You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Nikmat Kopinya, Banyak Manfaatnya ?

Nikmat Kopinya, Banyak Manfaatnya ?

kopi-nikmat 1736614_20130513072544 2406_minum_kopi_hitam_di_pagi_hari_baik_untuk_kesuburan_priaKopi, minuman mendunia yang sudah tidak asing lagi. Jenisnya banyak, variasi penyajiannya banyak. Selain manfaat untuk beberapa hal misalnya penurunan resiko diabetes tipe 2, ternyata kopi juga bagus untuk otak. Kopi mengandung ratusan senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Bahan aktif yang ada di dalam secangkir kopi dan bervariasi yaitu:

  1. Kafein. Bahan aktif utama kopi, merangsang sistem saraf pusat. Merupakan zat psikoaktif yang paling umum dan aman dikonsumsi di seluruh dunia.
  2. Asam klorogenat (CGAs). Antioksidan jenis polifenol ini dapat bermanfaat bagi beberapa jalur biologis, seperti metabolisme gula darah dan tekanan darah tinggi, baik yang terkait dengan risiko penurunan mental terkait umur.
  3.  Cafestol dan kahweol: sebagai minyak alami pada kopi yang tidak mengalami proses filter. Baik untuk hati dan melindungi terhadap kanker, tapi asupan tinggi dapat meningkatkan kolesterol LDL.
  4. Trigonelina: senyawa alkaloid ini tidak stabil pada panas tinggi dan selama pemanggangan bentuk asam nikotinat, juga dikenal sebagai niasin (vitamin B3). Trigonelina juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri

Kafein mempengaruhi syaraf yang berhubungan dengan reseptor adenosin. Kafein dan adenosine memiliki struktur molekul yang sama. Jadi, ketika kafein hadir dalam otak, bersaing dengan adenosine untuk mengikat reseptor yang sama. Tapi kerja kafein berbeda dengan adenosin, sehingga menghambat adenosin melambat, yang meningkatkan sistem syaraf pusat dan membuat waspada.

Kafein meningkatkan fungsi otak jangka pendek karena memblok adenosin, meningkatkan pelepasan neurotransmitter lainnya, termasuk noradrenalin, dopamin dan serotonin. Kafein juga meningkatkan suasana hati, waktu reaksi, kewaspadaan, perhatian, fungsi mental umum dan pembelajaran.

Kafein dapat meningkatkan memori jangka panjang bila diberikan setelah belajar, membuat memori lebih tahan lama dibandingkan dengan kelompok plasebo. Kafein juga dapat membantu mengurangi rasa lelah sementara, sehingga sebaiknya ketika minum kopi, tidak mendekati waktu tidur. Minum kopi dalam jumlah moderat/sedang juga mengurangi sekitar 65% resiko al zheimer. Orang yang minum kopi 3 cangkir/hari menurunkan resiko parkinson 29%.

Jika seseorang sensitif terhadap kafein, kurangi jumlahnya dari rata-rata. Anak-anak, ibu hamil sebaiknya juga membatasi kafein.

Sumber : authoritynutrition

(ast/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top