MauSehat.Com http://www.mausehat.com Wed, 19 Dec 2018 08:36:19 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.16 6 Makanan Yang Membuat Fibromyalgia Makin Nyeri http://www.mausehat.com/6-makanan-yang-membuat-fibromyalgia-makin-nyeri/ http://www.mausehat.com/6-makanan-yang-membuat-fibromyalgia-makin-nyeri/#respond Wed, 19 Dec 2018 08:36:18 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12506 fibromyalgiaFibromyalgia adalah sebuah kondisi nyeri seluruh tubuh yang diikuti dengan rasa lelah berlebihan, gangguan tidur, memori dan suasana hati. Kondisi sepert ini disebabkan karena adanya gangguan yang mempengaruhi otak dalam memproses sinyal rasa sakit. Meski tidak ada anjuran merubah pola makan, namun banyak pasien yang mengalami perubahan (nyeri berkurang) ketika merubah pola diet dengan menghindari makanan yang disebutkan dibawah ini :

  1. Kripik kentang. Makanan yang mengandung glutamat aditif tinggi dapat menimbulkan rasa sakit. Biasanya ada pada makanan tambahan yang disebut Monosodium Glutamate (MSG). Menurut Tarah Venn, seorang ahli diet dari Stanford Pain Management Centre, beberapa pasien yang mengkonsumsi makanan tinggi MSG mengalami nyeri muskoskeletal. Penderita memiliki kadar glutamat yang lebih tinggi dibanding orang sehat. Glutamat sebagai neurotransmitter perangsang pengiriman pesan di otak dan sistem syaraf. Periksa label makanan untuk membatasi MSG, protein nabati terhidrolisis, dan ekstrak ragi.
  2. Memang sangat bergizi, namun ternyata tinggi glutamat dan sangat sensitif bagi penderita fibromyalgia. Menurut The Glutamate Association, kandungan glutamat dalam 100 gram jamur sekitar 180mg. Jamur shiitake dan enokitake paling tinggi glutamatnya. Selain itu juga tomat, anggur , kacang hijau.
  3. Keju tua. Keju tua, parmesan, roquefort mengandung glutamat tinggi. 100 gram parmesan mengandung sekitar 1600mg glutamat.
  4. Fried chicken. Sebaiknya penderita fibromyalgia menghindari makanan yang banyak digoreng, misalnya ayam goreng. Perbanyak makan yang mengandung omega-3 atau lemak tak jenuh tunggal misalnya alpukat, ikan, bijian utuh, kacang, ekstrak minyak zaitun.
  5. Yogurt dengan perasa tambahan. Yogurt memang sehat, namun dengan perasa tambahan misalnya aspartam, justru dapat memperparah nyeri fibromyalgia. Nikmati yogurt tanpa rasa (plain) dan manisnya ditambah dengan buah asli.
  6. Karbo olahan misalnya roti, kue kering dan pasta ternyata juga dapat merangsang nyeri. Karbo olahan cepat mengurai glukosa sehingga kadar gula dapat naik dan turun sesuka hati. Makanlah 100% bijian utuh misalnya beras merah, quinoa, atau karbo kompleks utuh misalnya ubi jalar, singkong, dll.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/6-makanan-yang-membuat-fibromyalgia-makin-nyeri/feed/ 0
8 Masalah Menstruasi Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan http://www.mausehat.com/8-masalah-menstruasi-yang-sebaiknya-tidak-diabaikan/ http://www.mausehat.com/8-masalah-menstruasi-yang-sebaiknya-tidak-diabaikan/#respond Tue, 18 Dec 2018 08:55:42 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12502 menstruasiSeorang wanita mungkin saja mengalami gangguan mestruasi selama masa hidupnya. Ada yang menyadari, ada juga yang tidak. Ada beberapa kondisi menstruasi yang perlu disadari oleh wanita yang sebaiknya tidak diabaikan. Apa saja itu?

  1. Jadwal yang sebelumnya rutin per bulan, mendadak jadi tidak rutin. Menstruasi normal mempunyai rentang waktu sekitar 25 atau 30 hari dengan waktu menstruasi sekitar 1 – 7 hari. Jika ternyata mendadak berubah menjadi 35 hari dan kurang dari 21 hari maka sebaiknya periksa ke obgyn. Kondisi kesehatan seperti adanya PCOS (Kista polikistik) dan ganguan tiroid bisa saja menjadi penyebab.
  2. Sudah tidak mens selama 90 hari. Seorang wanita tidak mens lebih dari 90 hari, jika berusia diatas 40-50 tahun bisa jadi karena kehamilan atau mengalami masa pre menopause. Seiring bertambah usia, maka proses ovulasi melambat, maka mens menjadi mundur jadwalnya bahkan berhenti. Jika sekitar usia 51 tahun sudah tidak lagi mens lebih dari 3 bulan, maka kemungkinan mengalami menopause dini. Penyebab lain bisa jadi masalah penyakit seksual, berat badan menurun atau naik terlalu banyak dan gangguan hormon.
  3. Bermasalah dengan PMS (Pre Menstrual syndrome). Gejala sebelum mens biasanya dimulai sekitar 3 sampai 7 hari. Umumnya badan terasa tidak nyaman bahkan kram perut. Hal lain yang bisa terjadi adalah perubahan mood, kelelahan, sakit kepala, perut mual/kembung. Sekitar 30-40% wanita mengalami gejala sebelum mens, 3-8% mengalami masalah sampai menggangu aktivitas karena mengalami gangguan premenstruasi dismorfi yang dapat menyebabkan depresi.
  4. Ada bercak merah diantara masa mens dan lama setelah menopause. Merupakan gejala adanya fibroid, masalah pada dinding rahim bahkan kanker endometrium.
  5. Menstruasi banyak dan lebih dari 7 hari. Jumlah rata-rata cairan darah yang keluar selama satu periode mens hanya sekitar 2 sampai 3 sendok. Jika seorang wanita sampai harus mengganti pembalut per jam saking banyaknya mens, sebaiknya segera pergi ke dokter. Penyebab menorrhagia (mens banyak) adalah perubahan hormonal, polip atau fibroid di rahim, keguguran, masalah dengan IUD atau masalah medis lainnya. Jika berkepanjangan akan menyebabkan anemia parah.
  6. Ketika menggunakan pembalut mengalami sakit, lelah, nyeri, demam, muntah dan ruam. Hal ini dapat menjadi gejala toksik syok sindrom dan bisa berbahaya. Ganti tampon dengan pembalut yang penyerapannya hingga 4 – 8 jam.
  7. Setiap mens selalu nyeri dan tidak dapat diobati dengan pengurang nyeri. Kram atau dismenorea menjadi pertanda fibroid rahim atau endometriosis.
  8. Sudah berusia 16 tahun atau lebih tapi belum mens. Rata-rata seorang perempuan paling lambat mens di usia 15 tahun. Jika terlalu terlambat, kemungkinan mengalami masalah endokrin.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/8-masalah-menstruasi-yang-sebaiknya-tidak-diabaikan/feed/ 0
Tentang Aromaterapi http://www.mausehat.com/tentang-aromaterapi/ http://www.mausehat.com/tentang-aromaterapi/#respond Mon, 17 Dec 2018 08:50:18 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12498 aromaterapiSiapa yang tidak mengenal aromaterapi. Wewangian dari ekstrak minyak tumbuhan ini sudah ada sejak 3.500 tahun silam dan diyakini berasal dari Mesir Kuno. Aromaterapi dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Beda gejala beda pula minyak yang direkomendasikan.

Pada tehnik perawatan kesehatan modern Barat, aromaterapi sering digunakan sebagai pendamping terapi selain obat konvensional, seperti obat anti mual dan obat-obatan kecemasan atau nyeri. Ini yang disebut dengan terapi “komplementer”.

Penggunaan aromaterapi bisa dengan cara menghirup minyak atsiri atau dalam bentuk larutan encer pada kulit menggunakan kompres, semprot, mandi atau pijat. Klinik Mayo di Rochester, MN menggunakan beberapa tetes minyak esensial yang diteteskan pada kapas lalu diberikan kepada pasien dengan cara menghirup selama sekitar 3-5 menit. Lalu disimpan dan dihirup lagi setelah setengah jam kemudian, supaya hidung mereka tidak menjadi peka terhadap aroma dan mengira tidak bekerja.

Dalam analisis 12 studi, aromaterapi membantu menghilangkan rasa sakit karena cedera; nyeri haid; nyeri persalinan atau pasca persalinan; atau rasa sakit pasca operasi. Namun aromaterapi kurang bermanfaat pada mereka yang mempunyai nyeri kronis.

Selain itu aromaterapi mampu mengurangi kecemasan dalam penelitian berbagai kelompok pasien, termasuk pasien luka bakar; wanita yang menunggu biopsi payudara; dan pasien menjalani dialisis. Beberapa penelitian menunjukkan dapat mengurangi mual pasca operasi juga.

Sumber : webmd

(bt/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/tentang-aromaterapi/feed/ 0
Kenapa Harus Suka Alpukat? http://www.mausehat.com/kenapa-harus-suka-alpukat/ http://www.mausehat.com/kenapa-harus-suka-alpukat/#respond Thu, 13 Dec 2018 07:45:55 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12494 alpukatAlpukat, buah berdaging yang teksturnya seperti mentega yang creamy dan lembut. Meski kaya dengan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, namun ada orang suka, ada juga yang tidak. Untuk menyegarkan kembali ingatan akan manfaat alpukat, simak dibawah ini ya :

  1. Bagus banget buat kesehatan jantung.

Riset tahun 2018 ini yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang gemar konsumsi alpukat memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang tinggi, karena alpukat kaya dengan lemak sehat jenuh tunggal. Data dari  the Nurses’ Health Study and Health Professional Follow-up study menjelaskan jika konsumsi 5% dari asupan total energi harian lemak jenuh dengan konsumsi lemak tak jenuh tunggal  akan menurunkan 15% risiko terkena sakit jantung. Selain itu jenis lemak ini juga baik untuk menurunkan risiko kematian akibat kanker dan penyakit neurodegeneratif lainnya, menstabilkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Alpukat bebas kolesterol jahat, rendah natrium, tinggi kalium dan kaya serat.

  1. Baik buat pencernaan.

Usus kita mengandung lebih dari 100 trilliun mikroorganisme. Pola makan kita sangat mempengaruhi ekosistem mereka. Usus memerlukan berbagai macam serat supaya tetap sehat. Serat di alpukat terdiri dari serat larut dan tak larut. Serat larut membantu menyerap cairan di usus dan mencegah sembelit, serat tidak larut untuk membuang kotoran. Serat juga dapat mencegah kanker usus besar/kolon dan menurunkan berat badan.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Alpukat mengandung Lutein dan Zeaksantin yang baik untuk kesehatan mata terutama pada lansia (degenrasi makular). Pada 2017, para peneliti di Amerika menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu buah alpukat per hari selama enam bulan memiliki kadar lutein yang lebih tinggi dalam darah. Lutein juga ditemukan dalam jumlah  yang cukup pada telur.

Kandungan nutrisi yang lengkap seperti Lutein, lemak tak jenuh tunggal, serat dan senyawa bioaktif lainnya, seperti karotenoid dan tokoferol, membuat alpukat sangat baik untuk membantu kesehatan otak.

  1. Sangat bermanfaat bagi kesehatan umum.

Hasil analisa survey dari National Health and Nutrition Examination Survey, AS, umumnya pemakan alpukat memiliki kecenderungan gaya hidup yang  juga sehat, misalnya konsumsi buah, sayur dan lemak sehat yang angkanya signifikan tinggi. Mereka juga mengkonsumsi lebih banyak nutrisi penting, seperti 36% lebih banyak serat makanan, 23% lebih banyak vitamin E, 13% lebih banyak magnesium, 16% lebih banyak kalium dan 48% lebih banyak vitamin K. Orang yang suka makan alpukat juga mempunyai kontrol konsumsi gula yang baik.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/kenapa-harus-suka-alpukat/feed/ 0
Pencet Jerawat? Jangan lakukan! http://www.mausehat.com/pencet-jerawat-jangan-lakukan/ http://www.mausehat.com/pencet-jerawat-jangan-lakukan/#respond Wed, 12 Dec 2018 04:09:10 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12490 pencet jerawatGodaan terbesar ketika punya jerawat adalah greget pengen pencet. Namun, hampir semua dokter atau ahli kecantikan melarang kita melakukan itu, karena bisa menyebabkan infeksi. Cara mudahnya mencegah infeksi dan jerawat lebih banyak lagi, dengan menggunakan perawatan bebas komedo, bebas berminyak, pembersih dan tabir surya. Produk yang non komedogenik cenderung tidak menyumbat pori, sehingga membuat jerawat tidak memburuk.

Ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk mencegah jerawat banyak tumbuh. Berikut tips dari Dr Meghan Feely, seorang dermatologist dari Mount Sinai Health System di New York City.

  1. Gunakan pembersih wajah yang ringan. Pilih juga yang bebas parfum/pewangi.
  2. Oleskan es lalu air hangat. Kompres dingin dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan jerawat. Bungkus es batu di handuk dan diamkan ke kulit wajah yang berjerawat selama 5 hingga 10 menit. Ulangi proses ini dua kali, ambil jeda selama 10 menit. Setelah whitehead mulai terbentuk, kompres hangat dapat membantu melepaskan nanah yang menumpuk di bawah kulit. Rendam kain lap bersih dengan air panas. Oleskan kain hangat ke area yang terkena selama 10 hingga 15 menit. Ulangi langkah ini tiga hingga empat kali sehari sampai jerawat mulai sembuh.
  3. Targetnya adalah bunuh bakteri. Setelah kulit bersih, oleskan tipis krim produk yang mengandung 2% benzoyl peroxide yang akan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Perlu diingat bahwa benzoyl peroxide dapat memutihkan kain, jadi hindari kontak dengan pakaian, seprai dan handuk berwarna.
  4. Tahan diri. Tangan tidak latah selalu ingin pencet jerawat, karena akan meningkatkan infeksi dan menimbulkan jaringan parut.
  5. Tidak terpesona dengan klaim alami. Konsultasikan dengan dokter/dermatologist ketika ingin mencoba produk yang diklaim alami mengatasi jerawat.
  6. Konsultasikan dengan dokter ahli kulit.

Sumber : health24

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/pencet-jerawat-jangan-lakukan/feed/ 0
5 Tips Mengatasi Stress di Tempat Kerja http://www.mausehat.com/5-tips-mengatasi-stress-di-tempat-kerja/ http://www.mausehat.com/5-tips-mengatasi-stress-di-tempat-kerja/#respond Tue, 11 Dec 2018 04:20:00 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12485 stressedKejebak stress saat kerja? Walau wajar saja.. sebaiknya jangan dong.. Kadang ditempat kerja terjebak pada situasi yang tampaknya dapat mengurangi penat dan stress kerja, kenyataannya enggak. Berikut tips supaya tidak terjebak situasi itu.

  1. Megandalkan minuman berenergi ketika lelah. Cobalah alternative lain dengan tidur siang, Tidur yang cukup ampuh meredam stress kerja. Tidur siang 20 menit cukup untuk memicu hormon yang diperlukan untuk menyeimbangkan kelebihan kortisol.
  2. Melepas stress dengan ngemil kripik. Gantilah dengan camilan kripik yang sehat. Misalnya kripik atau kacang yang kaya dengan omega-3. Omega-3 membantu untuk stabilkan hormon stress kortisol. Atau bisa juga konsumsi oatmeal yang membantu meningkatkan serotonin kimia otak yang menenangkan) dan jeruk (vitamin C counter hormon stres).
  3. Terkadang muncul keinginan bergunjing. Bisa saja ini terjadi karena tubuh kekurangan asupan kalsium, tembaga dan seng/zink. Cobalah konsumsi multivitamin yang mengandung 3 zat itu untuk membantu menurunkan stress.
  4. Sering ngantuk saat di ruang kerja. Menurut studi di Behavioral Neuroscience, ngobrol sebentar dengan teman ternyata mampu membantu mengusir stress.
  5. Muncul keinginan menonton TV. Lebih baik diam dulu sebentar, sekitar 15 menit, kemudian melanjutkan kerja lagi

Sumber : health24.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/5-tips-mengatasi-stress-di-tempat-kerja/feed/ 0
Kafein Kopi Meningkatkan Kinerja Atlet http://www.mausehat.com/kafein-kopi-meningkatkan-kinerja-atlet/ http://www.mausehat.com/kafein-kopi-meningkatkan-kinerja-atlet/#respond Mon, 10 Dec 2018 07:09:24 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12481 kopi dan olahragaMungkin diantara kita tidak pernah ada yang berpikir: apakah kopi bagus diminum sebelum berolahraga? bisa saja sih pertanyaan itu terlintas, namun apa efeknya?

Dalam dunia olahraga, kafein sangat bermanfaat bagi para atlet dan pelatihnya. Kafein merupakan stimulan untuk meningkatkan kinerja atlet, puncaknya antara 5 sampai 20 menit, terutama jika dikonsumsi bersama makanan cemilan. Banyak pelatih atau olahragawan memberikan pendapat positif ketika kafein dikonsumsi, mulai dari meningkatkan energy dan mobilisasi asam lemak.

Masalahnya, kopi banyak dicampur dengan gula dan krimer. Jika demikian, kafein bukan lagi sebagai suplemen. Kopi asli tidak banyak mengandung zat aditif misalnya beta-alanin dan creatine yang ditemukan di banyak suplemen pra-olahraga. Hanya, aturan minum kopi memang ada (misalnya oleh FDA).

Waktu adalah kunci untuk menikmati kopi sebagai suplemen pra-olahraga. Kopi akan bekerja dalam darah selama 5 sampai 6 jam ke depan dan sebaiknya diminum maksimal 45 menit sebelum berolahraga. Studi menunjukkan bahwa konsentrasi kafein maksimum mencapai sekitar 45 menit setelah konsumsi. Sejak saat itu, tubuh akan membakar kafein. Jadi, jika kita minum kopi 45 menit sebelum berolahraga, maka akan mengalami puncak energi dibanding waktu untuk memproses dalam bentuk suplemen. Dosis kafein dalam kopi atau suplemen kopi setidaknya 400mg/hari atau setara dengan empat cangkir kopi seduh. Sebaiknya tidak ditambahkan menjadi lima cangkir.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/kafein-kopi-meningkatkan-kinerja-atlet/feed/ 0
7 Manfaat Intermitten Fasting http://www.mausehat.com/7-manfaat-intermitten-fasting/ http://www.mausehat.com/7-manfaat-intermitten-fasting/#respond Fri, 07 Dec 2018 09:39:56 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12477 puasa2Bagi kita, mungkin istilah Intermintten fasting (IF) masih terkesan asing. IF merupakan pola diet/makan yang menerapkan puasa dalam beberapa jam, misalnya pola 16/8, artinya berpuasa 16 jam/hari. Pola diet ini disebut juga dengan Warrior Diet. Ada beberapa manfaat IF yang sudah terbukti, diantaranya:

  1. Membantu menurunkan berat badan tanpa membatasi kalori. Banyak orang stress ketika jumlah kalori mesti dihitung-hitung, bikin ribet, sehingga banyak orang mengabaikan diet itu sendiri, makan jadi merasa kurang dan akhirnya berat badan kembali naik. Buat orang yang bingung dengan menghitung kalori, mengatur waktu dalam IF sangat tepat. Puasa IF bagi orang yang taat aturan akan sangat berhasil.
  2. Membantu menjaga kondisi berat badan jangka panjang. Dengan IF, penurunan jangka panjang dan menjaga berat badan yang sudah turun, lebih mudah. Sebuah riset membandingkan orang yang menjalankan diet protein tinggi, IF, diet rendah kalori untuk jantung sehat. Diet rendah kalori dan IF sama-sama membantu mengurangi kelebihan berat badan dan Indeks Massa Tubuh ideal, menurunkan lemak darah dan kolesterol, tetapi IF lebih konsisten mempertahankan BB lebih dari setahun.
  3. Membantu orang yang beresiko terkena diabetes. Banyak orang didunia menderita pra-diabetes yang mengarah pada diabetes tipe 2 (dalam waktu 5 tahun). Jika BB turun, maka sensitivitas insulin akan diperbaiki mendorong gula darah juga turun. Orang yang pra-diabetes melakukan IF sangat membantu membutuhkan tubuh untuk memproduksi insulin lebih jarang sehingga sekresi insulin dapat dipulihkan.
  4. Membantu menyelaraskan ritme sirkadian dan melawan penyakit metabolik. Menurut National Sleep Foundation, ritme sirkadian dikenal sebagai siklus tidur / bangun atau jam tubuh, merupakan sistem dalam tubuh yang alami untuk mengatur perasaan kantuk dan terjaga selama periode 24 jam. Riset menunjukkan puasa IF membantu tubuh mengikuti ritme sikardian, membantu metabolisme. Riset lain juga menyebutkan puasa dapat membantu mengatur ulang jam sirkadian sehingga tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri.
  5. Menurunkan resiko masalah kardiovaskular. IF membatasi kalori yang membantu memperbaiki resiko kardiovaskular, mengontrol indeks glikemik dan resistensi insulin. IF sehari-hari juga berhasil menurunkan berat badan, mengurangi tekanan darah, kolesterol total, kolesterol LDL, dan konsentrasi triasilgliserol.
  6. Memperlambat proses penuaan. Pola makan rendah kalori mengurangi proses penuaan, membantu mencegah dan mengobati penyakit. Puasa memicu respons stres seluler adaptif, yang menghasilkan kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi lebih banyak stres dan melawan penyakit, memperbaiki mitokondria sehingga mesin energi tubuh bekerja lebih baik lagi.
  7. Bermanfaat bagi orang tertentu. Tidak hanya membantu menurunkan BB, tapi juga buat orang dengan masalah pencernaan, mempercepat metabolisme.

Ada catatan untuk menerapkan IF. Orang yang punya gangguan makan, pernah memiliki riwayat gangguan makan, dysmorphia tubuh tidak boleh mencoba puasa IF. Begitu juga dengan penderita diabetes tipe 1, wanita hamil dan menyusui, orang yang minum obat tertentu. Masalah olahraga bisa jadi muncul pada orang melakukan IF, misalnya terasa lapar setelah berolahraga berat, sehingga bisa berbuka puasa. Hal ini dapat diolah dengan cara mengatur waktu makan sehingga berolahraga tetap bermanfaat.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/7-manfaat-intermitten-fasting/feed/ 0
Bagaimana Mengatasi Gila Makan Saat Liburan http://www.mausehat.com/bagaimana-mengatasi-gila-makan-saat-liburan/ http://www.mausehat.com/bagaimana-mengatasi-gila-makan-saat-liburan/#respond Thu, 06 Dec 2018 07:49:21 +0000 http://www.mausehat.com/?p=12473 ECJ93Y A boy sells fruit on Tecelote Beach in La Paz, Mexico.

ECJ93Y A boy sells fruit on Tecelote Beach in La Paz, Mexico.

Saat liburan yang penuh suka cita pasti tidak lepas dari kuliner. Tak jarang, selama berlibur porsi makan seseorang meningkat bahkan berlebihan. Kondisi ini disebut sebagai Seasonal Affective Disorder (Gangguan Afeksi karena Musim). Meski menimbulkan ketidaknyamanan secara fisik dan suasana hati, bukan berarti kondisi ini tidak bisa dihindari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecanduan makanan di musim liburan.

  1. Terapi. Kebanyakan orang tidak suka dengan terapi jika mendapatkan masalah. Carilah ahli terapi yang terbiasa menangani problema gangguan makan yang dapat dipercaya dan nyaman. Direkomendasikan juga mereka melakukan Health At Every Size (HAES) yang penting untuk menangani masalah gangguan makan.
  2. Menggabungkan pola pikir tentang makanan. Makanlah sehari tiga kali dengan cemilan. Banyak orang menjadi Binge karena fisik mereka lapar, bingung mau makan apa akhirnya jadi rakus.
  3. Belajar untuk menanamkan konsep terdesak. Belajar prinsip mendesak penting ketika datang ke pesta yang banyak makanannya. Hal ini mendorong otak bereaksi tidak banyak makan. Ada dorongan makan, tapi tidak rakus. Dorongan ini bisa bertahan sekitar 20-30 menit kemudian perlu latihan kembali untuk kontrol makan.
  4. Membuat jadwal pencegahan secara harian. Penting dilakukan terutama disaat liburan. Membuat jadwal misalnya: makan tiga kali sehari, ditulis dalam sebuah cacatan/jurnal.

Banyak orang diluar sana mengalami gangguan binge. Asalkan mau mencari bantuan jika mengalami, maka tidak akan lagi memiliki obsesi pada makanan tertentu. Makan dapat berjalan normal, tidak berlebihan. Cari pemicu awalnya, lalu selesaikan dengan terapi.

Sumber : psychologytoday.com

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/bagaimana-mengatasi-gila-makan-saat-liburan/feed/ 0
Apa Saja yang Perlu Diwaspadai Dalam Kosmetik Anda? http://www.mausehat.com/apa-saja-yang-perlu-diwaspadai-dalam-kosmetik-anda/ http://www.mausehat.com/apa-saja-yang-perlu-diwaspadai-dalam-kosmetik-anda/#respond Wed, 05 Dec 2018 10:30:00 +0000 http://www.mausehat.com/?p=8455 26913-9-jenis-kosmetik-kita-ternyata-memicu-kanker-070134Tampil cantik memang dambaan setiap wanita. Maka industri kosmetik pun berlomba-lomba memenuhi keinginan para wanita mulai dari bedak, lipstik, aksesoris tambahan misalnya pewarna rambut atau lensa mata. Kosmetika bukan hanya sekedar tampil cantik, tapi juga sangat penting memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik tersebut. Ada beberapa bahan yang terlihat aman tapi ternyata dapat ebrbahaya bagi kesehatan kulit. Jenis bahan ini sebaiknya diwaspadai:

  1. Keratin pelurus rambut. Perawatan rambut dengan keratin memberikan sensasi rambut halus bagai sutera dan tidak kusut. Perawatan rambut ini dianggap bebas formaldehid tetapi pada dasarnya menurut Oregon’s OSHA malah menemukan bahan berbahaya tersebut setengah dari sampel yang diuji. Paparan jangka panjang bahan ini dapat menyebabkan kanker. Hanya merapikan atau meluruskan dengan produk ini sekali dalam beberapa bulan tidak menyebabkan masalah, tetapi hal ini patut diperhatikan oleh para penata rias/stylist.

  2. Kondisioner dan alat catok. Kondisioner memang bermanfaat untuk meluruskan rambut, apalagi disertai dengan mencatok dengan listrik statis. Jika memang ingin menggunakan kedua produk ini, pakailah yang aman

  3. Pewarna rambut permanen. Saat ini masih menjadi kontroversi apakah berhubungan dengan kanker jika digunakan dalam jangka panjang. Namun dari beberapa studi menunjukkan bahwapewarna rambut permanen (terutama warna gelap) berisiko tingi terhadap kemungkinan menderitaleukemiaataulimfoma. Pewarnaan rambut pada saat hamil, sebaiknya dilakukan diatas trimester kedua.

  4. Pewarna rambut berbasis tumbuhan. Misalnya dari daun pacar. Pewarna rambut ini cenderung aman kalau benar-benar alami. Ada baiknya jika ingin mengunakan, jangan lupa memakai pelindung kulit kepala agar tidak menyerap lebih banyak ke kulit.

  5. Lensa kontak berwarna/tidak berwarna. Lensa kontak memerlukan perawatan khusus dan tepat, walaupun hanya digunakan dalam jangka waktu pendek. Sebelum membeli pastikan kualitas lensanya baik karena dapat menyebabkan infeksi atau bahkan cidera mata jika sembarngan membeli. Konsultasikan dengan dokter dan cara penggunaan yang benar untuk mencegah infeksi.

  6. Serum mata. Latisse contoh gampang serum yang membuat bulu mata panjang, lentik terkesan seksi. Orang menggunakan kosmetik ini sekitar 4 bulan dengan cara memulas serum pada daerah garis bulur mata. Tetapi hal ini bisa menimbulkan iritasi pada mata, membuat warna kulit sekitar mata jadi gelap dan warna bisa permanen

  7. Pemanjangan bulu mata. Punya bulu mata yang panjang dan lentik sangat mengesankan, bukan berarti tidak ada resikonya, yaitu dapat menyebabkan alergi, cedera pada mata bahkan kebutaan. Menurut FDA, tidak boleh diberikan pewarna apapun dalam prosesnya.

  8. Hydroquinone. Termasuk pencerah kulit. Dermatologists sering merekomendasikan untuk mengurangi bintik-bintik usia atau bercak-bercak hitam yang dikenal sebagai melasma. Terlalu sering menggunakan hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara zat kimia produk dengan kanker, meskipun risiko pada manusia masih belum jelas.

  9. imagesTempat tidur tanning. Sering menggunakan tanning bed untuk membuat kulit coklat eksotis meningkatkan risiko melanoma, bentuk yang paling mematikan dari kanker kulit. Selain itu, tanning bed terutama memancarkan sinar UVA, yang berkontribusi terhadap penuaan dini keriput dan bintik-bintik coklat.

  10. Produk pencoklat kulit. Losion ini biasanya mengandung DHA, zat aditif yang bereaksi sementara dengan asam amino dikulit dan menciptakan warna coklat. Oleh FDA masih diperbolehkan dalam bentuk topikal, tapi tidak dalam bentuk semprot karena zat berbahayanya dapat merusak mata. Losion ini sama sekali tidak memiliki pelindung terhadap paparan sinar matahari

  11. Produk untuk kuku. Manicure-pedicure mengandung berbagai bahan kimia, termasuk formalin, phthalates, aseton atau toluena. Aromanya dapat mengiritasi kulit, mata, hidung dansaluran pernapasan. Reaksi-reaksi ini lebih sering terjadi pada pekerja daripada pemakai. Manikur dan pedikur juga dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri terutama jika peralatan belum disterilkan dengan benar. Gunakan salon yang sanitasinya bagus.

  12. Phthalates adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat produk lebih lentur. Mereka ditemukan pada mainan, kemasan makanan dan beberapa produk kecantikan, termasuk cat kuku, sampo dan sabun. Dua penelitian menunjukkan paparan phthalate selama kehamilan dapat menyebabkan perkembangan abnormal pada bayi lelaki, termasuk kadar hormon yang rendah dan ukuran alat kelamin yang kecil. Namun FDA mengatakan tidak ada bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa phthalates menimbulkan risiko kesehatan. Tetapi sebaiknya berhati-hati. Periksa bahan-bahan untuk phthalate (dibutyl phthalate, dimethyl phthalate, diethyl phthalate, dll), butil ester atau plasticizer. Sangat penting untuk dicatat bahwa phthalates juga ditemukan dilantai, tirai mandi, kemasan makanan. Gunakan kosmetik phthalate-free dan produk perawatan kulit dapat mengurangi paparan zat kimia berbahaya.

Sumber : Webmd

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/apa-saja-yang-perlu-diwaspadai-dalam-kosmetik-anda/feed/ 0