IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Tips Puasa Sehat Untuk Manula – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Tips Puasa Sehat Untuk Manula

Tips Puasa Sehat Untuk Manula

Tips puasa sehat unt050503_39127_lansiauk Manula yang akan kami sajikan pada kesempatan ini mungkin bisa membantu anda semua supaya anda bisa menjalani aktivitas puasa dengan baik, dan anda pun bisa tetap sehat meski sedang melakukan aktivitas puasa tersebut. Seperti yang kita ketahui, pada saat bulan puasa atau bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia akan melakukan kegiatan puasa yakni menahan rasa lapar dan haus, serta menahan hawa nafsu yang ada didalam diri supaya tidak membatalkan puasa tersebut.
Aktivitas puasa ini dilakukan setelah Imsyak atau sebelum Adzan subuh, dan berakhir pada jam buka puasa atau setelah Adzan Maghrib dimana umat muslim yang melaksanakan puasa ini bisa melaksanakan aktivitas makan dan minum setelah Adzan Maghrib tersebut. Untuk manula atau lansia tentunya ada beberapa tips yang harus anda perhatikan supaya anda pun bisa tetap kuat dan sehat sepanjang bulan Ramadhan atau bulan puasa tersebut. Dan beberapa tips puasa sehat untuk manula ini bisa anda lihat sebagai berikut.
Tips Puasa Sehat Untuk Manula
1. Beri Asupan Cairan Yang Cukup Untuk Tubuh – Pada saat melaksanakan puasa, harus mengkonsumsi cairan minimal 8-10 gelas untuk         mencegah dehidrasi. 2 gelas saat berbuka, 3 gelas setelah shalat Tarawih hingga sebelum tidur, dan 1 gelas saat bangun tidur sebelum             sahur, serta 1-2 gelas saat sahur. Dengan asupan cairan yang cukup, mampu menjalankan aktivitas puasa dengan baik tanpa kekurangan     cairan dalam tubuh.

2. Konsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi – Memperhatikan setiap makanan yang anda konsumsi juga merupakan salah satu tips puasa              sehat untuk manula yang harus anda perhatikan dengan seksama. Saat berbuka puasa dan sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan              sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan yang sehat. Selain itu, konsumsi karbohidrat yang cukup supaya anda bisa menjalani        aktivitas puasa tersebut dengan lancar.

3. Beri Asupan Vitamin – Selain memperhatikan asupan makanan, tentunya juga harus memperhatikan asupjoggingan vitamin sehingga bisa                  menjalani aktivitas puasa yang baik dan tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan pada saat menjalankan aktivitas puasa                      tersebut. Kosumsi vitamin pada saat sahur dan berbuka puasa, serta sesuai dengan petunjuk dokter.

4. Lakukan Aktivitas Fisik – Meski sedang menjalani bulan puasa atau bulan Ramadhan, tetap harus melakukan aktivitas fisik sewajarnya        supaya tubuh tetap sehat dan kuat, seperti joging pada sore hari, berjalan kaki, atau meditasi. Selain itu, jangan lupa untuk mengistirahatkan tubuh dengan memperhatikan jadwal tidur dengan baik dan jadwal istirahat yang cukup untuk tubuh anda.

Selain memperhatikan beberapa tips diatas, dalam menjalani bulan puasa para manula juga harus melakukan chek up kesehatan selama dan sesudah anda menjalankan bulan puasa tersebut. Semoga bermanfaat.
Sumber : sehat.co

(vna/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top