You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 5 Ciri Menstruasi Bermasalah

5 Ciri Menstruasi Bermasalah

menstruasi bermasalahMenstruasi merupakan siklus hidup normal bagi wanita yang sudah mengalami masa puber. Saking biasanya, terkadang para wanita tidak perhatian dengan hal yang dapat menganggu menstruasi. Mengenali ciri-ciri menstruasi yang tidak sehat, perlu, supaya tidak ada masalah kesehatan ke depannya.

  1. Terlalu banyak gumpalan darah saat mens. Keluar gumpalan besar kala mens sebenarnya wajar, tapi kalau selalu terjadi setiap waktu datang dan bentuknya sangat besar (bisa sampai seukuran bola golf) menjadi tanda fibroid rahim (pertumbuhan non kanker pada rahim).
  2. Darah menstruasi keluar banyak. Menstruasi yang sangat banyak, hingga menyebabkan setiap jam mengganti pembalut menjadi tanda seorang wanita memiliki polip atau fibroid pada rahim. Jika sudah sampai pada pendarahan berat, pusing, sesak nafas, kemungkinan mengalami anemia dan ketidakseimbangan hormon yang harus segera periksa ke dokter.
  3. Waktu menstruasi lama. Biasanya wanita menstruasi sekitar 7 hari. Lamanya bisa dipengaruhi karena stress, atau memang setiap bulannya ada wanita yang waktu menstruasi nya agak lama. Namun jika tidak biasanya, ini menjadi penanda gejala sindrom polikistik ovarium (PCOS) dan polip uterus. Yang lebih parah, jika diabaikan, dapat menjadi gejala kanker rahim.
  4. Siklus menstruasi kurang dari 20 hari. Siklus seorang wanita pada dasarnya berbeda. Hanya jika mendadak pendek, kurang dari 20 hari, bisa menjadi tanda disfungsi ovulasi atau gangguan tiroid. Selain itu juga dapat menjadi ciri PCOS dan polip uterus.
  5. Tidak menstruasi tapi juga tidak sedang hamil dan menyusui. Jika seorang wanita stress dan banyak aktivitas tinggi, bisa jadi dia menstruasi nya tidak teratur. Bisa juga disebabkan oleh gangguan pada tiroid, selain karena ketidakseimbangan hormon.

Sumber : womenshealth

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top