You Are Here: Home » Nutrisi & Penyakit » Dibalik Sisi Negatif Kolestrol, Kolesterol Masih Bermanfaat

Dibalik Sisi Negatif Kolestrol, Kolesterol Masih Bermanfaat

dfdsMendengar kata kolesterol biasanya orang akan sedikit “takut” karena banyaknya artikel terkait bahaya kolestrol menyebabkan pengerasan pembuluh darah, terutama pada jantung dan otak. Meski demikian, tidak sepenuhnya kolestrol itu jahat. Meski dalam jumlah yang terbatas, kolestrol tetap dibutuhkan oleh tubuh. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa kolestrol dibutuhkan untuk perkembangan otak.

Penelitian dari the Swedish medical university Karolinska Institutet, yang kemudian dipublikasikan di the journal Cell, Stem cell. Dalam penelitian ini mrnunjukan bahwa turunan kolestrol membentuk neuron yang memproduksi dopamin selama perkembangan otak (pada tikus).

Dopamin yang diproduksi sel syaraf memainkan peran penting dalam fungsi dan proses otak, mulai dari keterampilan motorik untuk sistem dan ketergantungan. Namun pada penderita parkinson, tidak ditemukan zat tersebut.

“Oxysterol (bentuk oksidasi kolestrol) memberikan kontribusi untuk menghasilkan sel yang lebih baik, (sel yang memproduksi dopamin). Ini merupakan kemajuan besar karena kemungkinan dapat dikembangkan untuk pengobatan penyakit Parkinson,” Kata Profesor Ernest Arenas.

Maka tak menutup kemungkinan jika nantinya sel-sel mati pada otak pasien Parkinson dapat digantikan dengan transplantasi sel dopamin.

Sumber : ScienceDaily

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top