You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Seperti Apa Bakteri Tuberculosis Menyerang Tubuh…???

Seperti Apa Bakteri Tuberculosis Menyerang Tubuh…???

117Siapa yang tidak mengenal penyakit TBC atau Tuberculosis, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis ini bersifat menular, hanya dengan sebaran melalui udara bakteri ini bisa menginfeksi siapa pun. Ketika bakteri TB terhirup maka akan langsung masuk ke dalam paru-paru, namun tidak menutup kemungkinan bakteri akan berjalan melalui aliran darah menuju organ lain selain paru-paru.

Sebuah awal infeksi begitu ringan sehingga banyak penderita yang tidak sadar bahwa dirinya mengidap bakteri TB. Pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik, bakteri TB akan bersifat dormant atau tidak aktif sehingga tidak dapat menyebar ke jaringan lain atau ke orang lain hal ini disebut dengan TB Laten. Namun ketika kekebalan tubuh penderita mulai menurun maka bakteri TB akan menjadi aktif dan berkembang sehingga dapat menular ke orang lain. Gejala TBC pun akan mulai muncul seperti :

  • Batuk yang tidak kunjung sembuh selama 3 minggu. Pada tahap selanjutnya, batuk bisa menghasilkan dahak berwarna abu-abu atau kuning yang bisa bercampur dengan darah

  • Kelelahan

  • Demam

  • Berkeringat dimalam hari

  • Kehilangan nafsu makan

  • Penurunan berat badan

  • Amati urine yang berubah warna (kemerahan) atau urine keruh. Ini merupakan gejala yang muncul pada tahap selanjutnya

118Ketika penderita sudah positif mengidap TB aktif maka dokter akan memberikan antibiotik yang harus dikonsumsi selama 6-12 bulan. Secara umum, setelah 2 minggu pengobatan dengan antibiotik, tidak dapat menyebarkan infeksi TB paru aktif untuk orang lain. Namun ketidakdisiplinan dalam mengkonsumsi obat akan menunda kesembuhan atau membuat TB kambuh kembali. Tidak mengkonsumsi obat secara penuh juga akan membuat bakteri menjadi resisten pada antibiotik sehingga membuat lebih sulit untuk sembuh.

Jika TBC tidak diobati secara serius maka akan menjadi komplikasi serius. Bakteri TB akan membentuk kantong/rongga di paru-paru dan daerah- daerah yang rusak oleh infeksi bakteri akan menyebabkan perdarahan di paru-paru sehingga lebih rentan terinfeksi bakteri lain dan membantuk kantung nanah. Pada tahap selanjutnya akan menimbulkan sesak nafas.

(erl/bt)

Sumber : WebMD

Baca juga :

Usia Muda kok Sudah ber-UBAN ya???

Kabut Asap Riau Menyebabkan Gangguan Pernafasan

Resiko Alzheimer Untuk Pecinta Makanan Manis

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top