IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Vitamin dan Mineral penting pada pisang – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Vitamin dan Mineral penting pada pisang

Vitamin dan Mineral penting pada pisang

pisangSiapa yang tidak kenal pisang. Buah ini berasa lembut, manis, menyehatkan, membuat tubuh lebih bertenaga. Pisang juga dijadikan pilihan bagi orang yang sedang diet atau malas makan supaya tubuh tidak lemas saat beraktivitas. Belum lagi banyak resep kudapan yang dibuat dari pisang.

Pisang dikenal dengan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Satu buah pisang sedang mengandung sekitar 100 Kalori. Selain itu juga mengandung vitamin B6, mangan, vitamin C, tembaga, kalium dan serat.

  1. Mangan. Termasuk dalam trace mineral, yang berarti kita memerlukan jumlah yang sangat kecil, tapi sangat penting. Mangan membantu mendorong penyembuhan luka dan kesehatan tulang. Hal ini membuat pisang menjadi camilan ideal untuk mencegah osteoporosis. Mangan juga merupakan komponen salah satu antioksidan penting tubuh yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel. Juga mengaktifkan sejumlah enzim yang memainkan peran penting dalam metabolisme.
  2. Vitamin B 6. Pisang kaya akan vitamin B 6, zat penting dalam makanan. National Institutes of Health (NIH) menyarankan orang dewasa mendapatkan sekitar 1 1/2 miligram vitamin B-6 setiap hari. Pisang memenuhi seperempat kebutuhan ini. Berbeda dengan vitamin B-6 dari suplemen yang tingkat penyerapannya tidak sebaik penyerapan pada vitamin B-6 dari makanan. Konsumsi pisang sekali sehari mampu mengurangi risiko kanker tertentu dan memperbaiki fungsi kognitif. Bagi wanita, vitamin ini dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi, mengurangi morning sickness selama kehamilan. Bagi vegetarian cocok untuk pengganti makanan hewani.
  3. Tembaga. Membantu merangsang pembentukan dan perkembangan sel darah merah bersama zat besi. Sebuah pisang memenuhi 5% kebutuhan tembaga harian.
  4. Vitamin C. Pisang ukuran sedang memenuhi sekitar 15% kebutuhan harian. Vitamin C berperan meningkatkan imun tubuh terhadap flu, mengurangi peradangan, memperlambat penuaan kulit, membantu mencegah perkembangan kanker.

Rutinlah makan buah pisang dalam seminggu. Selain dimakan biasa, juga bisa dibuat dalam bentuk smoothies. Atau bagi vegan yang alergi dengan telur dapat menggantikannya dengan pisang berukuran sedang. Jadi, jangan abaikan makan pisang.

Sumber : healthline

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top