You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Mengkonsumsi Sayuran Organik dapat Menurunkan Resiko Pre-eclampsia Pada Ibu Hamil

Mengkonsumsi Sayuran Organik dapat Menurunkan Resiko Pre-eclampsia Pada Ibu Hamil

sayur-organikWanita hamil dapat menurunkan risiko komplikasi yang berpotensi mematikan yang dikenal sebagai pre-eklampsia sebesar 21% hanya dengan makan lebih banyak sayuran organik, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Institut Nasional untuk Penelitian Konsumen dan Norwegian Institute of Public Health, dan diterbitkan dalam BMJ Open.


“Hasilnya adalah menarik dan mendukung bahwa diet selama kehamilan dapat mempengaruhi risiko pre-eklampsia,” kata peneliti Hanne Torjusen, PhD.


Pre-eklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan protein dalam urin. Penyebab kondisi tersebut tidak diketahui, meskipun telah dikaitkan dengan berbagai faktor risiko termasuk beberapa faktor risiko yang sama seperti penyakit kardiovaskular. Kasus ringan dapat sembuh tanpa masalah, tetapi kasus yang parah dapat berkembang menjadi kondisi yang mengancam jiwa yang hanya dapat diatasi melalui persalinan prematur bayi.


Penelitian, yang dilakukan oleh Hanne Torjusen, PhD menyelidiki apakah makanan organik yang dikonsumsi selama kehamilan memberikan manfaat kesehatan bagi ibu dan anak, dengan menggunakan data dari Ibu dan Anak Norwegia Cohort Study (MOBA) antara tahun 2002 dan 2008, para peneliti mengikuti 28.192 peserta MOBA yang hamil anak pertama mereka. Selama kehamilan mereka, 5,3% dari peserta mengembangkan preeklamsia.


Makanan-Ibu-HamilPara peneliti menemukan bahwa wanita yang “sering” atau “sebagian besar” makan sayuran organik, 21% lebih kecil untuk mengembangkan pre-eklampsia dibandingkan dengan wanita yang “jarang” atau “tidak pernah” mengkonsumsinya.


Para peneliti menemukan bahwa wanita yang makan makanan organik lebih sering memiliki diet sehat secara keseluruhan, termasuk konsumsi yang lebih tinggi dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian serta konsumsi rendah daging, daging olahan, roti putih, kue dan permen.


Selain mengkonsumsi lebih banyak sayuran sangat penting untuk semua ibu hamil, studi baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran organik dapat memberikan manfaat tambahan. Dan para peneliti menyarankan beberapa efek yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi sayuran seperti paparan pestisida.


Sumber : NaturalNews

(rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

Scroll to top