You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

asupan-gizi-ibu-hamilKehamilan adalah moment yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Oleh karena itu ketika kehamilan datang maka yang perlu sangat diperhatikan adalah nutrisi, karena dengan nutrisi yang baik maka bayi dalam kandungan akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut beberapa nutrisi yang harus terpenuhi oleh ibu hamil :

  1. Asam Folat.

    Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu proses pembentukan sel dan sistem syaraf otak. Jika janin kekurangan asam folat maka resiko yang terjadi adalah bayi terlahir dengan kelainan seperti bibir sumbing, lahir tanpa batok kepala, dan spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil adalah 400 mikrogram dan paling dibutuhkan pada trimester pertama. Asam folat banyak ditemukan pada sayuran hijau buah-buahan, kacang-kacangan.

    Contoh : 100 gr brokoli mengandung 70 mcg As.folat

                    1/2 cangkir bayam mengandung 100 mcg As.folat

  1. Vitamin B12

    Berperan dalam membentuk sistem saraf pusat janin dan sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan 2,6 mcg. Vitamin B12 banyak ditemukan pada daging sapi, telur, ikan, keju dll

    Contoh : 100 gr telur ayam mengandung 1,9 mcg vitamin B12

    100 gr keju mengandung 3,34 mcg vitamin B12

  1. Zat Besi

    Zat besi sangat diperlukan pada masa kehamilan karena berperan dalam proses membentuk sel darah merah dan mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Kebutuhan zat besi pada ibu hamil adalah 30 mg yang dapat ditemukan pada hati, daging, ikan, sayuran hijau, dll.

    Contoh : 100 gr daging sapi mengandung 2,8 mg zat besi.

    100 gr ikan sarden mengandung 2,5 mg zat besi

  1. ibu-hamil-butuh-nutrisiOmega 3

    Omega 3 merupakan salah satu asam lemak essensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari luar seperti dari makanan atau suplemen. omega 3 sangat baik untuk meningkatkan fungsi koqnitif dan kemampuan visual bayi. Kebutuhan omega 3 untuk ibu hamil adalah 1,4 gr yang dapat ditemukan pada ikan, telur, minyak ikan dll.

    Contoh : 100 gr ikan salmon mengandung 2,2 gr omega 3

    1 butir telur mengandung 38 mg omega 3

  1. Protein

    Protein diperlukan selain sebagai zat pembangun seluruh sel-sel dalam tubuh, juga diperlukan sebagai nutrisi penting dalam penbentukan sistem kekebalan tubuh. Protein dibagi menjadi 2 yaitu asam amino essensial dan asam amino non essensial, tentu yang paling dibutuhkan adalah asam amino essensial karena tubuh tidak dapat membentuk. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging, ikan, tahu dan jamur.

    Contoh : 100 gr ikan mengandung 22 gr protein

    100 gr tempe mengandung 20.8 gr protein (erl)

Sumber : dari berbagai sumber

(erl)

Baca juga :

av

Asia Waspada Virus Ebola

enzim2

Tubuh Bagaikan Mesin Mati Tanpa Enzim

_73946853_yu6v5puv

Virus Ebola

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top