IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA MauSehat.Com http://www.mausehat.com Fri, 21 Jun 2019 09:40:02 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.17 Manfaat Hebat Strawberry http://www.mausehat.com/manfaat-hebat-strawberry/ http://www.mausehat.com/manfaat-hebat-strawberry/#respond Fri, 21 Jun 2019 09:39:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12845 strawberryStrawberry (Fragaria ananassa), buah yang dianggap simbol cinta, awalnya dikembangkan di Eropa pada abad ke 18 dan menyebar ke seluruh dunia. Strawberry tidak cuma manis, namun juga kaya vitamin, antioksidan, mineral dan zat gizi dan non gizi lainnya. Buah ini per 100 gram mengandung 91% air, 7.7% karbo, lemak 0.3%, serat 2 gram dan protein 0.7%.

Karbo dalam strawberry berbentuk glukosa, fruktosa, sukrosa dan juga serat. Karbo yang dapat diolah sekitar 6 gram dengan indeks glikemik sekitar 40 sehingga strawberry termasuk aman untuk diabetesi. Serat di strawberry memenuhi sekitar 26% total karbo atau sekitar 2 gram/100 gram serat larut dan tidak larut. Vitamin yang umum ada pada strawberry yaitu Vitamin C (untuk imunitas dan kesehatan kulit), Mangan (metabolisme tubuh), folat (pertumbuhan sel dan jaringan), kalium (mengatur tekanan darah), besi, tembaga, magnersium, fosfor, Vit B6, K dan E.

Selain itu, antioksidan yang ada pada strawberry:

  1. Lebih dari 25 jenis antosianin pada strawberry. Pelargonidin yang paling melimpah. Antosianin membuat warna pada stawrberry dan banyak dihubungkan dengan kesehatan jantung.
  2. Ellagitanin dan asam elagic. Bagian dari asam fenolik yang membantu meningkatkan kesehatan, membantu melawan bakteri dan mengurangi resiko kanker. Ellagintanin utama di strawberry adalah Sanguiin H-6.

Manfaat kesehatan strwaberry.

  1. Kesehatan jantung. Antosianidin membantu membuat jantung lebih sehat. Riset membuktikan orang yang sering makan strawberry menurunkan risiko kematian mendadak akibat gangguan jantung. Selain itu juga, manfaat lain yaitu mengatur antioksidan dalam darah, menurunkan stress oksidatif, mengurangi peradangan, memperbaiki profil lemak darah, menurunkan koelsterol jahat (LDL). Sebuah riset menyebutkan, seseorang yang konsumsi strawberry selama 4 sampai 12 minggu menurunkan LDL secara nyata, penanda peradangan dan partikel oksidasi LDL.
  2. Pengaturan gula. Ketidakseimbangan pengaturan gula darah akan menyebabkan diabetes tipe 2 dan gangguan jantung. Strawberry memperlambat lonjakan gula darah, jadi membantu mencegah terjadinya sindrom metabolik.
  3. Mencegah kanker. Kanker dihubungkan dengan inflamasi kronis dan stres oksidatif. Riset pada tikus diterangkan bahwa strawberry menghambat kanker liver dan mulut. Hal ini karena kerja asam ellagic dan ellagictanin.

Yang jadi perhatian ketika konsumsi strawberry adalah alergi, yang bisa terjadi pada anak-anak dan kasusnya jarang sekali. Alergi biasanya terjadi gatal di mulut, bengkak pada bibir, wajah, pipi, lidah. Alergi pada strawberry bisa dihubungan dengan alergi serbuk sari.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/manfaat-hebat-strawberry/feed/ 0
Interaksi Makanan Seiring Umur http://www.mausehat.com/interaksi-makanan-seiring-umur/ http://www.mausehat.com/interaksi-makanan-seiring-umur/#respond Thu, 20 Jun 2019 08:18:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12839 lansia dan makananKetika sedang menjalani pengobatan, terutama di usia senja, ada beberapa obat dan makanan yang interaksinya saling tidak menguntungkan. Ada baiknya kita jadi tahu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi terpisah dengan obat.

  1. Jenis grapefruit (sejenis jeruk). Sebaiknya buah jenis ini tidak dikonsumsi secara bersamaan, karena akan berpengaruh pada obat golongan anti cemas seperti hipertensi dan insomnia, Begitu juga dengan vitamin C dan kalium. Jika membeli minuman jus ekstrak, cek juga label dan rasa.
  2. Sayur mentah. Jika lansia punya masalah dengan gigi ompong, sensitif, sebaiknya menghindari sayuran mentah. Namun, masih bisa mendapatkan serat, vitamin dan mineral dari sayur matang. Bisa juga dengan sayuran kaleng, hanya pastikan tidak mengandung tinggi garam.
  3. Kacang-kacangan. Bukan berarti tidak boleh makan, hanya jumlahnya dibatasi, karena kacang mengandung serat, zat besi, protein dan rendah lemak. Trik tetap menikmati kacang adalah dengan makan tidak sekaligus banyak, hanya beberapa kali perminggu, menghindari perut kembung.
  4. Minum dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan resiko masalah kesehatan jantung. Jika sudah ketagihan dan minum banyak, maka alkohol akan merusak pola tidur dan meningkatkan tekanan darah. Alkohol juga bisa menyebabkan hipolglikemi (turun gula darah) pada penderita diabetes dan berpengaruh pada obat.
  5. Susu dan produk susu. Ada beberapa lansia memang tidak tahan dengan susu dan produk susu, namun makanan tersebut tinggi kalsium dan protein. Cobalah makan dan minum susu dan produknya dalam jumlah yang masih bisa ditoleransi (rendah laktosa).
  6. Efek kelebihan kafein bisa membuat tubuh gemetar, cemas, gangguan tidur. Jika memang ingin mengurangi kafein, lakukan bertahap. Penarikan dari kafein dapat menyebabkan sakit kepala, mual atau muntah. Ganti dengan minuman lain misalnya air putih, kopi rendah kafein atau teh herbal.
  7. Daging merah. Sulit untuk dicerna. Daging merah rendah lemak hanya mengandung sekitar 10% lemak. Untuk tetap memenuhi gizi, cobalah ikan.
  8. Makanan tinggi garam. Seseorang yang sudah berada diatas 51 tahun hanya boleh konsumsi garam/natrium maksimal 2300 mg/hari. Dan jika beresiko tinggi hipertensi, konsumsi garam tidak lebih dari 1500mg.
  9. Sayuran ber-gas. Sayuran ber gas misalnya brokoli, kol, kembang kol, sawi, kale walau banyak mengandung antioksidan, vitamin C, kalium, kalsium serat, zat besi dan folat, namun pada sebagian lansia bisa membuat perut kembung dan ber gas. Meski sayuran dapat mencegah kanker, tapi tidak dianjurkan konsumsi dalam jumlah banyak dalam sekali makan, sebaiknya dikonsumsi dalam porsi kecil/
  10. Buah-buahan. Banyak mengandung vitamin, mineral, antioksidan. Jika kondisi gigi tidak memungkinkan, buatlah jus tanpa gula tambahan atau makan buah lembut misalnya pisang, melon, strawberry.
  11. Kecambah mentah. Kecambah dari kedelai, tauge, kecambah brazil kaya gizi terutama vitamin B kompleks. Tapi jika tidak diolah dengan baik dapat menjadi sarang bakteri. Jadi, cuci dengan bersih.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/interaksi-makanan-seiring-umur/feed/ 0
Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Statin http://www.mausehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tanpa-statin/ http://www.mausehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tanpa-statin/#respond Fri, 14 Jun 2019 09:28:14 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12833 kolesterol dan statinKita tahu bahwa kolesterol tinggi akan mendatangkan penyakit degeneratif berbahaya seperti hipertensi dan gangguan jantung. Biasanya, dokter memberikan obat bergolongan statin untuk menurunkan kolesterol. Begitu juga misalnya jika seseorang sudah terlanjur terkena serangan jantung, stroke atau diabetes tipe 2, sangat membutuhkan statin.

Bukan tanpa sebab kenaikan kolesterol berisiko terhadap kematian. Sebuah riset menyebutkan pengurangan 1 mmol / L  kolesterol LDL mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sebesar 19%, risiko serangan jantung atau kematian akibat serangan jantung sebesar 23%, risiko stroke sebesar 17% dan risiko meninggal sebesar 12%. Dalam sebuah penelitian terhadap hampir 3.000 orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak mengalami serangan jantung, minum obat golongan statin tiap hari dapat membantu mengurangi risiko kejadian kardiovaskular sebesar 37%.

Namun pada dasarnya, minum obat statin bukan tanpa efek samping. Itu sebabnya, ada cukup banyak ahli kesehatan mencoba menggabungkan pola diet, pola hidup dengan sedikit demi sedikit menurunkan penggunaan statin dengan Pedoman Diet Menurunkan Kolesterol. Pedoman tersebut:

  1. Diet rendah lemak jenuh ≤7% total kalori harian
  2. Lima sampai sepuluh porsi buah dan sayur/hari
  3. Diet vegetarian tanpa daging, kuning telur atau produk susu.
  4. Konsumsi 20 gram serat larut
  5. Konsumsi protein kedelai 45 gram/hari
  6. Sterol basis tumbuhan 2 gram/hari
  7. Konsumsi kacang almond 45 gram/hari

Ada beberapa tambahan makanan berserat yang bisa dikonsumsi yaitu oatmeal, strawberry, gandum, barley, kacang, polongan, okra, brokoli, wortel, sayuran hijau. Sumber kedelai bisa didapat dari susu kedelai, yogurt kedelai, tahu, soya snack bar. Jika metode diet ini dijalankan dengan benar, maka kolesterol LDL seseorang bisa turun sekitar 29% dalam satu bulan. Dari sebuah riset, dalam satu tahun sekitar 1 dari 6 orang tidak lagi melakukan diet ini, 1/3 nya turun 20% kolesterol dalam 1 tahun dan rata-rata LDL turun 12,7%. Setiap makanan dapat berkerja sendiri untuk menurunkan kolesterol, misalnya 15 gram kedelai menurunkan 6% kolesterol jahat/hari. Semua makanan tersebut pilihan kita sendiri yang menentukan. Variasi makanan tinggi serat, merubah pola hidup jadi sehat, membuat kita terhindar dari kolesterol tinggi dan gangguan kardiovaskular atau bahkan diabetes.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tanpa-statin/feed/ 0
Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) dan Risiko Diabetes http://www.mausehat.com/polycystic-ovary-syndrome-pcos-dan-risiko-diabetes/ http://www.mausehat.com/polycystic-ovary-syndrome-pcos-dan-risiko-diabetes/#respond Wed, 29 May 2019 07:35:56 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12828 PCOSPolycystic ovary syndrome (PCOS) atau sindrom polikista terjadi karena kondisi hormon endokrin yang tidak seimbang. PCOS biasanya didasarkan gejala fisik misalnya pertumbuhan rambut berlebih pada tempat tidak umum yaitu dagu (janggut) dan kumis, jerawat berlebihan, berat badan naik terus, menstruasi tidak teratur dan penurunan kesuburan. Resiko kesehatan jangka panjang juga dapat terjadi pada wanita penderita PCOS secara tidak langsung, yaitu sekitar 40% menderita diabetes tipe 2  dan penyakit kardiovaskular.

Lalu.. apa sih hubungan antara PCOS dengan diabetes tipe 2?

Menurut Libby Downling dari Diabetes UK, 10-20% wanita dengan PCOS akan mengalami resistensi insulin yang akhirnya mengarah pada diabetes tipe 2. Menurut Stephen Franks dari Endoktrinologi Reproduksi di  Imperial College, penderita PCOS mudah mengalami kenaikan berat badan dan lebih sensitif terhadap resistensi insulin dibanding wanita obes tapi tanpa PCOS.

Resiko menderita diabetes tipe 2 pada wanita PCOS yang obesitas resiko 3-4 kali lebih tinggi dibandingkan yang kurus terkena PCOS. Tapi, rata-rata wanita PCOS berpotensi mengembangkan 40% diabetes tipe 2, bahkan wanita asia resikonya meningkat menjadi 50%.

Untuk mencegah wanita PCOS menderita diabetes tipe 2, perlu juga dilihat riwayat penyakit dalam anggota keluarga. Jika ada anggota keluarga yang kena diabetes, sudah pasti resikonya akan lebih tinggi lagi. Jadi, ketika wanita PCOS kelebihan berat badan, sebuah keharusan baginya menurunkan/menstabilkan berat badan.

Untuk wanita PCOS dengan diabetes tipe 2, perawatannya sama dengan tanpa PCOS. Hanya ditambahkan perubahan pola makan dan obat untuk memperbaiki kadar gula darah. Tidak lupa juga, aktif secara fisik.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/polycystic-ovary-syndrome-pcos-dan-risiko-diabetes/feed/ 0
4 Suplemen Penambah Berat Badan http://www.mausehat.com/4-suplemen-penambah-berat-badan-2/ http://www.mausehat.com/4-suplemen-penambah-berat-badan-2/#respond Tue, 28 May 2019 07:37:19 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12824 massa ototMempunyai bentuk dan berat tubuh ideal memang dambaan setiap orang. Maka tak heran jika untuk mencapai ini, orang rela melakukan diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun menaikkan berat badan.

Ada juga orang yang ingin membentuk badannya menjadi sedikit berotot, kuat dan sehat.Untuk mencapai ini, makanan dan olahraga harus diperhatikan untuk menunjang program diet menaikkan berat badan. Meski ada banyak suplemen yang ditawarkan, itu bukan satu-satunya solusi, karena suplemen hanya membantu menyediakan protein dan kalori jika berolahraga keras. Ada 4 suplemen yang dapat meningkatkan berat badan.

Protein adalah komponen penting otot. Riset membuktikan orang dewasa yang ingin menaikkan otot dan berolahraga mengkonsumsi suplemen protein sebagai bagian dari makanan mereka. Institute of Medicine menyarankan bahwa 10–35% dari kalori harian mesti berasal dari protein. Banyak periset menyarankan kebutuhan harian protein untuk meningkatkan massa otot sekitar 1,4-2,0 gram per kg berat badan. Konsumsinya bisa berupa serbuk atau bar. Hanya, pastikan jika konsumsi suplemen protein, tetaplah berolahraga.

  1. Kreatin

Kreatin sudah ada di dalam tubuh dan jika ditambahkan dari suplemen, kreatin dalam otot akan meningkat dengan cepat. Riset banyak menunjukkan, suplemen kreatin meningkatkan kinerja olahraga dan penambahan otot dari waktu ke waktu. Konsumsi kreatin pertama kali selama 5 sampai 7 hari biasanya dengan dosis 20 gram dibagi dalam beberapa kali/hari. Kemudian dosis selanjutnya sekitar 3 sampai 5 gram/hari tanpa batas waktu. Kreatin monohidrat banyak digunakan dalam suplemen.

  1. Penambah berat badan

Suplemen digunakan pada orang yang susah sekali naik berat badan dan membutuhkan jumlah kalori tinggi. Kelebihan produk ini adalah mudah dibawa saat bepergian. Dalam satu kali sajian bisa megandung 1250 Kalori, 252 gram karbo, 50 gram protein.

  1. Suplemen olahraga

Harus dikonsumsi berbarengan dengan olahraga.

  1. Suplemen lainnya. Ada beberapa suplemen yang dapat membakar lemak dan meningkatkan masa otot dari waktu ke waktu, yaitu:
  2. Kafein. Mampu meningkatkan kinerja olahraga yang seiring waktu akan meningkatkan kerja otot. Namun perlu ditambahkan dengan asupan kalori dan protein yang tinggi.
  3. Citrulline. Asam amino yang diproduksi tubuh dan bisa ditemukan dalam makanan. Fungsinya untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Riset membuktikan, olahraga yang diimbangi dengan konsumsi rutin suplemen ini mampu meningkatkan massa dan kekuatan otot.
  4. Beta Alanin. Asam amino yang diproduksi alami oleh tubuh, membantu otot melawan kelelahan selama berolahraga. Riset menunjukkan Beta Alanin membantu meningkatkan kerja olahraga secara intensif dan menguatkan otot.
  5. Beta-hydroxy beta-methylbutyrate (HMB). Merupakan molekul yang diproduksi ketika leusin asam amino dipecah dalam tubuh. Selain itu, MHB dapat membantu mengurangi pemecahan protein otot dan meningkatkan penambahan otot.

Namun ada juga suplemen yang tidak efektif walau diklaim dapat meningkatkan massa otot. Diantaranya:

  1. Branched-chain amino acids (BCAA) hampir ditemukan dalam semua makanan sumber protein. Jadi tidak perlu lagi konsumsi suplemennya.
  2. Penguat testosteron. Termasuk di dalamnya tribulus terrestris, fenugreek, asam D-aspartat, ashwagandha dan DHEA. Menurut riset, penguat testosteron sama sekali tidak efektif meningkatkan massa otot.
  3. Conjugated linoleic acid (CLA) mengacu pada kelompok asam lemak tertentu dengan kemungkinan manfaat kesehatan. Hanya dapat membantu menurunkan berat badan, tapi tidak untuk meningkatkan massa otot.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/4-suplemen-penambah-berat-badan-2/feed/ 0
Jantung Butuh Tidur Cukup http://www.mausehat.com/jantung-butuh-tidur-cukup/ http://www.mausehat.com/jantung-butuh-tidur-cukup/#respond Fri, 24 May 2019 07:39:09 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12820 tidur teraturKita mungkin berpikir, tidur bukan menjadi faktor penting menjaga kesehatan, apalagi kalau pekerjaan sedang banyak-banyaknya, seperti tak punya waktu tidur cukup di malam hari. Namun, riset berkata lain. Riset yang dilakukan oleh the National Center for Cardiovascular Research, Madrid, Spanyol, dan dipublikasikan dalam  the Journal of the American College of Cardiology, menyebutkan bahwa tidur 6 jam saat malam hari mencegah terjadinya akumulasi plak (aterosklerosis) yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Riset dilakukan pada 4000 orang dewasa yang rata-rata berusia 46 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Studi ini menunjukkan hasil, orang yang tidur malam kurang dari 6 jam beresiko 27% terkena aterosklerosis daripada yang tidur 7-8 jam. Namun, ternyata, terlalu banyak tidur pun tidak baik bagi jantung. Dalam riset ini terungkap, wanita yang tidur lebih dari 8 jam sehari juga mengalami peningkatan resiko aterosklerosis. Begitu juga orang yang kualias tidurnya tidak baik, akan mengalami peningkatan resiko aterosklerosis sekitar 34%.

Studi pertama kali ini juga menghubungkan antara kualitas tidur tidak baik dengan konsumsi alkohol dan kafein. Banyak yang berpikir bahwa alkohol membuat tidur menjadi lebih nyenyak, padahal sama sekali tidak. Justru yang terjadi adalah, mereka dapat terbangun di malam hari, lalu tidur lagi dan bangun lagi, menggambarkan kualitas tidur yang tidak baik.

Perbaikan pola tidur bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup (makanan, olahraga, minuman), konsumsi alkohol/kafein dan obat-obatan. Riset ini dapat menargetkan kebiasaan tidur untuk kesehatan jantung dan memperbaiki masalah jantung.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/jantung-butuh-tidur-cukup/feed/ 0
Begini Jadinya, Jika Berhenti Minum Alkohol http://www.mausehat.com/begini-jadinya-jika-berhenti-minum-alkohol/ http://www.mausehat.com/begini-jadinya-jika-berhenti-minum-alkohol/#respond Thu, 23 May 2019 07:14:39 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12816 alkoholBanyak orang merasa bersalah ketika sudah terlalu banyak minum alkohol. Konsumsi alkohol terlalu berlebih tidak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan, namun juga perilaku. Ada banyak juga orang berusaha berhenti minum, namun bukan berarti tidak berdampak pada perubahan pola hidup. Ada efek jangka pendek yang bisa dirasakan ketika berhenti banyak konsumsi alkohol.

  1. Tekanan darah berkurang.

Menurut Dr Fiona Sim dari Drink Aware, begitu seseorang berhenti minum, tekanan darah akan cenderung menurun, lalu kembali normal. Namun jika ada obat yang diminum, sebaiknya dikonsultasikan juga pada dokter tentang berhenti alkohol.

  1. Tidur lebih nyenyak

Banyak minum alkohol pada dasarnya tidak membuat mudah tidur, tapi malah susah tidur. Seorang peminum lebih banyak menghabiskan waktu tidurnya pada tahapan REM (Rapid Eyes Movement) sehingga akan lebih lelah di hari esok bangun. Kualitas tidur akan bertambah dan tidak lelah di pagi hari justru ketika mengurangi konsumsi alkohol.

  1. Kulit lebih segar

Banyak minum alkohol menyebabkan kulit dehidrasi/kering. Kulit akan lembab dan cerah jika konsumsi alkohol berkurang.

  1. Berat badan menurun

Alkohol menyumbang kenaikan berat badan dan obesitas yang dapat beresiko mengembangkan penyakit degeneratif misalnya diabetes tipe 2, kanker dan stroke.

  1. Migrain berkurang

Alkohol bisa mendatangkan migrain pada orang sensitif. Berkurang konsumsi alkohol, berkurang pula kejadian migrain.

 

Selain itu, mengurangi konsumsi alkohol bermanfaat juga untuk kesehatan jangka panjang.

  1. Liver lebih sehat

Minum banyak alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan terkait liver seperti fatty liver (perlemakan hati). Dan semakin banyak alkohol dikonsumsi juga semakin besar resiko sirosis (jaringan parut pada liver).

  1. Resiko kanker berkurang

Alkohol telah terbukti dikaitkan dengan tujuh jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus dan beberapa kanker umum lainnya.

  1. Sistem kekebalan tubuh meningkat

Minum secara teratur juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh  melawan infeksi. Peminum berat berisiko lebih tinggi terkena penyakit menular.

  1. Jantung lebih sehat

Minum berlebihan jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena alkohol meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko serangan jantung atau stroke. Minum berlebihan juga melemahkan otot jantung tidak bisa memompa darah secara efisien.

  1. Kehidupan seks lebih baik

Alkohol dapat mengurangi sensitivitas seksual, artinya kurang menikmati seks, dan itu dapat mengganggu kinerja pria, sehingga seks menjadi sulit. Untuk pria dan wanita, alkohol dapat mengurangi kesuburan. Jika keduanya peminum berat, sulit untuk hamil.

Konsumsi alkohol jangka panjang dapat mempengaruhi mood dan cenderung depresi karena kadar serotonin berkurang. Alkohol tidak dapat membantu seseorang jadi rileks ketika stress. Pria dan wanita sebaiknya tidak minum alkohol lebih dari 14 gelas/minggu.

Jika ingin berhenti, ada beberapa cara untuk mengurangi minum alkohol.

  1. Satu sampai tiga hari tidak minum

Dalam satu minggu, libur minum alkohol antara 1 sampai 3 hari. Jika masih, pilih yang rendah alkohol.

  1. Tidak melulu di pub

Berkumpul dengan teman atau bersosialisasi tidak harus minum alkohol.

  1. Berpikir

Ketika ingin minum, berpikir ulang tentang masalah kesehatan.

  1. Minta dukungan

Carilah komunitas yang dapat mendorong membantu mengurangi konsumsi alkohol. Juga minta dukungan dari orang terdekat dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/begini-jadinya-jika-berhenti-minum-alkohol/feed/ 0
Alasan Kenapa Wajib Berhenti Minum Soda http://www.mausehat.com/alasan-kenapa-wajib-berhenti-minum-soda/ http://www.mausehat.com/alasan-kenapa-wajib-berhenti-minum-soda/#respond Tue, 21 May 2019 07:06:09 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12811 minuman sodaSiapa tidak suka soda? Minuman ini disukai karena memberikan rasa segar dan menyediakan energi. Minuman soda juga bisa dicampur dengan kopi, cream, jus dan lainnya. Namun, soda ternyata bukan minuman sehat. Tinggi gula, beberapa zat aditif seperti pewarna, gula olahan dan tidak bergizi. Sudah waktunya kita berhenti minum soda dan menggantinya dengan minuman sehat lainnya. Kenapa begitu? Ini alasannya.

  1. Bikin berat badan cepat naik

Satu porsi soda mengandung gula sangat tinggi, namun tidak sama dengan kalori yang masuk. Hal ini akan memberatkan liver. Gula soda kebanyakan berasal dari olahan gula fruktosa jagung (HFCS) yang hanya dapat diproses dan digunakan liver. Jika HFCS terlalu banyak, liver terpaksa mengubah fruktosa menjadi lemak dan disimpan dalam organ lewat aliran darah, lalu menambah ukuran pinggang.

  1. Meningkatkan resiko diabetes tipe 2.

Minum satu porsi soda per hari dapat meningkatkan resiko sindrom metabolik. Kadar gula darah menjadi lebih tinggi dari normal, hipertensi, kolesterol tinggi. Insulin tidak dapat terus menerus dilepas dalam jumlah berlebihan sehingga bisa mengembangkan diabetes.

  1. Tidak mengandung gizi

Soda tidak mengandung vitamin, mineral, antioksidan, atau serat. Hanya mengandung air, gula, kafein dan zat kimia tambahan. Soda diet juga sama saja. Pemanis buatan terbukti membawa masalah kesehatan dan tiap tubuh seseorang bereaksi berbeda terhadap bahan kimia tambahan.

  1. Pemanis buatan bikin kamu sakit

Data riset menunjukkan bahwa pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, suklaros, dapat berefek negatif pada metabolisme, kondisi usus, bakteri dan selera makan. Beberapa studi menyebutkan pemanis buatan dapat menyebabkan migrain, kenaikan berat badan, hipertensi, diabetes, sakit jantung pada orang peminum soda teratur di banding mereka yang tidak minum.

  1. Merusak gigi

Bakteri memanfaatkan gula untuk memproduksi hasil samping berupa asam dan merusak gigi (plak). Studi yang dipublikasikan dalam Journal General Dentistry mempelajari dan membandingkan mulut pada orang pengguna kokain, metamfetamin, peminum soda. Hasil ditemukan pengerusakan gigi yang sama pada ketiganya.

  1. Dapat mengarah pada depresi.

Banyak faktor yang membuat orang depresi dari ringan sampai berat, tergantung pada fungsinya. The American Academy of Neurology memastikan bahwa lebih dari 10 tahun orang yang minum soda kaleng memiliki resiko 30% kecenderungan depresi dibanding yang berusaha mengurangi minum manis. Banyak orang berpikir minum soda akan memperbaiki mood, ternyata malah sebaliknya.

  1. Berbahaya bagi tulang

Riset pada Tuft University menemukan soda bermaslah kesehatan pada penurunan kepadatan tulang dan lebih kentara pada wanita dibanding pria. Peminum Cola memiliki resiko 4% kepadatan tulang lebih rendah dibanding bukan peminum Cola. Minum soda mengurangi penyerapan kalsium susu. Selain itu, kafein menyebabkan ketidak seimbangan antara kalsium dan fosfor sehingga mengarah pada hilang massa tulang.

  1. Mengiritasi kulit dan mata.

Sodium dan potasium benzoat zat aditif yang umum ada di soda yang diklasifikasikan oleh Food Commission di Inggris sebagai zat mengiritasi kulit, mata dan membran mukosa. Jadi, jangan salahkan alergi apapun pada mata kalau tiap hari minum minuman bersoda.

  1. Masalah reproduksi.

Masalahnya bukan hanya pada soda, tapi botol minuman soda yang mengandung BPA, sebuah kimia perusak hormon. BPA juga berperan dalam ketidaksuburan dan cacat janin.

  1. Soda bikin ketagihan

Makan banyak gula menyebabkan dopamin terlepas bebas di otak sehingga memberi rasa nyaman. Manusia dirancang untuk mencari hal-hal yang melepaskan dopamin, yang merupakan cara kecanduan yang memaksa pengguna untuk terus mengkonsumsi, bahklan walau kesehatan menurun.

Sumber : fitnessengage.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/alasan-kenapa-wajib-berhenti-minum-soda/feed/ 0
11 Makanan dan Minuman Bikin Perut Buncit http://www.mausehat.com/11-makanan-dan-minuman-bikin-perut-buncit/ http://www.mausehat.com/11-makanan-dan-minuman-bikin-perut-buncit/#respond Mon, 20 May 2019 07:48:53 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12807 perut buncitPerut buncit, selain membuat penampilan tidak nyaman, juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang panjang, termasuk penyakit degenerative seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker usus besar, inflamasi kronis, kanker tenggorokan dan pankreas. Perut buncit menyimpan toksin dan sitokin, zat yang membuat peradangan pada sel tubuh.

Nah, ternyata makanan yang menyebabkan perut jadi buncit, itu nyata adanya. Jadi, sebaiknya ketika makan makanan dibawah ini, pertimbangkan lagi deh.

  1. Jus buah.

Banyak yang menyangka jus buah kalengan itu sehat, ternyata tidak. Kandungan gulanya lebih tinggi dibanding buah utuh atau jus buah buatan sendiri. Kadar gula tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, ketika kalori merasa tidak terpenuhi dan terus harus dipenuhi sampai akhirnya terus merasa lapar.

  1. Gula

Gula membuat pankreas bekerja keras menghasilkan insulin karena kenaikan gula darah yang cepat dan jika terlalu tinggi konsumsi gula, mengarah pada resistensi insulin dan diabetes. Jangan pernah terkecoh dengan istilah gula sehat dan gula buatan yang sehat. Jadi, batasi konsumsi gula.

  1. Lemak trans

Lemak trans banyak digunakan pada makanan olahan, asalnya dari lemak/minyak yang terhidrogenasi penuh atau parsial. Lemak trans menyebabkan peradangan sel tinggi, termasuk margarin dan shortening.

  1. Lemak jenuh

Banyak ditemukan pada daging, susu dan produk susu, keju. Jika konsumsinya berlebihan akan menyebabkan kolesterol tinggi dan masalah kardiovaskular. Susu full cream mengandung 2% lemak jenuh, jadi pilih rendah lemak (1% atau kurang). Batasi keju.

  1. Pola makan rendah protein

Supaya perut gak tambah buncit, kita butuh protein. Makanan tinggi protein mempercepat metabolisme, bikin kenyang lebih lama. Sumber makanan tinggi protein tapi rendah lemak, misalnya ayam tanpa kulit, daging sapi 90% rendah lemak, ikan, kacang dan polongan, telur.

  1. Pola makan rendah serat

Serat tidak larut membuang sampah pada perut dan membuat perut ramping. Peningkatan 10 gram serat membantu menurunkan 3.7% lemak perut.

  1. Bijian olahan

Seperti beras dan nasi, roti, pasta, pastry yang sudah diolah menjadi tepung atau bubuk. Sebaiknya konsumsilah dari bahan/bijian yang masih utuh.

  1. Garam

Konsumsi garam (termasuk MSG) tinggi membuat cairan tubuh tidak seimbang, dapat menunpuk di perut dan jadi buncit.

  1. Alkohol

Riset menyebutkan, pria yang minum 3 gelas minuman beralkohol kemungkinan 80% menyebabkan perut buncit.

  1. Daging olahan

Contohnya hamburger, hotdog yang tinggi lemak jenuh dan garam selain juga mengandung nitrat yang dapat mengarah ke inflamasi sel dan mencetus kanker. Ganti daging olahan dengan ikan, dada ayam panggang, telur, burger sayuran.

  1. Fast foods

Tinggi gula, kalori, garam, rendah serat, rendah protein. Belum lagi ditambah lemak trans dan beberapa pengawet.

Sumber : fitnesssengage.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/11-makanan-dan-minuman-bikin-perut-buncit/feed/ 0
Makanan Yang Bikin Cepat Tua http://www.mausehat.com/makanan-yang-bikin-cepat-tua/ http://www.mausehat.com/makanan-yang-bikin-cepat-tua/#respond Fri, 17 May 2019 02:54:26 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12803 keriputAda dua hal yang bikin kulit tambah menua: paparan sinar matahari dan AGEs (Advanced Glycation End Products). AGEs terbentuk dari kombinasi protein dan gula. Makanan sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Memang tidak setiap orang pengaruhnya sama, namun ada 11 makanan yang menjadi “biang kerok” kenapa penuaan kulit jadi lebih cepat.

1. Ubi jalar pengganti french fries

Makanan yang digoreng dengan minyak terlalu panas meningkatkan radikal bebas yang berisiko terhadap kerusakan sel kulit. Sering terpapar oleh radikal bebas menjadikan DNA menua dan membuat elastisitas kulit berkurang. Cobalah untuk merubah kebiasaan menggoreng dengan memanggang.

2. Roti gandum untuk roti putih

AGEs terbentuk karena interaksi protein dan karbo sehingga menimbulkan penyakit kronis dan proses penuaan. Makanan dengan indeks glikemik tinggi mempercepat pembentukan AGEs dan peradangan tubuh. Biasakan konsumsi roti gandum utuh sebagai pengganti roti putih.

3. Madu dan buah untuk gula pasir

Gula tidak hanya membuat kulit berjerawat, tapi dapat menipiskan kolagen kulit. Jka memang menyukai makanan manis, konsumsilah coklat hitam atau buah yang dapat menghambat AGEs.

4. Minyak zaitun atau alpukat sebagai sumber lemak sehat.

Sebuah riset menyebutkan, mereka yang sedikit atau yang tidak sama sekali mengkonsumsi makanan yang diolah menggunakan margarine, mempunya sedikit kerutan di kulitnya. Margarin sebenarnya lebih buruk dari mentega karena mengandung lemak hidrogenasi parsial. Lemak trans semakin membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari dan mempercepat penuaan kulit. Gantilah margarin dengan lemak sehat seperti zaitun atau buah sehat alpukat.

5. Daging ayam pengganti daging olahan

Hotdog, daging bakar, hamburger dll, diolah dari bahan daging olahan yang membuat kulit cepat keriput karena AGEs. Makanan ini mengandung garam yang tinggi, lemak jenuh, dan sulfit yang dapat membuat dehidrasi kulit, melemahkan kolagen dan meningkatkan peradangan. Ganti daging dengan unggas yang kaya asam amino, telur atau kacang-kacangan.

6. Susu dan produk turunannya

Pada beberapa orang, susu dan produk turunannya dapat meningkatkan stress oksidatif dan mempercepat proses penuaan dini. Sebagai llternatif, makan banyak makanan yang mengandung tinggi kalsium selain susu misalnya kacang, bijian, sayuran hijau.

7. Kopi dan soda

Kafein akan mempengaruhi pola tidur yang kemudian akan mengganggu kekencangan kulit jika kurang tidur. Alternatif, minum kopi dalam jumlah moderat atau ganti dengan golden milk yang mengandung kunyit dengan antioksidan tinggi.

8. Minum alkohol dalam jumlah sedang

Alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, bengkak, kehilangan kolagen dan keriput. Minum alkohol dalam jumlah sedang, wanita 1 gelas/hari dan pria 2 gelas/hari. Dan jangan lupa banyak minum air putih.

9. Hindari memasak terlalu panas

Asam lemak omega-6 pada minyak dapat menjadi sumber radikal bebas tinggi jika dipanaskan pada suhu sangat tinggi. Tapi jika lemaknya mengandung lemak tidak jenuh tunggal dapat membuat kulit sehat. Ganti minyak dengan minyak zaitun yang kaya vitamin E, antioksidan, fitosterol, anti peradangan.

10. Ganti snack

Cemilan yang mengandung indeks glikemik tinggi (banyak bertepung misalnya kue beras) dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan keriput. Ganti cemilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan.

11. Ganti fruktosa dengan asam lipoik.

Gula yang terlalu tinggi fruktosa akan memecah kolagen lebih cepat dan menyebabkan keriput.

Sumber : healthline

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/makanan-yang-bikin-cepat-tua/feed/ 0