You Are Here: Home » Nutrisi & Penyakit » Kenapa Tubuh Anda Membutuhkan Kalium?

Kenapa Tubuh Anda Membutuhkan Kalium?

urlKalium merupakan salah satu dari tujuh mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Asupan cukup kalium dikaitkan dengan risiko 20 persen lebih rendah dari kematian, rendahnya risiko stroke, tekanan darah, dan penurunan pembentukan batu ginjal.

Fungsi utama kalium dalam tubuh yaitu membantu membangun dan menggerakkan otot-otot, sehingga memungkinkan ginjal untuk menyaring darah, sintesis protein, mengatur aktivitas jantung, menjaga volume cairan tubuh dan menjaga fungsi sel tetap normal.

Kalium tidak menyembuhkan atau mencegah penyakit jantung. Tapi asupan tinggi kalium dapat melindungi jantung Anda dalam beberapa cara. Salah satunya kalium membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi kalium dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada orang dengan tekanan darah tinggi. Makan banyak buah-buahan dan sayuran dan makanan rendah lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Makanan kaya kalium menciptakan lingkungan basa dalam tubuh sehingga dapat menetralisir kondisi asidosis yang disebabkan oleh diet yang tidak sehat. Makanan yang sangat asam seperti daging dan sereal olahan dapat membuat tubuh dalam kondisi asidosis. Hal ini juga menyebabkan hilangnya kepadatan mineral tulang dan melemahkan otot-otot. Sebuah studi menemukan bahwa asupan kalium yang tinggi meningkatkan kepadatan tulang.

Apa sumber makanan terbaik kalium?

bb142954b9Menambahkan buah-buahan dan sayuran dalam diet adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan kalium Anda. Produk susu, biji-bijian, daging, dan ikan juga merupakan sumber kalium. Makanan kaya potassium yaitu kentang, tomat, buah-buahan segar seperti pisang, jeruk dan stroberi, alpukat, bayam, buncis, kacang polong, dan buah-buahan kering.

Berapa banyak kalium yang butuhkan?

Dianjurkan agar Anda menjaga asupan 4.700 mg potasium per hari untuk kesehatan yang baik. Cara termudah untuk mendapatkan jumlah ini adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran tinggi kalium dalam diet.


Sumber : Healthmeup.com

(rsh)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top