IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 6 Tanda Herpes Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » 6 Tanda Herpes Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

6 Tanda Herpes Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

HerpesvirusHerpes merupakan penyakit menular seksual yang di AS sendiri, satu dari enam orang wanita bisa mengalaminya. Hanya, sekitar 70% wanita ketika terinfeksi sama sekali tidak menyadari karena gejalanya tampak seperti sakit flu.

Herpes genital menyebar melalui kontak kulit ke kulit dan disebabkan oleh dua jenis virus: herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2). Jenis HPV yang menginfeksi akan menentukan bagaimana harus diobati. Herpes tidak dapat sembuh, namun gejala dapat diobati dengan anti virus dan dapat menjalankan kehidupan seks normal. Sebaiknya, para wanita mengetahui sejak awal gejala  herpes sebelum menjadi lebih parah. Dr Peter Leone dari UNC School of Medicin menjelaskannya sebagai berikut :

  1. Muncul jerawat di kelamin yang kemudian menyebabkan luka, terkelupas dan menjadi koreng. Terkadang juga muncul di lipatan paha atau sekitar anus.
  2. Tersebar di beberapa daerah yaitu alat kelamin, bokong, paha. Sebaiknya langsung periksa ke dokter.
  3. Gatal kemerahan di bagian kewanitaan. Kebanyakan wanita gagal paham dengan gejala ini karena banyak yang memakai celana ketat.
  4. Seperti gejala University of Maryland Medical Center mencatat sekitar 70% wanita mengalami gejala seperti terkena flu ketika serangan herpes pertama: sakit kepala, nyeri otot, demam dan kelenjar bengkak. Itu sebabnya, lebih baik memeriksakan diri walau sekedar flu.
  5. Nyeri panggul. Beberapa kali berhubungan seks berakhir dengan nyeri panggul atau keluar cairan yang disebut dengan servicitis (radang serviks/mulut rahim). Kedua gejala ini akan hilang seiring dengan pengobatan rutin.
  6. Nyeri saat buang air kecil. Menurut Mayo Clinic, nyeri saat buang air kecil terjadi karena ulkus/borok/lesi pada kantung kemih atau saluran yang sudah terinfeksi herpes.

Sumber : womenshealthsa

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1900

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top