You Are Here: Home » Nutrisi & Penyakit » Manfaat Seledri dan Sidaguri Untuk Mengobati Asam Urat

Manfaat Seledri dan Sidaguri Untuk Mengobati Asam Urat

Ramuan-Obat-Herbal-Penyakit-Asam-UratApakah Anda tiba-tiba pernah merasakan rasa sakit yang sangat mengganggu pada bagian sendi, terutama sendi jempol kaki disertai dengan bengkak kemerahan? Jika pernah mungkin Anda menderita penyakit asam urat atau nama lainnya adalah penyakit pirai atau gout. Penyakit ini merupakan sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi. Penyakit asam urat hanyalah salah satu dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.

Biasanya gejala berupa rasa sakit yang muncul secara tiba-tiba tersebut akan berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari, dengan puncak rasa sakitnya yang akan dirasakan dalam enam hingga dua puluh empat jam pertama serangan asam urat tersebut dimulai.

Setelah tiga hingga sepuluh hari, biasanya rasa sakit pada sendi tersebut akan menghilang dan sendi akan tampak seperti semula tanpa adanya pembengkakan. Kendati terlihat sembuh, namun radang sendi ini umumnya bisa kambuh.

Penyebab penyakit asam urat adalah tingginya kadar asam urat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Setiap harinya, asam ini dibuang dari tubuh kita melalui ginjal. Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah produksinya, maka sisanya akan menumpuk di dalam dan sekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal tajam natrium urat. Pembentukan dan penumpukan kristal-kristal tersebut bisa berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari.

Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Anda dapat mengkomsumsi seledri dengan sidaguri untuk mencegah dan mengobatinya.

seledriSebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dyah Iswantini Pradono M.Agr dan rekan dari Pusat Studi Biofarmaka IPB menunjukkan manfaat seledri untuk mengobati asam urat. Dalam penelitian itu Dyah mengkombinasikan seledri dengan sidaguri. Seperti hal nya seledri, sidaguri juga bermanfaat untuk meredakan gejala asam urat. Dyah membuktikan bahwa seledri berperan menghambat aktivitas enzim xantine oksidase, pemicu asam urat.

Penggabungan seledri dengan sidaguri, menyebabkan daya hambat terhadap xantine oksidase meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan pemakaian tunggal.

Sumber : www.trubus-online.co.id, www.aladokter.com

(rsh/pjr)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1660

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top