You Are Here: Home » Gaya Hidup » Cukup Satu Apel Sehari… Menjauhkan Diri dari Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Cukup Satu Apel Sehari… Menjauhkan Diri dari Risiko Serangan Jantung dan Stroke

168955091Sudah banyak riset yang menyebutkan bahwa apel mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, hingga saat inipun apel masih menjadi bahan menarik untuk diteliti. Oxford University baru-baru ini merilis temuannya yang dipublikasikan oleh dailymail menyebutkan bahwa, konsumsi 1 buah apel/hari, bagi mereka yang berusia diatas 50 tahun, mampu menghindarkan dari bahaya serangan jantung, sama efektifnya dengan obat golongan statin. Para ilmuwan memperhitungkan bahwa satu apel/hari yang diberikan kepada mereka yang berusia 50 tahun keatas mampu menurunkan angka kejadian serangan jantung dan stroke sebanyak 8.500/tahun di Inggris.

Riset ini di dasari oleh pernyataan Victoria yang mengatakan bahwa “Sebuah apel sehari membuat dokter pergi.” Dr Adam Briggs (Riset Kesehatan Yayasan Jantung Oxford University Inggris) mengatakan bahwa apa yang dikatakan Victoria hanya ingin menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam diet sehat sangat efektif dalam memelihara kesehatan tubuh, khususnya dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke. Penting pula untuk diperhatikan bahwa pada mereka yang sudah mengkonsumsi obat penurun kolesterol statin bukan berarti dapat menggantinya dengan apel, namun dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah untuk mendapatkan manfaat yang lebih efektif.

143382963Menurut para ilmuwan, siapa pun yang mengkonsumsi satu apel sehari mampu mengurangi risiko sebesar 12% terhadap serangan jantung dan stroke, setara dengan obat penurun kolesterol statin. Menurut para ilmuwan, tambahan perlidungan sebesar 12% juga akan didapat ketika mengkonsumsi apel yang kedua.

Mereka juga mencatat, semakin banyak dan beragamnya porsi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari mampu memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap risiko kematian akibat penyakit vascular ini.

Dr Peter Coleman dari Asosiasi Stroke mengatakan : “Meskipun para penderita stroke wajib mengkonsumsi obat statin, namun tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup sehat dan diet seimbang.

(bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1631

Comments (1)

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top