IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp ENYAHKAN SI BAU MULUT (Halitosis) – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » ENYAHKAN SI BAU MULUT (Halitosis)

ENYAHKAN SI BAU MULUT (Halitosis)

Bau mulut….mungkin kita menganggapnya sebagai masalah yang sepele namun kondisi ini yang sering mengganggu terutama dalam pergaulan.Ya…Bau Mulut yang secara ilmiah dikenal dengan nama Halitosis memang mengganggu. Apa dan bagaimana mengatasinya, mari kita simak…..
Pada kebanyakan kasus halitosis berasal dari masalah gusi dan lidah akibat kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bakteri dan komponen partikel makanan yang tersisa di mulut sering sebagai penyebabnya. Ketika makanan dikunyah terbentuklah sulfur, maka menimbulkan bau mulut yang tidak enak.
Penyebab bau mulut bisa amat sederhana dan langsung berasal dari mulut, atau juga dari rongga disekitarnya. Jika bau nafas yang sebelumnya normal berubah menjadi bau segera setelah mengkonsumsi makanan tertentu, maka penyebabnya tentu adalah makanan-makanan tersebut.
Halitosis juga dapat disebabkan oleh hal lain seperti jika dalam keadaan lama tidak makan dan minum, contohnya apabila Anda bangun pagi atau ketika menjalani ibadah puasa, menggunakan gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya, mengalami tekanan perasaan (stress), menderita xerostomia atau mulut kering, dan adanya benda asing di hidung (pada anak-anak) yang lama tidak diketahui.
Disamping penyebab-penyebab tersebut, memang ada banyak penyakit yang dapat menimbulkan halitosis, seperti infeksi tenggorokan, kanker kerongkongan, sinusitis, tonsilitas (radang tonsil/amandel), penyakit paru misalnya infeksi paru atau bronkhitis kronis, radang ginjal, Diabetes Mellitus, penyumbatan usus, gangguan lambung, dan lain sebagainya.
Kiat utama untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut adalah menghilangkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan bau mulut, tentu saja. Yang pertama hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan bau mulut seperti petai, jengkol dan bawang-bawangan.
Yang kedua, jaga kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut. Sikat gigi pagi hari dan sebelum tidur adalah mutlak. Menggunakan cairan kumur antiseptik dapat juga membantu, asal tidak berlebihan.

About The Author

Number of Entries : 50

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top