MauSehat.Com http://www.mausehat.com Fri, 20 Apr 2018 05:08:51 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.14 Tentang Hepatitis C http://www.mausehat.com/tentang-hepatitis-c/ http://www.mausehat.com/tentang-hepatitis-c/#respond Fri, 20 Apr 2018 05:08:50 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11855 hepatitis cHepatitis C merupakan infeksi serius pada liver disebabkan oleh Virus Hepatitis C. Empat hepatitis yang umum selain Hepatitis C yaitu Hepatitis A, B, D dan E. Hepatitis C ditularkan melalui darah dari orang yang terinfeksi melalui jarum suntik (termasuk jarum tatto yang tidak steril), jarum suntik bekas pada pelayanan kesehatan, hubungan seks tanpa pengaman.

Jika kondisi tubuh kuat namun terinfeksi virus Hepatitis C, maka dalam beberapa bulan tubuh akan menghilangkan sendiri virus itu. Hanya, banyak faktor menjadikan virus tetap ada dan membentuk jaringan parut pada liver, kanker hati, gagal liver bahkan kematian.

Hepatitis akut dapat terjadi sekitar beberapa minggu atau bulan setelah tubuh  terinfeksi. Akut berarti penyakitnya mendadak dan berumur pendek, terjadi dalam dua minggu pertama sampai enam bulan infeksi. Sekitar 25% infeksi Hepatitis C dapat diatasi tubuh.

Terdapat perawatan khusus bagi Hepatitis C akut, hanya penyakit ini muncul dengan sedikit gejala. Jika ada, yaitu demam, kelelahan, serta gejala mirip flu lainnya yang dianggap biasa. Gejala yang cenderung tidak dirasakan akan menyebabkan infeksi kronis.

Sekitar 75-85% penderita Hepatitis C akut akan berubah menjadi Hepatitis C kronis dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih. Infeksi ini bahkan tanpa gejala, namun dapat menyebabkan kegagalan liver.

Hepatitis C disebut “silent killer” karena virus ini sering bersembunyi di dalam tubuh selama bertahun-tahun, lolos terdeteksi dan akhirnya merusak liver. Karena kebanyakan orang tidak memiliki tanda peringatan hepatitis C (tidak tahu bagaimana atau kapan mereka terinfeksi), mereka tidak berobat sampai bertahun-tahun kemudian. Pada saat gejala hepatitis C muncul atau diagnosis terjadi, kerusakan sudah terlanjur terjadi.

Gejala yang sering muncul adalah kelelahan, demam, nyeri otot, tidak nafsu makan, mual, muntah, nyeri bagian kanan atas perut, urin berwarna kuning tua, kulit dan mata kekuningan (jaundice), kulit gatal, warna kotoran pucat, mudah berdarah dan memar. Satu dari empat penderita Hepatitis C kronis akan dapat mengembangkan sirosis, jaringan parut yang parah dengan gejala tambahan  pembengkakan kaki dan perut, pembuluh darah mirip laba-laba, penumpukan racun di aliran darah yang dapat menyebabkan kerusakan otak.

Hepatitis C kronis juga merupakan salah satu penyebab utama kanker liver, yang memiliki banyak gejala yang sama seperti yang dialami oleh orang-orang yang menderita hepatitis C selama bertahun-tahun, termasuk kelelahan, demam, kembung, nyeri di sisi kanan, dan ikterus/jaundice/sakit kuning.

Pada tahapan sederhana dan tanpa gejala, pemeriksaan darah rutin dapat membantu. Dokter dapat mendiagnosis dengan menekan perut bagian atas, apakah mengalami pembesaran/tidak. Tes screening dapat mengetahui apakah seseorang mengembangkan anti virus Hepatitis C atau tidak. Jika hasil tes positif, berarti sudah terkena virus.

Tes darah kedua bisa mengkonfirmasi apakah virus tersebut saat ini ada di aliran darah atau tidak. Tes mendeteksi materi genetik virus hepatitis C, yang disebut RNA. Jika  tes positif, itu berarti terkena infeksi. Jika tidak, itu berarti tubuh  membersihkan infeksi. Tes darah ketiga mungkin diperintahkan untuk menentukan “genotipe,” atau strain virus. Informasi ini dapat membantu dokter memilih pengobatan yang tepat. Biopsi liver dapat dilakukan untuk memeriksa hepatitis C kronis. Tes ini dilakukan di rumah sakit atau fasilitas rawat jalan. Jarum biopsi tipis dimasukkan untuk mengekstrak sampel kecil jaringan liver. Pasien dapat diberi obat penenang dan obat pereda nyeri.

Tehnik pengobatan Hepatitis C pada dasarnya sudah membaik dari tahun ke tahun, bahkan virus dapat dihilangkan dengan efek samping kecil. Jenis pengobatan yang diterima tergantung pada genotipe dan seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan liver. Beberapa obat terbaru untuk genotipe hepatitis C 1, 2, dan 3 meliputi: Daclatasvir (Daklinza); Elbasvir / grazoprevir (Zepatier); Ledipasvir (Harvoni); Ombitasvir, paritaprevir, dan ritonavir dengan tablet dasabuvir (Viekira Pak); Sofosbuvir / velpatasvir (Epclusa); Sofosbuvir (Sovaldi); Daclatasvir (Daklinza) dengan sofosbuvir (Sovaldi); dan Sofosbuvir / velpatasvir (Epclusa).

Apa yang dapat menyebabkan orang beresiko terkena Hepatitis C?

  1. Menerima donor dari orang yang darahnya terinfeksi Hepatitis C.
  2. Mendapatkan donor misalnya faktor pembekuan darah untuk mengobati kelainan pendarahan, seperti hemofilia, sebelum 1987.
  3. Lahir dari ibu dengan Hepatitis C
  4. Bekerja di tempat pelayanan kesehatan yang terpapar darah meski tidak disengaja atau terpapar benda tajam
  5. Gonta ganti pasangan seks, riwayat penyakit menular seksual atau pasangan seks yang memiliki hepatitis C kronis.
  6. Terinfeksi HIV
  7. Memiliki tattoo atau tindik
  8. Hemodialisis
  9. Memiliki penyakit liver atau fungsi liver tidak normal
  10. Hubungan seks sesama jenis

 

sekitar 60-70% orang yang menderita Hepatitis C akan berubah menjadi kronis. Namun sekarang ini, sekitar 90% dapat sembuh. Tidak ada salahnya seseorang memperhatikan berikut ini, yaitu:

  1. Jangan berbagi jarum suntik atau perlengkapan obat lain dengan orang lain.
  2. Jangan menyumbangkan darah, organ atau sperma jika memang sudah terinfeksi.
  3. Jangan melakukan hubungan seks tanpa kondom
  4. Tutup luka dan lecet.
  5. Gunakan desinfektan untuk membersihkan tumpahan darah
  6. Cuci dengan sabun dan air untuk mengeluarkan darah dari tangan
  7. Hati-hati membuang perban, tisu, tampon dan benda-benda berdarah lainnya
  8. Jangan berbagi barang yang mungkin berhubungan dengan darah termasuk sikat gigi, gunting kuku, dan pisau cukur.
  9. Berhenti menyusui jika puting susu seorang ibu pecah-pecah dan berdarah. Seorang ibu dapat melanjutkan perawatan setelah puting susu sembuh. (Hepatitis C tidak ditularkan melalui ASI)

 

 

Sumber : health.com

 

(ast/bt)

 

 

 

 

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/tentang-hepatitis-c/feed/ 0
6 Tips Supaya Liver Tetap Sehat http://www.mausehat.com/6-tips-supaya-liver-tetap-sehat/ http://www.mausehat.com/6-tips-supaya-liver-tetap-sehat/#respond Thu, 19 Apr 2018 10:30:53 +0000 http://www.mausehat.com/?p=9454 2015-09-03-6-simple-lifestyle-tips-for-a-happier-healthier-liver-fbLiver, organ tubuh berukuran besar yang fungsi dan tugasnya lebih berat diantara organ lainnya. Organ ini berperan penting diantaranya untuk menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan sebelum diteruskan ke seluruh tubuh, memproduksi protein pembeku darah dan detoksifikasi bahan-bahan berbahaya.

Apa yang terjadi jika liver mudah terserang penyakit? Bisa dipastikan semua fungsi nya akan menurun. Namun, karena liver mempunyai sistem detoksifikasi sehingga dapat memperbaiki diri sendiri. Kondisi ini dapat terjadi jika diimbangi dengan pola diet yang tidak baik. Lalu, bagaimana tips untuk mempertahankan liver agar tetap sehat?

  1. Memeriksa label dalam makanan. Perhatikan komposisigula, fruktosa, aditiflainnya, sepertiperasa, pewarna danpemanis buatan, minyak kedelaidan minyakberkualitas rendahlainnyadan lemaktrans. Fruktosa sama buruknya dengan alkohol. Keduanya dapat menyebabkan fatty liver (lemak di liver) ketika dikonsumsi berlebihan.

  2. Batasi/hindari minuman alkohol. Minum anggur dalam tingkat moderat masih bisa ditoleransi oleh tubuh, namun terlalu banyakdapat membebani liver. Penggunaan alkoholberlebihandan kronisdapat menyebabkansirosis hati.

  3. Hindari makanan yang menyebabkan alergi, walaupun alergi ringan. Alergi makanan dapat melemahkan fungsi liver dan menekan sistem detoks alami tubuh.

  4. Tetap terhidrasi. Minumlah sekitar 2 liter/hari. Air/cairan membantu mengeluarkan racun melalui kantung kemih dan usus, sehingga membantu mengurangi tingkat stress pada liver.

  5. Makan makanan organik. Makanannon-organikumumnyamengandung pestisida, hormon, antibiotik, yang semuanyaharusdifiltermelalui liver. Hal yang sama juga terdapat pada produk rumah tangga, sebaiknya gunakan yang sealami dan organik; zat-zat berbahaya dari produk rumah tangga tersebut bisa masuk ke tubuh melalui kulit sebai media penyerap racun.

  6. Konsumsi makananberagam, jenis dengan jumlah seimbang serta makanan fermentasi. Makanan fermentasimeningkatkan jumlahbakteri baik dalam usus. Sehatnya usus dan saluran pencernaan menjadi tolak ukur bagi kesehatan organ liver karena akan bekerja lebih ringan. Diet yang seimbangjuga akan memberikanbanyakvitamin dan mineral, yang dapatmemperkuat sistem kekebalantubuh danmendukungfungsi liver.

Sumber : Daily Health Post

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/6-tips-supaya-liver-tetap-sehat/feed/ 0
Pola Tidur Kurang Baik Berisiko Terhadap Alzheimer http://www.mausehat.com/pola-tidur-kurang-baik-berisiko-terhadap-alzheimer/ http://www.mausehat.com/pola-tidur-kurang-baik-berisiko-terhadap-alzheimer/#respond Thu, 19 Apr 2018 04:22:30 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11851 alzheimerTidur cukup merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Kualitas dan pola tidur ternyata juga sangat berpengaruh terhadap demensia. Sebuah riset yang dipublikasikan the journal Neurology menyebutkan bahwa orang dewasa yang tidurnya tidak berkualitas baik maka akan cenderung menderita Alzheimer.

Studi yang menguji hubungan antara pola tidur dengan Alzheimer seperti ini bukan yang pertama kali. Pada riset lain menyebutkan bahwa saat tidur otak melakukan treatmen dan detoksifikasi. Protein seperti amiloid yang membentuk plak dan membentuk kerutan (yang ditemukan pada orang dengan Alzheimer), berusaha dibuang oleh otak saat tidur. Para ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison meneliti sekitar 101 orang dengan usia rata-rata 63 tahun, dengan kadar pikir dan pengingat yang masih normal, namun punya resiko genetik Alzheimer. Mereka mendapatkan pertanyaan tentang kualitas tidur dan diambil cairan tulang belakang.

Dari cairan spinal tersebut, para periset menemukan bahwa orang-orang dengan kualitas tidur kurang, memiliki penanda penyakit Alzheimer, termasuk pembentukan amiloid dan plak yang menyebabkan kerusakan sel otak dan pembengkakan. Hubungan ini tetap ada, walau sudah menggunakan obat tidur, juga berhubungan dengan tingkat pendidikan, gejala depresi dan  indeks massa tubuh. Tingkat penanda Alzheimer tidak ditemukan pada orang dengan gangguan obstruktif sleep apnea (gangguan pernafasan yang merupakan faktor resiko beberapa penyakit kronis). Hal ini karena pengujian belum sampai pada sleep apnea. Nafas yang tidak teratur juga sering tidak terdeteksi oleh pasien dan laporannya bersifat subjektif.

Pada tahap awal, Alzheimer mungkin saja disebabkan oleh gangguan tidur, bahkan walau gejala belum terlihat. Plak amiloid dapat mengganggu gelombang tidur menjadi lambat, sehingga pada orang dengan penanda Al zheimer lebih cenderung melaporkan pola tidur yang kurang baik.

Namun hal ini seperti bolak balik. Para periset mengatakan bahwa pola tidur kurang baik dapat menyumbang potensi perkembangan Alzheimer. Perlu penelitian lebih lanjut, aspek tidur mana yang sebaiknya diperbaiki untuk menunda bahkan mengurangi gejala Alzheimer.

Meskipun temuan mereka menunjukkan adanya hubungan antara efek tidur risiko terhadap Alzheimer, para periset percaya bahwa hal itu  sangat penting. Di Amerika, menemukan cara untuk menunda  gejala penyakit Alzheimer bahkan dalam lima tahun dapat mengurangi jumlah kasus sebesar 5,7 juta jiwa dan menghemat $ 367 miliar untuk belanja layanan kesehatan.

 

Sumber : time.com

(ast/bt)

 

]]>
http://www.mausehat.com/pola-tidur-kurang-baik-berisiko-terhadap-alzheimer/feed/ 0
Konsumsi lebih dari satu suplemen? Simak ini dulu ya http://www.mausehat.com/konsumsi-lebih-dari-satu-suplemen-simak-ini-dulu-ya/ http://www.mausehat.com/konsumsi-lebih-dari-satu-suplemen-simak-ini-dulu-ya/#respond Wed, 18 Apr 2018 06:55:47 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11847 suplemenWalapun kita tahu, bahwa suplemen sangat bermanfaat bagi kesehatan, ada baiknya untuk mengetahui interaksi antar suplemen. Apakah saling bermanfaat atau saling merugikan terlebih jika dikonsumsi secara bersamaan. Jangan sampai justru malah merugikan kesehatan tubuh. Berikut ini sedikit pengetahun agar tidak terjadi pendarahan internal/bagian dalam.

  1. Minyak ikan.

Interaksi antara minyak ikan dengan obat tekanan darah akan semakin menurunkan tekanan darah. Selain itu, berhati-hatilah saat mengkonsumsi minyak ikan dengan obat lain yang meningkatkan risiko pendarahan. Contoh obat tersebut adalah ibuprofen, aspirin dan naproxen. Demikian juga jika konsumsi dosis tinggi minyak ikan yang dikombinasikan dengan Gingko Biloba berisiko menyebabkan pendarahan.

  1. Melatonin

Melatonin mempunyai efek samping ngantuk. Jika konsumsi melatonin dikombinasikan dengan obat penenang seperti narkotika, benzodiazepin dan antidepresan lainnya, maka tubuh semakin mengantuk. Melatonin dapat memperlambat pembekuan darah seperti anti koagulan lainnya misalnya  warfarin atau heparin. Jika minum obat pengendali tekanan darah, hindari melatonin karena dapat menaikkan tekanan darah. Bila seseorang minum melatonin dengan suplemen lain yang mengandung sifat obat penenang seperti valerian dan St John’s wort, hal itu dapat memperparah efek samping yang disebabkan oleh melatonin.

3. Kalsium.

Mineral yang bermanfaat untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat otot, saraf dan jantung. Kalsium jika disatukan dengan Vitamin D dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan resiko diabetes. Kalisum dapat mengganggu fungsi beberapa obat misalnya bifosfonat, termasuk diantaranya alendronat, tetrasiklin (sejenis antibiotik). Selain juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat tekanan darah dari golongan kuinolon seperti levothyrocine yang mengobati hipotiroidisme.

  1. St John’s wort

Jika dibarengi dengan obat antidepresan, maka akan meningkatkan kadar serotonin dalam darah yang dapat menyebabkan kejang otot dan obat lain menjadi kurang efektif misalnya obat HIV, pil KB, pengencer darah. Dalam kasus yang jarang terjadi, herbal ini dapat berinteraksi dengan beberapa obat migrain seperti zolmitriptan dan sumatriptan yang dapat meningkatkan kemungkinan sindrom serotonin.

  1. vitamin D.

Vitamin D dapat mengurangi keefektifan obat-obatan yang menurunkan kadar kolesterol seperti atorvastatin (golongan statin) selain juga beberapa obat untuk tekanan darah tinggi. Bila seseorang mengkonsumsi vitamin D dosis tinggi bersama dengan obat diuretik, dapat menyebabkan kalsium dalam jumlah tinggi di dalam tubuh dan ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

  1. Zink/seng.

Jika minum tetrasiklin atau kuinolon sebaiknya tidak minum suplemen Zink. Untuk lebih baiknya, minum antibiotik sekitar 2 sampai 6 jam sebelum minum suplemen Zink. Hal ini juga berlaku untuk penisilin dalam Rematik artritis.

Untuk memastikan bahwa Anda telah menggunakan antibiotik yang tepat, minum dua jam sebelum

  1. Bawang putih.

Bawang putih bermanfaat mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Namun, hal itu bisa meningkatkan kemungkinan pendarahan saat dikonsumsi dengan obat anti pembekuan darah, seperti pengencer darah. Selain itu juga membuat obat anti-saquinavir menjadi kurang efektif, bisa mengurangi kadar gula darah, sehingga mempengaruhi kebutuhan insulin tubuh.

  1. Jahe

Studi menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meredakan muntah dan mual. Ini juga memudahkan pencernaan dan merangsang nafsu makan. Meski begitu, hal itu meningkatkan kemungkinan pendarahan saat dikonsumsi dengan obat anti pembekuan darah. Bila diminum dengan antibiotik siklosporin, bisa menurunkan kadar darah.

 

Sumber ; positivemed.com

(ast/bt)

 

]]>
http://www.mausehat.com/konsumsi-lebih-dari-satu-suplemen-simak-ini-dulu-ya/feed/ 0
Sumber kuman yang biasa kita pegang http://www.mausehat.com/sumber-kuman-yang-biasa-kita-pegang/ http://www.mausehat.com/sumber-kuman-yang-biasa-kita-pegang/#respond Tue, 17 Apr 2018 10:06:20 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11842 sakit perutDiantara kita mungkin saja tidak menyangka kalau barang-barang dibawah ini ternyata dapat mendatangkan penyakit perut karena banyaknya kuman ketika kita pegang. Benda apa saja yang banyak kumannya?

Banyak orang tidak bisa hidup tanpa HP, bahkan sampai ke kamar mandipun, HP dibawa juga. Hp bisa menjadi sumber 10 kali kuman lebih kotor dari toilet dan bisa saja mengandung lebih banyak E.coli dibandingkan toilet yang dapat menimbulkan diare dan krram perut. Kuman itu dapt berjam-jam di  HP kita. Cucilah tangan sebelum dan sesudah memegang HP.

  1. Remote control.

Banyak orang tanpa sadar misalnya sedang flu, memegang remote. Maka penyakit berpindah dari satu tangan ke tangan orang lain. Selain itu juga bisa sebagai sarang bakteri dan jamur. Bersihkan dengan tissue anti bakteri.

  1. Keyboard komputer.

Anak-anak sedang main game tidak lepas dari keyboard. Tidak hanya mereka, hewan misalnya kucing atau anjing juga suka duduk diatasnya. Hewan bisa duduk sehabis dari mana saja, misalnya dari tempat sampah atau toilet. Bersihkan keyboard dengan alkohol.

  1. Spons cuci piring.

Saat basah, spons pencuci akan mengotori piring satu ke piring lain yang justru akan dicuci. Cobalah cium dan bersihkan segera ketika sudah baunya tidak enak.

  1. Gagang sikat gigi.

Pasta gigi sebenarnya untuk membunuh kuman yang ada di gigi. Tapi tetesan air setelah menyikat gigi dapat bersarang di gagang nya dan mengandung banyak kuman jika tidak dibersihkan. Sering-seringlah mengeringkan gagang ini dan gantung supaya kering.

  1. Alat-alat kantor.

Gagang kulkas, keran air, gagang ceret kopi, pulpen, pinsil, tombol mesin foto kopi, semuanya dapat menyebabkan sakit perut karena dapat mengandung bakteri, jamur dan bakteri. Cuci tangan jika ingin makan, dan perlu juga dicuci dengan cuka.

  1. Mainan hewan.

Mulut hewan bukan sesuatu yang bersih. Kita mungkin suka bermain dengan hewan kesayangan termasuk memberikan mainan. Cuci tangan sebelum makan atau bersihkan alat main hewan kesayangan.

Sebuah penelitian menyebutkan, selembar uang kertas memiliki 3000 jenis bakteri, mulai dari penyebab jerawat sampai diare.

  1. Cangkir minum kita di kantor

Cangkirnya mungkin saja rajin kita cuci, tapi dengan spons cuci piring yang tidak sering dibersihkan. Minimal jika memang spons cuci piring jarang dibersihkan, setelah mencuci gelas, lap dengan tissue.

  1. Mesin cuci

Ternyata mesin cuci juga tidak menjamin baju kita tidak terkontaminasi mikrobilogis. Sebuah riset menjelaskan mesin pemutar dan pengering pada mesin cuci dapat ditumpangi oleh rotavirus (membuat sakit perut parah). Bilas pakaian dalam dengan air panas atau pemutih.

  1. Dompet

Jarang orang terpikir setelah memegang dompet, akan mencuci tangan. Dompet bisa saja ditaruh ditempat yang tidak bersih misalnya diatas dashboard mobil, tempat siram toilet, dsbnya. Cuci tangan setelah memegang dompet.

Para ilmuwan di New York menemukan bahwa mikroba berada di makanan misalnya ayam, ikan, bakteri pembusuk pada produk susu, jamur, makanan panggang, akibat dari lupa nya mencuci tangan setelah mengambil uang dari ATM. Tidak ada perbedaan antara ATM diluar bank atau di anjungan. ATM dekat dengan laundry dan toko yang paling banyak kumannya.

  1. Keranjang belanja

Keranjang belanja, terutama pegangannya banyak mengandung bakteri E. coli, campylobacter, dan salmonella, yang semuanya menyebabkan diare. Cuci tangan setelah memegang keranjang sebelum mencuci sayuran atau daging yang telah dibeli dari swalayan.

  1. Tempat sabun

Jarang sekali tempat sabun dibersihkan setelah sabun kosong, padahal dapat saja menjadi sarana pindahnya kuman dari tangan ke tube.

  1. Handuk dapur

Mengelap tangan dengan handuk dapur, atau tanpa sengaja, bisa mengelap piring atau alat makan yang lain. Handuk dapur dapat menjadi sumber bakteri salmonella atau fecal. Cucilah sesering mungkin, sebelumnya direndam air panas 2 menit atau desinfektan.

  1. Lilin kue ultah

Satu studi menunjukkan bahwa jumlah bakteri di permukaan kue meningkat 1.400% karena meniup lilin bersama-sama.

Sumber : webmd

(ast/bt)

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/sumber-kuman-yang-biasa-kita-pegang/feed/ 0
Fakta tentang uban http://www.mausehat.com/fakta-tentang-uban/ http://www.mausehat.com/fakta-tentang-uban/#respond Tue, 17 Apr 2018 07:11:01 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11838 tumbuh-rabut-ubanUban menurut sebagian orang menjadi pertanda kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun, apa benar seperti itu adanya? Fakta uban dapat menjadi topik menarik yang bisa disimak berikut ini:

  1. Tergantung pada pigmen. Folikel rambut kita memiliki sel pigmen yang berfungsi untuk mewarnai rambut kita. Seiring usia, sel ini akan mati. Tanpa pigmen maka rambut akan menyerap warna lain, yaitu abu-abu dan lama lama memutih. Jika folikel benar-benar habis, maka rambut akan mulai memutih.
  2. Stres dan gen. Stress misalnya karena pekerjaan, dapat membuat uban tumbuh lebih cepat. Namun, gen lebih banyak berperan dalam memunculkan uban. Jika orangtua beruban di usia 30 an, biasanya si anak juga akan mengalami hal yang sama.
  3. Suku bangsa berpengaruh. Rata-rata, orang kaukasus akan bisa beruban berusia awal 30 an, asia akhir 30 an dan afrika sekitar tengah 40 an.
  4. Muda ubanan. Beberapa orang ada yang ubanan 10 tahun lebih muda dari seharusnya, orang kaukasia akan mengalami di usia 20 an, asia di awal 25 an dan afrika di awal 30 an.
  5. Penyebab kesehatan yang mempercepat tumbuh uban. Penyebabnya karena kekurangan vitamin B12, kondisi khusus karena tumor, penyakit tiroid, vitiligo yang terjadi pada kulit kepala.
  6. Hati-hati dengan stress. Walau secara tidak langsung memperbanyak jumlah dan kecepatan tumbuhnya uban, namun stress dapat memicu percepatan munculnya uban 3x lebih cepat dari rambut hitam/warna aslinya.
  7. Seorang perokok juga memiliki risiko cepatnya munculnya uban sebelum usia 30 dibandingkan dengan non perokok. Bahkan uban dapat berwarna kekuningan.
  8. Cabut atau tidak? Ada mitos jika uban dicabut, akan tumbuh tiga helai uban baru. Faktanya, rambut yang tumbuh tetap sehelai dan hanya mengundurkan waktu tumbuh. Menarik uban juga dapat merusak folikel sehingga pertumbuhan rambut semakin tipis.
  9. Warna uban lebih muda. Hal ini terjadi karena lapisan kutikula lebih tipis. Selain itu juga dipengaruhi oleh sinar ultraviolet, air, kelembaban, bahan kimia dan gaya panas. Tanpa penghalang, akan jadi tambah berkurang kelembabannya sehingga kering, kasar, rapuh.
  10. Kondisioner mempengaruhi kelembaban dan membantu rambut beruban lebih baik.
  11. Sebaiknya tidak di cat. Jika memang uban masih sedikit, gunakan tehnik menyisir yang lurus menutupi uban.
  12. Menggunakan pelembab rambut. Kondisioner sangat membantu mengatasi rambut uban yang kering dan kusam. Terlalu kepanasan dan banyak terpapar cahaya matahari atau mewarnai rambut dapat cepat memutihkan uban. Jika harus diwarnai, warna ungu bisa menjadi alternative yang baik.
  13. Diwarnai? Boleh juga. Carilah pewarna yang benar-benar aman untuk rambut dan kesehatan kulit, bisa cari warna yang permanen atau tahan lama.
  14. Jangan takut beruban. Jika memang sudah banyak, sebenarnya bisa meminta arahan dari penata rambut, bagaimana caranya punya rambut beruban, tapi tetap gaya, berkilau dan sehat.
  15. Di trim dengan benar. Uban bisa disembunyikan dengan gaya rambut yang pas, misalnya dengan potong rambut setiap 6-8 minggu.

 

Sumber : webmd

(ast/bt)

 

 

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/fakta-tentang-uban/feed/ 0
Banyak konsumsi gula saat hamil, anak mudah alergi http://www.mausehat.com/banyak-konsumsi-gula-saat-hamil-anak-mudah-alergi/ http://www.mausehat.com/banyak-konsumsi-gula-saat-hamil-anak-mudah-alergi/#respond Mon, 16 Apr 2018 09:44:26 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11834 asmaIbu hamil yang ketagihan makan manis, gula dan olahannya, sebaiknya berhati-hati. Karena terlalu banyak konsumsi makanan/minuman yang mengandung gula menyebabkan anak berisiko tinggi terhadap alergi/astma (riset dari European Respiratory Journal) Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dimakan ibu (pola diet) akan berpengaruh pada kualitas kehidupan anak di masa mendatang.

Studi baru ini menganalisis data dari hampir 9.000 wanita yang hamil pada awal 1990an. Anak-anak yang lahir dari ibu yang di analisa dilakukan tes astma dan alergi umum (seperti tungau debu, kucing dan rumput) pada usia 7 tahun. Saat hamil, para wanita diminta mengonsumsi (mingguan) makanan yang mengandung gula termasuk kopi dan teh; tanggapan mereka digunakan untuk menghitung asupan tambahan gula, tidak termasuk gula alami dalam buah, sayuran atau produk susu.

Meski sempat diragukan dan tidak mempunyai bukti kuat, namun ketika dilihat secara spesifik dari anak-anak penderita astma dengan penegakan diagnosis serta tes kulit positif untuk allergen terlihat hubungan yang kuat antara konsumsi makanan/minuman tinggi gula dengan ibu hamil.

Anak-anak dari ibu dengan diet tinggi gula juga 38% lebih mungkin positif memiliki alergen dan 73% lebih mungkin dua kali atau lebih mengalami alergi lain daripada ibu yang tidak banyak konsumsi gula dan olahannya. Para peneliti mempertimbangkan juga beberapa aspek misalnya aspek sosial dan makanan.

Tidak semua kondisi alergi dikaitkan dengan konsumsi gula pada ibu. Tidak ada hubungan  ditemukan untuk eksim atau demam. Dan bertentangan dengan penelitian sebelumnya, tidak ada hubungan yang ditemukan antara asupan gula anak-anak sendiri (pada usia 4 tahun) dan hasil kesehatan mereka pada usia 7 tahun.

Para peneliti masih menduga bahwa asupan tinggi gula selama kehamilan dapat meningkatkan peradangan di paru-paru, membuat anak-anak cenderung mengembangkan alergi.Hal ini menandakan bahwa diet pada ibu hamil adalah penting. Ada teori lain mengatakan bahwa konsumsi sirup jagung terlalu tinggi dapat bertanggung jawab atas peradangan. Angka konsumsinya di Amerika meningkat dari tahun 1970 sampai 2000 dari 0% ke 30%. Epidemi astma dan alergi astma dalam 50 tahun terakhir ini meningkat dan diduga salah satu penyebabnya karena perubahan pola makan. Mengingat jumlah gula yang banyak dikonsumsi secara teratur di negara-negara Barat, penulis penelitian mengatakan bahwa kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut sangat mendesak.

Sumber : time.com

(ast/bt)

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/banyak-konsumsi-gula-saat-hamil-anak-mudah-alergi/feed/ 0
Bagaimana paru-paru tetap sehat http://www.mausehat.com/bagaimana-paru-paru-tetap-sehat/ http://www.mausehat.com/bagaimana-paru-paru-tetap-sehat/#respond Mon, 16 Apr 2018 05:03:57 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11830 paru-paruParu-paru, salah satu organ penting tubuh kita ini sering lalai dijaga kesehatannya. Umumnya hanya berfokus pada kesehatan jantung, liver dan ginjal. Jangan anggap enteng kesehatan paru-paru. Seorang dokter ahli pulmonologi (ahli paru) Patricia Finn, M.D memberikan beberapa saran untuk menjaga kesehatan paru-paru kita.

  1. Mengobati tuntas masalah paru-paru.

Menurut Michael Niederman M.D, infeksi paru bisa saja berkembang menjadi komplikasi penyakit kronis lainnya. Pada orang yang mengalami gagal jantung kongesif (jantung membengkak dan sulit memompa darah) mengakibatkan penumpukan cairan di paru, sehingga meningkatkan resiko pneumonia. Jika diabetes tidak terkontrol juga akan menurunkan daya tahan tubuh, meningkatkan resiko infeksi paru.

  1. Tidak merokok.

Merokok menjadi penyebab utama penyakit COPD atau kerusakan paru kronis. Toksin dan bahan penyebab kanker masuk ke dalam saluran paru-paru dan kantung udara (alveoli). Merokok merusak sistem pertahanan paru.

  1. Bersihkan tangan.

Menutup saat batuk dan bersin merupakan cara pencegahan penularan flu yang baik. Sebab pneumonia bisa menjadi komplikasi tambahan dengan banyaknya penyebaran flu. Cara lain mencegah penularan adalah dengan mencuci tangan, menghindari kontak dengan penderita infeksi pernafasan. Siapa pun bisa terkena pneumonia, namun kelompok usia dewasa dan anak-anak yang menderita asma dan OCPD mempunyai risiko tinggi tertular.

  1. Vaksin flu.

Pada saatnya, vaksin diperlukan untuk mencegah terjadinya flu berat atau pneumonia karena flu. Di Amerika, setiap tahun, orang dewasa diwajibkan untuk vaksin flu. CDC merekomendasikan dua vaksin , yaitu vaksin konjugasi pneumokokus (PCV13 atau Prevnar 13) dan vaksin polisakarida pneumokokus (PPSV23 atau Pneumovax) untuk dewasa diatas usia 65 tahun yang memiliki kekebalan tubuh rendah. PPSV23 juga dianjurkan untuk orang dewasa dengan rentang usia 19 – 64 tahun, perokok atau penderita asma.

  1. Konsumsi makanan gizi.

Diet/pola makan kaya buah dan sayuran baik bagi jantung, usus dan membantu mencegah penyakit paru-paru kronis. Studi penelitian di Swedia terhadap mantan perokok banyak makan buah dan sayur memiliki resiko lebih rendah terkena COPD (penyakit paru obstruktif kronis). Baru-baru ini, sebuah penelitian besar di Jepang menunjukkan bahwa sayuran cruciferous dapat mengurangi risiko kanker paru pada non-perokok. (Namun pada sisi lain, seorang perokok atau mantan perokok, tidak mendapatkan manfaat yang baik dari beta-karoten. Sebuah penelitian menghubungkan antara suplemen beta-karoten dengan risiko kanker yang lebih tinggi pada perokok/mantan perokok).

  1. Olah raga (jalan kaki)

Olahraga 150 menit/minggu ritme sedang, dan 75 menit/minggu dengan ritme cepat. Contohnya bersepeda, berkebun, jalan kaki cepat, berlari. Saat berolahraga, paru-paru bekerja meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh untuk energi dan mengeluarkan karbondioksida. Lalu jantung akan mengedarkan oksigen ke otot. Pada awalnya mungkin berolahraga akan membuat terengah-engah, namun lama kelamaan tubuh akan menyesuaikan dengan efisien, terutama bagi orang dengan masalah paru.

  1. Lakukan yoga.

Dr Finn mengatakan, yoga sederhana dengan fokus peregangan dan pengaturan nafas sangat membantu meningkatkan fungsi dan kapasitas paru. Pasien yang terkena COPD akan meningkat kapasitas paru nya setelah dua bulan yoga, dibandingkan yang terapi COPD biasa. Uji kontrol secara acak juga menyebutkan yoga dapat membantu memperbaiki kualitas hidup penderita asma.

  1. Melatih pernafasan.

Latihan pernafasan dapat membantu meningkatkan kapasitas paru. Latihan nafas setiap hari, agar kesehatan paru terjaga.

  1. Hindari asap dan polutan berbahaya.

Polutan masuk ke dalam paru, memicu terjadinya reaksi inflamasi, menghirup racun dapat menghancurkan jaringan paru. Hindari beberapa polutan yang dapat kita hindari, misalnya : berbasis minyak, fiberglass, pestisida, bahan kimia rumah tangga, kompor gas, lilin wangi dan perapian juga bisa menjadi sumber pencemaran udara dalam ruangan.

  1. Bermain bumbu.

Walau manfaat rempah bagi pernafasan baru dilakukan pada tikus atau hewan percobaan lain, tidak ada salahnya juga menaruh rempah yang cukup dalam masakan. Namun, beberapa penelitian menyarankan curcumin, pigmen kuning ditemukan dalam kaldu, dan capsaicin, ramuan yang memberi cabai panasnya, dapat menghambat pertumbuhan tumor pada kanker paru-paru. Dalam penelitian lain, kurkumin telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat bermanfaat bagi penderita asma.

  1. Jaga kebersihan.

Tungau debu, bulu hewan peliharaan dan jamur: Jika ada di dalam rumah, mereka dapat memicu alergi dan asma atau memperburuk gejala pernafasan. Bersihkan rumah dengan baik, gunakan alat misalnya penyedot debu.

  1. Makan kacang.

Mengonsumsi segenggam kacang dalam sehari, dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit pernafasan hingga setengahnya. Itu menurut analisis besar studi tentang konsumsi kacang. (Ini juga menunjukkan penurunan yang signifikan pada penyakit jantung dan keseluruhan risiko kanker). Kacang kaya akan vitamin E, yang mengurangi oksidasi dan peradangan sel dalam tubuh. Tentu saja, orang-orang dengan alergi kacang harus memilih alternatif anti-inflamasi, seperti minyak zaitun dan ikan berlemak.

Sumber : health.com

(Ast/bt)

 

 

]]>
http://www.mausehat.com/bagaimana-paru-paru-tetap-sehat/feed/ 0
8 Penyebab rambut rontok pada pria dan wanita http://www.mausehat.com/8-penyebab-rambut-rontok-pada-pria-dan-wanita/ http://www.mausehat.com/8-penyebab-rambut-rontok-pada-pria-dan-wanita/#respond Fri, 13 Apr 2018 09:51:45 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11826 rambut rontokKerontokan rambut atau Alopecia dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Meski rambut rontok sebuah kewajaran, namun perlu perawatan khusus jika rontok rambut lebih dari 50-100 helai/hari. Penyebab rambut rontok sangat kompleks. Namun dapat disimpulkan, bahwa ada sekitar 8 penyebab baik pada pria dan wanita:

  1. Kerontokan rambut dapat diwarisi dari gen ayah dan ibu. Gen yang bertanggung jawab untuk rambut adalah kromosom X. Oleh karena itu, gen ini sangat membantu dalam memahami penyebab kerontokan rambut.
  1. Menderita penyakit. Misalnya karena tipus, infeksi virus dan malaria. Jenis kelainan rambut rontok ini biasanya bersifat sementara disebut alopecia areata. Infeksi lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut bisa termasuk infeksi kulit kepala karena jamur, folikulitis, dan infeksi demodex. Penyakit kanker menyebabkan kehilangan lebih banyak rambut karena radiasi selama proses pengobatan kemoterapi.
  1. Kurang protein. Protein berguna untuk pertumbuhan. Kurang asupan protein menyebabkan rambut rontok. Pilih makanan kaya protein misalnya daging, telur, ikan, kacang dan sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi.
  1. Stress/trauma. Stress, gangguan mental atau psikis atau karena stress penyakit, menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Trauma fisik mempengaruhi kerontokan sementara. Stres mempengaruhi siklus rambut sehingga menghambat pertumbuhan rambut yang disebut sebagai telogen effluvium.
  1. Terlalu tinggi asupan vitamin A. Obat jerawat yang mengandung tinggi vitamin A yaitu Accutane dapat mengakibatkan rambut rontok, kulit kering, penglihatan kabur, dan muntah.
  1. Perawatan rambut tidak tepat. Karena gaya rambut yang berlebihan, tekanan atau panas karena catok dapat menimbulkan kerontokan.
  1. Proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan berkurang kekuatannya dalam menahan akar. Bentuk akar rambut juga menyusut sehingga longgar. Rata-rata sudah mulai rontok ketika berusia 30 tahun.
  1. Berat badan turun drastis. Penurunan berat badan yang tiba-tiba menjadi trauma fisik yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kehilangan berat badan bisa menyebabkan stres pada tubuh yang menyebabkan kekurangan mineral dan vitamin. Hal ini juga bisa menjadi pertanda kelainan gizi misalnya bulimia atau anoreksia. Penurunan berat badan yang sangat cepat dapat menyebabkan rontok rambut sampai 6 bulan.

 

Sumber : positivemed.com

 

(ast/bt)

]]>
http://www.mausehat.com/8-penyebab-rambut-rontok-pada-pria-dan-wanita/feed/ 0
7 perawatan mata kering http://www.mausehat.com/7-perawatan-mata-kering/ http://www.mausehat.com/7-perawatan-mata-kering/#respond Fri, 13 Apr 2018 04:44:22 +0000 http://www.mausehat.com/?p=11822 mata keringTiba-tiba mata kering dan tidak nyaman seperti : perih, merah, iritasi, jumlah air mata menurun/kering memang sangat menganggu. Dokter mungkin akan memberikan sejenis salep atau obat tetes mata. Namun, alangkah lebih baik jika kita mengetahui, apa yang menjadi penyebab mata kering, apakah karena kurang gizi atau kelelahan.

Ada beberapa hal yang meringankan sindrom ini, yaitu :

  1. Mata kering bisa juga terjadi karena efek samping obat seperti obat anti alergi (termasuk tetes mata antihistamin), obat penghilang rasa sakit hingga obat tekanan darah. Tanyakan kepada dokter jika memang akan diberikan obat, agar kekeringan tidak semakin parah.
  2. Cobalah tetes mata OTC. Perawatan pertama untuk mata kering biasanya disediakan tetes mata yang mirip dengan air mata kita sendiri, yang dikenal OTC (Over the counter). Obat ini untuk gejala mata kering yang ringan atau sesekali kambuh. Jangan gunakan obat karena mata merah atau karena alergi, yang justru membuat kondisi lebih parah. Menurut Janet Cushing, OD, ahli mata dari University of Wisconsin School of Medicine & Public Health, OTC ini sebaiknya digunakan secara rutin. Jika memang harus meneteskan obat lebih dari enam kali/hari, ada baiknya mencari obat yang tanpa pengawet.
  3. Mencuci kelopak mata. Minyak (meibum) adalah komponen penting air mata dan diproduksi oleh kelenjar meibomian di tepi mata, dekat garis bulu mata. Kelenjar meibomian yang terhambat dapat menyebabkan mata kering. Cuci kelopak mata secara teratur dan gunakan kain lap hangat sebagai kompres yang dapat membantu menjaga peradangan dan mengembalikan aliran minyak ke mata. Pejamkan mata dan cucilah sepanjang garis bulu mata. Beberapa dokter tetap menyarankan melakukan ini walau gejala sudah berkurang. Jika obat sudah tidak dapat bekerja, dokter akan melakukan proses LipiFlow yaitu memberikan tekanan dan kehangatan pada mata untuk membersihkan kelenjar meibomian yang tersumbat.
  4. Perbaiki saluran air mata. Saluran air mata atau puncta terletak di sudut dalam kelopak mata atas dan bawah. Fungsinya untuk mengalirkan air mata dari mata ke hidung. Memasukkan duktus dengan sumbat lakrim steril atau sumbat punctal dapat menahan air mata atau membuat air mata sendiri.
  5. Menggunakan lensa kontak teurapetik. Lensa kontak biasa dapat menyebabkan mata kering. Gunakan lensa khusus jangka panjang yang disebut lensa skleral atau lensa perban dapat memperbaiki masalah dengan melindungi permukaan mata dan menjaga kelembaban.
  6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dapat membantu meringankan mata kering. Omega 3 bersumber dari salmon, sarden, tuna, kenari dan biji rami.
  7. Menggunakan resep dokter. Selain persiapan over-the-counter ada resep pengobatan yang tersedia. Ada obat tetes mata yang mengandung senyawa anti-inflamasi siklooksporin (Restasis) dan pada tahun 2016, FDA menyetujui pengobatan mata kering tipe baru yang disebut solusi oftalm alam ophthalmic (Xiidra). Kortikosteroid juga mengendalikan peradangan, juga tersedia dalam bentuk mata drop, walaupun umumnya tidak dianjurkan untuk jangka panjang.

 

 

Sumber : health.com

(ast/bt)

 

]]>
http://www.mausehat.com/7-perawatan-mata-kering/feed/ 0