You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Tentang gamma orizanol

Tentang gamma orizanol

oryzanolGamma orizanol, zat yang mungkin tidak terlalu sering didengar banyak orang. Jika kita menggiling padi, gamma orizanol bisa diambil dari dedak padi dalam bentuk minyak. Selain itu juga bisa dari dedak gandum, rempah-rempah,buah-buahan dan beberapa sayuran.

Sedari dulu zat ini sebenarnya sudah digunakan sebagai obat untuk orang dengan kolesterol tinggi, menopause dan penuaan dini. Beberapa orang menggunakannya untuk meningkatkan kadar hormon testosteron dan hormon pertumbuhan manusia, serta meningkatkan kekuatan saat olahraga ketahanan. Dosis yang dapat dianjurkan sekitar 500mg.

Kebanyakan klaim gamma orizanol biasanya untuk menurunkan kolesterol. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi gamma oryzanol menurunkan kolesterol total, Kolesterol jahat (LDL) dan lemak darah ( trigliserida) pada orang dengan kolesterol tinggi. Namun, efek gamma orizanol akan meningkatkan HDL/kolesterol baik jika dicampur dengan vitamin E, asam lemak omega-3, dan niasin selama 4 bulan. Gamma orizanol yang dikonsumsi secara berlebihan hanya sedikit menurunkan LDL.

Gamma oryzanol juga disinyalir mempunyai sifat antioksidan, dengan teori bahwa kanker, penyakit jantung, serta penyakit lainnya, bisa diatasi dengan antioksidan. Walau begitu, studi memang masih dibutuhkan untuk membuktikannya. Selain itu, riset yang sedang berkembang adalah gamma orizanol bermanfaat untuk mengendalikan hormon terutama pada kasus menopause. Satu studi melibatkan tikus yang disuntik dengan Gamma Oryzanol. Ternyata, bisa mengubah tingkat hormon luteinizing (LH), sehingga dapat membantu meringankan gejala menopause. Studi ini akan dikembangkan pada manusia.

Jika ingin konsumsi gamma orizanol pastikan yang organik sumbernya dan aman dari kontaminasi seperti polychlorobiphenyls/ PCB. Konsultasikan pada dokter sebelum dikonsumsi khususnya untuk ibu hamil, menyusui, dan yang menderita gangguan liver serta ginjal.

Sumber : medicinenet.com

Exercise.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top