You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Tanda Kanker Liver Yang Diindahkan Banyak Orang

Tanda Kanker Liver Yang Diindahkan Banyak Orang

UntitledLiver merupakan salah satu organ yang berisiko tinggi terhadap kanker dan jumlah penderitanya hingga saat ini terus saja meningkat.

Meski jarang kasusnya, namun sejak tahun 1990 terjadi peningkatan risiko dari 3,5 menjadi 6,5 jiwa dari 100.000 orang, menurut Otis Brawley, MD chief medical officer The American Cancer Society. Ghassan Abou-Alfa, MD, dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center menjelaskan tanda yang patut diwaspadai perihal kanker liver yaitu:

  1. Pernah menderita hepatitis C. Virus hepatitis C dapat mengembangkan kanker sekitar 10 tahun semenjak diagnosa. Lakukan pengobatan sampai tuntas.

  2. Pernah menderita hepatitis B (dan belum divaksin). Hepatitis B juga dapat menyebabkan kanker. Lakukan vaksin sejak lahir/kecil. Pada orang yang sudah terinfeksi virus hepatitis B atau C setidaknya setahun sekali harus melalukan screening ultrasound. Pengujian alpha-fetoprotein darah menjadi tanda adanya kanker.

  3. Peminum berat atau pernah kecanduan alkohol. Menurut American Cancer Society, penggunaan alkohol secara terus menerus dapat merusak sel-sel hati, yang digantikan oleh jaringan parut. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan kanker hati.

  4. Kegemukan atau obesitas. Kanker lainnya pada liver adalah fatty liver (perlemakan organ liver) non alkohol. Peningkatan kasus kanker liver setiap tahun karena obesitas menjadi hal baru. Walau obesitas hanya menjadi salah satu pemicu dan kasusnya tidak sebanyak pemicu lainnya, namun sebaiknya diwaspadai dan cobalah untuk bicarakan dengan dokter/ahli kesehatan bagaimana menurunkan berat badan yang efektif.

  5. Nyeri perut yang tidak biasa. Kebanyakan penderita kanker memiliki nyeri perut bagian atas. Ketika diuji gejala asimtomatik tersebut, mereka mengeluh sangat sakit. Nyeri ini tidak hanya menjadi pertanda kanker liver, tapi juga hepatitis, gangguan pada pankreas dan kantung empedu.

  6. Turun berat badan tanpa olahraga/usaha. Penurunan berat badan mendadak dan nafsu makan hilang adalah ciri umum tanda penyakit kanker atau serangan virus. Gejala ini kebanyakan tidak disadari lelaki, namun sangat disadari perempuan.

  7. Perut cepat kembung. Banyaknya cairan dalam perut membuat kembung, walau kanker juga menurunkan nafsu makan.

  8. Mata dan kulit kuning. Gejala jaundice/ kuning juga bisa menandakan kanker liver. Jika sering gatal, kulit dan mata kuning, hal ini juga bisa menjadi pertanda kanker pankreas.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1657

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top