IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Orang Sakit Boleh Puasa, Asal……. – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Orang Sakit Boleh Puasa, Asal…….

Orang Sakit Boleh Puasa, Asal…….

 

imagesPuasa diwajibkan bagi setiap umat muslim yang sudah akil baliq. Tetapi ada kondisi-kondisi tertentu diperbolehkan secara syariah untuk tidak berpuasa di antaranya orang dalam kondisi sakit.

Namun sakit semestinya tidak seharusnya selalu menjadi alasan untuk tidak berpuasa, karena ada kondisi-kondisi sakit tertentu yang masih memungkinkan untuk berpuasa, bahkan berdampak baik bagi kesehatan dan membantu kesembuhan di penderita . Dengan melihat kesehatan dan dampaknya pada penderita sakit, ada tingkatan resiko yang menjadi pertimbangan apakah seseorang yang sedang sakit dianjurkan untuk berpuasa atau tidak. Tingkatan resiko ini dikelompokan atas beresiko sangat tinggi, resiko tinggi, sedang dan ringan.

Berikut penjelasan tingkatannya sebagaimana dipaparkan oleh dr Wismandari, SpPD, FINASIM, dalam Forum ‘Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa dengan Sehat Fisik dan Jasmani’, di Ruang Aula FKUI, Jakarta, 11 Juni 2013 lalu.

Resiko sangat tinggi
1. Wanita sedang hamil
2. Diabetes Melitus tipe 1 (karena keturunan atau adanya kerusakan organ pankreas)
3. Pasien yang menjalani cuci darah
4. Pasien dengan gula darah drop berulang atau sering hipoglikemia (gula darah rendah)
5. Pasien ketoasidosis (kadar keton dalam darah tinggi karena kadar gula darah yang terlalu tinggi atau 
terlalu rendah) berulang. Ketoasidosis dapat menyebabkan penderita tak sadarkan diri.

Resiko tinggi
1. Orang dengan gangguan fungsi ginjal tapi tidak sampai cuci darah
2. Pasien diabetes yang tinggal sendirian, pemakai insulin atau sulfonilurea
3. Orang tua yang sakit-sakitan.

Resiko sedang
Pasien diabetes terkontrol pemakai sulfonilurea atau glinid

Resiko ringan
Pasien diabetes terkontrol dengan diet saja atau metformin atau TZD.

“Untuk orang-orang dengan risiko sangat tinggi, sebaiknya jangan berpuasa. Nah, kalau pasien risiko ringan itu aman. Sama saja kayak orang yang tidak diabetes,” demikian penjelasan lebih lanjut dari dr Wismandari.

Nah…bila anda sedang sakit namun ingin tetap berpuasa, kenali dulu tingkat resikonya. Ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk puasa. Jika pun anda diperbolehkan berpuasa, obat dan diet sesuai penyakit tetap harus anda jalani, agar ibadahnya dapat, manfaat puasa untuk kesehatan juga didapat.

(Isn)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top