IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Manfaat Kurma Bagi Kesehatan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

9-khasiat-buah-kurma-kering-untuk-kesehatanKurma identik dengan bulan puasa, karena tidak sedikit orang beranggapan bahwa kurma paling di cari saat puasa. Kurma juga mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan. Rasa manis yang ada pada kurma mampu mengantikan energi yang hilang selama berpuasa setelah beberapa menit mengkonsumsinya. Menurut Dr. David Conning, Direktur British Nutrition Foundation, segelas air yang mengandung glukosa, akan diserap tubuh dalam 20-30 menit sedangkan gula yang terkandung di dalam kurma baru habis terserap dalam waktu 45-60 menit.

Berikut merupakan manfaat kurma bagi kesehatan :

  • Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, niasin, thiamin, riboflavin, zat besi dan vitamin B. Riboflavin dan niasin tersebut akan membantu melepaskan energi dari makanan sedangkan thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Zat gizi yang terkandung dalam kurma membantu melepaskan energi, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat serta penting untuk jantung.

  • Kurma menjaga kesehatan usus

    Serat yang terdapat pada kurma berfungsi melunakkan usus dan mengaktifkannya, yang secara alami mempermudah kita untuk buang air besar.

  • Kurma kaya gula-gula monosakarida

    Kandungan gula pada kurma adalah gula-gula monosakarida yang mudah dicerna oleh tubuh.

  • Kurma mencegah hipertensi

    Kurma juga mengandung asam salisilat yang digunakan untuk bahan baku aspirin. Selain itu, kurma membantu mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah.

  • Kurma meminimalkan risiko terkena stroke

    Semakin banyak kalium yang dikonsumsi semakin kecil risiko terkena stroke. Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan kaya kalium minimal 400 mg sehari dapat menurunkan risiko fatal hingga 40%. Nah, dengan mengkonsumsi kurma sebanyak 5 butir dapat memenuhi 400 mg kalium Anda.

Sumber : buku tetap bugar saat puasa dan lebaran

(rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top