IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Puasa Pada Ibu Hamil Berisiko Lahir Prematur – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Puasa Pada Ibu Hamil Berisiko Lahir Prematur

Puasa Pada Ibu Hamil Berisiko Lahir Prematur

hamil-puasa130725cPuasa adalah kewajiban bagi setiap orang muslim diseluruh dunia. Bahkan dari usia dini kewajiban puasa sudah diajarkan pada anak-anak. Tak jarang pula para ibu hamil turut berpuasa saat bulan Ramadhan tiba. Meski tidak menimbulkan risiko saat kelahiran, namun bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa memiliki bobot tubuh lebih kecil dari rata-rata berat bayi. Demikian bunyi kesimpulan riset peneliti Lebanon yang dipublikasikan Jurnal Obstetri dan Ginekologi.

Hasil riset itu menyebutkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelahiran sebelum pekan ke-37 di antara 201 ibu hamil berpuasa di Beirut dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak berpuasa.

“Meski tidak ada peningkatan resiko prematur namun berat lahir lebih rendah yang menjadi kekhawatiran,” papar Anwar Nassar, Profesor Kebidanan dan Ginekologi Beirut Medical Center.

Untuk penelitian ini, Nassar dan rekan-rekannya merekrut wanita hamil dari empat rumah sakit di Beirut pada bulan Agustus 2008. Semua relawan, merupakan ibu hamil di trimester ketiga. Pada tahun 2008, Ramadhan berlangsung pada September.

Secara keseluruhan, ada tiga ibu hamil yang berpuasa melahirkan sebelum pekan ke-37 dari kehamilan. Sementara itu hanya ada satu ibu hamil yang tidak berpuasa yang melahirkan sebelum pekan ke-37 masa kehamilan. Namun, peneliti menyimpulkan perbedaan itu bisa jadi karena kebetulan.

Rata-rata, berat bayi dari ibu hamil berpuasa adalah 3 kg dibandingkan dengan bayi dari ibu hamil yang tidak berpuasa yakni rata-rata 3,2 kg. Satu penjelasan yang mungkin untuk perbedaan ini adalah ibu hamil yang berpuasa cenderung mengalami penurunan berat badan hingga 1.6 kg.

hamil rokok lahir prematur berat badan kecil bayiAkan tetapi, para peneliti tidak dapat menjelaskan lebih lanjut apakah berat badan rendah itu akan berdampak pada kesehatan baik, seperti kesehatan jantung atau konsekuensi lain. “Saya kira memang butuh riset lebih lanjut,” kata Nassar.

Menurut dia, durasi berpuasa setiap daerah atau wilayah berada yakni dengan rentang antara 10 hingga 19 jam. Selain itu, setiap budaya memiliki tradisi berbeda soal menu berbuka, yang artinya berpengaruh asupan gizi ibu hamil yang berpuasa selama Ramadhan.

Sumber : republika.co.id

(rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top