IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Stop Ngemil Tengah Malam – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Stop Ngemil Tengah Malam

Stop Ngemil Tengah Malam

633aa56c-d68b-48e0-b25e-8c9bc99db5ae_16x9_600x338Manfaat puasa bagi kesehatan sering dibahas dalam berbagai artikel puasa. Sayangnya masih banyak orang yang menjadikan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam, bahkan hingga tengah malam. Kebiasaan yang tidak terkontrol ini, niscaya lingkar perut bukan semakin berkurang, namun justru bertambah. Kalau sudah begini, pola hidup yang sehat perlu diterapkan lagi. Ada beberapa tips ringan yang bisa dicoba supaya perut tidak semakin bertambah gemuk:

  1. Kelola stress dengan makanan yang tepat. Dengan mengurangi stress, sebenarnya menurunkan kadar kolesterol dan membuat lemak diperut tidak bertambah. Kortisolmerupakan hormonsteroidyangdilepaskandalam respon terhadap stresdan glukosadarah rendah. Jauhilah makanan yang bisa menyebabkan stress misalnya kafein, gula dan makanan olahan/refined foods. Nyemil sayuran, buah, kacang-kacangan, alpukat, whole grains (bijian) dapat membantu mengurangi stress dan tidak menggemukkan.

  2. Ngemil yang tinggi serat. Makanan nabati mengandung serat yang tidak menyebabkan gemuk. Oatmeal, apel, pear, kacang hitam, hijau, alpukat, berry berry an, merupakan makanan yang menyehatkan pencernaan sekaligus jugadapatmengurangirisiko stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

  3. Atur hormon dengan biji-bijian. Salah satu cara untukmengurangilemak perutadalah dengan mengatur hormon. Salah satu caraalamimenyeimbangkantindakanhormonalyaitu konsumsi biji rami/flax seeds dan chia yang dibuat untuk tambahan cemilan misalnya disatukan dengan salad.

  4. Minum air infus (infused water). Minuman yang mengurangi kembung, kaya akan antioksidan, elektrolit, nutrisi dan fitokimia, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi, hidrasi/kelembaban dan menyegarkan tubuh. Minum sekitar 4-5 gelas/hari selama bulan ramadan secara teratur dan dapatkan perut tidak gendut.

  5. Memasangkan gizi. Gunanya supaya penyerapan nutrisi/gizi lebih baik lagi. Misalnya vitamin C dengan zat besi, contoh steak dengan tomat, sayuran dengan bawang putih/merah.

  6. Kontrol ukuran porsi. Makan tidak langsung banyak 2-3x sehari tetapi makan per 3 jam dalam porsi kecil.

  7. Coba diet dengan minyak kelapa. Ada sebuah studi, sekumpulan wanita yang minum minyak kelapa secara teratur mengalami penurunan lingkar perut dan indeks masa tubuh dibandingkan dengan hanya minum minyak kedelai. Jangan lupa pula, batasi makanan malam hari yang mengandung lemak jenuh tinggi.

  8. Makan pelan-pelan. Otak membutuhkan sekitar 20 menit untuk mengetahui apakah masih lapar atau kenyang. Makan pelan-pelan akan membantu menurunkan berat badan selain juga menikmati makanan.

Sumber : English.arabiya

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top