fri, 24 May 2019 07:39:09 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12820 tidur teraturKita mungkin berpikir, tidur bukan menjadi faktor penting menjaga kesehatan, apalagi kalau pekerjaan sedang banyak-banyaknya, seperti tak punya waktu tidur cukup di malam hari. Namun, riset berkata lain. Riset yang dilakukan oleh the National Center for Cardiovascular Research, Madrid, Spanyol, dan dipublikasikan dalam  the Journal of the American College of Cardiology, menyebutkan bahwa tidur 6 jam saat malam hari mencegah terjadinya akumulasi plak (aterosklerosis) yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Riset dilakukan pada 4000 orang dewasa yang rata-rata berusia 46 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Studi ini menunjukkan hasil, orang yang tidur malam kurang dari 6 jam beresiko 27% terkena aterosklerosis daripada yang tidur 7-8 jam. Namun, ternyata, terlalu banyak tidur pun tidak baik bagi jantung. Dalam riset ini terungkap, wanita yang tidur lebih dari 8 jam sehari juga mengalami peningkatan resiko aterosklerosis. Begitu juga orang yang kualias tidurnya tidak baik, akan mengalami peningkatan resiko aterosklerosis sekitar 34%.

Studi pertama kali ini juga menghubungkan antara kualitas tidur tidak baik dengan konsumsi alkohol dan kafein. Banyak yang berpikir bahwa alkohol membuat tidur menjadi lebih nyenyak, padahal sama sekali tidak. Justru yang terjadi adalah, mereka dapat terbangun di malam hari, lalu tidur lagi dan bangun lagi, menggambarkan kualitas tidur yang tidak baik.

Perbaikan pola tidur bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup (makanan, olahraga, minuman), konsumsi alkohol/kafein dan obat-obatan. Riset ini dapat menargetkan kebiasaan tidur untuk kesehatan jantung dan memperbaiki masalah jantung.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/jantung-butuh-tidur-cukup/feed/ 0