You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Tanda Kadar Gula Darah Anda Rendah

Tanda Kadar Gula Darah Anda Rendah

HipoglikemiaKadar gula darah rendah, atau dikenal sebagai hipoglikemia, terjadi ketika kadar gula darah dibawah normal dari yang semestinya. Karena peran glukosa sebagai bahan bakar sel, maka sangat penting menjaga supaya kadarnya tetap normal.

Hipoglikemi umumnya menyerang penderita diabetes yang minum obat penurun kadar gula darah. Atau bisa juga karena ketidakseimbangan hormon, gangguan pankreas, gangguan pada liver dan ginjal, atau karena puasa terlalu panjang waktunya.

Gejala umum hipoglikemi adalah tubuh gemetar dan lemah, lelah, sakit kepala, mudah tersinggung, gampang cemas, demam dan berkeringat dingin. Namun, ada juga tanda lain yang dapat menjadi pertanda serius sehingga jika gula darah terus rendah maka akan mempengaruhi penurunan fungsi otak. Gejala tambahan tersebut yaitu:

  1. Bicara kaku/mendadak cadel. Menurut Mayo Clinic, mendadak cadel karena hipoglikemi menyebabkan gaya bicara ngaco.
  2. Penglihatan kabur. Terdapatnya eye floaters (titik putih mengambang pada mata) dan kaburnya penglihatan adalah ciri dari diabetes itu sendiri.
  3. Karena glukosa sebagai sumber energi otak turun drastis.
  4. Jika sudah kekurangan energi, hipoglikemi dapat menyebabkan kejang.
  5. Keseringan hipoglikemi dapat pingsan mendadak.

Cara sederhana mengurangi hipoglikemi saat kejadiannya dengan makan/minum gula sederhana dalam jumlah secukupnya, misalnya jus buah, kudapan manis atau minum tablet glukosa. Tetapi jangan lupa, langsung periksa kadar gula darahnya agar tidak terjadi lonjakan secara mendadak.

Bagi orang yang sehat, ada baiknya karbohidrat juga ditambah dengan protein dan lemak sehat. Makan yang seimbang dan dalam jumlah yang cukup besar bisa membantu mengurangi hipoglikemi dibandingkan dengan makan porsi kecil.

Perawatan Hipoglikemi tergantung pada penyebab dasarnya, jadi akan ada serangkaian tes dari dokter mulai dari memeriksa kadar gula darah untuk mengetahui apakah sebenarnya hipoglikemi terjadi karena diabetes atau bukan. Jika benar menderita diabetes akan segera diobati. Jika karena salah pola makan, maka pola makan yang diperbaiki, misalnya nyemil sebelum tidur.

Sumber : self.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top