IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 10 Makanan dan Minuman yang Bikin Kulit Glowing – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » 10 Makanan dan Minuman yang Bikin Kulit Glowing

10 Makanan dan Minuman yang Bikin Kulit Glowing

kulitKulit kinclong sudah pasti dambaan setiap wanita. Apapun caranya akan dilakukan seperti menggunakan kosmetik atau bahkan bedah plastik. Namun sebenarnya menurut Anthony Youn, MD, seorang ahli bedah plastik di Michigan, makanan dengan antioksidan tinggi sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Sumber antioksidan ini bisa didapat dari makanan dan minuman. Jadi, apa saja makanan dan minuman yang bisa bikin kulit glowing?

  1. Teh hijau. Mengandung antioksidan polifenol dan mengandung sekitar 24 – 45 miligram kafein per 8 ons teh. Bisa disajikan/dikonsumsi dalam bentuk es.
  2. Madu manuka. Antioksidan pada madu manuka mengikat radikal bebas dan mengurangi jumlahnya, terutama yang datangnya dari sinar matahari saat terik yang merusak kolagen dan elastin. Bisa juga dicampur dengan teh dan yogurt tanpa rasa.
  3. Mengandung sekitar 96% air yang dapat menghidrasi/ melembabkan kulit. Dapat ditambahkan dalam sayuran dan campuran salad.
  4. Keluarga tomat. Kaya dengan likopen, pelindung sel dari efek penuaan dini karena paparan sinar matahari. Tomat bisa dimasak dengan bawang putih, seledri, atau dibuat menjadi saus untuk spaghetti atau pasta. Bisa juga dihidangkan dengan minyak zaitun.
  5. Ikan salmon. Tinggi asam lemak omega-3, mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih cerah. Asam lemak omega-3 juga mengurangi peradangan kulit akibat rosacea, eksim, kulit kemerahan. American Heart Association menyarankan orang dewasa makan ikan sekitar 2 porsi per minggu yang kaya dengan omega-3 misalnya ikan salmon, sarden, tuna, dll. Bagi yang tidak suka ikan bisa konsumsi kacang almond.
  6. Ubi jalar. Banyak mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin A dan 4 gram serat dalam sekali penyajian. Bisa dikombinasi dengan yogurt atau cuma dipanggang.
  7. Golongan berries. Mengandung tinggi polifenol, flavonoid, memperlambat proses penuaan akibat radikal bebas. Bisa dibuat menjadi smoothies
  8. Membuat kondisi tubuh terus terhidrasi. Bisa ditambahkan buah sebagai infused water jika kurang suka minum air putih. Kebutuhan air sekitar 2 liter/hari.

Hindari banyak minum bersoda atau gula olahan yang dapat memicu glikasi (penyebab penuaan dini pada kulit dan organ). Makanlah buah utuh untuk memuaskan rasa manis.

Sumber : everydayhealth

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1863

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top