IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Manfaat Dari Puasa Bagi Kesehatan Ginjal – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Manfaat Dari Puasa Bagi Kesehatan Ginjal

Manfaat Dari Puasa Bagi Kesehatan Ginjal

Puasa bagi kesehatan ginjal itu sanginjalgat bermanfaat untuk anda ketahui. Fungsi dari ginjal dalam tubuh manusia adalah sebagai penyaring kotoran dalam darah yang dibuang melalu urin manusia. Mengatur jumlah volume darah agar darah dalam tubuh seimbang, menyaring glukosa, gizi, dan sebagian zat dalam tubuh, mengatur keseimbangan kimia darah, serta menjaga pH darah agar tidak begitu asam.
Lalu bagaimana hubungan antara puasa dengan kesehatan ginjal? Mari simak artikel ini untuk mengetahui informasi tentang hubungan kedua hal tersebut.
Penghentian konsumsi air pada saat berpuasa terbukti efektif untuk meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal, serta dapat meningkatkan kekuatan osmosis pada urin antara 1.000-12.000ml osmosis/ kg air. Pada kondisi tertentu, ini akan sangat memberikan perlindungan tersendiri terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air pada saat berpuasa ternyata dapat meminimalkan jumlah volume air pada darah.

Apabila terjadi kondisi seperti itu akan berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah, serta dapat menambah prostaglandin yang nantinya dapat memacu fungsi dan kerja sel darah merah.
Oleh karena itu, berpuasa merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Terutama untuk mereka yang sudah memiliki penyakit ginjal, akan lebih baik jika rutin melaksanakan puasa juga.
Sumber : harianpos.com

(rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top