IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Tips Agar Lebaran Tetap Sehat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Tips Agar Lebaran Tetap Sehat

Tips Agar Lebaran Tetap Sehat

kue lebaran 3Beberapa hari lagi semua umat muslim di dunia akan menyambut hari yang sangat dinanti-nanti yaitu hari raya idul fitri 1435 H atau biasa kita menyebutnya Lebaran. Pada saat lebaran hal yang paling sulit kita hindari adalah makanan yang berlimpah tentunya makanan yang disajikan tinggi gula dan lemak sehingga tidak jarang setelah lebaran berat badan akan naik atau bahkan kolesterol, gula darah atau penyakit lainnya akan muncul. Untuk menghindari itu semua sebaiknya tetap mengatur atau memilih makanan yang tepat pada saat lebaran. Bagaimana tipsnya :

  1. Perhatikan Porsi

    Sering sekali lebaran dipakai sebagai ajang balas dendam setelah sebulan lamanya berpuasa sehingga porsi makanan tidak terkontrol. Tetap perhatikan porsi makan dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

  2. Batasi Gula

    Hati-hati dengan makanan tinggi gula, tetap perlu diingat bahwa makanan tinggi gula akan menimbulkan banyak penyakit salah satunya diabetes.

  3. Minum Air putih

    Salah satu cara agar kita tidak banyak makan pada saat lebaran adalah dengan minum air putih 1 gelas sebelum makan, hal tersebut akan membuat lambung kita sedikit terisi sehingga kita akan lebih merasa cepat kenyang.

  4. 22107_bigCara Pengolahan

    Pilihlah makanan yang diolah dengan sedikit minyak atau santan, paling tidak hal ini akan mengurangi sedikit asupan lemak anda.

  5. Konsumsi Buah dan Sayur

    Sayur dan buah adalah dua sejoli yang tidak boleh dilupakan sekalipun pada saat lebaran. Usahakan tetap mengkonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan vitamin, mineral dan juga serat tetap terpenuhi. Alangkan lebih baik kalau porsi sayur dan buah lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang lain dan dikonsumsi sebelum makan besar agar lambung sudah sedikit terisi sehingga kita tidak terlalu banyak makan.

  6. Olahraga

    Jangan lupa olahraga minimal 3 hari setelah lebaran agar timbunan lemak akibat makanan pada saat lebaran bisa dibakar.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H

Sumber : dari berbagai sumber

(erl/bt)

Baca juga :

15739

Cokelat Membantu Mengurangi Kerusakan Saraf

gigi-putih-stroberi

Tips Untuk Gigi Yang Putih dan Sehat

Khasiat Buah Naga

Hebatnya Khasiat Buah Naga

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top