IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Perhatian! Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Saat Berpuasa – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Perhatian! Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Saat Berpuasa

Perhatian! Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Saat Berpuasa

Makanan-Buka-Puasa-Untuk-Ibu-HamilPuasa merupakan hal yang tidak bisa di lepaskan dari seorang muslim. Sekali dalam setahun semua umat muslim wajib melaksanakan puasa. Ada beberapa kategori yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa seperti ibu hamil/menyusui.

Walaupun secara hukum diperbolehkan untuk tidak berpuasa, akan tetapi banyak wanita hamil atau menyusui yang memilih untuk tetap berpuasa. Jika anda atau istreri anda yang sedang hamil/menyusui berencana untuk menjalankan puasa Ramadhan seperti biasa, maka sebaiknya periksakan dahulu kehamilan tersebut ke dokter kandungan sehingga mereka bisa meninjau riwayat kesehatan anda untuk memastikan bahwa anda cukup sehat dan memungkinkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Apakah ada resiko-resiko kesehatan terhadap janin jika ibu hamil berpuasa?

Idealnya, ibu hamil, selama kehamilannya tidak boleh merasa lapar untuk jangka waktu yang cukup lama, karena kondisi ini mungkin bisa mengakibatkan sang ibu hamil merasa kurang sehat. Kadang beberapa orang bisa menderita sakit kepala, kelelahan, pingsan, pusing atau sakit mag ketika mereka merasakan lapar untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda memilih untuk berpuasa, dan mengalami gejala-gejala tersebut, maka segeralah menghubungi dokter kandungan.

Menurut Dr Anik Suryaningsih SpOG, Ahli kebidanan dan penyakit kandungan RS PKU Muhammadiyah Surakarta, sebagaimana dikutip dari selasi.net, bahwa ibu hamil dan ibu menyusui tidak masalah untuk berpuasa selama mereka merasa mampu, hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama masalah sanitasi dan nutrisi yang diperlukan selama berpuasa harus sama dengan jumlah nutrisi pada hari biasa. Hal ini dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna saat sahur dan ketika berbuka, ditambah suplemen vitamin yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Dengan cara tersebut, kebutuhan nutrisi selama berpuasa akan terpenuhi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ibu hamil yang berpuasa

  • 5022e834-7683-4648-988d-543588d508ddHindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng karena hanya menambah kalori yang tidak perlu.

  • Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan minuman berkafein seperti kopi dan teh selama berpuasa.

  • Saat cuaca panas dan lembab, pastikan Anda tinggal di dalam rumah, terlebih saat jam-jam puncaknya panas.

  • Tidak melakukan pekerjaan berat maupun berolahraga, beristirahatlah selama siang hari.

  • Puasa memperlambat sistem pencernaan Anda, jadi ingatlah untuk berbuka dengan perlahan-lahan. Minum segelas kecil jus atau air baru kemudian melanjutkannya dengan makanan ringan.

  • Jika Anda merasakan kelelahan yang ekstrem, lemas, jantung berdebar, kram perut atau mual, berat badan menurun, segera berkonsultasi dengan dokter. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa jumlah nutrisi yang diperlukan tidak tercukupi dengan baik, sehingga ibu hamil dan menyusui sebaiknya segera menghentikan puasanya.

Intinya, ibu hamil/menyusui sebaiknya tetap berpuasa selama kondisi kesehatannya baik dan tidak akan menggangu janin atau bayi. Sebaliknya, ibu hamil/menyusui sebaiknya jangan berpuasa jika kondisi kesehatannya kurang memungkinkan atau sekiranya bisa mengganggu janin/bayi, dan anda bisa mengganti puasa anda dengan qadha atau fidyah.

Sumber : dari berbagai sumber

(rsh/bt)

Baca juga :

hamil-atau-tidak-yah

Yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Segera Hamil

Alzheimers-Disease-thinkstock

Fakta Tentang Alzheimer

Food Supplements vs Healthy Diet

Cegah Peningkatan Berat Badan Selama Puasa

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top