You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Masalah Pada Mata Yang Tidak Bisa Dianggap Sepele

Masalah Pada Mata Yang Tidak Bisa Dianggap Sepele

kesehatan mataBanyak orang bicara tentang kesehatan umum, namun lupa menerapkannya pada organ penting tubuh lainnya. Mata adalah salah satu organ penting yang juga harus dijaga kesehatannya. Meski penurunan fungsi mata akan terjadi seiring penambahan usia, namun tidak ada salahnya jika dijaga sejak dini untuk menurunkan risiko.

JIka Anda merasa ada yang aneh pada penghilatan seperti ada titik hitam atau seperti ada yang mengambang segeralah periksa ke dokter. Berikut adalah gangguan sekitar mata yang biasa terjadi  yaitu dan harus di waspadai :

  1. Seperti melihat jaring laba-laba yang melayang dab bercahaya. Hal ini disebabkan karena vitreous body yang bentuknya seperti putih telur di belakang mata berubah menjadi seperti jelly yang disebut floaters seiring bertambahnya usia. Umumnya tidak berbahaya, tapi jika sudah menutupi penglihatan, maka harus pergi ke dokter mata, bisa jadi pembuluh mata atau retina robek. Dokter akan melakukan operasi atau pembekuan, laser, menyuntik gelembung gas ke mata sehingga posisi retina kembali normal.
  2. Mata terasa panas terbakar. Peradangan, gatal, terbakar, disebut dengan blepharitis. Penyebabnya adalah bakteri yang tinggal kelopak mata. Untuk meringankan gejala, usap mata menggunakan shampoo bayi dan air hangat. Kompres mata untuk mengurangi kantung peradangan. Pada kasus timbulnya jerawat di kelopak mata, operasi bisa dibutuhkan. Sensasi terbakar pada mata disebut fotokeratitis dan paparan sinar UV seperti berkabut disebut dengan kebutaan salju. Kondisi ini dapat menghilang, namun jika ada resiko infeksi, dokter akan memberikan obat.
  3. Mata sangat merah dan kering. Pembuluh darah mata melebar maka mata menjadi merah. Hal ini dapat terjadi karena paparan zat kimia, bawang, serbuk sari, debu, bulu hewan dsbnya. Sedang mata kering adalah mata yang kurang air dipermukaan untuk melumasi. Hal ini juga bisa terjadi salah satunya karena gangguan autoimun.
  4. Ada benjolan atau tahi lalat baru di mata. Bintik dimata kadang bisa terjadi sebenarnya sampai belakang mata, dapat berpotensi ganas (melanoma). Jika semakin membesar dan pandangan kabur, segeralah pergi ke dokter.
  5. Penglihatan ganda. Artinya otot mata tidak saling selaras. Bisa jadi juga karena masalah neurulogis, bahkan tumor otak atau stroke. Jika pandangan ganda hanya satu mata, kemungkinan karena katarak atau masalah pada retina. Jika masalah otot, maka hanya membutuhkan kacamata. Jika karena masalah neurologis, biasanya membutuhkan CT scan atau MRI.

Sumber : womenshealth

(Ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top