MauSehat.Com http://www.mausehat.com Mon, 15 Oct 2018 08:03:17 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.15 Perokok Berisiko Tinggi Terhadap Kanker Mulut dan HPV http://www.mausehat.com/perokok-berisiko-tinggi-terhadap-kanker-mulut-dan-hpv/ http://www.mausehat.com/perokok-berisiko-tinggi-terhadap-kanker-mulut-dan-hpv/#respond Mon, 15 Oct 2018 08:03:17 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12315 Perokok-Pasif-Lebih-Rentan-Kanker-ParuSudah menjadi bahasan umum bahwa rokok mempunyai dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan riset terbaru menemukan bahwa, perokok berisiko terhadap infeksi HPV oral/mulut, sehingga mengarah ke kanker tenggorokan. HPV atau Human Pappiloma Virus diketahui sebagai penyebab kanker leher rahim, namun juga dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan.

Riset yang diterbitkan oleh British Medical Journal Open menemukan 2,2% dari 700 pria dan wanita yang diteliti dinyatakan positif terkena HPV oral. Di antara mereka yang tidak pernah merokok, angka itu turun menjadi hanya 1%. HPV sangat mudah ditularkan walaupun sudah menggunakan kondom karena virus dapat berada dibagian yang tidak menggunakan kondom. HPV merupakan virus yang menyebabkan infeksi menular seksual (IMS) dan memiliki lebih dari 100 strain virus dan sebagian besar dapat disembuhkan melalui ketahanan sistem kekebalan tubuh. Menuurt hasil riset, tidak hanya perokok yang lebih dapat terinfeksi tetapi juga lebih memiliki infeksi HPV yang persisten, meningkatkan kemungkinan terkena kanker. Resiko juga bisa terjadi pada orang yang memiliki lebih dari 6 pasangan seksual.

Dr Vanessa Hearnden dari Universitas Sheffield mengingatkan bahwa riset ini sebenarnya bertujuan untuk perbaikan gaya hidup yang sering gonta-ganti pasangan seksual dan perokok. Banyak orang berpikir bahwa HPV hanya menyebabkan kanker mulut rahim padahal dalam beberapa tahun terakhir ini, kanker orofaringeal (mulut dan tenggorokan) meningkat pula.

Jika perlu, selain berhenti merokok dan perubahan pola seksual, vaksinasi juga dapat diberlakukan mulai dari pria umur 14 tahun seperti yang dilakukan di Afrika selatan.

Sumber : health24

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/perokok-berisiko-tinggi-terhadap-kanker-mulut-dan-hpv/feed/ 0
Kopi dan Penderita Masalah Ginjal http://www.mausehat.com/kopi-dan-penderita-masalah-ginjal/ http://www.mausehat.com/kopi-dan-penderita-masalah-ginjal/#respond Fri, 12 Oct 2018 08:41:37 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12311 Black-coffeeDunia mengenal kopi saat ini bukan hanya sekedar minuman, tapi juga mencari manfaat kesehatannya. Ternyata, kafein dalam jumlah sedikit sangat membantu kesehatan penderita gagal ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD). Sebuah riset dari Nephrology Dialysis Transplantation menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat membantu menurunkan resiko kematian pada pasien penyakit ginjal. Para peneliti menduga bahwa kafein berhubungan dengan efek vaskular yang memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Riset dilakukan para dokter dari Portugis, berdasarkan rekam medis 4.863 orang CKD Amerika antara 1999 hingga 2010. Riset ini bagian dari survey  the National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti usia, pola diet/makan, dan penyakit lainnya.

Pasien digolongkan empat kelompok: kelompok yang konsumsi sejumlah kafein dalam secangkir es teh, setara secangkir kopi, setara dengan 1 atau 2 gelas kopi/hari, setara dengan lebih dari 1.378 mg per hari (sebanding dengan minum beberapa cangkir kopi per hari).

Kelompok kedua memiliki risiko kematian 12% lebih rendah, sedangkan mereka yang berada di kelompok ketiga mengalami pengurangan 22%. Orang yang minum kafein paling banyak per hari memiliki risiko kematian lebih rendah 24%. Pria yang mengkonsumsi kafein tinggi mempunyai latar belakang pendidikan dan penghasilan yang tinggi, mempunyai risiko rendah terhadap stroke, namun bisa juga mempunyai riwayat peminum alkohol, atau pecandu rokok.

Riset ini sebenarnya bukan yang pertama kali, karena sebelumnya sudah pernah dilakukan dan dipublikasikan dalam The American Journal of Medicine yang menemukan bahwa pada mereka yang sering minum kopi mempunyai risiko rendah terhadap penyakit ginjal. Jessianna Saville, RDN, seorang ahli gizi spesial ginjal membuat tulisan dalam  the National Kidney Foundation mengatakan bahwa pasien penderita ginjal sebaiknya mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang, karena satu sisi kopi juga bisa menganggu kesehatan ginjal.

Sebagai penderita CKD, sebaiknya minum kopi dalam jumlah moderat, dengan memperhatikan juga jumlah kalium dalam batas yang rendah. Pada umumnya, penderita CKD ringan atau berat atau cedera ginjal akut harus mengurangi asupan total mineral kurang dari 2.000 mg setiap hari. Jika satu cangkir mengandung sekitar 116 mg, maka untuk konsumsi kopi sebaiknya kurang dari 3 cangkir per hari. Minumlah kopi hitam rendah natrium, protein, fosfor, kalori serta karbo. Hindari kopi yang mengandung krim, gula yang banyak mengandung fosfat kimia yang mudah diserap dan merusak ginjal.

Sumber : healthline

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/kopi-dan-penderita-masalah-ginjal/feed/ 0
Makanan Pengontrol Gula Darah http://www.mausehat.com/makanan-pengontrol-gula-darah/ http://www.mausehat.com/makanan-pengontrol-gula-darah/#respond Thu, 11 Oct 2018 08:16:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12306 diabetesSeseorang dengan diabetes tipe 2 sangat disarankan mengatur pola makan yang dapat menstabilkan kadar gula darah mereka. Rencana makan sebaiknya berpola atas jumlah, jenis karbo, total energi, dan jenis makanan. Lalu jenis makanan apa saja yang dapat membantu menstabilkan kadar gula ketika dikonsumsi? Simak berikut ini :

  1. Sayuran mentah, masak atau panggang.

Pilih sayur rendah karbo namun mempunyai cita rasa yang lezat seperti jamur, bawang bombai, terong, tomat, kubis brussel, labu air, ketimun, zucchini (ketimun jepang) dsbnya. Bisa menambahkan saus rendah lemak, humnus, guacamole, salsa, atau dipanggang dengan herbal misalnya rosemary, ketumbar, kayumanis, cabe, bawang putih.

  1. Sayuran hijau.

Umumnya diolah dan disajikan menjadi salad, seperti kale, bayam, sawi, asparagus, brokoli, chard, dsbnya. Selain sehat, lezat, juga rendah karbo. Ada juga sayuran yang diolah dengan cara di panggang seperti bayam dengan minyak zaitun sehingga kering dan renyah. Sayuran juga diolah dengan berbagai cara masak atau ditambah protein sehat seperti dengan ikan salmon.

  1. Minuman beraroma dan rendah kalori.

Minum air putih saja terkadang bagi diabetesi sangat membosankan. Tidak ada salahnya jika air putih diberikan infus buah-buahan agar terasa segar dan menarik aromanya. Bisa juga dibuat es batu yang didalamnya dicelup buah-buahan. Jika suka dengan teh, bisa juga misalnya ditambahkan lemon atau buah lain. Hal ini membantu supaya tidak terlalu banyak memikirkan makanan lain.

  1. Melon atau golongan berry

Satu cangkir keduanya hanya mengandung sekitar 15 gram karbo. Harganya mungkin agak mahal, tapi mengandung serat, vitamin dan bisa menikmati rasa manis. Tambahkan dengan yogurt.

  1. Bijian utuh

Bijian, kacang, polongan utuh kaya akan serat. Begitu juga misalnya salsa kacang hitam dan jagung. Karbo nya masih ada, hanya rendah.

  1. Sedikit lemak.

Pilihan lemak yang baik misalnya minyak zaitun, alpukat dan ikan berlemak misalnya salmon dengan selada.

  1. Protein

Contohnya yugurt yunani/greel yogurt, keju cottage, telur, daging tanpa lemak.

Sumber : webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/makanan-pengontrol-gula-darah/feed/ 0
Cara Sehat Menikmati Kopi http://www.mausehat.com/cara-sehat-menikmati-kopi/ http://www.mausehat.com/cara-sehat-menikmati-kopi/#respond Wed, 10 Oct 2018 09:16:25 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12302 kopiKopi sudah jadi minuman populer dan modern. Kita bisa lihat banyak menjamurnya cafe dengan berbagai menu kopi. Riset kesehatan tentang kopi sudah banyak, jadi sebaiknya kita tahu, bagaimana cara minum kopi tapi tetap sehat. Berikut 8 tips:

  1. Minum kopi tanpa kafein diatas jam 2 sore.

Kopi sumber alami kafein paling banyak dalam bahan pangan. Sifat kafein yang stimulan membantu meningkatkan energi dan terjaga ketika lelah. Tapi jika kita minum kopi disore dan malam hari, dapat menganggu tidur nyenyak. Memang tidak semua orang sensitif terhadap kafein, namun lebih baik jika menghindari minum kopi diatas jam 2 atau 3 sore untuk menjaga kualitas tidur tetap baik.

  1. Tidak banyak gula dalam kopi.

Meskii kopi bermanfaat bagi kesehatan, namun jika terlalu banyak gula justru malah berdampak buruk bagi kesehatan. Gula tinggi akan fruktosa, yang menyumbang obesitas dan diabetes. Sayangnya banyak yang tergantung dengan pemanis. Jika demikian, sebaiknya menggunakan gula pengganti seperti stevia. Hilangkan kebiasaan menambahkan gula terlalu banyak. Kurangi sedikit demi sedikit hingga terlepas dari ketergantungan ngopi dengan gula.

  1. Pilih kualitas terbaik, organik kalau memungkinkan.

Kualitas kopi bisa tergantung dari bagaimana kopi ditanam dan cara mengolahnya. Sayangnya, ada saja biji kopi yang di budidaya menggunakan pestisida sintetis atau bahan kimia lain. Pestisida menjadi bahan pro dan kontra karena menimbulkan dampak negatif dan kontaminasi. Kopi organik pilihan yang tepat karena kadar pestisidanya sangat rendah.

  1. Minum dalam jumlah sedang.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga kopi. Walau setiap orang berbeda responnya terhadap kafein, namun asupan yang tinggi juga dapat menjadi masalah. Secara umum, Health Canada merekomendasikan tidak melebihi 1,1 mg per pon (2,5 mg per kg) berat badan per hari. Secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 95mg kafein, sehingga dalam sehari hanya disarankan minum kopi sekitar 2 cangkir/hari.

  1. Tambahkan rempah dalam kopi.

Masukkan sejumput/seujung kuku bubuk kayu manis untuk menambah citarasa. Kayu manis juga dapat membantu menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes, selain meningkatkan kesehatan.

  1. Hindari krimer

Jika memang tidak ada krimer alami dari susu sapi, lebih baik tidak menggunakan krimer. Atau dapat juga dengan menambahkan susu.

  1. Tambahkan bubuk kakao/coklat

Kakao mengandung antioksidan yang banyak manfaat kesehatannya termasuk diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung. Tambahkan coklat biasa atau coklat hitam agar lebih nikmat.

  1. Seduh kopi dengan filter kertas

Kopi yang diseduh mengandung cafestol, diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cara menguranginya cukup dengan filter kertas. Namun, cafestol tidak semuanya buruk. Studi terbaru pada tikus menunjukkan itu memiliki efek anti-diabetes.

Sumber : healthline

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/cara-sehat-menikmati-kopi/feed/ 0
Bahaya Logam Berat Bagi Jantung http://www.mausehat.com/bahaya-logam-berat-bagi-jantung/ http://www.mausehat.com/bahaya-logam-berat-bagi-jantung/#respond Tue, 09 Oct 2018 08:25:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12298 logam beratTubuh yang terpapar logam berat bukanlah sehat. Sedari dulu, paparan logam berat seperti merkuri/timbal, arsenik,  tembaga, kadmium dan lainnya berhubungan dengan penyakit degeneratif. Sebuah studi baru menyoroti tentang seberapa banyak kadar logam berat yang dapat menganggu kesehatan manusia. Hasilnya, paparan logam berat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Analisis dilakukan pada 37 riset yang melibatkan sekitar 350.000 orang yang terpapar arsenik, terjadi resiko peningkatan sakit jantung koroner sekitar 23% dan 30% resiko kardiovaskular. Paparan kadmium dan tembaga juga meningkatkan risiko sebesar 63% dan 72% terhadap stroke. Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam BJM.

Menurut Rajiv Chowdhury dari University of Cambridge, Inggris, temuan ini sebenarnya memperkuat bahayanya paparan logam berat beracun dalam meningkatkan resiko masalah kardiovaskular secara global, diluar faktor lain misalnya merokok, pola makan yang buruk dan tidak aktif. Studi ini juga menyoroti kebutuhan pentingnya pengurangan paparan logam berat bahkan dalam tingkat yang lebih rendah sekalipun. Riset lanjutan masih dibutuhkan untuk menyelidiki hubungan antara logam beracun dengan sakit jantung. Hal ini dapat menjadi acuan penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular secara keseluruhan.

Sumber : health24

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/bahaya-logam-berat-bagi-jantung/feed/ 0
Jangan Sembarangan Minum Aspirin Bagi Lansia http://www.mausehat.com/jangan-sembarangan-minum-aspirin-bagi-lansia/ http://www.mausehat.com/jangan-sembarangan-minum-aspirin-bagi-lansia/#respond Mon, 08 Oct 2018 08:06:37 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12291 aspirinBanyak orang minum aspirin untuk mencegah penggumpalan darah, mengurangi resiko pendarahan internal, sehingga mereka minum satu pil setiap hari. Ternyata, perbuatan ini sangat tidak tepat, bahkan membahayakan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim riset dari The Minash Unievrsity, Australia menunjukkan bahwa konsumsi aspirin setiap hari tidak menunjukkan adanya peningkatan kesehatan pada lansia diatas 70 tahun. Bahkan, konsumsi aspirin dalam jangka waktu panjang, akan meningkatkan risiko pendarahan internal yang parah.

Sebaiknya, aspirin tidak dikonsumsi oleh mereka yang tidak pernah mengalami gangguan jantung. Mereka yang tidak pernah mengalami serangan jantung dan stroke dan tidak mengkonsumsi aspirin, masa hidupnya lebih panjang dari mereka yang konsumsi. Temuan ini menunjukkan bahwa lansia tidak perlu minum obat yang sebenarnya tidak mendatangkan manfaat sama sekali. Hasil the Aspirin in Reducing Events in the Elderly Trial dipublikasikan dalam tiga makalah pada the New England Journal of Medicine.

Aspirin telah lama digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk membantu mengurangi risiko penggumpalan darah pada pasien yang telah menderita serangan jantung atau stroke. Profesor John McNeil dari Monash Univerrsity menegaskan aspirin sebenarnya tidak berlaku bagi orang yang bahkan sudah pernah menderita sakit jantung dan stroke sebelumnya. Lalu mereka menyarankan sebaiknya seseorang (terutama lansia) meminta nasehat medis dari dokter sebelum minum aspirin.

Peter Rothwell, professor neurologi dari the Centre for the Prevention of Stroke and Dementia di University of Oxford juga menjelaskan bahwa lansia diatas 70 tahun yang minum aspirin dan belum pernah mengalami serangan jantung atau stroke pada dasarnya hanya menambah sedikit manfaat dari obat itu. Dr Richard Hodes, direktur National Institute on Aging mengatakan bahwa secara klinik manfaat aspirin dianjurkan untuk mencegah serangan jantung dan stroke bagi orang dengan kondisi pembuluh darah misalnya penyakit arteri koroner.

Kekhawatiran utama sebenarnya ada pada: apakah lansia sehat dapat minum aspirin? Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengetahui kepastian manfaat dan resiko aspirin jika diminum lansia sehat, karena semua pasti tidak ingin ada efek buruk resiko bahaya pendarahan serius.

Sumber : express

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/jangan-sembarangan-minum-aspirin-bagi-lansia/feed/ 0
9 Cara Mengurangi Depresi Dengan Makanan http://www.mausehat.com/9-cara-mengurangi-depresi-dengan-makanan/ http://www.mausehat.com/9-cara-mengurangi-depresi-dengan-makanan/#respond Fri, 05 Oct 2018 08:26:58 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12286 depresi dan makananJika tiba-tiba merasa sedih, mood naik turun, pusing, marah-marah karena PMS, semua gangguan emosi itu bisa berhubungan dengan peradangan yang sedang berlangsung di tubuh kita. Semakin emosi seseorang, akan semakin mudah depresi dan stress sehingga akan mudah terserang penyakit. Dr. Ellen Vora  dari Mind, Body and Green mempunyai tips bagaimana caranya makanan dapat membantu menurunkan masalah emosi.

  1. Makan makanan berfermentasi. Selalu ada hubungan antara emosi jiwa, mood dan kesehatan usus. Makanan fermentasi banyak membantu bakteri baik hidup dan berkembang biak dalam usus.
  2. Makanan mengandung probiotik atau probiotik itu sendiri membantu mikroba usus menjadi mikroba baik.
  3. Banyak konsumsi makanan yang mengandung omega-3. Makanlah ikan yang hidup dilaut dalam yang dingin, misalnya salmon, teri, kembung, cod. Atau bisa juga dengan minum suplemen minyak ikan. Asam lemak Omega-3 penting untuk produksi serotonin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Umumnya pada orang depresi lebih cenderung kekurangan omega-3.
  4. Minyak zaitun. Mengandung tinggi antioksidan, menetralisir radikal bebas dan melawan stres oksidatif dalam tubuh untuk mencegah penyakit, termasuk otak yang mempengaruhi suasana hati. Riset bahkan menunjukkan bahwa stres oksidatif secara langsung berkaitan dengan gangguan depresi.
  5. Masak dengan bawang merah, putih dan jahe. Dalam riset, para peneliti mengambil kesimpulan, tikus yang diberi makan dengan tiga bahan ini berpotensi bersifat antidepresan.
  6. Tambahkan kunyit dan lada hitam. Kunyit banyak dimanfaatkan dalam bentuk ayurveda. Lada hitam membantu bioavailabilitas (tingkat daya guna) kunyit. Kurkumin pada kunyit adalah anti peradangan yang kuat dan menunjukkan manfaat anti depresan.
  7. Vitamin D. riset menunjukkan bahwa vitamin D membantu dalam masalah kesehatan mental. Sumber utama adalah sinar matahari pagi dan bisa juga dari suplemen.
  8. Suplemen anti radang. Ada banyak suplemen anti radang di jual dipasaran, hanya untuk lebih detailnya, hubungin dokter/ahli neuropati atau ahli kesehatan.
  9. Lakukan detoks. Detoksifikasi dapat membantu mengurangi beban sistem kekebalan tubuh. Misalnya dengan mengatur kualitas air minum, udara.

Sumber : mindbodygreen

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/9-cara-mengurangi-depresi-dengan-makanan/feed/ 0
5 tips cara mengurangi konsumsi gula http://www.mausehat.com/5-tips-cara-mengurangi-konsumsi-gula/ http://www.mausehat.com/5-tips-cara-mengurangi-konsumsi-gula/#respond Thu, 04 Oct 2018 07:49:24 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12282 makanan manisMakanan manis yang mengandung gula memang disukai dan membuat ketagihan. Tanpa disadari tingginya konsumsi gula mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Untungnya, saat ini banyak orang yang sudah mulai aware dan berusaha menghindari kelebihan gula.

Tahun 1989, WHO merekomendasikan penggunaan atau konsumsi gula harian hanya sekitar 10% asupan kalori. Namun pada tahun 2015 ditinjau ulang dengan mengurangi batas tertinggi asupan gula yaitu menjadi 5% total kalori. Hingga saat ini, tercatat sekitar 75% makanan diluar rumah mengandung tinggi gula dan gula olahan. Sebaiknya konsumsi gula dibatasi, agar tidak menjadi candu. Ada 5 tips yang bisa diterapkan bagi diri sendiri, yaitu:

  1. Tulis apa yang dimakan.

Menulis apa yang dimakan menjadi cara yang bertanggung jawab dan tidak berbohong atas apa yang dimakan, diminum dan dapat membangun rutinitas makan yang baru. Tetapkan tujuan kecil dengan menulis jurnal, lalu rencanakan dan lakukan secara bertahap.

  1. Membakar tubuh.

Makanan dengan gizi seimbang antara makro dan mikro nutrisi tidak jomplang. Protein membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan peningkatan nafsu makan, terutama saat nyemil tengah malam. Cobalah tips kecil misalnya makan yogurt atau segenggam kacang saat lapar malam hari. Karbo dibagi dalam 3 bagian: gula, pati, serat. Makanlah pati kompleks dan serat yaitu buah, sayur, kacang dan bijian utuh.

  1. Memanfaatkan minyak esensial.

Minyak esensial dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa kecanduan gula. Riset pernah dilakukan oleh Dr. Alan Hirsch tentang hubungan antara kecanduan dengan minyak esensial, yang menemukan peppermint dapat mengendalikan rasa lapar. Hal ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan vitalitas energy dengan tidak kecanduan gula. Aroma lain yang manfaatnya sama yaitu lada hitam, bergamot, cassia, kayu manis, cengkeh, adas, jeruk bali, lemon, marjoram, dan oranye liar.

  1. Mengalihkan perhatian.

Kecanduan manis memang tidak mengenakkan. Pagi-pagi cobalah untuk minum segelas air saat bangun. Lalu teteskan 1 atau 2 tetes minyak esensial ke kerah baju sebelum berangkat beraktivitas. Jika ada waktu luang, berolahragalah. Olahraga membantu membuka pikiran menjadi fokus dan selaras, mampu mengalihkan hal yang tidak baik. Yoga dan persuasi berhenti gula dapat membantu mengurangi kecanduan.

  1. Selalu deringkan sedikit makan gula dalam pikiran.

Memanjakan diri sesekali dengan gula dan olahannya mungkin biasa, namun tidak juga boleh keseringan. Gula memang bisa menurunkan tingkat stress, tapi sifatnya hanya sementara. Selalu alihkan dengan alternatif kegiatan atau dengan aroma terapi. Lalukan perubahan mindset/pikiran

Sumber : mindbodygreen

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/5-tips-cara-mengurangi-konsumsi-gula/feed/ 0
Aroma tubuh dan Kesehatan http://www.mausehat.com/aroma-tubuh-dan-kesehatan/ http://www.mausehat.com/aroma-tubuh-dan-kesehatan/#respond Wed, 03 Oct 2018 08:56:08 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12278 aroma tubuhTahukah Anda, jika aroma tubuh berhubungan dengan tingkat kesehatan? Hal ini dibuktikan dalam sebuah riset tentang hubungan infeksi dan penyakit yang dapat mengubah aroma tubuh. Studi dilakukan di Monell Center di Philadelphia, AS yang menunjukkan bahwa penyakit dapat mempengaruhi aroma tubuh dari individu yang terinfeksi dan pengaruh ke orang lain yang didekatnya. Riset ini dipublikasikan dalam the journal Scientific Reports.

Pada dunia hewan, hewan pengerat adalah hewan yang pandai mengendus penyakit. Penelitian sebelumnya pernah dilakukan di University of Pennsylvania di Philadelphia dengan anjing yang bisa mengendus wanita penderita kanker ovarium. Tanpa disadari, manusia juga mampu. Misalnya seseorang yang terkena flu walau kita tidak tahu, secara tak sadar tidak ingin duduk di sebelahnya dalam bus.

Menurut Stephanie Gervasi pemimpin riset, bahwa paparan terhadap bau orang yang sakit dapat memicu respon protektif atau perlindungan tingkat sosial supaya meminimalkan resiko tertular infeksi. Riset ini juga dapat membentuk kembali pengetahuan kita tentang bagaimana bau penyakit dapat mempengaruhi interaksi sosial.

Riset sebelumnya pernah dilakukan para peneliti di Monell terhadap tikus yang menemukan hasil bahwa peradangan dapat mengubah bau tubuh. Tikus percobaan mampu menyium bau samar kemungkinan pertanda infeksi dan mereka langsung menjauh dari kemungkinan terkena infeksi. Gervasi dan tim menyuntikkan sekelompok tikus dengan lipopolisakarida (LPS), racun non-infeksi yang tetap memicu peradangan dalam tubuh. Tikus yang terinfeksi LPS disatukan dengan yang sehat. Kemudian digabungkan dengan tikus biosniffer atau biosensor yang dilatih untuk membedakan antara bau khusus dengan urin tikus yang disuntik LPS dan oleh tikus yang sehat.

Hasilnya para tikus biosensor ini mampu mengkategorikan urin tikus sehat yang ditempatkan dengan tikus percobaan dengan cara yang sama seperti yang berasal dari tikus yang disuntik LPS. Tikus sehat yang berbagi kandang dengan tikus sakit cenderung menghasilkan bau yang sama.

Temuan ini dilanjutkan, di mana para ilmuwan menempatkan tikus sehat dan yang disuntik LPS dalam kandang yang dipisahkan oleh partisi berlubang, memungkinkan bau beredar tetapi akan mencegah hewan saling berinteraksi. Hal ini merupakan transfer informasi yang luar biasa melalui penciuman yang secara khusus mengubah fisiologi dan dapat memainkan peran dalam transfer penyakit di antara individu dalam banyak spesies. Hal ini juga menginformasikan bagaimana bau badan dapat memahami sejauh mana patogen saling menular.

Sumber : medicalnewstoday

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/aroma-tubuh-dan-kesehatan/feed/ 0
Tanda-Tanda Kanker Darah http://www.mausehat.com/tanda-tanda-kanker-darah/ http://www.mausehat.com/tanda-tanda-kanker-darah/#respond Tue, 02 Oct 2018 07:23:41 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12274 leukimia_0503_20170305_115139Kanker bisa menunjukkan beberapa tanda. Walau begitu, ada juga yang tidak menunjukkan sehingga berakhir pada tahap yang sudah parah. Penting untuk mengetahui tanda adanya kanker dalam tubuh, contohnya kanker darah. Kanker ini dibagi dalam tiga jenis utama: leukemia, limfoma dan myeloma.

Limfoma adalah kanker limfotik, yang berfungsi pada kekebalan tubuh, myeloma adalah kanker sel plasma sum-sum tulang dan leukemia adalah kanker sel darah putih. Kanker darah memiliki ciri yang sejenis yaitu seringnya pendarahan dan jumlahnya tidak biasa, gusi berdarah atau mimisan.

Pada leukemia myeloid akut ini, gejala akan berkembang beberapa minggu dan lama kelamaan semakin parah. Gejalanya yaitu : pucat, lelah, sesak nafas, demam, keringat berlebihan, berat badan turun, sering kena infeksi, kulit memar, bintik merah atau ungu, nyeri tulang dan sendi, perut kembung karena pembengkakan limpa dan liver.

Limpoma Hodgkin memiliki gejala pembengkakan di leher, selangkangan dan ketiak. Nyeri bengkak disebabkan kelebihan limposit (sel darah putih) yang terkumpul dalam kelenjar getah bening (kelenjar limfa). Kelenjar ini sangat kecil, seukuran biji kacang, ditemukan diseluruh tubuh, mengandung darah putih yang bertujuan melawan infeksi. Bengkak terjadi sebagai respon karena infeksi. Selain itu, penderita Hodgkin juga mudah berkeringat terutama di malam hari, batuk terus menerus, sesak nafas, kenaikan suhu tubuh, penurunan berat badan, gatal di seluruh tubuh, kelelahan terus menerus dan terkena infeksi jangka panjang.

Sedangkan multiple myeloma tahap awal tidak nampak gejalanya. Namun lama kelamaan penderita akan mengalami serangkaian gejala meliputi tulang nyeri, retak tulang belakang (sum-sum tulang),anemia, infeksi yang terus berulang, peningkatan kadar kalsium darah, pendarahan yang tidak biasa, kekentalan darah dan gangguan ginjal.

Ketiga penyakit ini jelas berbahaya. Jika sudah mengalami satu dari serangkaian gejala, segeralah periksakan diri ke dokter, supaya tidak terlambat didiagnosa. Leukemia diperiksa dengan tes jumlah sel darah merah, Hodgkin diperiksa dengan biopsi, myeloma diperiksa dengan mengukur kadar kelembutan tulang, pendarahan, tanda infeksi, tes darah dan urin.

Sumber : express.co.uk

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tanda-tanda-kanker-darah/feed/ 0