IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Trikomoniasis Bisa Menjadi Penyebab Kanker Prostat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Trikomoniasis Bisa Menjadi Penyebab Kanker Prostat

Trikomoniasis Bisa Menjadi Penyebab Kanker Prostat

kanker-prostat1Sebuah penelitian terbaru Universitas California menemukan bahwa infeksi menular seksual seperti trikomoniasis dapat membantu pertumbuhan sel-sel kanker pada sel-sel prostat manusia. Oleh sebab itu, para ilmuwan juga menyatakan bahwa, kanker prostat sepertinya akan menjadi penyakit seksual menular yang disebabkan oleh infeksi yang ditularkan selama berhubungan seksual.

Para ahli Penelitian Kanker di Inggris mengatakan kepada BBC, bahwa studi klinis diperlukan untuk memasukkan penyakit ini ke daftar penyakit kanker yang disebabkan oleh IMS (Infeksi Menular Seksual). Trikomoniasis merupakan infeksi menular seksual non virus yang paling umum, yang mempengaruhi sekitar 275 juta orang di seluruh dunia. Banyak orang yang menderita efek dari infeksi yang tidak bergejala ini. Bagi mereka yang tertular sekitar 1 bulan baru berkembang, untuk wanita dapat menyebabkan nyeri dan gatal-gatal di sekitar vagina serta perubahan pada vagina. Untuk laki-laki yang terinfeksi merasakan gatal atau iritasi pada penis, myeri saat buang air kecil serta mengeluarkan cairan putih dari penis.

183139_priamalu460Dalam studi baru yang dilakukan oleh Prof. Patricia Johnson menemukan parasit yang menyebabkan trikomoniasis yaitu Trichomonas vaginalis yang mengeluarkan sebuah protein yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan pertumbuhan sel kanker prostat yang jinak. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 di Universitas Washington menemukan laki-laki yang terinfeksi trikomoniasis berisiko 40% terkena kanker prostat.

Penelitian di tahun 2009 menemukan seperempat dari pria yang terdeteksi kanker prostat menunjukkan tanda-tanda telah terinfeksi IMS dan memiliki tumor. Studi baru yang dipublikasikan di Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan infeksi pada pria membuat lebih rentan mengembangkan kanker prostat.

Nicola Smith, petugas informasi kesehatan di Penelitian Kanker, Inggris mengatakan, “Studi ini menunjukkan bahwa parasit Trichomonas vaginalis dapat mendorong sel-sel kanker prostat untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat. Penelitian ini dilakukan di laboratorium dan belum ada bukti nyata yang menunjukkan hubungan yang jelas antara kanker prostat dan infeksi menular seksual trikomoniasis.”

Sumber : Dailymail

(vna/bt)

Baca juga :

Sunat Mengurangi Resiko Kanker Prostat Hingga 60%

Bayi Mudah Sakit Bukan Berarti Sistem Kekebaln Tubuh nya Lemah….

Makanan Fermetasi Yang Membuat Badan Sehat

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top