IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Digitech Digitech Indonesia Makanan Berbuka Yang Sehat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Makanan Berbuka Yang Sehat

Makanan Berbuka Yang Sehat

berbuka puasaRamadhan telah tiba. Saatnya mempersiapkan tubuh agar tetap fit selama berpuasa. Makanan adalah faktor utama dan sangat penting untuk menjaga puasa kita lebih sehat, optimal dan gizi seimbang. Waktu berbuka puasa dan santap sahur selain mengandung nilai ibadah juga membuat tubuh lebih sehat. Apa saja tipsnya, simak berikut ini ya:

  1. Membuat makanan sehat. Pilih bahan yang beragam terdiri dari buah, sayur, bijian, daging rendah lemak, kacang, susu dan produk susu lainnya. Berbuka dengan dua jenis buah. Setelahnya santap makanan yang rendah lemak/batasi gorengan dan minum susu rendah lemak yang tetap memiliki kalsium tinggi.
  2. Memasak dengan cara sehat. Memanggang akan lebih sehat daripada menggoreng. Kukus sayuran supaya renyah dan gizi tidak berkurang. Masak juga dengan rendah garam dan dalam bentuk cairan misalnya sup, agar dehidrasi yang terjadi selama berpuasa dapat berkurang. Sup juga makanan pembuka yang baik karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk meningkatkan fungsi imun tubuh.
  3. Kontrol porsi. Berbuka langsung dengan porsi makan besar justru akan meningkatkan berat badan dan perut membuncit. Makan sedikit demi sedikit akan mengontrol nafsu makan dalam berbuka dan juga berat badan.
  4. Keseimbangan komposisi. Satu piring makan dibagi 3: ¼ karbo dan sejenisnya, ½ nya selada atau sayuran lain, sisanya lauk. Hal ini akan membuat kenyang, tapi juga tidak kekurangan gizi.
  5. Tambahkan zat penting. Tambahkan minyak zaitun untuk kesehatan jantung. Sesekali buah buahan kering cukup membantu energi cepat saat berbuka.
  6. Variasi makanan. Supaya tubuh tetap sehat, terpenuhi gizi.

Jadikan moment berbuka puasa sebagai ajang makan bersama anggota keluarga dengan menu yang sehat, tersambung silaturahmi dan keceriaan.

Sumber : nestle-family.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top