IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Lemas Saat Berpuasa, Mungkin Perlu Suplemen Tambahan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Lemas Saat Berpuasa, Mungkin Perlu Suplemen Tambahan

Lemas Saat Berpuasa, Mungkin Perlu Suplemen Tambahan

bored-woman-waiting-for-end-of-work-dayBagi sebagian orang, puasa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Meski adapula yang mengalami penurunan stamina. Bagi mereka yang memang merasa kurang bertenaga saat puasa, namun harus tetap beraktivitas. Cobalah mengkonsumsi suplemen. Tapi jangan asal suplemen, teliti dulu kandungan nutrisi dalam label kemasan.

Pakar gizi IPB, Hairunnisa menyatakan bahwa semua suplemen itu baik dikonsumsi, asal sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Fungsi suplementasi pada dasarnya untuk melengkapi asupan gizi yang kurang dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bila asupan gizi dari makanan dan minuman sudah tercukupi, suplemen tidak perlu lagi dikonsumsi, kecuali suplementasi sebagai penambah daya tahan tubuh.

Berikut ini 3 suplemen terbaik yang dapat membantu menjaga kebugaran Anda saat berpuasa.

    1. Protein
      Jika Anda kurang mengonsumsi makanan cukup protein Anda bisa mendapatkannya melalui suplementasi protein. Protein layak menjadi sumber nutrisi utama baik saat sahur dan berbuka. Protein dicerna dan diserap tubuh secara perlahan dan konstan, sehingga dapat menyuplai tubuh secara berkala saat berpuasa. Suplementasi protein juga membantu menjaga kesehatan otot, kulit, rambut, dan membantu membangun jaringan tulang rawan.

    2. Vitamin
      Kebutuhan vitamin tubuh akan meningkat saat berpuasa. Beberapa vitamin yang penting untuk dikonsumsi setiap hari selama berpuasa adalah vitamin C, E dan D. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan dan mencegah kulit kering selama berpuasa.

      Sedangkan vitamin D berperan meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Selain itu, vitamin D juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inilah mengapa suplementasi vitamin sangat dibutuhkan jika Anda tidak bisa mendapatkannya dari makanan yang Anda konsumsi.

Food Supplements vs Healthy Diet

  1. Mineral
    Tak hanya vitamin, mineral juga merupakan nutrisi penting yang harus diperhatikan saat puasa. Kalsium adalah salah satunya. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan lesu dan menurunya daya tahan tubuh.

    Kebutuhan kalsium untuk usia 19-50 tahun adalah 1000 miligram per hari, namun kenyataannya, asupan kalsium orang Indonesia hanya sekitar 260-300 miligram per hari. Oleh karena itu, suplementasi kalsium sangat dianjurkan untuk kebutuhan tubuh Anda, terutama saat menjalani ibadah puasa.

Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki kondisi medis tertentu sebelum mengonsumsi suplemen tersebut. Selamat berpuasa.

Sumber : republika

(rsh/bt)

Baca juga :

cara-merawat-kulit-agar-bersih-dan-halus

Rahasia Kulit Halus Dengan Berpuasa

Harmful addiction

Cacat Pada Bayi Untuk Ibu Hamil Peminum Alkohol

woman-with-empty-plate

Rahasia Ilmiah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Comments (1)

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top