MauSehat.Com http://www.mausehat.com Thu, 19 Oct 2017 05:30:38 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.10 9 Makanan Terbaik yang Terlupakan http://www.mausehat.com/9-makanan-terbaik-yang-terlupakan/ http://www.mausehat.com/9-makanan-terbaik-yang-terlupakan/#respond Thu, 19 Oct 2017 05:30:38 +0000 http://www.mausehat.com/?p=7775 Serat_Kembang_Kol_Sehatkan_PencernaanMakanan sejatinya tidak hanya sebagai penahan rasa lapar, namun juga seharusnya sebagai penambah gizi. Salmon, berry, brokoli, dan almond merupakan beberapa contoh makanan sehat yang populer dan digemari oleh para superstar tingkat dunia. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang terlupakan namun kaya manfaat :

  1. Kembang Kol merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan serat. Seperti brokoli, juga memiliki pabrik kimia alami yang disebut sulforaphane yang dapat membantu melawan kanker, menurut tes laboratorium awal yang dilakukan pada hewan. Meski banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan risiko terhadap kanker, namun dengan diet yang tepat mampu mengontrol dan meminimalkan kejadian kanker.

  2. Sarden merupakan sumber yang baik asam lemak omega-3, Selain itu, tinggi akan vitamin B12, vitamin D, dan kalsium yang baik untuk kekuatan tulang.

  3. Tempe terbuat dari kedelai,yang dikemas dengan nutrisi seperti protein, kalium, dan kalsium.

  4. Beets (bit) yang tinggi antioksidan, dapat membantu melindungi terhadap kanker dan penyakit kronis lainnya. Plus, jus beets, yang kaya akan nitrat, telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

  5. Artichokes menghasilkan sekitar 60 kalori dan hampir tidak ada lemak. Dengan kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu menahan rasa lapar dan keinginan untuk makan berlebihan.

  6. Kefir tinggi akan bakteri “baik” yang disebut probiotik. Saat ini juga sedang berlangsung penelitian yang berhubungan dengan anti inflamasi dan anti kanker.

  7. 599234990Plum Kering tinggi akan antioksidan dan serat. Seperempat cangkir plum kering memiliki 104 kalori dan 12% serat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Dapat dinikmati dengan cara memotong dan menambahkannya ke muffin dimasukkan ke dalam smoothie, sereal, saus, atau semur.

  8. Lentil umumnya digunakan sebagai pengganti daging pada hidangan sup atau semur, jenis hidangan ini tinggi akan protein dan rendah lemak.

  9. Rumput Laut menyerap nutrisi dari laut, rumput laut kaya akan berbagai vitamin dan mineral, terutama kalsium dan zat besi. Juga tinggi protein dan rendah lemak.

Sumber : WebMD

(vna/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/9-makanan-terbaik-yang-terlupakan/feed/ 0
Menopause dapat memperburuk kesehatan tulang http://www.mausehat.com/menopause-dapat-memperburuk-kesehatan-tulang/ http://www.mausehat.com/menopause-dapat-memperburuk-kesehatan-tulang/#respond Thu, 19 Oct 2017 00:30:39 +0000 http://www.mausehat.com/?p=8224 menopause-628x363-TS-153532095Gejala menopause bisa menjadi tanda peringatan awal bagi wanita tentang kesehatan tulang yang akan memburuk lebih cepat.

Sebuah studi AS dengan menggunakan data dari 24.000 wanita tua untuk melihat tingkat patah tulang pinggul hingga delapan tahun kemudian.

Dr Carolyn Crandall, dari David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, mengatakan “Temuan kami menunjukkan wanita yang menunjukkan gejala menopause sedang atau berat lebih mungkin memiliki masalah dengan kesehatan tulang daripada rekan-rekan mereka. “Ini adalah studi kohort besar pertama yang menguji hubungan antara gejala-gejala menopause dan kesehatan tulang pada wanita menopause.”

Penelitian prospektif meneliti data dari 23.573 peserta di Women’s Health Initiative (WHI) Clinical Trial, yang berusia antara 50 dan 79. Studi ini melacak kunjungan tahunan perempuan ke pusat-pusat klinis rata-rata selama 8 tahun. Mereka ditanya tentang gejala-gejala menopause, termasuk hot flashes dan berkeringat di malam hari, selama kunjungan awal. Mereka kemudian dipantau untuk patah tulang selama masa tindak lanjut.

Macam-Macam Penyakit TulangSetelah peneliti menyesuaikan dengan usia dan faktor-faktor lain, peneliti menemukan bahwa wanita dengan gejala sedang sampai berat memiliki kepadatan massa tulang yang lebih rendah pada leher dan tulang belakang daripada wanita tanpa gejala. Wanita yang memiliki hot flushes sedang atau berat lebih beresiko untuk mengalami patah tulang daripada wanita yang tidak memiliki gejala menopause. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa menopause mempercepat proses normal tubuh kehilangan tulang.

Sumber : Dailymail.com

(Rsh)

]]>
http://www.mausehat.com/menopause-dapat-memperburuk-kesehatan-tulang/feed/ 0
Amankah Antibiotic Amoksisilin pada Ibu Hamil http://www.mausehat.com/amankah-antibiotic-amoksisilin-pada-ibu-hamil/ http://www.mausehat.com/amankah-antibiotic-amoksisilin-pada-ibu-hamil/#respond Wed, 18 Oct 2017 10:00:14 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11081 Suamoksisilin-ibu-hamildah jamak jika wanita hamil harus menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat. Masalah bisa saja muncul ketika wanita hamil sakit dan tidak boleh sembarangan minum obat. Bagi wanita hamil salah satu jenis antibiotic yang boleh di konsumsi adalah amoksisilin.

Amoksisilin adalah obat resep yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis infeksi bakteri, termasuk pneumonia, bronkitis  dan infeksi saluran kemih (ISK). Termasuk juga untuk kulit, tenggorokan dan infeksi telinga. Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh, sehingga menyembuhkan infeksi.

Ada baiknya beberapa hal yang perlu diketahui tentang amoksisilin bagi ibu hamil:

  1. Amoksisilin menurut FDA masuk ke dalam kategori B yang artinya aman bagi ibu hamil. Berdasarkan studi pada hewan, amoksisilin tidak menimbulkan kerusakan pada janin. Selain itu klindamisin, streptomisin, ampisilin dan penisilin juga termasuk dalam kategori aman.
  2. Umumnya setelah beberapa hari minum, tubuh akan terasa sehat, namun amoksisilin harus diminum sampai habis. Jika tidak, maka infeksi bisa terulang kembali. Efek samping yang bisa muncul misalnya muntah, sakit perut, diare. Minum amoksisilin setelah makan dan sebaiknya minum banyak air putih. Jika misalnya mengalami reaksi alergi,  diare berdarah atau berair, kekurangan energi, perdarahan yang tidak biasa atau memar, kejang, kelelahan amat sangat, kulit atau putih mata menguning, harap segera minta pertolongan. Apalagi jika sampai diare 2-3 hari.
  3. Pastikan ketika minum, sesuai dengan petunjuk dokter dan memang terinfeksi bakteri. Jangan bertindak menjadi dokter sendirian, karena kelebihan minum akan berbahaya bagi bayi.
  4. Selama kehamilan, tubuh ibu hamil melindungi bayi dari penyakit. Dalam beberapa infeksi, penyakit dapat masuk melalui plasenta dan akan menyakitkan bayi, bahkan bisa membuat bayi cacat lahir. Jika memang infeksi berupa bakteri, segera hubungi dokter dan jangan ditunda pengobatannya.
  5. Jika memang ternyata harus minum amoksisilin, hal yang bisa dipertimbangkan adalah
  • Bicarakan pada dokter sehubungan dengan interaksi amoksisilin dengan obat lain.
  • Berobatlah sampai tuntas.
  • Hubungi dokter jika sudah merasa lebih baik setelah minum obat.
  • Jangan mengambil amoksisilin jika Anda alergi terhadap amoksisilin, penisilin atau antibiotik cephalosporin seperti cefazolin, cefaclor dan sefaleksin.

Sumber : healthline

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/amankah-antibiotic-amoksisilin-pada-ibu-hamil/feed/ 0
Minuman Bersoda Mempercepat Penuaan Sel http://www.mausehat.com/minuman-bersoda-mempercepat-penuaan-sel/ http://www.mausehat.com/minuman-bersoda-mempercepat-penuaan-sel/#respond Wed, 18 Oct 2017 05:30:25 +0000 http://www.mausehat.com/?p=7839 minuman sodaSebuah studi baru dalam penelitian UC San Francisco menemukan, jika konsumsi soda dengan kadar gula tinggi dapat mempercepat terjadinya penyakit, terlepas dari perannya meningkatkan obesitas yang dihubungkan dengan percepatan penuaan sel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telomere (unit pelindung DNA) yang bertugas menutup ujung kromosom di dalam sel ternyata lebih pendek di dalam sel darah putih pada peserta survei yang mengkonsumsi lebih banyak soda. Temuan ini dilaporkan secara online pada 16 Oktober 2014 di American Journalof Public Health.Panjang telomere dalam sel darah putih sebenarnya mudah diukur, yang sebelumnya telah dikaitkan dengan umur manusia. Telomere pendek juga telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit kronis degeneratif termasuk penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Sebelum munculnya penyakit proses pemendekan telomere sudah terjadi jauh sebelum penyakit itu ada. Meski penelitian ini hanya melibatkan orang dewasa namun tidak menutup kemungkinan jika pemendekan telomere juga dapat terjadi pada anak-anak.

Pada beberapa studi sebelumnya, pemendekan telomere dikaitkan dengan kerusakan oksidatif pada jaringan, peradangan dan resistensi insulin. Berdasarkan panjangnya telomere yang terus memendek seiring bertambahnya usia kronologis, para peneliti UCSF menghitung bahwa konsumsi harian soda 20ons (+/- 600 ml) dikaitkan dengan percepatan penuaan bilogis 4,6 tahun. Efek ini juga sejalan dengan efek karena merokok atau kurang berolahraga.

imagesDari penelitian ini, rata-rata konsumsi minuman manis bersoda peserta survei yaitu 12 ons (+/-350 ml). Ini merupakan hal penting untuk memahami faktor makanan/minuman yang memperpendek atau memperpanjang telomere. Di sini terlihat bahwa satu-satunya konsumsi minuman yang memiliki hubungan negatif terukur dengan panjang telomer adalah konsumsi soda yang mengandung kadar gula tinggi. Temuan ini menambah pertimbangan baru pada daftar hubungan memburuknya kesehatan antara minuman manis dengan obesitas, sindrom metabolik, diabetes tipe2, dan penyakit kardiovaskular.

Para peneliti UCSFmengukur telomere setelah memperoleh DNAyang tersimpan dari 5.309 peserta, usia 20 sampai 65 tahun yang tidak memiliki riwayat diabetes atau penyakit kardiovaskular, yang telah berpartisipasi dalam survei kesehatan nasional terbesar yang sedang berlangsung, yaitu the National Health and Nutrition Examination Survey, selama tahun1999 sampai2002.

Sumber : Sciencedaily

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/minuman-bersoda-mempercepat-penuaan-sel/feed/ 0
Hindari Keriput Wajah Dengan Cara Sederhana http://www.mausehat.com/hindari-keriput-wajah-dengan-cara-sederhana/ http://www.mausehat.com/hindari-keriput-wajah-dengan-cara-sederhana/#respond Wed, 18 Oct 2017 00:30:49 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11076 cara-menghilangkan-kerutan-di-wajahOperasi bedah kosmetik, cara praktis dalam memenuhi hasrat mempunyai wajah mulus seolah menjadi tren sekarang ini. Meski banyak yang memilih jalan pintas ini namun tak sedikit juga yang masih mempertahankan cara sederhana untuk memelihara kulit wajah dan mencegah keriput.

Selain sinar UV matahari yang mempunyai pengaruh yang sangat besar, pilihan gaya hidup yang tidak baik seperti : alcohol, merokok, kurang olahraga dll juga berpengaruh terhadap munculnya keriput pada wajah.

Menurut Dr Julian De Silvia ahli bedah kosmetik, setidaknya ada 10 cara mencegah keriput yaitu :

  1. Konsumsi Tinggi Gula

Diet tinggi gula dan karbohidrat seperti roti, nasi, kentang dapat menyebabkan glycation pada kulit. Molekul gula menempel pada kolagen dan menyebabkan mereka kehilangan kekuatan dan fleksibilitas, sehingga kulit menjadi kurang elastis dan lebih rentan terhadap kerusakan dari matahari.

  1. Alkohol

2 gelas alcohol/hari menyebabkan dehidarasi kulit sehingga kulit kering dan muncul keriput. Selain alcohol hindari koktail manis. Jika terpaksa harus minum minuman keras, bisa memilih bir yang mengandung antioksidan dan vitamin B seperti niasin dan asam folat. Sedangkan anggur merah mengandung senyawa resveratrol sebagai anti penuaan.

  1. Kurang Tidur

Tidur selama 8 jam merupakan waktu yang paling pas untuk mengembalikan dan menjaga kesehatan kulit agar selalu nampak awet muda. Cukup waktu tidur akan menurunkan hormon stress di malam hari, sehingga memberikan waktu bagi sel untuk meremajakn diri.

  1. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Hal ini sangat berbahaya karena akan menghilangkan beberapa lemak alami wajah sehingga wajah menjadi tirus.

  1. Jerawat

Ketidakseimbangan hormon bahkan pada wanita diatas usia 40 tahun menyebabkan munculnya jerawat. Rajin-rajinlah membersihkan wajah dan gunakan pelembab khusus sekali sehari. Hindari memencet jerawat karena hanya akan menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

  1. Tidur Masih ber MAKE UP

Sepanjang hari, polusi lingkungan menempel pada kulit dan masuk ke dalam pori-pori yang dapat menyebabkan masalah pada kulit.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Kosmetika

Menggunakan beberapa produk pada saat yang sama seperti pelembab, serum, toner dank rim malam justru akan menimgkatkan risiko iritasi yang mempercepat usia kulit.

  1. Matahari

Matahari merupakan penyebab utama penuaan kulit khususnya pada musim panas, bahkan ketika musim hujan dan salju, sinar UV mampu menembus kulit sekalipun terhalang oleh kaca. Maka penting untuk menggunakan tabir surya saat di dalam ruangan sekalipun.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga sedang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan imun tubuh sehingga wajah terlihat awet muda.

  1. Merokok

Berhenti atau setidaknya batasi merokok tidak lebih dari 5 batang rokok/hari agar sel kulit mampu meremajakan diri . Jika tidak, masalah kulit menjadi lebih ireversibel jika semakin lama meninggalkan rokok. Sifat beracun pada rokok (karbon monoksida, sianida, tar, formaldehida dan bahan kimia lainnya) memaksa otak untuk mengalihkan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit ke tempat lain. Nikotin juga mengurangi aliran darah ke lapisan kulit dermis. Perubahan kulit akan terjadi dalam waktu enam minggu jika berhenti merokok.

 

Sumber : daily mail

(bt)

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/hindari-keriput-wajah-dengan-cara-sederhana/feed/ 0
Pengaruh Pencemaran Timbal (Pb) terhadap Kesehatan http://www.mausehat.com/pengaruh-pencemaran-timbal-pb-terhadap-kesehatan/ http://www.mausehat.com/pengaruh-pencemaran-timbal-pb-terhadap-kesehatan/#respond Tue, 17 Oct 2017 10:00:12 +0000 http://www.mausehat.com/?p=7764 bahaya polusi udara sebab kankerSaat ini masalah pencemaran lingkungan sudah sedemikian membahayakan lingkungan dan kesehatan. Kondisi lingkungan tercemar menyebabkan penurunan kualitas lingkungan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan terjadi sebagai akibat masuk atau dimasukkannya sesuatu (makhluk hidup, zat, atau energi) kedalam lingkungan. Lingkungan dikatagorikan tercemar jika telah terjadi perubahan dan bergeser dari kondisi semula.

Sebagaimana kita ketahui, salah satu jenis bahan pencemar yang berbahaya berupa pencemaran karena logam berat. Pencemaran oleh bahan aktif dari logam-logam berat sangat beracun dapat menghancurkan tatanan ekosistem organismenya. Daya racun yang dimiliki oleh bahan aktif logam berat akan bekerja sebagai penghalang kerja enzim dalam proses fisiologis atau metabolisme tubuh, sehingga proses metabolisme terputus. Selain itu bahan beracun tersebut dapat terakumulasi dalam tubuh yang akan mengakibatkan gangguan kesehatan.Salah satu jenis logam berat tersebut yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius adalah Timbal. Timbal dalam keseharian biasa dikenal dengan timah hitam, dalam bahasa ilmiahnya dinamakan plumbum, dengan symbol (Pb). Salah satu sumber utama pencemaran timbal adalah penggunaan bahan bakar minyak (BBM), dimana timbal digunakan sebagai salah satu komponen utama pencampur BBM, untuk meningkatkan nilai oktan. Timbal juga biasa kita dapatkan pada beberapa peralatan yang sering kita pakai selama ini seperti peralatan rumah tangga seperti sendok, garpu dan pisau. Timbal juga digunakan dalam bentuk oksida timbale sebagai pigmen atau zat pewarna dalam industri kosmetik dan industri keramik.

Proses pencemaran timbal pada makanan, antara lain terjadi pada hasil olahan makanan dalam kaleng. Kontaminan ini antara lain dapat berasal dari kaleng karena proses pematrian pada saat penyambungan kaleng, atau dari campuran cat yang digunakan untuk melindungi metal. Air minum dapat tercemar cukup tinggi oleh timbal karena menggunakan pipa berlapis Pb.

Keberadaan timbal dalam tubuh dapat berpengaruh dan mengakibatkan berbagai gangguan fungsi jaringan dan metabolisme. Gangguan mulai dari sintesis haemoglobin darah, gangguan pada ginjal, sistem reproduksi, penyakit akut atau kronik sistem syaraf serta gangguan fungsi paru-paru. Pengaruh lain yang sangat mengkawatirkan, jika terdapat 10– 20 µg/dl pb dalam darah anak kecil dapat mengakibatkan menurunnya tingkat kecerdasan anak tersebut sebanyak dua point tingkat kecerdasan.

Wismut (Bi) Kristalle oxidfreiBeberapa penelitian juga menjelaskan bahwa timbal dapat merusak jaringan saraf, fungsi ginjal, menurunkan kemampuan belajar dan membuat anak hiperaktif. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya jaringan lunak tubuh yang dapat menyerap timbal yaitu otak, hati, limfa, ginjal dan sumsum belakang.

Pengaruh pencemaran timbal dalam tubuh, bahkan dapat mempengaruhi kecerdasan. Tingkat kecerdasan anak (yang tubuhnya telah terkontaminasi timbal sampai 10 mikrogram) bisa menurun atau bahkan menjadi idiot. Pada ibu hamil dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan, keguguran atau mempengaruhi perkembangan sel otak janin, bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan. Timbal yang terserap oleh anak, walaupun dalam jumlah kecil, dapat menyebabkan gangguan pada fase awal pertumbuhan fisik dan mental yang kemudian berakibat pada fungsi kecerdasan dan kemampuan akademik.

Sumber : Palar. H, 2004, Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. PT Rineka Cipta.Jakarta.

(rsh/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/pengaruh-pencemaran-timbal-pb-terhadap-kesehatan/feed/ 0
Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Stroke Sebesar 50% http://www.mausehat.com/gaya-hidup-sehat-menurunkan-risiko-stroke-sebesar-50/ http://www.mausehat.com/gaya-hidup-sehat-menurunkan-risiko-stroke-sebesar-50/#respond Tue, 17 Oct 2017 05:30:04 +0000 http://www.mausehat.com/?p=7729 eating-exerciseMenurut Journal Neurology gaya hidup sehat pada wanita dapat mengurangi 50% resiko stroke. Setidaknya terdapat 795.000 warga AS yang terserang stroke per tahunnya di Amerika. Stroke menjadi penyebabutama kematian keempat, yang menewaskan hampir 130.000 orang Amerika setiap tahunnya. Diet dan faktor gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, obesitas, konsumsi alkohol tinggi dan merokok dapat meningkatkan risiko stroke. Menurut Susanna Larsson C., PhD, dari Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia, beberapa studi telah melihat bagaimana diet sehat dan pola hidup sehat sangat berpengaruh pada resiko stroke.

Dengan pemikiran ini, tim menganalisis diet dan gaya hidup dari 31.696 wanita berusia rata-rata 60 yang merupakan bagian dari Swedia Mammography Cohort. Para wanita menyelesaikan kuesioner 350 item dengan menuliskan pola diet dan kebiasaan gaya hidup mereka dengan studi dasar. Para peneliti mencatat bahwa semua wanita bebas dari kanker dan penyakit kardiovaskular pada tahapan awal.

Penelitian terus berlanjut sampai dengan 10 tahun, lalu melihat bagaimana lima faktor gaya hidup sehat mempengaruhi resiko stroke :

  1. Diet sehat (diartikan sebagai makanan yang direkomendasikan dimakan lebih dari 50% nilai yang diukur dari seberapa sering mereka konsumsi buah, sayur serta susu rendah lemak).

  2. Tidak merokok.

  1. Konsumsi alkohol hanya sedangs aja (3-9 sloki kecil/minggu).

  2. Olahraga teratur (berjalan atau bersepeda selama minimal 40 menit sehari, ditambah olahraga lebih kuat selama setidaknya 1 jam seminggu).

  3. BMI sehat (berat badan dengan rentang indeks tidak lebih dari 25).

Hasil studi ditemukan bahwa hanya 589 perempuan yang mengikuti semua lima faktor gaya hidup sehat, sedangkan 1.535 wanita tidak mengikutinya. Sisanya mengikuti 2-3 dari lima faktor tersebut. Dan terbukti kelima faktor gaya hidup sehat mampu mengurangi risiko stroketotal sebesar 54%.

stroke newsSelama tindak lanjut, ada 1.554 kasus stroke, termasuk 1.155 infarkserebral (sejenis stroke iskemik yang menyumbang 80-85% stroke), 246 stroke hemoragik dan stroke 153 yang tidak dapat dijelaskan. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengikuti semua lima faktor gaya hidup sehat mempunyai risiko terhadap keseluruhan risiko stroke sebesar 54% selain itu juga mempunyai risiko rendah 62% dari infark serebral, dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengikuti pola hidup sehat. Risiko stroke total dan risiko infark serebral terkurangi dengan mengikuti faktor-faktor tersebut.

Menurut Susanna C. Larsson, penulis studi ini konsekuensi stroke biasanya menghancurkan dan tidak dapat diubah, sehingga pencegahan sangat penting. Hasil ini menarik karena mereka menunjukkan bahwa diet yang sehat dan gaya hidup secara substansial dapat mengurangi risiko stroke dan ini adalah pilihan gaya hidup yang orang dapat memperbaiki.

Sumber : MedicalNewsToday

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/gaya-hidup-sehat-menurunkan-risiko-stroke-sebesar-50/feed/ 0
3 Cangkir Kopi Sehari Meningkatkan Kesehatan Hati http://www.mausehat.com/3-cangkir-kopi-sehari-meningkatkan-kesehatan-hati/ http://www.mausehat.com/3-cangkir-kopi-sehari-meningkatkan-kesehatan-hati/#comments Tue, 17 Oct 2017 00:30:35 +0000 http://www.mausehat.com/?p=7744 1412947597296_wps_36_18_Apr_2014_Jersey_City_NPara ilmuwan mengatakan bahwa minum kopi mungkin baik untuk hati. Sebuah studi baru menemukan, orang yang minum tiga atau lebih cangkir kopi non kafein/hari mempunyai kadar enzim hati abnormal lebih rendah. Kadar enzim hati abnormal menunjukkan tanda sel-sel hati yang rusak.

Seperti diketahui, kafein pada kopi dapat merusak kesehatan. Namun para ilmuwan percaya bahwa selain kafein, kopi mengandung senyawa kimia lain yang dapat melindungi hati, itulah sebabnya mengapa kopi tanpa kafein memilki pelindung terhadap hati.

Sebuah penelitian yangmelibatkan 27.793 peserta berusia 20 tahun atau lebih mencatat kebiasaan mereka dan berapa banyak minum kopi/hari. Para peneliti menggunakan data dari National Health AS dan Nutrition Examination Survey dengan mengukur kadar enzim dalam darah untuk menentukan fungsi hati setiap peserta. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Hepatology, jurnal Asosiasi Amerika untuk Studi Penyakit Hati


Enzim yang dimaksud adala
h aminotransferase (ALT), aminotransferase (AST), alkaline phosphatase (ALP) dan gamma glutamyl transaminase (GGT). Kadar enzim yang rendah ini merupakan tanda kesehatan hati yang baik. Enzim-enzim tersebut tinggi ketika ada sel-sel hati yang rusak atau hancur, atau jika aliran empedu tersumbat.

1412948889565_wps_4_A_cafetiere_pouring_coffeKadar enzim ALT, AST, ALP dan GGT lebih rendah pada peserta yang minum tiga atau lebih cangkir kopi per hari, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi apapun. Para peneliti juga menemukan bahwa rendahnya kadar enzim ini hanya ditemukan pada peserta yang minum kopi non kafein.


Dr Qian Xiao dari National Cancer Institute di Bethesda, Maryland mengatakan, “Penelitian sebelumnya menemukan bahwa minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan pada hati. Tidak dijelaskan secara detail, manfaat
dari kopi non kafein. Temuan kami menghubungkan asupan kopi non kafein dalam membantu menurunkan kadar enzim hati. Data ini menunjukkan bahwa bahan-bahan dalam kopi, selain kafein, dapat meningkatkan kesehatan hati. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi komponen-komponen ini.”

Sumber dailymail

(vna/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/3-cangkir-kopi-sehari-meningkatkan-kesehatan-hati/feed/ 1
Mana yang Lebih Baik Mencuci Tangan dengan Sabun atau Hand Sanitizer…?? http://www.mausehat.com/mana-yang-lebih-baik-mencuci-tangan-dengan-sabun-atau-hand-sanitizer/ http://www.mausehat.com/mana-yang-lebih-baik-mencuci-tangan-dengan-sabun-atau-hand-sanitizer/#respond Mon, 16 Oct 2017 10:00:05 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11131 7-langkah-mencuci-tanganPenyakit menular karena mikroorganisme seperti flu, batuk, diare, typus, hepatitis, dll dapat menular dengan cepat melalui tangan yang tidak bersih, sering kali tanpa kita sadari banyak penyakit yang bersumber dari tangan.  Itulah pentingnya mencuci tangan  dengan sabun sebelum makan, setelah BAB & BAK, setelah memegang uang, setelah memegang binatang, dll.

Namun kini banyak orang yang enggan mencuci tangan dan lebih memilih hand sanitizer, pertanyaan nya adalah, manakah yang lebih baik antara mencuci tangan dengan air atau menggunakan hand sanitizer..?

Alkohol pada produk hand sanitizer akan efektif membunuh kuman jika kadarnya mencapai diatas 60%. Cara penggunaan produk hand sanitizer yang baik tidak jauh berbeda dengan mencuci tangan dengan sabun, gosokkan ke seluruh permukaan, punggung serta jari-jari tangan dan tunggu hingga kering. Sayangnya, produk hand sanitizer tidak mampu membersihkan tangan dari lemak atau berminyak.

Meski terlihat praktis, namun mencuci tangan dengan air & sabun jauh lebih efektif dalam mebersihkan tangan dari mikroorganisme, kotoran, minyak dan bahan kimia lainnya. Cucilah tangan dibawah air yang mengalir, gunakanlah sabun dan gosok tangan hingga ke sela-sela jari selama 20 detik. Setelah itu bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan lap bersih ataupun tissu. Pada saat ingin mematikan kran air maka gunakanlah tissu atau lap.

Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia mari kita kurangi penularan penyakit menular dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun.  Ingatkan selalu teman-teman, keluarga dan saudara-saudara kita untuk selalu mencuci tangan dengan sabun…

 

Sumber : dari berbagai sumber

 

(erl/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/mana-yang-lebih-baik-mencuci-tangan-dengan-sabun-atau-hand-sanitizer/feed/ 0
Antara Kopi Instant dan Kopi Biasa http://www.mausehat.com/antara-kopi-instant-dan-kopi-biasa/ http://www.mausehat.com/antara-kopi-instant-dan-kopi-biasa/#respond Mon, 16 Oct 2017 05:30:56 +0000 http://www.mausehat.com/?p=10933 Kopi instan disukai karenakopi penyajiannya yang cepat, lebih murah dan lebih mudah membuatnya dibandingkan kopi biasa. Maka tak heran kopi instant menjadi favorit khususnya bagi mereka yang mempunyai aktivitas tinggi. Apakah khasiat kopi instan sama dengan kopi hitam biasa?

Kopi instan merupakan jenis kopi yang terbuat dari ekstrak kopi kering. Ekstraknya dibuat dengan menyeduh dan mengentalkan biji kopi bubuk, mirip ketika menyeduh kopi biasa tapi lebih terkonsentrasi. Ada dua cara membuat kopi instant:

  1. Spray-drying: Ekstrak Kopi disemprotkan ke udara panas, yang dengan cepat mengering tetesan dan mengubahnya menjadi bubuk halus atau potongan-potongan kecil.
  2. Freeze-drying: Ekstrak kopi beku dan dipotong menjadi bagian  kecil, yang kemudian dikeringkan pada suhu rendah di bawah kondisi vakum.

Kedua metode ini menjaga kualitas, aroma dan rasa kopi. Cara yang paling umum dari mempersiapkan kopi instan adalah dengan menyeduh satu sendok teh bubuk kopi kedalam secangkir air panas. Kekuatan kopinya bisa dikurangi dengan menambahkan air.

Kopi juga sebenarnya mengandung antioksidan. Dan menurut sebuah riset, kopi instant mengandung antioksidan yang berbeda dari jenis lain karena proses pengolahannya. Satu cangkir kopi instan mengandung 4 kalori, kalium, magnesium dan niacin (Vitamin B3). Kopi instan juga sedikit mengandung kafein dibanding kopi biasa. Satu cangkir kopi instan mengandung  30-90 mg kafein, sedangkan satu cangkir kopi jenis apa saja mengandung sekitar 70-140 mg kafein.

Banyak issue mengatakan bahwa kopi mengandung akrilamida. Akrilamida sebenarnya terbentuk ketika biji kopi mengalami proses pemanggangan. Akrilamida tidak hanya ada dikopi, tapi ada di makanan olahan, rokok, produk perawatan pribadi. Hanya saja, jumlah dikopi tidak setinggi itu semua, sehingga sebenarnya tidak menimbulkan kekhawatiran lebih soal paparan akrilamida.

Minum kopi instant selain cepat penyajiannya juga ternyata memiliki banyak manfaat, misalnya:

  1. Meningkatkan fungsi otak dengan peran kafein.
  2. Kafein dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak lemak.
  3. Kopi dapat mengurangi risiko penyakit neurodegenerative, seperti Alzheimer dan Parkinson.
  4. Kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes 2.
  5. Kopi dan kafein dapat mengurangi risiko penyakit liver seperti sirosis dan kanker liver.
  6. Kopi dapat membantu menurunkan risiko depresi dan bunuh diri.
  7. Minum kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Jika kita bertanya-tanya berapa banyak kopi yang dapat diminum, sebenarnya mengkonsumsi 3-5 cangkir kopi instan setiap hari masih diperbolehkan. Secara umum, kopi instan tidak bermasalah, karena merupakan minuman rendah kalori yang mempunyai manfaat kesehatan yang sama seperti jenis kopi yang lain.

Sumber : authoritynutrition.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/antara-kopi-instant-dan-kopi-biasa/feed/ 0