IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Nutrisi Tercukupi, Puasa Lebih Nyaman – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Nutrisi Tercukupi, Puasa Lebih Nyaman

Nutrisi Tercukupi, Puasa Lebih Nyaman

statik.tempo.coJika Anda merasa lemas ketika berpuasa, kemungkinan itu disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang diterima tubuh. Pola sahur dan berbuka puasa yang tidak ideal bisa menjadi penyebabnya, bahkan mungkin tanpa Anda sadari.

Triknya adalah dengan mengatur total kalori dan komposisi nutrisi. Jadwal makan dan porsinya boleh saja jadi berbeda, tapi tidak dengan kandungannya

Untuk itu diperlukan suatu cara agar tubuh kita tetap mendapatkan nutrisi meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa. Bagaimana caranya?

  • Karbohidrat

    Pastikan nutrisi ini yang pertama kali Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Selain mengisi ulang cadangan glikogen tubuh, karbohidrat memacu sekresi hormon insulin yang justru mengoptimalkan pertumbuhan otot Anda. Jangan berlebihan, ikutilah anjuran Nabi Muhammad yakni tiga butir kurma untuk berbuka.

  • Air

    Tak kalah penting dari karbohidrat, air dibutuhkan untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebisa mungkin lengkapi kebutuhan cairan sebanyak 800 ml saat berbuka dan saat sahur, baik dari air putih maupun dari sumber lainnya seperti buah-buahan.

  • unusual_creative_clock_designs_03Protein

    Terutama untuk Anda yang fitnes, protein yang cukup dibutuhkan untuk memberi makan otot Anda serta meningkatkan pemulihan otot setelah berpuasa. Disarankan mengonsumsi sekitar 20g protein berkualitas tinggi (dari susu, telur, atau kedelai) saat berbuka puasa, terutama bila Anda ke gym sebelum berbuka puasa. Cara paling cepat dan mudah tentunya adalah dengan mengonsumsi susu tinggi protein saat berbuka puasa.

  • Vitamin B kompleks

    Grup vitamin yang satu ini berperan penting dalam mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Vitamin B kompleks banyak terdapat pada sumber makanan tinggi protein seperti telur dan susu.

  • Vitamin C dan Vitamin E

    Kedua vitamin ini penting karena berfungsi sebagai antioksidan. Kadar antioksidan yang cukup dalam tubuh akan membuat Anda lebih bugar dan tidak mudah sakit. Vitamin C banyak terdapat di sayur dan buah-buahan, sementara Anda bisa mendapatkan vitamin E dari kacang-kacangan.


    Tentunya sangat tidak sulit menemukan nutrisi-nutrisi di atas saat bulan puasa, semoga bermanfaat jadikan ibadah puasa anda lebih sehat dengan mengkonsumsi nutrisi sehat seimbang saat buka puasa.

Sumber : dari berbagai sumber

(rsh/bt)

Baca juga :

ASI Lancar Walau Berpuasa

Tips Puasa Untuk Penderita Hipertensi

Sering Alergi Berhubungan Dengan Intoleransi Histamin

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top