IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Menjaga Kesehatan Jantung, Mencegah Demensia – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Menjaga Kesehatan Jantung, Mencegah Demensia

Menjaga Kesehatan Jantung, Mencegah Demensia

olahraga lansiaSemakin bertambah usia, semakin dekat dengan penuaan. Penuaan yang merupakan proses alami ini bisa terjadi dimana saja. Dan salah satunya adalah penuaan kognitif yang disebut dengan demensia. Banyak faktor yang menyebabkan demensia dan hal ini tidak dapat dielakkan. Sebuah riset yang dilakukan Universitas Bordeaux di Perancis, menyatakan adanya faktor resiko yang berhubungan antara kesehatan jantung dengan demensia. Riset dilakukan pada 6.626 pria dan wanita Prancis berusia 65 tahun keatas, dengan kategori riset “7 Anjuran sederhana” dari American Heart Association (AHA) untuk perlindungan otak yang berfokus pada jantung.

AHA merekomendasikan 7 tindakan berikut ini untuk membantu menurunkan resiko gangguan jantung :

  1. Tidak merokok
  2. BMI (Indeks Massa Tubuh) normal
  3. Berolahraga secara teratur
  4. Kadar kolesterol total di bawah 200 mg / dL dan kadar gula darah tidak terlalu kurang atau lebih dari 100 mg / dL
  5. Tekanan darah sekitar 120/80 mm Hg
  6. Makan ikan 2x/minggu
  7. Konsumsi buah dan sayur 3x/hari

Hasil riset membuktikan bahwa melakukan satu dari tujuh tindakan diatas sudah mendapatkan manfaat positif pada usia 65 tahun keatas. Yang artinya tidak ada kata terlambat untuk melakukan semuanya. Temuan ini sejalan dengan riset sebelumnya yang menunjukkan aspek-aspek tertentu dari kesehatan  yang dapat dikontrol untuk mengurangi risiko demensia. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2018 di Institut French National Institute of Health and Medical Research di Paris menemukan bahwa tekanan darah yang sedikit meningkat pada usia paruh baya dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia pada lansia.

Melakukan satu dari tujuh atau bahkan ketujuhnya sama halnya dengan mengurangi konsumsi obat. Beberapa jenis obat mempunyai dampak yang dapat mengantarkan pada demensia, seperti obat tidur, obat anti aritmia, obat anti cemas, anti depresan, obat alergi dan obat flu. Pada tahap yang paling parah, dapat meningkatkan sekitar 15 sampai 30% resiko demensia.

Artinya, dengan kata lain, dalam rentang umur berapapun, sangat penting menjaga kesehatan jantung yang juga berdampak positif pada kesehatan otak. Cobalah dari sekarang untuk berkomitmet hidup sehat sehingga ketika bertambah usia, kesehatan otak tetap terjaga.

Sumber : jonbarron.org

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top