IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Fakta Gangguan Makan pada Pria – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Fakta Gangguan Makan pada Pria

Fakta Gangguan Makan pada Pria

gangguan makan pada priaMasalah gangguan makan tidak hanya dialami kebanyakan oleh para wanita, pria juga bisa. Salah satu contohnya adalah seorang publik figur Zayn Malik, mantan personil One Direction. Siapa saja bisa berpotensi, kenali fakta nya, supaya tidak sampai diderita salah satu pria di lingkungan kita.

  1. Lebih cepat terjadi pada pria daripada wanita. Meski terlihat gangguan makan lebih sering terjadi pada wanita, tapi faktanya, dua kali lebih cepat mempengaruhi hidup pria. Namun riset antara 1998 dan 2008 menunjukkan gangguan makan diet ekstrim lebih cepat pada pria dibanding wanita.
  2. Menurut the National Eating Disorder Association (NEDA), pada pria yang mempunyai gangguan makan juga terkait dengan penggunaan obat/narkotika, depresi, olahraga berlebihan dan kecemasan.
  3. Umumnya pria usia diatas 20 tahun mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan makan dibanding usia remaja. Studi yang diikuti lebih dari 13.000 lelaki muda umur 14 hingga 20 tahun, para peneliti menemukan bahwa prevalensi gangguan makan pada peserta studi pria meningkat dari 1,2% pada usia 14 tahun hingga 2,9% pada usia 20 tahun.
  4. Ciri gangguan makan pada pria sama dengan wanita. Ketika terjadi gangguan makan, akan terjadi malnutrisi yang menurunkan konsentrasi sehingga sering terjadi kecelakaan karenanya. Selain itu juga menjadi kurang fokus, mudah tersinggung, mudah sakit dan terkena infeksi.
  5. Pria yang mengalami gangguan makan, umumnya akan makan berlebihan, namun juga ke gym secara berlebihan untuk mengurangi kecemasan.

JIka menemukan salah satu atau beberapa cirri diatas, sebaiknya segera konsultasikan ke ahli kesehatan jiwa. Tidak ada yang salah untuk meminta bantuan sejak dini untuk menghindari gangguan jangka panjang.

Sumber : health.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top