IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Tanda Lebih Dari Nyeri Biasa – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Tanda Lebih Dari Nyeri Biasa

Tanda Lebih Dari Nyeri Biasa

nyeri ototMungkin anda pernah mengalami nyeri “salah bantal?”. Sebenarnya nyeri otot terjadi karena tubuh memproduksi asam laktat sehingga menyebabkan rasa sakit. Jika nyeri hanya terjadi hari itu saja, masih bisa dikatakan normal saja. Namun jika sudah berhari-hari dan bahkan sampai berminggu, sebaiknya ketahui tandanya sampai sejauh mana.

  1. Bisa jadi pertanda fibromyalgia. Menurut the American College of Rheumatology (ACR) fibromyalgia merupakan kondisi neurologis dengan rasa sakit dan nyeri seluruh tubuh. Polanya sangat spesifik, hingga ke bawah pinggang.
  2. Tanda artritis. Tidak hanya berhubungan dengan sendi, tapi juga otot. Ketika misalnya artritis pada bahu, otot juga akan tertarik dan sakit.
  3. Kemungkinan terkena infeksi. Jika area yang sakit berwarna merah dan meradang, serta demam, tandanya sedang mengalami infeksi.
  4. Terkena lyme disease. Gigitan parasit kutu yang membawa infeksi bakteri Borrelia burgdorferi dapat menyebabkan kulit ruam, nyeri otot, demam, kaku leher.
  5. Olahraga yang ekstrim/terlalu berlebihan menyebabkan jaringan otot rusak, lalu melepaskan protein mioglobin ke dalam darah, menyebabkan gangguan ginjal, sehingga urin berwarna gelap. Segera hubungi dokter jika terjadi.
  6. Polymyalgia rheumatica. Kondisi yang bisa dialami orang diatas usia 65 tahun. Nyeri, sakit, kaku pada lengan atas, leher, punggung bawah dan paha. Penyebabnya belum diketahui dan hanya dikurangi nyerinya dengan kortikosteroid.
  7. Nyeri otot terjadi karena sitokin memecah protein otot.
  8. Nyeri otot terjadi pada 2/3 penderita lupus. Umumnya terdiagnosa sebagai nyeri rematik, lyme disease atau bahkan nyeri otot karena diabetes. Lupus biasanya menyebabkan rasa sakit antara siku dan leher serta lutut dan pinggul. Wanita berusia 15 hingga 44 tahun kemungkinan besar mengalami nyeri ini.
  9. Efek samping obat. Obat kolesterol dapat menyebabkan nyeri otot.

Sumber : www.rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top