IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 8 Manfaat Aloe Vera Yang Jangan Diabaikan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 8 Manfaat Aloe Vera Yang Jangan Diabaikan

8 Manfaat Aloe Vera Yang Jangan Diabaikan

aloe veraAloe vera atau lidah buaya sejak jaman dahulu sudah dikenal turun temurun sebagai herbal bermanfaat bagi kulit. Menurut International Journal of Research and Medical Sciences, daun lidah buaya terdiri dari 3 lapisan dan yang terdalam terdiri dari 99% air dan sekitar 75 bahan aktif. Biokimia lidah buaya memiliki anti virus, anti jamur dan regenerasi sel, sehingga bisa diterapkan pada kulit yang bermasalah, selain dengan obat.

Jadi.. apa manfaat yang bikin lidah buaya terasa bagi kulit kita?

  1. Mengatasi sengatan matahari. Lidah buaya mengandung senyawa polisakarida yang membantu memperbaiki kulit dan pembentukan sel kulit baru. Juga mengandung pereda nyeri bagi kulit, carboxypeptidase.
  2. Meringankan iritasi kulit. Senyawa Acemannan pada lidah buaya mampu meredakan peradangan kulit pada psoriasis, eksim dan lichen planus.
  3. Meningkatkan kelembaban. Karena banyak mengandung air, maka lidah buaya membantu melembabkan, sehingga kulit terasa halus dan tanpa meninggalkan kesan berminyak.
  4. Melawan jerawat. Selain sebagai anti virus, lidah buaya mengandung asam salisilat alami yang membasmi bakteri penyebab jerawat dan juga penyumbat pori. Selain itu juga dapat membantu membuka komedo dan kontrol kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat datang.
  5. Membantu melawan virus. Lidah buaya menciptakan antibodi yang digunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus influenza.
  6. Mencegah penuaan dini. Lidah buaya menstimulasi pembentukan fibroblast yang meningkatkan kolagen, mengencangkan pori, menunda penuaan dini, antioksidan seperti layaknya vitamin C dan E yang mencegah radikal bebas pada kulit.
  7. Memudarkan bintik hitam. Lidah buaya mencegah pembentukan tyrosine yang membuat kulit kita belang, bintik hitam dan kusam karena terbakar sinar matahari. Kandungan antioksidannnya bekerja seperti Gluthatione peroksidase yang menunda kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari.
  8. Eksfoliator ringan. Membantu melepaskan sel kulit mati dengan halus.

Jika memilih produk aloe vera, pilihlah yang mengandung sekitar 99% aloe vera, dan tidak mengandung parfum/pewangi, alkohol.

Sumber : prevention.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1849

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top