IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Segarnya Rasa Buah Saat Berbuka Puasa Sesegar Manfaatnya – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Segarnya Rasa Buah Saat Berbuka Puasa Sesegar Manfaatnya

Segarnya Rasa Buah Saat Berbuka Puasa Sesegar Manfaatnya

664xauto-3-buah-buahan-paling-nikmat-jika-disantap-saat-ramadhan-150611wSaat bulan Ramadhan tiba ada beberapa buah yang populer karena banyak diminati seperti timun suri, blewah, melon dan semangka. Keberadaan buah-buah tersebut juga mudah di cari di berbagai tempat. Maka tak heran jika keberadaannya di dalam rumah seolah menjadi menu wajib saat berbuka. Selain kandungan airnya yang tinggi, buah-buahan tersebut juga mempunyai nilai gizi lainnya seperti :

  1. Timun suri kaya akan provitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh penyebab penuaan dini. Vitamin C di dalam timun suri mencegah timbulnyua gangguan penyakit flu dan infeksi. Selain vitamin, mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri. Serat di dalam timun suri mampu mencegah timbulnya kanker usus dan kolon. Buah ini diyakini bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta menyehatkan fungsi ginjal dan limpa.

  2. Blewah mengandung vitamin A yang sangat tinggi sehingga membantu melawan efek negatif dari rokok dan mencegah penyakit emphysema (penyakit pembengkakan pada paru-paru). Kandungan betakaroten dalam blewah berfungsi sebagai pencegah kanker kulit dan paru. Vitamin C pada blewah dapat memacu sel darah putih untuk melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. Kalium bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke.

  3. Melon memiliki kandungan air memberikan efek diuretik sehingga konsumsi melon bermanfaat untuk memperlancar buang air kecil. Kandungan air dan mineral kalium dalam melon bekerja sama untuk mengeluarkan asam urat dan sisa metabolisme lewat ginjal dan mengurangi keasaman lambung yang berlebihan. Konsumsi melon punya banyak manfaat untuk kesehatan kardoivaskular seperti membantu mengontrol tekanan darah, mengatur denyut jantung, mencegah stroke dan menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

  4. Semangka merah mengandung likopen tinggi yang lebih ampun memerangi radikal bebas. Likopen mencegah kanker terutama kanker sel epitel seperti prostat, paru, kolon, ovarium dan payudara.

Dengan banyaknya manfaat dari timun suri, blewah, melon dan semangka, apakah masih ragu untuk mengkonsumsi buah-buahan tersebut di saat buka puasa dan lebaran??

Sumber : Buku Tetap Bugar Saat Puasa & Lebaran

(vna/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top