You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » Normal Dan Tidaknya Payudara

Normal Dan Tidaknya Payudara

PayudaraMungkin diantara para wanita, ada yang suka iseng melihat dan memperhatikan bentuk payudaranya sendiri, ada yang sama sekali tidak peduli/cuek. Dasarnya bentuk tiap payudara seorang wanita itu khas dan berbeda. Namun, ada bentuk yang normal, ada yang bisa jadi mengkhawatirkan. Nah….kita intip sedikit yuk, bagaimana sih bentuk normal dan bentuk mengkhawatirkan?

  1. Besar tebal

Menurut Therese Bartholomew Bevers, M.D., F.A.A.F.P professor dari bidang pencegahan kanker di  MD Anderson Cancer Center, Houston, memang ada wanita yang bentuk payudara besar, menggantung seperti kantung kacang, ada benjolan. Yang perlu diwaspadai ketika ada benjolan yang keras, bukan lunak. Menurut Susan Hoover, MD, FACS ahli onkologi/kanker payudara dari Moffitt Cancer Center , Tampa, Florida, benjolan itu bukan berarti kanker, bisa jadi tumor jinak (tidak menyebabkan kanker). Walau begitu, tidak ada salahnya memeriksakan setahun sekali.

  1. Kadang merasa nyeri

Umumnya terjadi saat menjelang wanita mens atau saat mens. Nyeri juga bisa diakibatkan karena kebanyakan minum berkafein (kopi, teh, coklat), soda, atau memakai bra yang tidak pas. Yang perlu diwaspadai kalau nyerinya diiringi dengan tanda lain seperti pengerutan kulit jeruk pada puting payudara dan pembengkakan.

  1. Ada benjolan

Benjolan ada yang normal, ada juga yang terjadi pada tumpukan kulit disebut juga kista sebasea. Kalau benjolannya pada puting disebut kelenjar montgomery yang normal. Yang perlu diwaspadai ketika kondisi puting memerah, gatal, guratan pada kepala putting, bisa jadi menjadi tanda kanker tidak umum yang disebut Paget’s disease.

  1. Kok besar sebelah?

Banyak wanita memiliki payudara yang bentuknya besar sebelah. Ada yang tidak tampak, ada yang tampak bedanya. Tapi jika mendadak asimetris tidak seperti biasanya, hal ini bisa menjadi tanda kanker payudara dan biasanya diiringi gumpalan didalamnya.

  1. Muncul stretch marks/guratan payudara

Kejadian begini biasanya karena kenaikan berat badan cepat (misalnya karena kehamilan) bisa jadi juga ketika seorang wanita mengalami masa awal puber.

  1. Warna kulit payudara berbeda

Masih wajar, bisa terjadi karena perubahan hormon, paparan sinar matahari dan obat-obatan tertentu. Jadi, masalahnya ada di kondisi kulit, bukan pada payudara.

Sumber : self.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top