IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Makanan Yang Bikin Cepat Tua – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Makanan Yang Bikin Cepat Tua

Makanan Yang Bikin Cepat Tua

keriputAda dua hal yang bikin kulit tambah menua: paparan sinar matahari dan AGEs (Advanced Glycation End Products). AGEs terbentuk dari kombinasi protein dan gula. Makanan sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Memang tidak setiap orang pengaruhnya sama, namun ada 11 makanan yang menjadi “biang kerok” kenapa penuaan kulit jadi lebih cepat.

1. Ubi jalar pengganti french fries

Makanan yang digoreng dengan minyak terlalu panas meningkatkan radikal bebas yang berisiko terhadap kerusakan sel kulit. Sering terpapar oleh radikal bebas menjadikan DNA menua dan membuat elastisitas kulit berkurang. Cobalah untuk merubah kebiasaan menggoreng dengan memanggang.

2. Roti gandum untuk roti putih

AGEs terbentuk karena interaksi protein dan karbo sehingga menimbulkan penyakit kronis dan proses penuaan. Makanan dengan indeks glikemik tinggi mempercepat pembentukan AGEs dan peradangan tubuh. Biasakan konsumsi roti gandum utuh sebagai pengganti roti putih.

3. Madu dan buah untuk gula pasir

Gula tidak hanya membuat kulit berjerawat, tapi dapat menipiskan kolagen kulit. Jka memang menyukai makanan manis, konsumsilah coklat hitam atau buah yang dapat menghambat AGEs.

4. Minyak zaitun atau alpukat sebagai sumber lemak sehat.

Sebuah riset menyebutkan, mereka yang sedikit atau yang tidak sama sekali mengkonsumsi makanan yang diolah menggunakan margarine, mempunya sedikit kerutan di kulitnya. Margarin sebenarnya lebih buruk dari mentega karena mengandung lemak hidrogenasi parsial. Lemak trans semakin membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari dan mempercepat penuaan kulit. Gantilah margarin dengan lemak sehat seperti zaitun atau buah sehat alpukat.

5. Daging ayam pengganti daging olahan

Hotdog, daging bakar, hamburger dll, diolah dari bahan daging olahan yang membuat kulit cepat keriput karena AGEs. Makanan ini mengandung garam yang tinggi, lemak jenuh, dan sulfit yang dapat membuat dehidrasi kulit, melemahkan kolagen dan meningkatkan peradangan. Ganti daging dengan unggas yang kaya asam amino, telur atau kacang-kacangan.

6. Susu dan produk turunannya

Pada beberapa orang, susu dan produk turunannya dapat meningkatkan stress oksidatif dan mempercepat proses penuaan dini. Sebagai llternatif, makan banyak makanan yang mengandung tinggi kalsium selain susu misalnya kacang, bijian, sayuran hijau.

7. Kopi dan soda

Kafein akan mempengaruhi pola tidur yang kemudian akan mengganggu kekencangan kulit jika kurang tidur. Alternatif, minum kopi dalam jumlah moderat atau ganti dengan golden milk yang mengandung kunyit dengan antioksidan tinggi.

8. Minum alkohol dalam jumlah sedang

Alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, bengkak, kehilangan kolagen dan keriput. Minum alkohol dalam jumlah sedang, wanita 1 gelas/hari dan pria 2 gelas/hari. Dan jangan lupa banyak minum air putih.

9. Hindari memasak terlalu panas

Asam lemak omega-6 pada minyak dapat menjadi sumber radikal bebas tinggi jika dipanaskan pada suhu sangat tinggi. Tapi jika lemaknya mengandung lemak tidak jenuh tunggal dapat membuat kulit sehat. Ganti minyak dengan minyak zaitun yang kaya vitamin E, antioksidan, fitosterol, anti peradangan.

10. Ganti snack

Cemilan yang mengandung indeks glikemik tinggi (banyak bertepung misalnya kue beras) dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan keriput. Ganti cemilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan.

11. Ganti fruktosa dengan asam lipoik.

Gula yang terlalu tinggi fruktosa akan memecah kolagen lebih cepat dan menyebabkan keriput.

Sumber : healthline

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top