MauSehat.Com http://www.mausehat.com Tue, 23 Jan 2018 10:00:55 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.13 Penyebab dan Perawatan Jerawat http://www.mausehat.com/penyebab-dan-perawatan-jerawat/ http://www.mausehat.com/penyebab-dan-perawatan-jerawat/#respond Tue, 23 Jan 2018 10:00:55 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11368 jerawatPunya jerawat tidak menyenangkan, mengganggu penampilan dan bikin enggak pede. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenapa seseorang jadi jerawatan. Tulisan ini menyajikan faktor tersebut berikut cara perawatannya.

Hormon

Jerawat muncul biasanya saat memasuki usia puber, karena hormon yang meningkat saat proses tumbuh dan berkembang dari fase anak hingga dewasa. Baik anak lelaki dan perempuan memiliki hormon yang berpengaruh pada pori dan jerawat yang disebut androgen. Androgen bertugas memproduksi minyak dan sebum dari kelenjar kulit (minyak yang menghidrasi kulit) yang berlebih. Hal ini juga terjadi pada seorang wanita hamil. Faktor hormonal lainnya yang tidak normal dan tidak berhubungan dengan pubertas, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit untuk pemeriksaan ekstra.

Paparan sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari yang tidak sehat tidak hanya menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, namun juga jerawat. Bagi orang yang kulitnya sensitif, sinar matahari juga bisa menyebabkan jerawat. Oleskan krim SPF pelindung dari bahaya sinar matahari sekitar 15 menit sebelum keluar rumah dan ulangi pemakaian jika wajah sudah berkeringat.

Stress

Kelenjar minyak Androgen sebaceous akan mengeluarkan lebih banyak sebum, sehingga menyebabkan jerawat, terlebih pada seseorang yang memiliki tingkat stress tinggi. Dengan melakukan rutinitas sehat misalnya menjaga pola makan/diet, olahraga, tidur yang cukup menjadi cara baik menurunkan tingkat stress tubuh. Hal ini juga akan memperlambat tingkat penuaan dini.

Obat-obatan tertentu

Obat tertentu misalnya pengontrol kehamilan/KB akan menyebabkan jerawat. Hal ini agak sulit dikontrol karena setiap orang memiliki kimia tubuh yang berbeda yang mungkin resisten atau lebih rentan terhadap jerawat. Konsultasikan dengan dokter untuk memilih obat apa yang cocok dan tidak untuk jerawat.

Kulit kering atau berminyak

Kulit terlalu kering atau terlalu berminyak akan menyebabkan jerawat, terutama bagi wanita yang menderita hipotiroid (karena kulit terlampau kering). Beberapa wanita diresepkan obat pengontrol kelahiran/KB oleh dokter kandungan supaya waktu menstruasi mereka teratur. Produk perawatan kulit dengan asam salisilat dapat membantu meringankan jerawat tanpa menyebabkan kulit kering.

Pola makan/diet

Beberapa makanan dapat meningkatkan jerawat misalnya produk unggas dan produk olahannya, susu dan olahannya, daging sapi dan produk olahannya. Disisi lain, menjadi vegetarian pun tidak banyak membantu. Jerawat bisa terjadi karena ketidakseimbangan kecukupan protein dan zat besi. Lakukan pola diet seimbang, penuhi gizi.

Sumber : positivemed.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/penyebab-dan-perawatan-jerawat/feed/ 0
Jangan Sepelekan Kesehatan Usus http://www.mausehat.com/jangan-sepelekan-kesehatan-usus/ http://www.mausehat.com/jangan-sepelekan-kesehatan-usus/#respond Tue, 23 Jan 2018 05:30:35 +0000 http://www.mausehat.com/?p=8545 2014-12-31-healthy-gut-prevents-metabolic-syndrome-tbJangan pernah meremehkan kondisi usus. Hal ini diperkuat dengan banyaknya penelitian yang menghubungkan antara kesehatan usus dengan kondisi kesehatan secara umum. Demikian juga hasil penelitian dariGeorgiaState University menunjukkan peran flora usus yang sehat dalam memainkan peran membantu mencegah gangguan metabolisme, yang diperkirakan 34 persen diderita orang dewasa di Amerika.

Jika flora usus yang sehat terganggu, dapat berisiko terhadap peradangan dan pada akhirnya muncullah gangguan kesehatan. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan akan sangat penting untuk menjaga bakteri yang berada di usus berfungsi dengan baik.

Menurut Dr Andrew Gewirtz, profesor dari the Institute for Biomedical Sciences di negara bagian Georgia, cara kerja bakteri ini terbilang rinci. Selain gangguan metabolisme, flora usus juga dapat menyebabkan penyakit radang kronis seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn

Menurut AmericanHeart Association, gangguan biasanya terjadi ketika sekelompok faktor risiko metabolik yaitu kadar trigliserida yang tinggi, obesitas bagian abdominal, rendahnya tingkat kolesterol HDL, tekanan darah tinggi dan pembacaan glukosa puasa tinggi dapat saja terjadi bersama-sama. Mereka yang terkena semua itu lebih rentan terhadap stroke, penyakit jantung dan diabetes. Para peneliti itu menjelaskan bahwa bakteri akan membuat jarak tertentu dengan sel-sel epitel. Ketika mikroba usus berubah, bakteri berperilaku lebih agresif dan sangat dekat dengan epitel pelindung. Kemudian zat-zat berbahaya dapat diproduksi dan membahayakan tubuh.

Sebuah hasil penelitian yang baru-baru ini dipublikasi dalam the journal Gastroenterology menyatakan beberapa penyakit peradangan kronis mempengaruhi saluran pencernaan serta berbagai sistem organ lainnya, yang berhubungan dengan perubahan dalam komposisi mikrobiota usus, menunjukkan keterlibatan mikrobiota dalam segala gangguan ini. Selain itu perilaku yang dapat menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi seperti diet yang tidak tepat atau stres kronis, juga berpengaruh terhadap kondisi flora normal usus.

Dua orang penulis buku “Why Stomach Acid is Good For You: Natural Relief from Heartburn, Indigestion, Reflux & GERD” yaitu Jonathan Wright, MD, and Lane Lenard, PhD mengemukakan untuk menyehatkan kondisi usus, sebaiknya dihindari penggunaan obat yang terlalu berlebihan di kalangan masyarakat, karena sangat berbahaya bagi sistem pencernaannya.

Banyak sekali orang ketagihan untuk minum obat misalnya antasida tanpa mempertimbangkan fakta kalau hal itu sebenarnya dapat merusak sistem pencernaan, mengganggu bakteri sehat di usus, dapat menyebabkan mereka berubah lebih dari sifat awal. Bakteri sehat membutuhkan gizi yang tidak dirusak. Banyak faktor yang menyebabkan mereka berubah menjadi bakteri jahat.

imagesUntuk menjaga flora usus sehat yang dapat memperbaiki kekebalan tubuh dan mengatasi sindrom metabolik seperti penyakit Crohn, sindrom iritasi usus/IBS dan bahkan alergi oleh musim/seasonal allergy, para ahli menyarankan makan diet kaya probiotik, yang sudah ada dalam sistem pencernaan yang normal. Makanan probiotik yang kaya termasuk sauerkraut, yogurt tanpa rasa/plain, kefir, miso, teh kombucha, tempe dan kimchi.

Sumber : Daily Health Post

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/jangan-sepelekan-kesehatan-usus/feed/ 0
Mengapa kita butuh suplemen….?? http://www.mausehat.com/mengapa-kita-butuh-suplemen/ http://www.mausehat.com/mengapa-kita-butuh-suplemen/#respond Mon, 22 Jan 2018 10:00:37 +0000 http://www.mausehat.com/?p=9660 Lain dulu lain sekarasuplemenng, jika dulu suplemen masih menjadi hal yang langka, berbeda dengan saat ini karena suplemen hampir disetiap toko obat ditemukan berbagai macam jenis suplemen. Mengapa saat ini suplemen begitu dibutuhkan..? salah satu faktornya adalah perubahan pola hidup dan pola makan, saat ini orang cenderung lebih memilih makanan yang instan dibanding memasak sendiri di rumah dan kurangnya aktivitas atau olahraga, sehingga tidak heran jika saat ini banyak sekali di usia muda sudah menderita penyakit berbahaya bahkan meninggal di usia muda.
Nutrisi adalah kunci mendapatkan tubuh sehat dan panjang usia, namun terkadang makanan yang kita konsumsi tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari terutama vitamin dan mineral. Oleh karena itu suplemen diperlukan untuk melengkapi nutrisi kita sehari-hari. Berikut 4 alasan mengapa kita butuh suplemen
1. Proses pengolahan menghilangkan kandungan nutrisi
Mencuci, memotong, dan memasak tanpa dipungkiri akan mengurangi nilai kandungan gizi pada bahan makanan,
terutama vitamin yang tidak tahan pada panas.
2.Tidak ada satu bahan pangan pun yang mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Jika kita tidak bisa menyediakan makanan yang bervariasi maka suplemen sangat dibutuhkan agar kita tidacepat sajik
kekurangan nutrisi penting.

3. Saat ini orang lebih cenderung memilih makanan instan
Makanan instan atau cepat saji lebih banyak mengandung karbohidrat dan lemak dibanding vitamin, mineral        serta serat ditambah lagi tingginya bahan pengawet yang terkandung sehingga lambat laun kita bisa terjebak          pada kekurangan nutrisi.
4. Makin berkembangnya pola hidup tidak sehat

Merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, kurangnya aktivitas adalah kondisi dimana kita memerlukan nutrisi
yang cukup tinggi agar tubuh tidak jatuh sakit.

(erl/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/mengapa-kita-butuh-suplemen/feed/ 0
Melawan Flu Dan Pilek Dengan Bahan Makanan Alami http://www.mausehat.com/melawan-flu-dan-pilek-dengan-bahan-makanan-alami/ http://www.mausehat.com/melawan-flu-dan-pilek-dengan-bahan-makanan-alami/#respond Mon, 22 Jan 2018 05:30:20 +0000 http://www.mausehat.com/?p=9653 2FB5D16700000578-0-image-a-76_1451593982663Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, hawa dingin dan udara yang lembab menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga rentan terserang flu dan pilek. Sayangnya masih banyak orang yang selalu mengandalkan obat ketika awal terserang flu dan pilek.

Daya tahan tubuh merupakan faktor utama dalam memerangi flu dan pilek. Ketika gejala muncul, yang harus dilakukan adalah dengan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pilihlah bumbu atau bahan makanan yang berfungsi sebagai pendongkrak daya tahan tubuh.

Setidaknya ada kurang lebih 10 makanan yang bertindak sebagai pendongkrak daya tahan tubuh yaitu :

  1. Bawang putih

    Secara alami bawang putih mempunyai kemampaun sebagai antivirus dan antibakteri. Bawang putih kaya akan senyawa sulfat seperti allicin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika gejala dirasa seperti rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan, ambillah bawang putih mentah, potong menjadi 4 bagian kemudian telan seperti pil. Dengan cara ini, akan menghindarkan bau bawang putih saat bernafas.

  2. Yogurt

    Kira-kira 70-80% sistem kekebalan tubuh bermula di dalam usus. Konsumsi yogurt akan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  3. Kaldu Tulang Ayam

    Cara kuno ini ternyata efektif dalam mencegah berkembangnya flu dan pilek. Air kaldu mencegah dehidrasi selama sakit berlangsung. Selain itu kaya akan mineral, dari magnesium hingga fosfor dan belerang. Selain itu juga mengandung asam amino: termasuk glisin, arginin dan prolin yang memiliki efek anti inflamasi. Minumlah secangkir kaldu 3x/minggu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk vegetarian di rekomendasikan untuk mengkonsumsi kaldu sayuran.

  4. Bayam

    Bayam kaya akan asam folat yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Juga kaya akan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Secangkir bayam rebus mempunyai kandungan kalium yang lebih tinggi dibandingkan secangkir irisan buah pisang. Keseimbangan kalium dan magnesiumnya menjadikan bayam bertindak sebagai elektrolit yang akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta membantu menjaga keseimbangan tingkat energi. Masukkan bayam dalam daftar diet setidaknya 3x/minggu

  5. Brokoli

    Brokoli dengan kemampuannya secara alami mampu bertindak sebagai detoksifikasi tubuh dan mencegah penyakit. Brokoli mengandung kolin, asam amino, yang membantu menjaga sel-sel tubuh agar berfungsi dengan baik dan meningkatkan lapisan usus yang sehat. Selain itu, brokoli memiliki kadar vitamin C yang tinggi, juga kalsium. Semuanya ini akan memingkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi brokoli setidaknya 2x/minggu.

  6. Grapefruit

    Grapefruit mengandung antioksidan lycopene yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga efektif membantu mengurangi gejala flu. Selain itu, fitonutrien dalam grapefruit juga dapat membantu detoksifikasi tubuh. Konsumsi beberapa grapefruit beberapa kali dalam seminggu.

  7. Bubuk Kayu manis2FB593D900000578-3379520-image-a-61_1451590793886

    Kayu manis secara alami bertindak sebagai antivirus, antibakteri dan antijamur. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh taburkan kayumanis setiap hari pada kopi/teh atau oatmeal.

  8. Semangka

    Semangka tinggi akan vitamin C, vitamin A juga kaya akan antioksidan lycopene sehingga efektif dalam mengurangi infeksi, peradangan dan radikal bebas.

  9. Tiram

    Meski dikenal sebagai afrodisiak karena kandungan zincnya, tiram juga tinggi akan seng yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

  10. Jamur

    Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin D, juga kaya akan seng yang akan mendongkrak daya tahan tubuh. Konsumsi jamur sama halnya dengan mengembangkan antibiotic alami mereka sendiri. Inilah alasan mengapa banyak obat-obatan modern seperti penisilin diambil dari ekstrak jamur.

Sumber : Dailymail

(bt)

]]>
http://www.mausehat.com/melawan-flu-dan-pilek-dengan-bahan-makanan-alami/feed/ 0
5 Penyakit yang Disebabkan Oleh Gigitan Nyamuk http://www.mausehat.com/5-penyakit-yang-disebabkan-oleh-gigitan-nyamuk/ http://www.mausehat.com/5-penyakit-yang-disebabkan-oleh-gigitan-nyamuk/#respond Thu, 18 Jan 2018 10:00:00 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11355 definisi-dan-pengertian-penyakit-chikungunya-adalah-jenis-penyakit-karena-gigitan-nyamuk-aedes-aegypti-yang-menyebabkan-demam-5-hari-dan-nyeri-tulang-dan-persendianGigitan nyamuk tidak hanya meninggalkan bentol berbintik merah dan gatal. Lebih dari itu yang harus diwaspadai adalah infeksi dari virus yang dimasukannya bersamaan dengan nyamuk yang menghisap darah. Umumnya ketika orang sudah terinfeksi virus memiliki gejala mirip flu seperti sakit kepala, nyeri badan, nyeri sendi dan demam. Dalam beberapa kasus dapat menyebabkan ensefalitis (peradangan otak), koma, bahkan kematian.

Di Amerika (mungkin saja diseluruh dunia) nyamuk dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti berikut ini:

  1. Demam dengue/demam berdarah. Menurut DCD (the Centers for Disease Control and Prevention), di amerika selatan dan daerah tropis, setiap tahunnya ada sekitar 22.000 orang meninggal dunia dan 440 juta terinfeksi. Gejalanya meliputi bintik merah, sakit kepala, demam dan gatal seluruh tubuh. Tahun 2085 diperkirakan setidaknya 5 milyar orang yang akan terinfeksi virus dengue. Sampai saat ini, menurut Roxanne Conelly, PhD dari University of Florida, belum ada vaksin yang mampu menyembuhkan dengue. Yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari gigitan nyamuk.

  2. Virus chikungunya. Virus yang banyak menjangkiti penduduk afrika dan asia. Dapat menyebabkan sakit kepala dan demam, yang berkembang menjadi nyeri yang sangat hebat pada sendi. Belum ada vaksin untuk virus ini.

  3. West nile. Kurang lebih hanya sekitar 1% kasus yang berkembang dengan gejala sakit kepala, sisanya 70-80% bahkan tidak ada gejala sama sekali. Di Amerika, tahun 2014, virus ini sudah memakan korban jiwa (100 orang). Virus ini dapat menyebabkan ensefalitis dan meningitis (pembengkakak jaringan otak dan syaraf tulang belakang, berdampak pada sistem syaraf yang serius. Belum ada imunisasi penyakit ini.

  4. Malaria. Disebabkan oleh parasit yang menginfeksi nyamuk dan pada beberapa orang gejalanya seperti flu biasa. Penyakit ini sudah ada obatnya. Jika ingin berkunjung ke suatu daerah endemik malaria, konsultasikan dulu dengan dokter.

  5. Demam kuning. Banyak diderita oleh orang Amerika selatan dan afrika dengan gejala kediginginan, demam, sakit kepala, nyeri otot, yang berakibat pada kegagalan fungsi organ dan kematian. WHO melaporkan angka kejadian mencapai sekitar 200.000 per tahun dan 30.000 diantaranya fatal. Lakukan imunisasi sebelum berada di daerah rawan penyakit dan lakukan vaksin per 10 tahun jika sudah terkena.

Sumber : prevention.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/5-penyakit-yang-disebabkan-oleh-gigitan-nyamuk/feed/ 0
Perbedaan Madu dan Sirup Agave http://www.mausehat.com/perbedaan-madu-dan-sirup-agave/ http://www.mausehat.com/perbedaan-madu-dan-sirup-agave/#respond Thu, 18 Jan 2018 05:30:55 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11350 sirup-agave-dan-maduGula pengganti sudah lama dikenal dan tidak sedikit yang menggunakannya. Banyak yang menawarkan gula pengganti yang aman, diantaranya yaitu madu dan agave yang sudah lama dikenal masyarakat.

Meski sama-sama bersumber dari tanaman, namun keduanya mempunyai perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut ?

Nektar agave merupakan sirup yang berasal dari cairan dalam tanaman agave biru. Tanaman ini juga digunakan untuk membuat tequila. Cairan diekstrak dari tanaman, kemudian disaring untuk memecah komponen gula sederhana (fruktosa), lalu dikonsentratkan menjadi sirup. Sayangnya dari beberapa kali tahap pengolahan sirup agave memungkinkan terjadinya penurunan kualitas.

Sedangkan madu dapat dikonsumsi secara mentah, walau beberapa merk madu melalui proses pasteurisasi untuk mencegah kristalisasi dan membunuh bakteri. Minum madu mentah banyak menjadi pilihan.

Baik satu sendok madu atau agave mengandung sekitar 64 Kalori. Keduanya lebih manis dari gula pasir sehingga tidak perlu ditambahkan gula lagi. Indeks glikemik (IG) madu sekitar 58, sedang nektar agave 19 dan gula pasir sekitar 60. Semakin rendah IG sebuah zat, makin sedikit meningkatkan glukosa darah. Agave dapat menjadi alternatif gula bagi diabetesi, namun American Diabetes Association merekomendasikan membatasi jumlah agave nektar dalam diet.

Dari komponen gula, madu sebagian besar terbuat dari gula glukosa (sekitar 30%) dan fruktosa (sekitar 40%). Hal ini juga mengandung jumlah yang lebih kecil dari gula lainnya, termasuk maltosa, sukrosa, kojibiose,  turanose,  isomaltose, maltulose. Nektar agave, di sisi lain, terdiri dari 75-90 % fruktosa.

Tidak seperti jenis lain dari gula, fruktosa kini menjadi bahan perbincangan. Fruktosa diproses oleh organ hati. Mengkonsumsi terlalu banyak fruktosa sekaligus dapat membahayakan liver dengan trigliserida tinggi. Konsumsi tinggi fruktosa tinggi diduga menyebabkan lemak perut, yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan jantung secara keseluruhan. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi sirup tinggi fruktosa mengalami peningkatan berat badan secara signifikan daripada tikus yang hanya konsumsi gula meja/pasir, bahkan ketika asupan kalori mereka sama.

Madu dipercaya mengurangi frekuensi batuk, menenangkan sakit tenggorokan, meningkatkan kualitas tidur anak yang menderita batuk. Madu juga anti-virus, anti-jamur, anti-bakteri dan dapat membantu mengurangi alergen musiman. Madu mengandung cukup banyak fitokimia yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Secara umum, makin gelap madu, semakin tinggi antioksidan. Antioksidan dipercaya dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas berbahaya. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, melawan penuaan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini manfaat yang paling terlihat pada madu mentah yang belum dipasteurisasi. Sedangkan nektar agave hanya bersifat pemanis biasa.

Pada intinya, menambahkan pemanis akan menambahkan kalori. Lebih baik tidak berlebihan konsumsi gula dan bahan manis lainnya karena bisa menyebabkan kegemukan, kerusakan gigi, trigliserida tinggi, bahkan diabetes. The American Heart Association merekomendasikan membatasi gula yang ditambahkan termasuk sirup agave, sirup jagung, madu, gula tebu atau gula merah tidak lebih dari enam sendok teh (24 gram) untuk perempuan dan sembilan sendok teh (36 gram) untuk pria per hari.

Sumber : healthline

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/perbedaan-madu-dan-sirup-agave/feed/ 0
Manfaat Probiotik Terhadap Iritasi Usus http://www.mausehat.com/manfaat-probiotik-terhadap-iritasi-usus/ http://www.mausehat.com/manfaat-probiotik-terhadap-iritasi-usus/#respond Wed, 17 Jan 2018 10:00:05 +0000 http://www.mausehat.com/?p=1062 iluvs006092Dalam studi yang diterbitkan oleh Expert Opinion on Biological Therapy, Asieh Hosseini beserta koleganya dari Razi Institute for Drug Research in Tehran, Iran mengkaji ulang tentang manfaat probiotik dalam mengobati Irritable bowel syndrome (IBS) yang merupakan gangguan kronis gastrointestinal (GI) yang sering dialami oleh masyarakat dan menemukan hasil bahwa probiotik dapat membantu melawan gangguan sistem pencernaan seperti halnya IBS.

Banyak penelitian menunjukkan efek yang menguntungkan pada beberapa pasien dengan IBS. Kebanyakan studi menggunakan dosis secara heterogen, dan baru-baru ini juga telah dilakukan penelitian meta-analisis yang menunjukkan manfaat probiotik pada pasien IBS.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik mampu melindungi usus terhadap iritasi karena bakteri melalui sejumlah mekanisme termasuk mengikat bakteri patogen pada sel epitel usus, meningkatkan fungsi penghalang dari epitel usus dengan proses pengasaman, penekanan pertumbuhan bakteri patogen, modulasi imunitas, penghambatan hipersensitivitas visceral, dan perubahan dalam respon terhadap stres mukosa usus. Probiotik yang paling umum digunakan oleh peneliti ialah Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Para penulis menyimpulkan pendapat Ahli: Meskipun studi lebih lanjut masih diperlukan, bukti saat ini hampir cukup untuk meyakinkan masyarakat bahwa probiotik memiliki manfaat yang efisien dalam pengobatan IBS (irritable bowel syndrome).


Source : Foodconsumers.org

 

(ang/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/manfaat-probiotik-terhadap-iritasi-usus/feed/ 0
Agar Sayur, Buah dan Bahan Pangan Lain Tetap Segar http://www.mausehat.com/agar-sayur-buah-dan-bahan-pangan-lain-tetap-segar/ http://www.mausehat.com/agar-sayur-buah-dan-bahan-pangan-lain-tetap-segar/#respond Wed, 17 Jan 2018 05:30:47 +0000 http://www.mausehat.com/?p=2521 Betulkah Buah dan Sayuran Melindungi dari KankerSayur dan buah siapa yang tidak kenal manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Pada usia balita dan sejak awal masuk sekolah mereka juga sudah dikenalkan dengan sayur dan buah berikut manfaatnya. Manfaatnya yang begitu luas terhadap kesehatan tubuh menjadikan sayuran dan buah wajib untuk dikonsumsi.

Yang tidak kita ketahui tentang sayuran dan buah-buahan adalah bahwa mereka mampu mempertahankan siklus sirkadian (siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup) ketika sudah di panen bahkan setelah beberapa hari disimpan dan menjadi santapan salad di meja. Sebuah uji laboratorium menunjukkan bahwa sayuran dan buah-buahan masih mampu menghasilkan hormon jasmonat (hormon yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bagian lain dari tumbuhan dan mendorong terjadinya penuaan daun) meski setelah dipanen. Tak hanya itu, hormon ini juga sebagai zat anti kanker pada manusia.

Menurut penulis studi dari Universitas Rice “Janet Braam, PhD” : Meski sayuran dan buah-buahan telah dipanen, mereka masih mempunyai kemampuan dalam merespon sinyal cahaya yang berpengaruh terhadap perubahan biologi yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap gangguan serangga dan kandungan nilai gizi mereka. Mungkin ada baiknya untuk tetap menjaga kondisi ini dan menyimpannya dengan memanipulasi siklus terang-gelap dan tahu kapan harus memasaknya ketika nutrisi dan fitokimia berada pada puncaknya.

Berikut beberapa tips penyimpanan sayuran dan buah-buahan agar selalu segar dan tetap terjaga kandungan nutrisinya :

  • Bahan pangan yang dapat bertahan lama seperti kentang dan bawang sebaiknya disimpan pada tempat yang sejuk dan gelap.

  • Sedangkan buah-buahan seperti alpukat, pisang, pir, plum dan tomat sebaiknya dibungkus menggunakan kantong kertas.

  • thUntuk mengawetkan sayuran, sebaiknya di blansing (dipanaskan dengan cara merebus atau mengukus pada suhu dibawah 100 derajat Celcius selama 3-5 menit) kemudian bungkus menggunakan kantong plastic kemudian bekukan.

  • Pengaturan penempatan pada lemari es juga harus diperhatikan. Makanan yang tahan lama harus disimpan pada pintu kulkas, sedangkan telur harus di tempatkan pada rak dan sayuran pada kompartemen (laci kulkas) karena membutuhkan kelembaban.

(bt)

]]>
http://www.mausehat.com/agar-sayur-buah-dan-bahan-pangan-lain-tetap-segar/feed/ 0
Benarkah Konsumsi Sayuran Dapat Membantu Mengurangi Resiko Obesitas dan Diabetes 2 ? http://www.mausehat.com/benarkah-konsumsi-sayuran-dapat-membantu-mengurangi-resiko-obesitas-dan-diabetes-2/ http://www.mausehat.com/benarkah-konsumsi-sayuran-dapat-membantu-mengurangi-resiko-obesitas-dan-diabetes-2/#respond Thu, 14 Dec 2017 00:30:16 +0000 http://www.mausehat.com/?p=8149 Para peneliti di Universitas Camsayuranbridge dan Southampton mengklaim bahwa bayam, brokoli, kubis, dan selada mengandung bahan yang bermanfaat yang dapat menjangkau seluruh bagian tubuh.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of the Federation of Societies for Experimental Biology Amerika.

Dr Andrew Murray dari Cambridge University, yang ikut memimpin penelitian, mengatakan “Di sini kita menunjukkan bahwa nitrat dari sayuran tersebut dapat membantu mengatur pengiriman oksigen ke sel-sel dan jaringan sehingga dapat digunakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan tubuh.

“Hal ini memastikan bahwa sel-sel dan jaringan tubuh memiliki cukup oksigen untuk berfungsi tanpa perlu menghasilkan sel darah merahlebih banyak yang justru membuat darah menjadi lebih kental.

Sayangnya banyak anak-anak yang tidak menyukai sayuran, padahal konsumsi lebih banyak sayuran hijau mampu mengurangi kerusakan hati dengan menurunkan produksi erythropoietin dan mengurangi produksi sel darah merah.

“Mengurangi pembentukan kekentalan darah dapat membantu mencegah penggumpalan darah, mengurangi risiko stroke atau serangan jantung.”

Profesor Martin Feelisch, dari Southampton University of Southampton, mengatakan ‘Temuan ini menunjukkan bahwa perubahan pola makan sederhana, dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan penderita penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya.

tdk suka sayur“Penelitian ini juga menunjukkan mekanisme nitrat yang mampu mengontrol produksi sel darah merah. Temuan ini menambah bukti bahwa nitrat dalam diet meningkatkan kesehatan jantung. “

Penelitian kedua di The Journal of Physiology, menunjukkan bahwa mengkonsumsi nitrat dari sumber beberapa sayuran hijau atau bit, mampu melindungi protein penting dalam sel jantung dan meningkatkan senyawa yang menyebabkan pembuluh darah melebar, yang memungkinkan jantung untuk memompa lebih efisien.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengidentifikasi kemampuan nitrat untuk merangsang konversi sel-sel lemak di dalam sel beige dalam proses yang disebut browning. Sel Beige akan membakar lemak untuk menghasilkan panas, hal ini menunjukkan bahwa perubahan diet yang sederhana dapat mengurangi jumlah sel lemak jahat yang kita miliki, mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Dr Murray, mengatakan “Penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan sederhana dalam diet dapat memodifikasi resiko orang dengan diabetes tipe 2 dan obesitas serta gejala yang berpotensi mengurangi kondisi kardiovaskular yang ada untuk mencapai hidup sehat.”
Sumber : WebMD

(Rsh/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/benarkah-konsumsi-sayuran-dapat-membantu-mengurangi-resiko-obesitas-dan-diabetes-2/feed/ 0
Apa Saja yang Perlu Diwaspadai Dalam Kosmetik Anda? http://www.mausehat.com/apa-saja-yang-perlu-diwaspadai-dalam-kosmetik-anda/ http://www.mausehat.com/apa-saja-yang-perlu-diwaspadai-dalam-kosmetik-anda/#respond Wed, 13 Dec 2017 11:00:00 +0000 http://www.mausehat.com/?p=8455 26913-9-jenis-kosmetik-kita-ternyata-memicu-kanker-070134Tampil cantik memang dambaan setiap wanita. Maka industri kosmetik pun berlomba-lomba memenuhi keinginan para wanita mulai dari bedak, lipstik, aksesoris tambahan misalnya pewarna rambut atau lensa mata. Kosmetika bukan hanya sekedar tampil cantik, tapi juga sangat penting memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik tersebut. Ada beberapa bahan yang terlihat aman tapi ternyata dapat ebrbahaya bagi kesehatan kulit. Jenis bahan ini sebaiknya diwaspadai:

  1. Keratin pelurus rambut. Perawatan rambut dengan keratin memberikan sensasi rambut halus bagai sutera dan tidak kusut. Perawatan rambut ini dianggap bebas formaldehid tetapi pada dasarnya menurut Oregon’s OSHA malah menemukan bahan berbahaya tersebut setengah dari sampel yang diuji. Paparan jangka panjang bahan ini dapat menyebabkan kanker. Hanya merapikan atau meluruskan dengan produk ini sekali dalam beberapa bulan tidak menyebabkan masalah, tetapi hal ini patut diperhatikan oleh para penata rias/stylist.

  2. Kondisioner dan alat catok. Kondisioner memang bermanfaat untuk meluruskan rambut, apalagi disertai dengan mencatok dengan listrik statis. Jika memang ingin menggunakan kedua produk ini, pakailah yang aman

  3. Pewarna rambut permanen. Saat ini masih menjadi kontroversi apakah berhubungan dengan kanker jika digunakan dalam jangka panjang. Namun dari beberapa studi menunjukkan bahwapewarna rambut permanen (terutama warna gelap) berisiko tingi terhadap kemungkinan menderitaleukemiaataulimfoma. Pewarnaan rambut pada saat hamil, sebaiknya dilakukan diatas trimester kedua.

  4. Pewarna rambut berbasis tumbuhan. Misalnya dari daun pacar. Pewarna rambut ini cenderung aman kalau benar-benar alami. Ada baiknya jika ingin mengunakan, jangan lupa memakai pelindung kulit kepala agar tidak menyerap lebih banyak ke kulit.

  5. Lensa kontak berwarna/tidak berwarna. Lensa kontak memerlukan perawatan khusus dan tepat, walaupun hanya digunakan dalam jangka waktu pendek. Sebelum membeli pastikan kualitas lensanya baik karena dapat menyebabkan infeksi atau bahkan cidera mata jika sembarngan membeli. Konsultasikan dengan dokter dan cara penggunaan yang benar untuk mencegah infeksi.

  6. Serum mata. Latisse contoh gampang serum yang membuat bulu mata panjang, lentik terkesan seksi. Orang menggunakan kosmetik ini sekitar 4 bulan dengan cara memulas serum pada daerah garis bulur mata. Tetapi hal ini bisa menimbulkan iritasi pada mata, membuat warna kulit sekitar mata jadi gelap dan warna bisa permanen

  7. Pemanjangan bulu mata. Punya bulu mata yang panjang dan lentik sangat mengesankan, bukan berarti tidak ada resikonya, yaitu dapat menyebabkan alergi, cedera pada mata bahkan kebutaan. Menurut FDA, tidak boleh diberikan pewarna apapun dalam prosesnya.

  8. Hydroquinone. Termasuk pencerah kulit. Dermatologists sering merekomendasikan untuk mengurangi bintik-bintik usia atau bercak-bercak hitam yang dikenal sebagai melasma. Terlalu sering menggunakan hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara zat kimia produk dengan kanker, meskipun risiko pada manusia masih belum jelas.

  9. imagesTempat tidur tanning. Sering menggunakan tanning bed untuk membuat kulit coklat eksotis meningkatkan risiko melanoma, bentuk yang paling mematikan dari kanker kulit. Selain itu, tanning bed terutama memancarkan sinar UVA, yang berkontribusi terhadap penuaan dini keriput dan bintik-bintik coklat.

  10. Produk pencoklat kulit. Losion ini biasanya mengandung DHA, zat aditif yang bereaksi sementara dengan asam amino dikulit dan menciptakan warna coklat. Oleh FDA masih diperbolehkan dalam bentuk topikal, tapi tidak dalam bentuk semprot karena zat berbahayanya dapat merusak mata. Losion ini sama sekali tidak memiliki pelindung terhadap paparan sinar matahari

  11. Produk untuk kuku. Manicure-pedicure mengandung berbagai bahan kimia, termasuk formalin, phthalates, aseton atau toluena. Aromanya dapat mengiritasi kulit, mata, hidung dansaluran pernapasan. Reaksi-reaksi ini lebih sering terjadi pada pekerja daripada pemakai. Manikur dan pedikur juga dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri terutama jika peralatan belum disterilkan dengan benar. Gunakan salon yang sanitasinya bagus.

  12. Phthalates adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat produk lebih lentur. Mereka ditemukan pada mainan, kemasan makanan dan beberapa produk kecantikan, termasuk cat kuku, sampo dan sabun. Dua penelitian menunjukkan paparan phthalate selama kehamilan dapat menyebabkan perkembangan abnormal pada bayi lelaki, termasuk kadar hormon yang rendah dan ukuran alat kelamin yang kecil. Namun FDA mengatakan tidak ada bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa phthalates menimbulkan risiko kesehatan. Tetapi sebaiknya berhati-hati. Periksa bahan-bahan untuk phthalate (dibutyl phthalate, dimethyl phthalate, diethyl phthalate, dll), butil ester atau plasticizer. Sangat penting untuk dicatat bahwa phthalates juga ditemukan dilantai, tirai mandi, kemasan makanan. Gunakan kosmetik phthalate-free dan produk perawatan kulit dapat mengurangi paparan zat kimia berbahaya.

Sumber : Webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/apa-saja-yang-perlu-diwaspadai-dalam-kosmetik-anda/feed/ 0