IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Hebatnya Khasiat Buah Naga – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Hebatnya Khasiat Buah Naga

Hebatnya Khasiat Buah Naga

Khasiat Buah NagaBuah naga di Indonesia sudah populer. Buah dengan nama latin Hylocereus undatus ini berasal dari Amerika Tengah yang kemudian menyebar ke Asia Tenggara, pohonya termasuk dalam golongan jenis kaktus dan tumbuh di iklim kering. Buahnya memiliki kulit merah atau kuning dan berdaging putih atau merah keunguan. Tekstur dagingnya renyah, rasanya campuran antara kiwi dengan pear.

Buah naga kaya akan fitonutrisi, antioksidan yang mengandung vitamin C (setara dengan 10% kebutuhan harian), asam lemak tak jenuh ganda, vitamin B kompleks untuk metabolisme karbohidrat, karoten dan protein. Mineral yang terdapat dalam buah naga yaitu kalsium, besi dan fosfor untuk kesehatan darah dan pembentukan jaringan. Buah ini tidak mengandung karbohidrat kompleks, sehingga lebih mudah dicerna dalam tubuh yang dibantu dengan vitamin B1 (thiamin) dalam buah tersebut.

Fitokimia captin bermanfaat untuk membantu terapi masalah pada jantung , terdapat pada dagingnya, sedang pada bijinya bermanfaat sebagai laksatif ringan. Buah naga juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang membantu menurunkan trigliserida dan menurunkan resiko gangguan kardiovaskular. Konsumsi buah naga membantu mempertahankan fungsi normal tubuh misalnya detoksifikasi logam beracun dan meningkatkan fungsi penglihatan. Likopen yang memberi warna merah pada buah naga sangat bermanfaat menurunkan resiko kanker prostat. Disarankan tidak konsumsi berlebihan karena mengandung fruktosa tinggi.

Kandungan per 100 gram buah naga (tabel)/ per takaran saji :

Kalori

60

Karbohidrat

8 gr

Gula

9 gr

Kalsium

8 gr

Protein

2 gr

Lemak

1,5 gr

Serat

1 gr

buahnaga-o1Studi tentang buah Naga :

sebuah studi bertujuan untuk menentukan hubungan antara diet (pola makan) sehat sayur dan buah, dengan aktivitas fisik dan pengukuran kerusakan DNA oksidatif pada kanker prostat. Lelaki yang berusia antara 45-54 tahun yang tidak aktif beresiko 3x terkena kanker prostat. Diet buah dan sayur yang mengandung likopen, misalnya dalam buah naga dan kombinasi dengan olahraga melindungi dari kanker prostat. Buah naga dapat menghambat sitokrom P450 yang ada pada liver, bisa juga ada pada jaringan lain misalnya usus kecil, paru, ginjal dan bisa dikaitkan dengan glaukoma kongenital.

Sumber : foodfacts

(ast/bt)

Baca juga :

menopause-flower-e1363862223350

10 Langkah Berdamai dengan Menopause

Untitled

Mengajarkan Anak Berbagi Untuk Sesama

Gejala-Depresi-Pada-Anak-Remaja-Dan-Efek-Buruknya

7 Tanda Menderita Kecemasan

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top