IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Diet Umum Saat Berpuasa Agar Tetap Sehat dan Segar – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Diet Umum Saat Berpuasa Agar Tetap Sehat dan Segar

Diet Umum Saat Berpuasa Agar Tetap Sehat dan Segar

67ceb28467cea275_164144253.jpg.xxxlarge_2xBulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Selama sebulan lamanya, umat muslim berpuasa makan, minum, menahan nafsu dan amarah. Banyak orang yang mengurangi aktivitasnya selama puasa agar tidak terasa lemas, sebenarnya dengan pengaturan pola makan yang tepat maka tubuh tidak akan terasa lemas. Berikut diet umum saat berpuasa agar tetap sehat dan segar :

  1. Makan teratur dengan menu seimbang, yaitu karbohidrat 50-60%, protein 10-20%, lemak 20-25% dari kebutuhan harian, cukup sayur dan buah (2-4 jenis) sebagai sumber vitamin, mineral dan serat.

  2. Pembagian makan: 60% sejak berbuka hingga tidur dan 40% waktu sahur.

  3. Berbukalah dengan makanan ringan yang manis seperti kolak, kurma dan minuman hangat. Jangan langsung minum air dingin/es, perut bisa kembung dan produksi asam lambung tinggi. Makanan lengkap/ berat sebaiknya dikonsumsi setelah shalat magrib atau setelah tarawih.

  4. wanita-good-moodMenu sahur dianjurkan berprotein tinggi agar meninggalkan lambung lebih lama sehingga tidak cepat lapar. Lengkapi dengan segelas susu.

  5. Minumlah 6-7 gelas sehari (4-5 gelas dari berbuka sampai sebelum tidur dan 2 gelas waktu sahur, diluar susu).

  6. Untuk meningkatkan stamina selama puasa ada baiknya Anda mengkonsumsi suplement saat sahur sepanjang aman bagi lambung. Jika Anda menderita penyakit kronis berat, pilihan penggunaan suplementasi sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi (nutritionis).

  7. Olahraga ringan (seperti jalan kaki, naik sepeda) 1 jam menjelang berbuka selama ½ jam agar aliran darah tetap lancar & kebugaran terjaga.

(rsh/ihs)

Baca juga :

Diet Puasa Penyakit Diabetes Melitus

Olahraga Apa Yang Cocok Saat Berpuasa?

Diet Puasa Penyakit Jantung, Hipertensi, dan Kolesterol

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top