You Are Here: Home » Nutrisi & Penyakit » Berbagai Makanan Alami Penurun Kolesterol

Berbagai Makanan Alami Penurun Kolesterol

CholesterolFoodsBanyak orang melakukan pengaturan diet/pola makan untuk menurunkan kolesterol secara ketat yang menyiksa, membatasi makan ini itu tanpa memperhitungkan mana yang baik. Pola diet yang baik sebenarnya tidak perlu sesusah itu. Terdapat cukup banyak warna warni makanan yang bisa dikombinasikan menjadi sebuah resep atau dimakan begitu saja, namun memiliki kemampuan menurunkan kolesterol dan membuat hidup lebih sehat. Makanan itu adalah :

Bawang merah

Sebuah studi tahun 2007 menjelaskan bahwa bawang membantu mencegah peradangan dan pengerasan arteri, sehingga bermanfaat untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Tambahkan bawang merah ke dalam salad, burger atau ke dalam orak arik putih telur. Juga bisa dibuat onion ring.

Bawang putih

Bawang putih berdasarkan China Medical University mampu memperkuat organ jantung pada penderita diabetes. Haluskan satu siung bawang putih rebus dengan minyak zaitun sampai lunak lalu campurkan dengan makanan harian. Bawang putih menambahkan rasa dan aroma jauh lebih baik dari mentega.

Jamur

Studi tahun 1996 menyatakan bahwa jamur sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Jamur shiitake bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL.

Alpukat

Kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk jantung. Alpukat bisa dicampur dengan perasan lemon.

Cabe

Cabe mengandung zat capsaisin. Menurut the North Ohio Heart Center zat itu dapat menurunkan kolesterol. Cabe dapat dicampur dengan sup, salad, atau dengan campuran bahan lain.

Salsa, pico

Salsa dapat dicampur dengan saus tomat, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan cemilan sehat lainnya. Pastikan salsa yang dibuat tidak tinggi garam sehingga tetap baik untuk jantung dan tekanan darah.

Berbagai jenis buah

Buah-buahan yang kaya pektin dan berwarna warni misalnya apel, jeruk, anggur, stawberry dicampur dengan saus salsa atau dibuat dengan saus mayo dan campuran sandwich.

Kacang-kacangan

Harvard Medical School menjelaskan bahwa kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung. Campurkan dengan berbagai jenis dan pastikan tidak diberi garam/sedikit garam.

Selain makanan tersebut diatas, usahakan mengurangi daging merah, daging olahan dan masih bisa menikmati daging rendah lemak misalnya ayam tanpa kulit, kalkun, ayam. Tidak lupa pula, konsumsilah makanan segar.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top