You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 5 Gaya Hidup Untuk Mencegah Flu

5 Gaya Hidup Untuk Mencegah Flu

images 1Musim hujan identik dengan serangan influenza. Kendati begitu, sebenarnya flu tidak mengenal musim. Banyak orang tidak menyadari jika kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat meningkatkan risiko terserang flu. Diantaranya seperti merokok, jarang mencuci tangan, dan olahraga berlebihan adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terserang flu. Maka dari itu, para ahli menyarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar tubuh dapat menangkal berbagai serangan virus, termasuk virus flu. Coba biasakan melakukan hal-hal sebagai berikut agar terhindar dari gangguan virus flu :

  1. Cuci tangan

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air dapat mengusir kuman yang menempel. Gosok kedua tangan secara bersamaan setidaknya 20 detik, kemudian keringkan tangan dengan handuk atau tisu. Jaga kebersihan lingkungan kerja seperti keyboard, mouse komputer, telepon, gagang pintu, dan sebagainya.

  1. Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata

Jika anda merasa tangan anda tidak steril dari kuman dan belum sempat mencucinya, usahakan jangan menyentuh hidung, mulut, dan mata anda. Flu dan pilek dapat menyebar dari anggota-anggota tubuh tersebut. Apabila anda batuk atau bersin, usahakan untuk menggunakan tisu, jangan langsung menutupinya dengan tangan. Apabila tidak memungkinkan, gunakan bagian dalam siku tangan anda.

  1. Membiasakan pola hidup sehat

Pastikan tidur cukup, makan makanan bergizi, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur. Tetap terhidrasi, yakni dengan minum 8 gelas air sehari dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sedangkan berolahraga secara rutin seperti jalan cepat atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan virus. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya, karena justru dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga 5 kali dalam seminggu selama 15-30 setiap sesinya sudah cukup membuat tubuh tetap bugar.

  1. Jangan merokok dan Hindari Asap Rokokimages 2

Asap rokok mengandung racun yang dapat melumpuhkan silia, bulu-bulu halus yang melapisi selaput lendir di hidung dan paru-paru. Silia bekerja untuk menyapu virus dan penjajah lainnya. Silia juga mengeluarkan lendir dari paru-paru dan umumnya bekerja untuk mencegah infeksi. Para ahli kesehatan percaya jika fungsi silia terganggu, maka seseorang akan berada pada risiko tinggi terhadap infeksi paru-paru.

  1. Makan yogurt

Bakteri baik dalam yogurt bermanfaat mencegah pilek, demikian menurut National Institutes of Health. Para peneliti percaya jika bakteri yang ada dalam yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan yogurt setiap hari berisiko rendah terserang pilek sekitar 25%

Sumber : newsmaxhealth

(dny/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1657

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top