IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Silaturahmi di bulan ramadhan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Silaturahmi di bulan ramadhan

Silaturahmi di bulan ramadhan

SILATURAHMI1Di bulan ramadhan, selain berpuasa (ibadah hubungan manusia dengan Tuhan), sebaiknya dilakukan juga silaturahmi sebagai ibadah hubungan antar manusia, agar puasa kita lebih berkah. Rasulullah s.a.w bersabda “Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari).

Silaturahmi sebagai ajang baik dalam bulan ramadhan menciptakan kedamaian sosial dan spiritual. Ada beberapa cara simple mengembangkan silaturahmi di bulan ramadhan ini.

Pertama: Menunjukkan rasa perduli kita. Punya tetangga? Jangan sampai kita tidak kenal mereka. Tak kenal, maka tak sayang. Tidak perduli apakah mereka muslim atau non-muslim, menyapa, berkenalan itu perlu. Mencoba memulai pembicaraan misalnya seputar anak, kondisi lingkungan dsb.

Kedua: Mengirimkan kartu/ ucapan. Kelihatannya kuno, hari gini masih mengirimkan kartu. Namun, perhatian sederhana seperti ini dapat berkembang menjadi ajang silaturahmi lebih dalam lagi.

Ketiga: Memberikan takjil. Buatlah takjil sedikit lebih banyak untuk tetangga kiri-kanan kita. Kalau memang kreatif, boleh juga sambil dihias paket takjil sederhana bersama dengan takjil misalnya pakai bungkus coklat, kurma, gelas kecil syrup. Berikan yang sederhana saja, namun tidak mengurangi nilai silaturahmi.

Keempat: Undang buka puasa bersama. Jika mereka tidak ada undangan buka puasa di masjid, tidak ada salahnya mengundang mereka untuk bukber di rumah kita, sholat magrib bersama atau berbagi pengalaman ramadhan sebelumnya bersama. Hal ini akan mempererat persaudaraan antar bertetangga.

Kelima: Menjadikan diri lebih baik di bulan ramadhan. Di sekeliling kita tidak hanya muslim, namun juga non muslim. Sebagai orang islam yang baik, kembangkanlah silaturahmi dengan semua golongan, minimal tersenyum jika bertemu tetangga, tidak menggosip buruk tentang mereka.

Semoga tips silaturahmi ini dapat bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah di bulan ramadhan, semoga puasa kita menjadi berkah dan kebahagiaan.

Sumber : soundvision.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top