IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Menyiasati Makanan Supaya Tidak Mubadzir Di Bulan Puasa – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Menyiasati Makanan Supaya Tidak Mubadzir Di Bulan Puasa

Menyiasati Makanan Supaya Tidak Mubadzir Di Bulan Puasa

1d0d7ba0-aaaf-4407-99f5-bc36fffc28d7_16x9_600x338Quran memperingatkan muslim agar hemat, tidak mubadzir karena dianggap berteman dengan syaitan (Al isra’: 26-27), termasuk di dalamnya membuang-buang makanan dan minuman. Agar hemat dan tidak mubadzir, ada 10 cara yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Membekukan makanan. Tehnik cukup baik untuk memininimalisir mubazir. Makanan yang dapat dibekukan misalnya: nasi, ikan, telur, buah-buahan, susu atau yogurt.

  2. Berbagi makanan dengan tetangga. Jika memang memasak banyak makanan, berbagilah dengan orang-orang sekeliling. Selain mengurangi banyak kemubaziran sekaligus berpahala.

  3. Sesekali membeli produk beku atau kalengan. Yang harus dicermati adalah hindari yang terlalu banyak gula agar tidak hanya makan sumber gula tinggi dan kosong nutrisi.

  4. Mengatur jenis makanan buka dan sahur. Berusaha untuk masak sesuai dengan jumlah keluarga, tidak belebihan dan jika memang masih ada makanan waktu berbuka makan saja untuk sahur lalu untuk makanan sahur bisa dikurangi memasak jenis makanan baru lagi.

  5. Jangan berbelanja saat kita lapar. Berbelanja pada saat lapar dapat membawa anda pada kemubaziran karena akan cenderung memborong semua bahan makanan. Cobalah untuk berbelanja di pagi atau malam hari.

  6. Jangan lupa resep online. Dunia sekarang tidak buta lagi, internet bebas diakses. Jika ada kelebihan bahan makanan sisa, daripada mubadzir, cobalah mencari resep tambahan dari internet dan dicoba masak ulang, siapa tahu malah lebih enak disantap.

  7. Membuat daftar belanja. Periksa dahulu, bahan makanan apa yang akan dibeli, lalu buatlah daftar. Hal itu akan membuat anda lebih hemat, tidak melirik bahan lain. Boleh membuat list untuk belanja harian atau mingguan.

  8. Pelajari tatacara menyimpan makanan dengan benar. Cara menyimpan sayuran, bawang, roti jelas saja berbeda. Atau misalnya pisang tidak bisa disimpan di dalam kulkas karena akan cepat busuk. Mempelajari hal ini akan membuat penghematan untuk menghamburkan makanan.

  9. Gunakan bahan yang sudah lama dengan baik. Misalnya anda menaruh mangga dikulkas dan kulitnya sudah berkeriput, anda lupa memakannya, jangan langsung dibuang… itu mubadzir! Gunakan bahan lain dirumah, misalnya dicampur dengan susu atau krim makan akan menjadi smoothie mangga.

Sumber : English Arabiya

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top