You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » Konsumsi Ikan Dapat Menurunkan Gangguan Pendengaran Pada Wanita

Konsumsi Ikan Dapat Menurunkan Gangguan Pendengaran Pada Wanita

makan-sushiWanita yang makan dua atau lebih porsi ikan per minggu secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita gangguan pendengaran, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita dan dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tanggal 10 September.


“Meskipun penurunan pendengaran sering dianggap sebagai aspek yang tak terelakkan dari penuaan, namun identifikasi beberapa faktor risiko berpotensi memberikan pengetahuan baru tentang pencegahan atau penundaan gangguan pendengaran,” kata pemimpin peneliti Dr Sharon G. Curhan, MD.


“Gangguan pendengaran adalah kondisi yang sangat umum dan sering mempengaruhi komunikasi, kualitas hidup, produktivitas kerja dan kesehatan,” kata Dr Curhan dalam sebuah wawancara dengan MedicalResearch.com.


Penelitian sebelumnya telah menyarankan untuk mengkonsumsi antioksidan serta asam lemak omega-3 dari minyak ikan yang dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran. Satu penelitian di Australia, misalnya, menemukan bahwa asupan ikan lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan gangguan pendengaran.


“Omega-3, antioksidan, dan vitamin C sangat bermanfaat untuk pendengaran,” kata Dr Gordon Hughes, direktur program uji klinis untuk National Institute on Deafness.


telinga-dlm-tsSebuah penelitian menyatakan bahwa risiko gangguan pendengaran pada wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi ikan per minggu adalah 20 persen lebih rendah dibandingkan pada wanita yang tidak makan ikan. Selain itu, wanita dengan asupan tertinggi rantai panjang omega-3 memiliki risiko 22 persen lebih rendah dari gangguan pendengaran dibanding wanita dengan asupan terendah.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran seperti gaya hidup dan faktor lingkungan, usia, genetika, paparan kebisingan, dan beberapa kondisi medis dan obat-obatan. Untuk itu perlu meningkatkan asupan omega-3 dan juga menghindari faktor-faktor tersebut. kata Dr Curhan.

“Namun, setidaknya beberapa gangguan pendengaran dapat dicegah dan mungkin ada faktor-faktor yang dapat dimodifikasi untuk membantu mencegah atau menunda terjadinya gangguan pendengaran. Temuan ini memberikan bukti bahwa faktor risiko diet dimodifikasi (asam lemak omega 3) dapat membantu mengurangi risiko gangguan pendengaran.”


Sumber : NaturalNews

(rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

Scroll to top