You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Nyeri Sendi Pertanda Sebuah Penyakit

Nyeri Sendi Pertanda Sebuah Penyakit

sakit-pinggang-baruMungkin saja setiap orang pernah mengalami nyeri sendi seperti punggung karena terlalu banyak duduk atau mengangkat barang-barang berat. Tapi tahukah kita kalau nyeri pinggang bukan cuma sekedar itu?? Ternyata ada beberapa sebab yang menjadi pertanda penyakit, dimulai dari nyeri pinggang.

  1. Pneumonia. Seseorang yang sering mengeluhkan nyeri punggung yang disertai dengan batuk, demam, sesak nafas, kemungkinan adalah gejala pneumonia. Umumnya nyeri karena pneumonia dirasakan pada bagian belakang punggung atas dan tingkat nyerinya bervariasi dari orang ke orang. Tak jarang rasa nyeri berlanjut ke dada. Dr. Stamatos, MD dari Syosset Hospital, New York mengatakan sakit punggung terjadi karena batuk menekan bagian terluar dari kanal tulang belakang. Tubuh akan membuat pirogen yang dapat membantu melawan infeksi, namun juga membuat tubuh pegal. Segera berobat ke dokter agar diberikan anti virus atau antibiotik.
  2. Refluks asam. Jika sering mengeluh mengalami sensasi dada terbakar atau sesak dari dada atau punggung atas, terutama setelah makan makanan berlemak atau minum berkafein, hal ini dapat menjadi pertanda seseorang menderita refluks asam. Merck Manual menjelaskan bahwa gastroesophageal reflux disease (GERD) disebabkan karena asam lambung naik kembali melalui kerongkongan. Menimbulkan sensasi terbakar di sekitar dada depan dan belakang menyerupai nyeri serangan jantung. Jika ada nyeri dada tapi tidak memiliki GERD kemungkinan mengalami gangguan esofagus atau jantung. Ubahlah pola hidup dengan tidak merokok, tidak/mengurangi minuman beralkohol, mengurangi makanan asam, pedas, goreng atau asam.
  3. Batu ginjal. Batu ginjal termasuk dalam kategori penyakit gangguan ginjal dan kemih. Batu ini akan mengendap di ginjal atau terbawa keluar melalui saluran kemih. Nyeri punggung tergantung dari berat tidaknya penyakit ginjal. Nyerinya mulai dari ringan hingga sangat nyeri di punggung dan bisa terjadi dalam beberapa hari sampai minggu.
  4. Osteoarthritis. Hubungan antara usia paruh baya dan nyeri punggung bisa disebabkan oleh osteoarthritis. Begitu pula jika nyeri punggung disertai dengan kekakuan leher. Spine Health menjelaskan penyakit ini merupkan penyakit degeneratif dimana tulang rawan sendi kehilangan cairan yang umumnya terjadi pada usia diatas 50 tahun. Tapi bukan berarti tidak mengintai usia muda. Pada mereka yang mengalami cidera sendi pada usia muda, mempunyai risiko mengembangkan penyakit ini. Begitu juga dengan mereka yang terlalu keras berolahraga seperti banyak melompat, memantul atau atau atlet yang olahraganya keras. Pemeriksaan OA bisa melalui tes darah, CT scan atau X Ray bagian yang sakit.
  5. Kanker pankreas. The American Cancer Society mengatakan kanker pankreas bisa sangat menyakitkan di daerah punggung jika sudah  menyebar ke saraf di sekitar pankreas. Biasanya, rasa sakit muncul pada bagian perut, kemudian menjalar ke punggung saat kanker berlangsung. Gejala lain dari kanker pankreas termasuk penyakit kuning, urin berwarna gelap, gatal pada kulit, mual dan penurunan berat badan. Jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut dan juga memiliki riwayat keluarga dengan kanker pankreas, maka sebaiknya kunjungi dokter.

 

Sumber : cheatsheet.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1771

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top