IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 11 Makanan dan Minuman Bikin Perut Buncit – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 11 Makanan dan Minuman Bikin Perut Buncit

11 Makanan dan Minuman Bikin Perut Buncit

perut buncitPerut buncit, selain membuat penampilan tidak nyaman, juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang panjang, termasuk penyakit degenerative seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker usus besar, inflamasi kronis, kanker tenggorokan dan pankreas. Perut buncit menyimpan toksin dan sitokin, zat yang membuat peradangan pada sel tubuh.

Nah, ternyata makanan yang menyebabkan perut jadi buncit, itu nyata adanya. Jadi, sebaiknya ketika makan makanan dibawah ini, pertimbangkan lagi deh.

  1. Jus buah.

Banyak yang menyangka jus buah kalengan itu sehat, ternyata tidak. Kandungan gulanya lebih tinggi dibanding buah utuh atau jus buah buatan sendiri. Kadar gula tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, ketika kalori merasa tidak terpenuhi dan terus harus dipenuhi sampai akhirnya terus merasa lapar.

  1. Gula

Gula membuat pankreas bekerja keras menghasilkan insulin karena kenaikan gula darah yang cepat dan jika terlalu tinggi konsumsi gula, mengarah pada resistensi insulin dan diabetes. Jangan pernah terkecoh dengan istilah gula sehat dan gula buatan yang sehat. Jadi, batasi konsumsi gula.

  1. Lemak trans

Lemak trans banyak digunakan pada makanan olahan, asalnya dari lemak/minyak yang terhidrogenasi penuh atau parsial. Lemak trans menyebabkan peradangan sel tinggi, termasuk margarin dan shortening.

  1. Lemak jenuh

Banyak ditemukan pada daging, susu dan produk susu, keju. Jika konsumsinya berlebihan akan menyebabkan kolesterol tinggi dan masalah kardiovaskular. Susu full cream mengandung 2% lemak jenuh, jadi pilih rendah lemak (1% atau kurang). Batasi keju.

  1. Pola makan rendah protein

Supaya perut gak tambah buncit, kita butuh protein. Makanan tinggi protein mempercepat metabolisme, bikin kenyang lebih lama. Sumber makanan tinggi protein tapi rendah lemak, misalnya ayam tanpa kulit, daging sapi 90% rendah lemak, ikan, kacang dan polongan, telur.

  1. Pola makan rendah serat

Serat tidak larut membuang sampah pada perut dan membuat perut ramping. Peningkatan 10 gram serat membantu menurunkan 3.7% lemak perut.

  1. Bijian olahan

Seperti beras dan nasi, roti, pasta, pastry yang sudah diolah menjadi tepung atau bubuk. Sebaiknya konsumsilah dari bahan/bijian yang masih utuh.

  1. Garam

Konsumsi garam (termasuk MSG) tinggi membuat cairan tubuh tidak seimbang, dapat menunpuk di perut dan jadi buncit.

  1. Alkohol

Riset menyebutkan, pria yang minum 3 gelas minuman beralkohol kemungkinan 80% menyebabkan perut buncit.

  1. Daging olahan

Contohnya hamburger, hotdog yang tinggi lemak jenuh dan garam selain juga mengandung nitrat yang dapat mengarah ke inflamasi sel dan mencetus kanker. Ganti daging olahan dengan ikan, dada ayam panggang, telur, burger sayuran.

  1. Fast foods

Tinggi gula, kalori, garam, rendah serat, rendah protein. Belum lagi ditambah lemak trans dan beberapa pengawet.

Sumber : fitnesssengage.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top