You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Fakta Tentang Alzheimer

Fakta Tentang Alzheimer

Alzheimers-Disease-thinkstockAda 10 fakta tentang alzheimer yang sebaiknya kita tahu dan dikutip dari healthline :

  1. Alzheimer merupakan bentuk umum dari demensia (kehilangan memori dan fungsi kemampuan berfikir). Jenis demensia yaitu demensia vaskular, demensia dengan lewy bodies, demensia campuran, parkinson dan huntington.

  2. Wanita lebih beresiko terkena dibanding pria!. Menurut the Health Resources and Services Administration, wanita beresiko 2x terkena alzheimer dibandingkan pria. Sebuah studi dari University of California San Diego juga menemukan bahwa alzheimer terjadi lebih buruk pada wanita dibandingkan pria. Begitu juga dengan penyusutan otak penderita alzheimer wanita lebih cepat dari pria. Penyebabnya tidak diketahui, kenapa begitu.

  3. Otak dan jantung sangat berhubungan. Penyakit jantung dapat meningkatkan resiko terkena alzheimer. Selain itu juga hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, pola makan yang buruk, gaya hidup buruk/tidak aktif/kurang olahraga dapat menyebabkan Alzheimer. Penyakit jantung juga menjadi penyebab demensia vaskular, demensia yang terjadi karena penyempitan pembuluh darah di otak.

  4. Pendidikan mempengaruhi penyakit. Menurut Mayo Clinic, semakin tinggi pendidikan, semakin kecil terkena potensi alzheimer. Jika faktor umur menjadi kendala untuk belajar, dapat disiasati dengan mengambil kelas hobi tertentu, mempelajari sebuah bahasa atau bermain musik. Sering berinteraksi dengan orang lain atau melakukan hobi bersama juga mengurangi kejadian alzheimer.

  5. Alzheimer dapat menjadi penyebab kematian. Data ini didapat dari the Alzheimer’s Association yang menyatakan Alzheimer menjadi penyebab kematian urutan ke enam di AS. Tahun 2010, CDC melaporkan sekitar 83.000 jiwa meninggal karena alzheimer. Hal ini dibawah penyakit jantung, kanker, stroke. Menurut the Alzheimer’s Association, 1 dari 3 orang tua meninggal karena alzheimer atau bentuk lain demensia.

  6. Alzheimer merupakan penyakit unik yang mematikan. Menurut the Alzheimer’s Association, penyakit ini merupakan 1 dari 10 penyakit di Amerika yang tidak ada pencegahan, penyembuhan dan memperlambat penyakitnya. Obat hanya mampu meringankan gejala.

  7. Alzheimer memakan biaya besar. Menurut Alzheimer’s Association, dengan perkiraan sekitar 5 juta warga Amerika menderita alzheimer, maka biaya pengobatan tahun 2013 sejumlah $ 203.000.000.000,00. dan sekitar tahun 2050, perkiraan biaya akan membengkak menjadi $ 1.200.000.000.000,00.

  8. kartun animasi otak cemerlangPenyakit akhir abad. Alzheimer ditemukan pertama kali tahun 1906 oleh seorang dokter bernama Alois Alzheimer. Dia menggambarkan seorang pasien bernama Auguste D yang mengalami kehilangan memori dan masalah dengan berfikir. Setelah kematian pasien, Dr Alzheimer mencatat bahwa bagian otak pasien yang menyusut. Seorang psikiater yang bekerja dengan Dr Alzheimer kemudian memberi nama tersebut pada tahun 1910.

  9. Alzheimer berhubungan dengan hilangnya kemampuan indera penciuman. Menurut National Institutes of Health (NIH) seorang penderita alzheimer dapat kehilangan kemampuan indera penciuman. Beberapa studi, termasuk satu di Journal of Neurological Sciences, menunjukkan bahwa perubahan indera penciuman bisa menjadi tanda awal alzheimer. Kehilangan kemampuan indera ini juga bisa terjadi karena penyakit parkinson, cedera otak dan infeksi sinus.

  10. Harapan hidup bervariasi. Perubahan pada orang dengan alzheimer sangat bervariasi antar individu sehingga tidak dapat diprediksi berapa lama bertahan hidup. The National Institute on Aging (NIA) melaporkan bahwa orang tua hidup sekitar 3-4 tahun dengan alzheimer. Sedang dewasa muda bisa bertahan sekitar 10tahun atau lebih.

Sumber : healthline

(ast/bt)

Baca juga :

Control obesity

Cegah Peningkatan Berat Badan Selama Puasa

Food Supplements vs Healthy Diet

Lemas Saat Berpuasa, Mungkin Perlu Suplemen Tambahan

Harmful addiction

Cacat Pada Bayi Untuk Ibu Hamil Peminum Alkohol

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

Scroll to top