MauSehat.Com http://www.mausehat.com Wed, 16 Aug 2017 11:30:41 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.9 9 Strategi Pola Hidup Bagi Diabetesi http://www.mausehat.com/9-strategi-pola-hidup-bagi-diabetesi/ http://www.mausehat.com/9-strategi-pola-hidup-bagi-diabetesi/#respond Wed, 16 Aug 2017 11:30:41 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10852 9 strategi pola hidup bagi diabetesi 1Perubahan pola hidup diabetesi sangat membantu mereka untuk hidup sehat dengan kadar gula darah yang terkontrol. Untuk mencapainya ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Mulailah berolahraga. Menurut The American College of Sports Medicine dan the American Diabetes Association menyimpulkan bahwa olahraga secara teratur mampu membantu mengontrol resistensi insulin dan kadar glukosa darah.

  2. Kayu Manis. Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang konsumsi kayu manis dosis tinggi mampu menurunkan kadar glukosa darah. Penyajian kayu manis juga bisa ditaburkan dalam makanan.

  3. Batasi makanan daging merah. Harvard T.H. Chan School of Public Health menyatakan kandungan zat besi yang ada pada daging merah menyebabkan insulin kurang efektif dan bisa merusak sel pankreas. Selain itu kandungan natrium dan nitrit pada daging juga bisa menyebabkan hal yang sama. Data 440.000 orang yang membantasi konsumsi daging merah menurunkan resiko diabetes 35%.

  4. Pertimbangkan diri menjadi vegan. Dalam Diabetes Spectrum, 43 persen penderita diabetes yang mengikuti diet vegan mampu mengurangi jumlah obat diabetes, dibandingkan dengan 26 persen yang mengikuti diet konvensional (termasuk makan daging). Institute of Metabolic Science di Cambridge menemukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 16 jenis sayuran/minggu mempunyai risiko rendah terhadap diabetes sebesar 40% dibandingkan mereka yang konsumsi setengahnya.

  5. Yoga. Studi di India, senam yoga mampu menurunkan/menstabilkan gula darah. Menurut American Diabetes Association, stres dapat meningkatkan kadar gula dan olahraga diperlukan untuk menstabilkan kadarnya.

  6. Konsumsi minyak ikan. Asam lemak omega-3 pada suplemen minyak ikan dikenal mampu menjaga kesehatan jantung dan otak. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa omega 3 junga mampu mengelola diabetes. Sebuah studi 2013 dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menganalisis 14 uji klinis di mana sekitar setengah peserta diberikan minyak ikan dan setengahnya diberikan plasebo. Mereka yang konsumsi minyak ikan terjadi peningkatan adiponektin (hormon penting yang mengatur glukosa) sehingga metabolisme gula dan lemak lebih baik daripda kelompok yang diberikan plasebo. Scott Drab, PharmD, dari University Diabetes Care Associates Greensburg, Pennsylvania mengatakan Minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi, dan karena resistensi insulin berhubungan dengan peradangan, kami sarankan minyak ikan untuk pasiennya.

  7. 9 strategi pola hidup bagi diabetesi 2Batasi alkohol. Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, minum alkohol sedang dalam jumlah sedang (satu gelas/hari untuk wanita dan dua gelas/hari untuk pria) membuat kerja insulin lebih efisien, sedangkan penelitian lain menunjukkan konsumsi alkohol moderat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  8. Berhenti merokok. Diabetesi yang merokok mempunyai kadar gula lebih tinggi sehingga menyulitkan dalam mengendalikan komplikasi seperti kebutaan atau serangan jantung. California State Polytechnic University menemukan bahwa nikotin meningkatkan 34% gula darah.

  9. Bedah. Bedah bariatrik adalah salah satu cara yang bisa menurunkan kelebihan berat badan pada diabetesi yang obesitas. Menurut penelitian JAMA Surgery, 40 persen diabetesi yang melakukan bypass lambung dan 29 persen yang operasi lambung, lebih efektif dalam menjalankan gaya hidup sehat dibandingkan penderita biasa.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/9-strategi-pola-hidup-bagi-diabetesi/feed/ 0
Xylitol, pemanis pengganti yang multi fungsi http://www.mausehat.com/xylitol-pemanis-pengganti-yang-multi-fungsi/ http://www.mausehat.com/xylitol-pemanis-pengganti-yang-multi-fungsi/#respond Wed, 16 Aug 2017 09:29:38 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11744 XylitolXylitol adalah pemanis pengganti gula pasir. Membaca nama xylitol, kebanyakan orang menganggapnya sebagai senyawa sintetis yang tidak baik bagi kesehatan. Padahal xylitol sebenarnya adalah senyawa yang memberikan manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Sebagai pemanis Xylitol memiliki tingkat kemanisan yang hampir sama  dengan gula pasir namun kalorinya 33-40% lebih rendah dengan indeks glikemik (IG) 7-13. Bandingkan dengan IG gula pasir yang hampir mendekati 100, sehingga Xylitol baik disebagai gula pencegah/ pengganti bagi penderita diabetes.  Tak heran jika Xylitol menjadi gula pengganti paling sering digunakan dan telah membantu jutaan pasien diabetes di seluruh dunia.  Struktur kimia Xylitol hampir menyerupai alkohol sehingga sering disebut sebagai gula alkohol.  Xylitol secara alami didapat dari serat pada sejumlah buah dan sayuran, jamur , gandum, sekam jagung, tebu dan birch.

Xylitol ditemukan pada abad ke-19 oleh ahli kimia di Jerman dan Perancis, tetapi baru tahun 1930-an dibuat dalam bentuk murni.  Saat ini xylitol banyak digunakan sebagai pemanis pengganti pada berbagai produk, termasuk permen karet, pasta gigi, obat kumur bahkan beberapa obat-obatan farmasi.  Meskipun sudah lama digunakan sebagai pemanis yang aman untuk hiperglikemia, studi terbaru mengungkapkan bahwa Xylitol memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan.

Berikut beberapa Manfaat Xylitol untuk Kesehatan:

  1. Mengelola Diabetes.
  2. Kemampuan antibakteri karena bersifat sebagai agen alkalizing yang membuat bakteri tidak dapat tumbuh. 8-10 gram xylitol dapat menyebabkan penurunan 30% prevalensi infeksi telinga dan mempercepat pemulihan sinusitis.
  3. Menjaga Kesehatan Gigi dan gusi (mengurangi karies/plak gigi, mencegah gigi berlubang).
  4. Mengatasi Bau mulut/halitosis.
  5. Membantu nurunkan Berat Badan. Xylitol memiliki efek sedikit memperlambat proses pencernaan sehingga membuat orang merasa kenyang lebih lama, malas ngemil dan tidak makan berlebihan.
  6. Meningkatkan penyerapan mineral tulang (riset pada hewan).
  7. Mengurangi masalah Gastrointestinal/pencernaan. Xylitol dalam pencernaan memiliki

efek samping yang sama dengan serat makanan.

Efek samping yang mungkin dialami jika dikonsumsi dalam jumlah besar adalah hipoglikemik ringan (gula darah rendah), diare dan kembung.  Karena itu hindari pemakaian rutin dosis tinggi. Untuk kebutuhan terapi, disarankan dewasa tidak lebih dari 50 gram per hari, untuk anak-anak maksimal 20 gram per hari.  Pemberian xylitol pada hewan piaraan seperti anjing juga tidak disarankan, karena telah ditemukan dapat menurunkan kadar gula darah anjing secara drastis ke tingkat yang bisa membahayakan keselamatannya. (ihs)
Disarikan dari berbagai sumber.

 

]]>
http://www.mausehat.com/xylitol-pemanis-pengganti-yang-multi-fungsi/feed/ 0
8 Tanda Kanker Pankreas http://www.mausehat.com/8-tanda-kanker-pankreas/ http://www.mausehat.com/8-tanda-kanker-pankreas/#respond Wed, 16 Aug 2017 00:30:27 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10848 8 tanda kanker pankreasKenali 8 tanda kanker pankreas yang mungkin saja lolos dari penilaian kesehatan.

  1. Kulit menguning

    Kulit menguning menjadi satu tanda masalah pankreas. Sel kanker yang mendekat pankreas menghalangi cairan empedu menuju usus yang akan membantu memecah lemak dan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui tinja. Empedu inilah yang menjadikan kulit dan mata berwarna kuning.

  2. Sakit punggung

    Rasa nyeri muncul dari arah perut ke arang tulang dada dan ke tulang belakang. Kanker yang mulai berkembang di tubuh atau pada bagian ujung pankreas menekan organ terdekat sehingga menyebabkan rasa nyeri disekitar punggung.

  3. Air kencing atau tinja berwarna gelap

    Urin yang mulai berwarna gelap (kuning sampai coklat) bisa jadi pertanda. Bilirubin menumpuk dalam darah dan menjadikan urin berwarna gelap. Tinja yang terlalu berminyak dan berwarna gelap juga merupakan pertanda adanya kanker yang menghalangi saluran empedu.

  4. Sering mual dan muntah

    Menurut American Cancer Society, sel kanker menekan ujung perut yang dapat menyebabkan penyumbatan sebagian, sehingga menyebabkan makanan sulit untuk lewat sehingga muncul mual, muntah dan nyeri yang cenderung lebih buruk setelah makan.

  5. Mengalami pankreatitis

    Pankreatitis yang tidak ada penyebabnya atau kronis sebagai tanda tumor di pankreas. Meskipun pankreatitis lebih umum dapat juga disebabkan oleh batu empedu, obat atau penyalahgunaan alkohol, jika seseorang terkena sakit ini dan tidak memiliki salah satu dari faktor resiko, hal ini dapat menjadi sesuatu yang lebih serius.

  6. Kesehatan mulut yang buruk

    Bau mulut, gusi radang, gigi mudah tanggal, dapat menjadi sebuah pertanda. NYU Langone Medical Center melakukan sebuah penelitian bakteri mulut orang dengan kanker pankreas dibanding yang tidak. Mereka menemukan bahwa kehadiran bakteri yang sama yang dikaitkan dengan penyakit gigi seperti periodontitis (radang gusi) menempatkan peserta pada risiko 59 persen lebih besar terkena kanker pankreas daripada mereka yang mulutnya tidak mengandung bakteri tersebut.

  7. Terdiagnosa diabetes tipe 2

    Orang dengan diabetes tipe 2 memang belum tentu terkena kanker pankreas, tetapi hal ini bisa menjadi risiko. Satu studi dari Mayo Clinic menemukan bahwa 40 persen pasien kanker pankreas didiagnosis dengan diabetes di bulan sebelum diagnosis kanker mereka. pankreas memproduksi insulin, sehingga tahap awal tumor dapat mempengaruhi kemampuan pankreas untuk memproduksi insulin yang menyebabkan diabetes.

  8. Kehilangan berat badan

    Mendadak tidak nafsu makan dan turun berat badan tanpa sebab, misalnya tanpa mengubah pola makan atau perubahan olahraga dapat menjadi tanda umum menderita kanker pankreas.

Sumber : rd.com

]]>
http://www.mausehat.com/8-tanda-kanker-pankreas/feed/ 0
Minum Kopi Sebelum Tidur Siang, Meningkatkan Energi http://www.mausehat.com/minum-kopi-sebelum-tidur-siang-meningkatkan-energi-2/ http://www.mausehat.com/minum-kopi-sebelum-tidur-siang-meningkatkan-energi-2/#respond Tue, 15 Aug 2017 11:30:31 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10815 Minum kopi sebelum tidur siang mampu meningkatkan energy setelah bangun tidur. Banyak manfaat kesehatan dari tidur siang antara pukul 13.00 – 15.00, beberapa diantaranya yaitu : mengatasi kelelahan, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas, meningkatkan imunitas dan meredakan stress.

Namun umumnya stigma orang menilai bahwa mereka yang biasa tidur siang sebagai seorang yang “pemalas” tanpa benar-benar memahami manfaatnya. Bahkan bintang ternama dengan berbagai prestasi seperti : Muhammad Ali, Leonardo da Vinci dan Winston Churchill juga mempunyai kebiasaan tidur siang.

Sebelum menghakimi mereka yang tidur siang sebagai “pemalas” simak beberapa studi berikut ini :

Design 1 editDesign 2

]]>
http://www.mausehat.com/minum-kopi-sebelum-tidur-siang-meningkatkan-energi-2/feed/ 0
JAHE ternyata mampu mengurangi lemak tubuh http://www.mausehat.com/jahe-ternyata-mampu-mengurangi-lemak-tubuh/ http://www.mausehat.com/jahe-ternyata-mampu-mengurangi-lemak-tubuh/#respond Tue, 15 Aug 2017 05:33:06 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11738 jaheJahe, tanaman herbal ini bisa diolah menjadi bahan makanan dan minuman. Dan ternyata menurut penelitian, jahe mampu menjaga berat badan tetap ideal, terhindar dari obesitas dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Kajian baru, yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, meneliti temuan dari 60 studi, yang dilakukan pada kultur sel, hewan percobaan dan manusia. Secara keseluruhan, penelitian ini membangun sebuah pemikiran bahwa jahe dan unsur utamanya memberikan efek menguntungkan pada obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular dan yang sejenis.

Penulis memfokuskan penelitian mereka pada berbagai aspek sindrom metabolik, kombinasi dari tiga atau lebih faktor risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selama ini sindrom metabolik dianggap sebagai masalah kesehatan yang berkembang dan mempengaruhi sekitar ¼ populasi orang di dunia.

Ada banyak cara pencegahan dan pengobatan sindrom metabolik, termasuk pilihan non farmasi. Hal ini ada pada jahe karena khasiat fitokimia dan antioksidannya. Studi itu menjelaskan  bagaimana rempah-rempah berperan dalam pembakaran lemak, karbohidrat dan sekresi insulin. Jahe juga telah terbukti dapat menghambat stres oksidatif (bentuk penuaan seluler), memiliki sifat anti-inflamasi dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Bahkan bisa mengurangi aterosklerosis, penumpukan lemak berbahaya pada arteri.

Bukti untuk manfaat ini lebih kuat terlihat dalam penelitian tabung dan hewan daripada manusia. Penelitian dengan menggunakan hewan percobaan tikus, membuktikkan bahwa jahe mampu mengurangi berat badan dan peradangan sistemik secara signifikan, menurunkan kolesterol dan gula darah dan melindungi dari efek bahaya perlemakan hati (non alkohol).

Hanya ada beberapa percobaan klinis pada manusia menggunakan jahe untuk kondisi ini. Komposisi kimia yang kompleks dan besarnya biaya menjadi bahan pertimbangan penelitian lanjutan pada manusia.

Sumber : health.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/jahe-ternyata-mampu-mengurangi-lemak-tubuh/feed/ 0
Vitamin Apa yang Dibutuhkan Oleh Vegan? http://www.mausehat.com/vitamin-apa-yang-dibutuhkan-oleh-vegan/ http://www.mausehat.com/vitamin-apa-yang-dibutuhkan-oleh-vegan/#respond Mon, 14 Aug 2017 00:30:31 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10844 486533836_XSVegan adalah salah satu jenis diet vegetarian yang paling ketat dimana tidak mengkonsumsi produk hewani sama sekali termasuk produk susu ataupun telur. Agar tubuh tidak kekurangan nutrisi berikut vitamin yang diperlukan oleh para Vegan :

  1. Vitamin B12

    Vitamin B12 berguna untuk membantu mengubah karbohidrat dalam makanan menjadi energi untuk perbaikan sel dan aktivitas fisik, menurut University of Maryland Medical Center. Hal ini juga membantu tubuh Anda memproduksi lemak dan melindungi ujung saraf, mencegah kerusakan dari racun dan radikal bebas. Kekurangan vitamin B12 akan mengakibatkan kerusakan syaraf. Vitamin B12 banyak ditemukan pada produk hewani, karena vegan tidak mengkonsumsi hewani maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B12

  2. Vitamin D

    Vitamin D banyak terdapat pada susu, telur, ikan dan minyak ikan sehingga para vegan sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D guna menyerap kalsium sehingga kesehatan tulang tetap terjaga.

  3. Niacin

    Niacin, juga dikenal sebagai vitamin B-3, membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah, memberikan oksigen, vitamin dan mineral untuk sel-sel organ, tulang dan otot. Niacin juga membantu memetabolisme nutrisi seperti karbohidrat dan lemak yang berasal dari sumber makanan. Meskipun Niacin banyak ditemukan dalam telur, susu, hati sapi dan ikan, menurut Phyllis Balch, penulis buku “Resep untuk Penyembuhan Gizi,” niacin juga terdapat pada kentang, tomat dan kacang meski dalam jumlah yang kecil. Sehingga vegan tetap disarankan untuk menngkonsumsi suplemen untuk memastikan kebutuhan niacin tercukupi.

  4. Omega 3

    Di antara banyak kegunaan dalam tubuh, asam lemak omega-3 membantu membangun membran sel di otak Anda, mengatur transmisi neurotransmitter, mendukung senyawa anti-inflamasi dan mengontrol pembekuan darah selain itu tentu peran utamanya adalah mencegah penyakit jantung. Omega 3 paling banyak ditemukan pada ikan, telur dan minyak ikan namun bagi vegan bisa mendapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, ataupun kacang mete.

Sumber : livestrong

(erl/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/vitamin-apa-yang-dibutuhkan-oleh-vegan/feed/ 0
Tanda Kekurangan Protein http://www.mausehat.com/tanda-kekurangan-protein/ http://www.mausehat.com/tanda-kekurangan-protein/#respond Sun, 13 Aug 2017 12:30:18 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10838 protein-rich-foodsSetiap sel tubuh kita memerlukan protein sebagai sumber gizi makro. Protein juga menyediakan energi bagi tubuh. Proses pencernaan memecah protein dalam makanan menjadi asam amino yang memperbaiki dan mengisi tubuh. Protein membantu membangun otot, menghasilkan sel-sel baru, mengatur hormon dan enzim, menyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Rendahnya kecukupan protein dalam tubuh bisa dialami oleh orang dinegara berkembang, termasuk Indonesia, atau juga bagi orang yang membuat pilihan diet/pola makan buruk. Protein yang tidak cukup dapat memicu hal negatif berikut ini:

  1. Lemah otot. Kurangnya protein dalam pola makan dapat menyebabkan nyeri, kelemahan dan kram otot. Protein mendukung pertumbuhan dan kekuatan otot. Kurangnya protein dapat mengurangi kekuatan otot, fungsi otot dan mengurangi massa tubuh. Tubuh juga kehilangan lemak, karena protein menyediakan struktur untuk jaringan adiposa. Terbuangnya jaringan otot dan lemak disebut cachexia.

  2. Busung lapar. Edema/busung menyebabkan cairan menumpuk di jaringan dan rongga tubuh. Edema paling sering mempengaruhi perut, tangan, pergelangan kaki dan kaki. Protein membantu mengatur dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit yang tepat dalam tubuh. Tidak mendapatkan cukup protein dapat mempengaruhi keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh, menyebabkan pembengkakan/edema.

  3. Perubahan kulit dan kuku. Protein memungkinkan regenerasi sel, memproduksi sel-sel baru dan menggantikan yang mati. Jika konsumsi protein kurang, menjadikan kulit mudah terbakar matahari, mudah retak, mengelupas, kering dan ruam. Lambatnya penyembuhan luka atau bisul juga pertanda asupan protein rendah. Kekurangan protein dapat menyebabkan garis putih atau bintik-bintik kecoklatan pada kuku.

  4. ba75e92deb46410ab060b9c2420c7a5bRambut rontok. Rambut kering, gampang rontok, tipis, berubah warna adalah tanda kurang protein. Rambut mengandung 90% protein. Menurut Institute of Medicine, wanita dewasa membutuhkan 46 gram protein per hari; laki-laki dewasa perlu 56 gram protein

  5. Infeksi. Sistem kekebalan membutuhkan protein untuk melindungi tubuh dan juga perlindungan terhadap zat-zat asing seperti bakteri dan virus. Ketika tubuh tidak memiliki jumlah protein tepat, jumlah sel darah putih akan menurun. Hal ini menyebabkan risiko melemahnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan infeksi.

  6. Masalah pencernaan. Jumlah protein yang rendah menyebabkan merasa lesu, lelah dan lemah, selain juga sakit kepala, mual, diare, nyeri perut dan bahkan pingsan. Protein membantu transportasi nutrisi dalam tubuh dan dilepaskan ditempat yang membutuhkan. Ketika protein tidak dapat melakukan fungsi ini, maka akan mengganggu homeostasis tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan, lekas marah, insomnia, apatis dan ketidakmampuan tubuh untuk tetap hangat.

Sumber : livestrong

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-kekurangan-protein/feed/ 0
Mual Setelah Makan Bisa Jadi Ini Penyebabnya… http://www.mausehat.com/mual-setelah-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya/ http://www.mausehat.com/mual-setelah-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya/#respond Sun, 13 Aug 2017 05:30:58 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10834 10-shutterstock-96431810Mual sering kali dikaitkan dengan banyak penyebab, seperti faktor stress atau gangguan kesehatan, namun jika mual datang setelah makan mungkin harus segera melakukan pemeriksaan karena bisa jadi anda mengalami masalah sebagai berikut :

  1. Masalah Kandung Empedu

    Mual setelah makan bisa saja terkait dengan kolesistitis kronis, atau penyakit radang kandung empedu kronis, selain mual gejalanya yang mungkin muncul adalah ketidaknyamanan pada lambung, gas, dan diare. Jika tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi fungsi kandung empedu.

  2. GERD

    GERD atau Gastroesophageal Reflux adalah suatu kondisi dimana makanan yang dikonsumsi atau cairan di lambung bergerak kembali ke kerongkongan, bisa disebabkan karena asam lambung yang tinggi. Selain mual, gejala lain seperti sakit maag, sakit tenggorokan dan batuk. Selain itu, dapat menyebabkan rasa asam di mulut. Berbaring setelah makan dapat memperburuk refluks.

  3. Keracunan Makanan

    Mual setelah makan bisa menjadi tanda bahwa makanan yang kita makan sudah tidak layak dikonsumsi lagi. Selain mual tanda anda keracunan makanan adalah diare, demam, muntah, dll. Efek ini mungkin akan terasa setelah 30 menit sampai beberapa hari setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Mengatur pola makan adalah salah satu cara mencegah berbagai masalah pencernaan, makan tepat waktu, bergizi seimbang, dan perhatikan porsi makanan. Hindari makanan yang terlalu merangsang pencernaan seperti terlalu pedas atau asam, dan yang lebih penting lagi perhatikan kebersihan makanan dan perhatikan tanggal kadaluarsa makanan.

Sumber : Livestrong

(erl/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/mual-setelah-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya/feed/ 0
Siapa Sangka Pakaian Sebagai Sumber Polutan http://www.mausehat.com/siapa-sangka-pakaian-sebagai-sumber-polutan/ http://www.mausehat.com/siapa-sangka-pakaian-sebagai-sumber-polutan/#respond Sat, 12 Aug 2017 11:30:29 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10775 Bahan polutan kimia sebajulalu hadir disekitar kita. Bahkan baju yang setiap hari digunakan menjadi salah satu sumber polutan. Berbagai bahan kimia udara diserap oleh pakaian, dan pada saat pencucian bahan kimia akan terbawa oleh air cucian menuju instalasi pengolahan air dan beberapa mengalir menuju sungai atau laut. Sayangnya, bahan kimia ini tidak bisa dibersihkan.

Polutan bahan kimia termasuk yang ditemukan pada produk furnitur, komputer dan elektronik lainnya, senyawa pada plastik yang disebut phthalates, dikaitkan dengan gangguan libido rendah, mengurangi kesuburan, cacat lahir dan IQ lebih rendah pada bayi. Demikian juga menurunnya tingkat kesuburan pada manusia dan hewan, tak lepas dari peran bahan kimia sintetis. Bahan kimia ini menganggu proses tubuh karena menyerupai hormon alami tubuh.

Para peneliti dari University of Toronto menemukan bahwa kain katun dan polyester buatan pabrik menyerap lebih banyak bahan kimia flame retardants dan ftalat dari udara daripada tenunan buatan manusia.

Dr Miriam Diamond, penulis utama studi dalam jurnal Environmental Science & Technology, mengatakan: “Hasil ini memiliki implikasi mengenai peranan pakaian dalam menyerap bahan kimia dari dalam dan ke luar lingkungan. Pakaian bertindak sebagai pembawa bahan kimia yang efisien dari dalam dan ke luar ruangan kemudian dilepaskan selama pencucian. ‘

Phthalates ditemukan dalam berbagai produk umum, termasuk wewangian sintetis, wadah makanan plastik, lantai vinyl, obat nyamuk, tirai mandi, roda kemudi dan dashboard. Bahan kimia, yang digunakan untuk melembutkan plastik, secara bertahap dilepaskan ke atmosfer selama umur plastik hingga menjadi lebih rapuh. Serat alami mempunyai lebih banyak phthalates dari pada polyester.

Phthalates pada pakaian juga berasal dari debu rumah tangga, menurut Dr Michael Warhurst, direktur eksekutif dari amal CHEM Trust. Umumnya orang tidak menyadari banyaknya bahan kimia berbahaya yang bersumber dari debu rumah tangga biasa.

Bahan kimia yang umum ditemukan adalah Tetrabromobisphenol A dan tetrachlorobisphenol A, keduanya digunakan pada papan sirkuit dan kemasan plastic luar pada produk elektronik.

Awal pekan ini sebuah penelitian sedang dilakukan untuk melihat hubungan antara bahan kimia tingkat tinggi termasuk phthalates dengan menurunnya tingkat kesuburan pada hewan anjing.

Bulan lalu penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bahan wol pada seragam resmi para pengamat burung dan pecinta alam lainnya merupakan sumber utama pencemaran laut. Serat polyster pada wol yang menyerap bahan kimia terlepas selama proses pencucian.

Sumber : dailymail

(bt)

]]>
http://www.mausehat.com/siapa-sangka-pakaian-sebagai-sumber-polutan/feed/ 0
Tanda Kanker Liver Yang Diindahkan Banyak Orang http://www.mausehat.com/tanda-kanker-liver-yang-diindahkan-banyak-orang/ http://www.mausehat.com/tanda-kanker-liver-yang-diindahkan-banyak-orang/#respond Sat, 12 Aug 2017 05:30:08 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10822 UntitledLiver merupakan salah satu organ yang berisiko tinggi terhadap kanker dan jumlah penderitanya hingga saat ini terus saja meningkat.

Meski jarang kasusnya, namun sejak tahun 1990 terjadi peningkatan risiko dari 3,5 menjadi 6,5 jiwa dari 100.000 orang, menurut Otis Brawley, MD chief medical officer The American Cancer Society. Ghassan Abou-Alfa, MD, dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center menjelaskan tanda yang patut diwaspadai perihal kanker liver yaitu:

  1. Pernah menderita hepatitis C. Virus hepatitis C dapat mengembangkan kanker sekitar 10 tahun semenjak diagnosa. Lakukan pengobatan sampai tuntas.

  2. Pernah menderita hepatitis B (dan belum divaksin). Hepatitis B juga dapat menyebabkan kanker. Lakukan vaksin sejak lahir/kecil. Pada orang yang sudah terinfeksi virus hepatitis B atau C setidaknya setahun sekali harus melalukan screening ultrasound. Pengujian alpha-fetoprotein darah menjadi tanda adanya kanker.

  3. Peminum berat atau pernah kecanduan alkohol. Menurut American Cancer Society, penggunaan alkohol secara terus menerus dapat merusak sel-sel hati, yang digantikan oleh jaringan parut. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan kanker hati.

  4. Kegemukan atau obesitas. Kanker lainnya pada liver adalah fatty liver (perlemakan organ liver) non alkohol. Peningkatan kasus kanker liver setiap tahun karena obesitas menjadi hal baru. Walau obesitas hanya menjadi salah satu pemicu dan kasusnya tidak sebanyak pemicu lainnya, namun sebaiknya diwaspadai dan cobalah untuk bicarakan dengan dokter/ahli kesehatan bagaimana menurunkan berat badan yang efektif.

  5. Nyeri perut yang tidak biasa. Kebanyakan penderita kanker memiliki nyeri perut bagian atas. Ketika diuji gejala asimtomatik tersebut, mereka mengeluh sangat sakit. Nyeri ini tidak hanya menjadi pertanda kanker liver, tapi juga hepatitis, gangguan pada pankreas dan kantung empedu.

  6. Turun berat badan tanpa olahraga/usaha. Penurunan berat badan mendadak dan nafsu makan hilang adalah ciri umum tanda penyakit kanker atau serangan virus. Gejala ini kebanyakan tidak disadari lelaki, namun sangat disadari perempuan.

  7. Perut cepat kembung. Banyaknya cairan dalam perut membuat kembung, walau kanker juga menurunkan nafsu makan.

  8. Mata dan kulit kuning. Gejala jaundice/ kuning juga bisa menandakan kanker liver. Jika sering gatal, kulit dan mata kuning, hal ini juga bisa menjadi pertanda kanker pankreas.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-kanker-liver-yang-diindahkan-banyak-orang/feed/ 0