MauSehat.Com http://www.mausehat.com Fri, 08 Jun 2018 08:29:53 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.14 Idul fitri sehat http://www.mausehat.com/idul-fitri-sehat/ http://www.mausehat.com/idul-fitri-sehat/#respond Fri, 08 Jun 2018 08:29:52 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12081 Idul FitriLepas bulan puasa, seluruh ummat islam merindukan perayaan idul fitri yang penuh suka cita. Alih-alih merayakan idul fitri, lupa akan pola makan sehat selama berpuasa. Nafsu mengembalikan pada kebiasaan lama (sebelum ramadhan) sehingga membuat kondisi pencernaan kurang baik, misalnya gangguan pencernaan, heartburn (panas dada seperti orang sakit maag) dan berat badan kembali naik. Makan apa saja saat hari raya idul fitri juga dapat menyebabkan organ pencernaan menjadi lelah sehingga menyebabkan tidur lebih lama.

Ada beberapa tips sehat kala merayakan idul fitri:

  1. Sebelum shalat subuh, tidak mengapa makan buah misalnya kurma.
  2. Setelah subuh, sebelum sholat ied, dapat minum atau makan makanan ringan misalnya susu rendah lemak.
  3. Sarapan pagi setelah sholat ied dengan susu rendah lemak, roti panggang, roti irisan tomat atau buah atau bubur gandum
  4. Cobalah makan makanan utama saat idul fitri yang mirip dengan saat kita berpuasa dibulan ramadhan. Hal ini akan membantu tubuh untuk secara bertahap terbiasa dengan kebiasaan makan yang normal.
  5. Batasi ukuran porsi, tidak makan sekaligus banyak karena mumpung lebaran. Hal ini untuk menghindari sakit maag atau nyeri dada.
  6. Ubah resep atau makanan dan minuman yang manis/terlalu manis dengan makanan rendah lemak atau buah-buahan.

Moga idul fitri kita menjadi berkah, bahagia, suka cita dan tetap sehat.

Sumber : nestle-family.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/idul-fitri-sehat/feed/ 0
Dampak Puasa Pada Otot http://www.mausehat.com/dampak-puasa-pada-otot/ http://www.mausehat.com/dampak-puasa-pada-otot/#respond Fri, 08 Jun 2018 05:30:06 +0000 http://www.mausehat.com/?p=9030 urlDengan hadirnya Bulan Suci Ramadan juga meningkatkan populernya teknik pola makan intermediet fasting. Banyak orang mempertanyakan pengaruh puasa pada perkembangan otot. Pengetahuan konvensional mengajarkan kita untuk menghindari kondisi katabolic (catabolic state) atau keadaan dimana tubuh menjadikan otot sumber energi. Pemahaman ini menjadikan kita terbiasa untuk segera memberikan tubuh asupan nutrisi setelah sesi latihan, seperti protein shake dalam 30 menit setelah berlatih.

Lalu bagaimana dengan kita yang berpuasa? Atau mereka yang mempraktekan pola makan intermittent fasting? Apakah puasa akan mempengaruhi hasil latihan kita selama ini? Ataukah puasa merupakan teknik baru yang memberikan keuntungan tak terduga bagi atlit? Dimana batas antara puasa dan kelaparan? Studi di International Society of Sports Nutrition mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan cara untuk menganalisa respon anabolik terhadap puasa. Mereka mengamati komunitas Muslim saat Ramadan dan melihat lebih dalam pada olahragawan yang berpuasa.

Partisipasi studi ini adalah binaragawan Muslim tapi hasil yang ditemukan secara umum berlaku untuk semua orang yang sedang berusaha meningkatkan kekuatan atau massa otot. Para partisipan ini adalah sekelompok binaragawan rekresional – bukanlah atlit profesional – dan mereka hanya berlatih 3 hari dalam seminggu. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok yang berlatih siang hari saat puasa dan mereka yang berlatih di malam hari setelah berbuka.

Yang menarik, saat mulai Bulan Ramadan dan puasa dimulai, total volume latihan dan asupan kalori dari partisipan tidak berubah. Sepertinya mereka makan dengan porsi lebih banyak saat berbuka sebagai kompensasi berpuasa seharian, sehingga tingkat protein, lemak, dan karbohidrat yang mereka konsumsi tetap sama.

Satu-satunya perbedaan saat mulai berpuasa adalah ada perbaikan dalam penggunaan lemak tubuh dan sedikit dehidrasi. Bagi olahragawan Muslim yang berpuasa selama Ramadan, usahakan untuk minum air putih yang banyak saat berbuka untuk mengatasi hal ini, tapi bagi mereka yang menjalani intermitten fasting untuk mencapai proporsi tubuh rendah lemak dan tinggi otot, dehidrasi ringan tidak terlalu bermasalah.

Studi ini juga menemukan bahwa saat yang dipilih untuk melakukan latihan angkat beban tidak berpengaruh pada massa tubuh dan presentasi lemak pada badan. Tidak ditemukan perbedaan antara berlatih setelah berbuka di malam hari atau pada siang hari saat sedang berpuasa.

Studi ini berlangsung selama 4 minggu, dan terdapat kemungkinan hasil yang ditemukan tidak akan berubah banyak bila studi dilanjutkan untuk periode waktu yang lebih lama. Sebagaimana dicatat oleh peneliti, program latihan mungkin saja malah memberikan hasil lebih baik karena respon anabolik yang lebih tinggi akibat puasa.

Dengan banyaknya olahragawan Muslim – baik olahragawan rekresional maupun atlit profesional – dan mereka yang tertarik mencoba teknik intermitten fasting, kita masih memerlukan lebih banyak studi mengenai puasa dan hubungannya dengan aktifitas kebugaran secara umum, dengan cabang olahraga lari secara khusus.

Namun sejauh ini penelitian dan pengalaman para praktisi puasa menunjukan manfaat yang baik. Bila kita tertarik mempraktekan intermittent fasting tapi merasa ragu akan kemampuan tubuh, kunjungi dokter untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat.

(rsh/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/dampak-puasa-pada-otot/feed/ 0
Puasa Dapat Membuat Pikiran Lebih Tajam http://www.mausehat.com/puasa-dapat-membuat-pikiran-lebih-tajam/ http://www.mausehat.com/puasa-dapat-membuat-pikiran-lebih-tajam/#respond Thu, 07 Jun 2018 05:30:39 +0000 http://www.mausehat.com/?p=8997 fokuskerjadepanBukan hanya awet muda, puasa pun memiliki dampak luar biasa terhadap pikiran. “Puasa ibarat mata air. Semakin digali airnya semakin deras,” kata seorang master trainer sekaligus pakar Neuro-Linguistic Programming (NLP), Ikhwan Sofa. “Begitu juga dalam ilmu modern, setiap hari manfaat puasa dapat ditemukan dari berbagai aspek,” ujarnya. Pengaruh puasa pada pikiran dan mental itu pula yang mempengaruhi tampilan muda seseorang.

Ia mengungkapkan selama berpuasa, kerja pikiran melambat. Pelambatan tersebut, menurut Ikhwan, membuat pikiran lebih jernih karena berpikir lebih dalam.

Secara ilmiah, ungkap Ikhwan, pikiran yang melambat ketika lapar, ternyata menjadi lebih tajam, juga secara instingtif. Bukti ilmiah ini bisa diterima terkait dengan fakta bahwa masalah lapar adalah masalah kelanjutan hidup. Jadi wajar saja, jika rasa lapar membuat pikiran semakin tajam dan kreatif.

Ikhwan menunjukkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Sekelompok mahasiswa di University of Chicago diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai tinggi.

Dengan demikian, menurut Ikhwan, dapat disimpulkan, bahwa fisik dan mental mengalami kenaikan tingkat saat berpuasa. Salah satu yang paling menonjol adalah kestabilan emosi, yang disebabkan oleh terbebasnya mereka dari ketergantungan pada makanan, terutama dari makanan dan minuman pemicu emosi seperti kopi, coklat, gula, dan lemak yang telah terbukti punya dampak buruk untuk kestabilan emosi.

Selain itu, imbuh Ikhwan, orang yang berpikir jernih akan lebih terbuka menerima firman Tuhan. “Dunia ini dipenuhi oleh hiruk pikuk teknologi yang sangat hebat dalam hal menarik perhatian kita. Semuanya berlomba-lomba tak kenal lelah. Dan Tuhan, jelas tidak termasuk dalam kompetisi ini. Dia tetap menunggu kita, sampai kita mengheningkan jiwa, sampai kita siap untuk mendengar-Nya,” ungkapnya.

(rsh/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/puasa-dapat-membuat-pikiran-lebih-tajam/feed/ 0
Tetap sehat setelah ramadhan berlalu http://www.mausehat.com/tetap-sehat-setelah-ramadhan-berlalu/ http://www.mausehat.com/tetap-sehat-setelah-ramadhan-berlalu/#respond Wed, 06 Jun 2018 03:45:47 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12076 puasa sehatBulan ramadan, sebenarnya selain berpuasa, merupakan bulan untuk mengontrol diri dan menjaga kesehatan dari pola makan yang tidak baik. Sayangnya banyak umuat muslim yang tidak menyadari ini. Umumnya saat berbuka, justru makan seperti orang sedang berpesta pora dengan hidangan makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak jenuh.

Seorang ahli gizi, Ruwaidah Idriss dari arab news mendiskusikan tentang manfaat detoksifikasi dan pengurangan lemak tubuh saat berpuasa. Tubuh akan mengubah karbo menjadi energi. Setelah kurang lebih enam jam saat berpuasa, maka tubuh akan mengambil lemak cadangan sebagai cadangan energi.

Begitu juga saat lebaran tiba. Pola makan sehat saat lebaran sebenarnya tidak jauh berbeda dengan saat puasa. Idriss menyarankan ketika hendak pergi sholat Ied, makanlah kurma dan susu, lalu beberapa jam kemudian lanjut dengan sarapan pagi. Makan apa saja saat lebaran dapat menjadi bom waktu yang berefek buruk pasca ramadan.

Sebaiknya dalam satu hari makan, makanlah satu porsi makanan berbeda jenis (bervariasi makan). Makan yang terbaik, tetaplah tidak berlebihan. Ruwaidah menyarankan sebagai berikut:

  1. Makanlah makanan ringan sebelum menyantap hidangan utama.
  2. Lebih banyak makan buah daripada makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula.
  3. Tetap minum air putih yang cukup.
  4. Minum 30 menit sebelum makan (jika sedang program penurunan berat badan, minum 2 gelas sebelum makan).
  5. Pilih menu yang rendah kalori dan rendah lemak untuk sarapan pagi. Misalnya dengan sayuran hijau dan sup sayuran.
  6. Batasi konsumsi karbo, setidaknya pilih 6 jenis karbo kompleks.
  7. Lima belas gram karbohidrat sehari dapat diperoleh dari nasi, bijian, buah, sayuran, susu dan produk sejenisnya, sedikit manisan dan gula.
  8. Jangan lupa berolahraga.
  9. Lebaran memang penuh dengan makanan dan kue manis. Namun sebaiknya, konsumsilah makanan manis setelah makan.

Selamat idul fitri. Semoga  menjadi manusia yang kembali fitri (suci), lahir , fisik dan batin.

Sumber : arabnews.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tetap-sehat-setelah-ramadhan-berlalu/feed/ 0
Amankah berpuasa bagi Ibu menyusui? http://www.mausehat.com/amankah-berpuasa-bagi-ibu-menyusui/ http://www.mausehat.com/amankah-berpuasa-bagi-ibu-menyusui/#respond Tue, 05 Jun 2018 03:29:40 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12070 menyusuiWanita hamil dan menyusui mendapatkan keringanan dibulan ramadan untuk tidak berpuasa. Mereka dapat membayar dilain waktu atau membayar fidyah (memberi makan orang kurang mampu). Sebenarnya, apakah busui (ibu menyusui) berpuasa atau tidak, tergantung dari usia bayi. Jika masih ASI ekslusif, kebutuhan nya jelas berbeda dari anak usia 1 tahun yang sudah mulai MPASI (makanan pengganti ASI). Cara yang terbaik memang berdikusi dengan keluarga (pasangan), dokter dan ustadz/ustadzah. Walaupun tubuh pada dasarnya memiliki cara beradaptasi tersendiri. Jika kekurangan kalori pada ASI, maka akan diusahakan cukup dengan menarik dari cadangan yang lain. Namun, hal ini tidak dapat bertahan lama, lebih dari 24 jam sebaiknya memang tidak berpuasa.

Jika busui berpuasa, tidak akan mempengaruhi jumlah berat badan bayi yang disusui. Jika busui mulai makan sedikit, maka jenis lemak dalam ASI bisa berubah, tapi bukan jumlahnya. Tubuh akan mengambil cadangan lemak untuk Asi jika tidak cukup dari makanan.

Pada dasarnya tidak mengapa jika busui mengambil jalan ingin berpuasa. Hanya pada kondisi berikut ini, sebaiknya berbuka saja:

  1. Kehausan yang amat sangat
  2. Buang air kecil keruh (tanda dehidrasi berat)
  3. Sakit kepala/pusing
  4. Mulut, bibir, mata kering
  5. Mendadak jadi mudah sakit kepala

Cara memulihkannya dengan membuat larutan gula garam seperti oralit, saat berbuka dan langsung beristirahat. Jika sudah berbuka, tapi tanda tersebut masih saja muncul, sebaiknya hubungi dokter/bidan terdekat.

Jika memutuskan berpuasa, sebaiknya menunda banyak kegiatan berat di tengah hari berpuasa, misalnya berbelanja. Jangan lupa untuk membuat catatan harian tentang makanan dan minuman yang membuat tetap segar saat berpuasa; beristirahat yang cukup dan mendengar apa kata tubuh kita, alias, jika sudah tidak tahan, berbukalah. Ketika berpuasa, cobalah untuk makan sahur di akhir waktu (30 menit sampai 1 jam sebelum adzan subuh) dan berbuka selekasnya, tidak menunda.

Sebuah riset menyebutkan, jika busui berpuasa, maka kadar zink, magnesium potasium akan menurun, jadi lengkapi gizi dengan baik selama berpuasa. Suplementasi diperbolehkan terutama yang mengandung vitamin D sebesar 10 mikrogram.

Selama berpuasa mungkin saja berat badan akan turun sebesar ½ sampai 1 kg perminggu, namun itu tidak mempengaruhi kesehatan. Segera pergi ke dokter jika berat badan turun lebih dari biasanya.

Kapan sebaiknya meminta bantuan?

Tubuh dapat dehidrasi ketika berpuasa. Seorang busui dapat menghubungi dokter, jika terdapat tanda berikut ini.

  1. Bayi jadi ikut dehidrasi, dengan jumlah urin yang sedikit dan pekat.
  2. Sering menangis seperti tidak pernah kenyang walau sudah diberi ASI/makan
  3. Berat badan bayi turun
  4. Bayi gelisah terus

Sumber : babycentre.co.uk

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/amankah-berpuasa-bagi-ibu-menyusui/feed/ 0
5 tips menyusui saat puasa http://www.mausehat.com/5-tips-menyusui-saat-puasa/ http://www.mausehat.com/5-tips-menyusui-saat-puasa/#respond Mon, 04 Jun 2018 08:06:33 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12066 Menyusui BayiBerpuasa menjadi bagian dari kegiatan spiritual dan keimanan seseorang, termasuk seorang ibu menyusui. Kadang seorang busui kebingungan apakah mau berpuasa atau tidak, karena khawatir akan mempengaruhi kesehatan bayinya. Riset menyebutkan bahwa puasa dapat menyebabkan berhentinya produksi ASI jika dilakukan dalam wangku singkat. Kandungan lemak dalam ASI tidak berubah selama berpuasa, tapi akan menyebabkan kekurangan beberapa zat gizi saat berpuasa. Sisi lain puasa dapat menurunkan berat badan ibu, namun jika penurunan terlalu berlebihan, akan menjadi tidak sehat dan mengalami kekurangan gizi.

Ada lima tips yang dapat dilakukan ibu menyusui kala dia berpuasa:

  1. Lakukan diet/pola makan yang baik. Asupan nutrisi dari makanan harus seimbang. Jika memang sedang tidak makan/tidak dapat makan sesuatu, misalnya daging, dapat ditambahkan dengan suplementasi.
  2. Cukup cairan. Menyusui dapat membuat busui kehausan. Pada saat berpuasa, pastikan terhidrasi dan minum banyak cairan sebelum puasa (sahur) dan setelahnya (berbuka).
  3. Menunda kegiatan berat. Tunda semua tugas yang mengeluarkan energi ekstra. Lakukan saat setelah berbuka.
  4. Istirahat yang cukup. Menyusui dapat melelahkan. Istirahat bertujuan untuk memulihkan energi/tenaga sehingga tingkat energi tetap naik.
  5. Memantau sang bayi. Saat berpuasa otomatis bayi akan mendapatkan lebih sedikit susu dibanding hari biasanya. Hal yang sebaiknya diperhatikan misalnya jumlah frekuensi mengompol, warna air kencing/kotoran, penurunan berat badan. Jika bayi sudah bertambah umur dan mulai makan padat, biasanya puasa tidak berpengaruh pada berat badannya. Namun jika bayi dibawah usia 6 bulan, sebaiknya memang tidak berpuasa

Sumber : momjunction.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/5-tips-menyusui-saat-puasa/feed/ 0
Bagaimana berdamai dengan sakit kepala saat ramadhan? http://www.mausehat.com/bagaimana-berdamai-dengan-sakit-kepala-saat-ramadhan/ http://www.mausehat.com/bagaimana-berdamai-dengan-sakit-kepala-saat-ramadhan/#respond Mon, 04 Jun 2018 03:38:09 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12059 sakit-kepalaPusing atau sakit kepala dapat saja dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Hal ini dapat disebabkan karena kadar gula darah yang rendah, stress dan berhentinya konsumsi kafein bagi mereka pecinta kopi. Namun demikian, Anda tidak perlu berbuka puasa untuk menyembuhkan sakit kepala ini. Dr Elliot Shevel dari the Headache Clinic memberikan tips bagaimana mengelola sakit kepala selama puasa :

  1. Sakit kepala karena tidak minum kopi. Hal ini menjadi masalah umum bagi pecinta kopi yang secara tiba-tiba menghentikan minum kopi selama puasa. Idealnya, pengurangan atau berhenti minum kopi dapat dilakukan beberapa minggu sebelum ramadhan. Namun bukan berarti terlambat untuk kelola rasa sakit kepala, untuk mencegah sakit kepala, minumlah satu cangkir kopi menjelang imsak.
  2. Kadar gula darah yang rendah menjadi pemicu umum sakit kepala. Pola makan yang cenderung tinggi kadar gula saat santap sahur, menyebabkan adanya lonjakan kadar gula darah lalu turun drastic, inilah yang menyebabkan sakit kepala. Makanlah makanan yang mempunyai kadar gula rendah untuk membantu mencegah sakit kepala selama puasa berlangsung. Urutan indeks glikemik (GI) pada makanan akan mempengaruhi kadar gula darah dan tingkat insulin. Semakin rendah GI, semakin rendah kenaikan gula darah. Contoh misalnya yogurt rendah lemak, apel, kacang merah, kacang kacangan, sereal.
  3. Otak sebagian besar terdiri dari cairan. Jika otak mendeteksi adanya kekurangan cairan, maka otak akan menghasilkan histamin. Histamin menyebabkan rasa sakit dan kelelahan. Selama waktu berpuasa, cobalah untuk meredam stress dan cukup istirahat siang.

Jika sakit kepala terus berlanjut selama ramadhan ini, ada baiknya periksakan ke dokter.

Sumber : health24.com

(as/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/bagaimana-berdamai-dengan-sakit-kepala-saat-ramadhan/feed/ 0
Apakah wanita hamil wajib berpuasa?? http://www.mausehat.com/apakah-wanita-hamil-wajib-berpuasa/ http://www.mausehat.com/apakah-wanita-hamil-wajib-berpuasa/#respond Thu, 31 May 2018 09:04:16 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12055 wanita hamilTerkadang, sebagai seorang muslimah yang sedang hamil, menjadi sebuah kebimbangan kala bulan ramadhan datang: apakah saya sebaiknya berpuasa atau membayar fidyah (memberi makan orang kurang mampu per hari) ataukah tidak berpuasa tapi membayar puasa di lain hari di luar bulan ramadhan? Terlalu sering hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar.

Tidak jarang pula banyak muslimah memilih berpuasa karena yakin bayi mereka dalam keadaan sehat, kondisi mereka pun sehat. Ada sebuah riset yang sepatutnya diperhatikan: bahwa puasa selama kehamilan dapat menyebabkan sesuatu yang disebut sebagai ‘kelaparan yang dipercepat’. Hal ini terjadi ketika hormon yang mengatur glukosa terganggu dan kadar glukosa bisa turun tajam. Proses ini telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih buruk selama masa kanak-kanak dan beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa perubahan ini dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf. Selama berpuasa, asupan kalori juga menjadi rendah, 500- 1000 Kalori, jauh dibawah yang dibutuhkan. Sehingga sebenarnya tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk berpuasa karena ditakutkan akan muncul masalah kesehatan karena dapat kekurangan gizi. Dehidrasi juga bisa terjadi saat bumil berpuasa, yang dapat berbahaya bagi diri dan bayinya, terutama jika berpuasa saat musim / cuaca panas melanda.

Bagaimana jika bumil memilih tetrap berpuasa?

Jika memang ingin berpuasa sebaiknya perhatikan hal berikut ini:

  1. Ketika sahur makan yang mudah dicerna memiliki energi yang tinggi sehingga akan mudah bertahan sampai waktu berbuka. Makan mengandung serat yang membantu rasa kenyang lebih lama, misalnya sayur, buah, bijian, nasi.
  2. Pada saat berbuka, jangan langsung makan banyak, tidak terkendali dan seperti orang sedang pesta. Berbukalah dengan kurma dan segelas jus buah atau segelas susu. Hal ini akan membantu menyiapkan pencernaan untuk makanan berikutnya.

Ketika berbuka puasa sebaiknya dilakukan:

  1. Konsumsi makanan padat gizi dan seimbang.
  2. Pilih karbohidrat kompleks yang akan membantu melepaskan energi secara bertahap. Contoh: beras/nasi merah, kacang-kacangan, polongan, oat, roti gandum, pasta gandum.
  3. Mengurangi atau menghindari makanan terlalu manis. Makanan tersebut akan cepat mengisi energi, tapi cepat juga membuat lelah bahkan dapat pingsan.
  4. Batasi makanan berlemak jenuh tinggi.
  5. Masukkan lemak sehat dalam daftar makanan misalnya alpukat.
  6. Minumlah susu dan produk susu.
  7. Minumlah air putih atau cairan sebanyak 1.5 sampai 2 liter/hari. Hindari minuman mengandung kafein.

Sumber : dietinpregnancy

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/apakah-wanita-hamil-wajib-berpuasa/feed/ 0
Asupan Cairan Kuat, Puasa Sehat http://www.mausehat.com/asupan-cairan-kuat-puasa-sehat/ http://www.mausehat.com/asupan-cairan-kuat-puasa-sehat/#respond Thu, 31 May 2018 06:34:08 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12049 airAir merupakan sumber kehidupan. Manusia mampu bertahan beberapa minggu tanpa makanan, tetapi tidak akan mampu bertahan tanpa cairan. Apalagi saat bulan Ramadhan, cairan merupakan hal utama dan paling penting saat berbuka hingga sahur. Sayangnya banyak yang tidak menyadari pentingnya cairan, dan hanya minum saat berbuka dan setelah itu mengabaikannya.

KENAPA KITA BUTUH AIR?

Ingat, tubuh kita 60%-70% terdiri dari cairan. Jadi kekurangan asupan cairan akan mempengaruhi sel-sel dan juga sistem syaraf tubuh. Ketika berbuka puasa hingga sahur adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan asupan cairan yang kurang di siang hari. Sebab kalu tidak, kekurangan cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan dan kulit kering. Pada tahap dehidrasi parah, kekurangan cairan dapat menganggu ginjal dan kejang. JIka ini terjadi harus segera membatalkan dan berbuka puasa.

MENGAPA HARUS AIR PUTIH?

Karena air putih yang terbaik untuk mengatasi rasa haus setelah berpuasa seharian.

  • Air putih tidak mengandung kalori seperti minuman lainnya, sehingga menghindarkan dari asupan kalori yang tidak perlu
  • Terlalu banyak minuman manis atau minuman ringan lainnya saat berbuka justru akan menunda proses pencernaan sehingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti gas, kembung, sakit perut dan berat badan

UNTUK DIINGAT

Air memainkan peran yang penting dalam penurunan berat badan juga pemeliharaan kesehatan karena air membantu detoksifikasi toksin dan menahan rasa lapar.

TIPS MENCEGAH HAUS SAAT RAMADHAN

Tips ini akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan mengendalikan rasa haus selama berpuasa. Tips ini juga memberikan pengetahuan bagaimana makanan dapat memainkan peran penting dalam mengendalikan rasa haus saat berpuasa :

  1. Minumlah setidaknya 8 gelas/hari. Jika masih mampu berolahraga pastikan minum leih banyak air.
  2. Hindari hidangan yang panas dan pedas karena hanya akan meningkatkan rasa haus
  3. Hindari konsumsi makanan tinggi garam karena akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar karena kaya akan air dan serat.
  5. Pilihlah jus buah segar daripada jus manis
  6. Jangan minum sekaligus dalam jumlah yang banyak atau diantara waktu makan.

UNTUK DIKETAHUI

Minum air es saat berbuka puasa memang terasa nikmat, namun kebiasaan ini dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Maka itu, sangat dianjurkan untuk konsumsi air pada suhu kamar atau sedikit dingin.

Sumber : nestle-family.com

(bt/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/asupan-cairan-kuat-puasa-sehat/feed/ 0
Apa yang sebaiknya dimakan saat ramadhan http://www.mausehat.com/apa-yang-sebaiknya-dimakan-saat-ramadhan/ http://www.mausehat.com/apa-yang-sebaiknya-dimakan-saat-ramadhan/#respond Wed, 30 May 2018 09:03:14 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12045 menu-makanan-dietHealth 24 merangkum apa yang sebaiknya kita makan selama bulan ramadhan agar tubuh kita sehat dan terus fit sampai akhir ramadhan.

Pola makan sehat

Bulan Ramadhan dapat dijadikan sebagai latihan untuk meninggalkan pola makan tidak baik, walau banyak juga orang yang tidak menyadari ini. Baiknya makanan yang dihidangkan saat ramadhan adalah makanan sederhana, bukan seperti makanan saat berpesta, jumlahnya lebih sedikit dari keseharian dan dengan gizi yang seimbang. Untuk mempertahankan pola makan seimbang, sebaiknya makanan dikelompokkan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran ; nasi, roti, serela, kentang, bijian lainnya; daging, ikan dan ayam; produk susu dan sejenisnya; makanan yang mengandung gula dan lemak.

Makan sahur

Mencakup makanan karbo kompleks yang menyediakan energi sepanjang waktu, dilepaskan secara bertahap (misalnya nasi, kentang, gandum, burgul dan bijian lainnya) dan makanan tinggi serat (buah buahan). Untuk melengkapi, pastikan cukup minum banyak air putih dan menghindari kafein yang dapat membuat tubuh dehidrasi.

Berbuka puasa (iftar)

Umumnya berbuka dengan air putih hangat dan kurma, yang dapat membantu mengembalikan kadar gula sementara, kadar garam dan merevitalisasi tubuh.

Manfaat kurma:

  1. Mudah dicerna
  2. Kurangi rasa lapar, menghindari makan berlebihan
  3. Menenangkan lambung setelah berpuasa berjam-jam untuk menerima makanan berikutnya
  4. Kaya glukosa sebagai sumber energi, serta zat gizi lainnya, memulihkan kondisi setelah berpuasa
  5. Mencegah sembelit karena perubahan waktu makan

Makanan yang sebaiknya dihindari:

  1. Makanan yang digoreng : pangsit goreng, ayam goreng, dsbnya
  2. Makanan bergula tinggi dan lemak jenuh tinggi: manisan, sirup manis banget, gorengan
  3. Makanan yang dimasak dengan lemak/minyak berlebihan: kari, soto santan, dsbnya

Sebagai menu alternative, pilihlah makanan yang dipanggang tanpa bara, digoreng kering (sedikit minyak), di oven, dikukus, rebus, tim. Untuk mencegah kerusakan otot diantara waktu berpuasa, keseimbangan kalori/energi dan lemak sebaiknya terjaga. Fokus berpuasa bukan sekedar menurunkan berat badan, namun kebiasaan pola makan, yang sukur-sukur… dapat terus berlanjut setelah bulan puasa selesai.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/apa-yang-sebaiknya-dimakan-saat-ramadhan/feed/ 0